7 Tempat Makan Rawon di Probolinggo

Siapa yang menyangka kalau daerah pesisir pantai utara Jawa Timur ini memiliki ragam kuliner enak. Banyak sekali jenis dan variasi kuliner yang bisa dicoba saat Anda lewat di daerah pesisir ini. Apalagi sensasi rasa kuliner pesisir ini sangat terasa, ada rasa pedas, asin, gurih, pokoknya enak. Nah… diantara daerah yang memiliki ragam kuliner enak tersebut, salah satunya adalah Probolinggo. Meskipun memiliki berbagai ragam jenis makanan enak, salah satu sajian kuliner yang selalu menjadi pilihan adalah sajian kuliner rawon, maka tidak salah kalau kali ini akan disampaikan 7 tempat makan rawon di Probolinggo.

7 Tempat Makan Rawon di Probolinggo
Sajian nikmat nasi rawon

Rawon… Sajian kuliner ini memang sangat menarik, bahkan selalu membikin penasaran mereka yang belum pernah mencobanya. Warna kuahnya yang hitam, membuat orang luar negeri menyebut sajian kuliner enak ini dengan ‘black soup’. Cita rasanya yang khas dengan aroma dan rasanya yang enak merupakan perpaduan rasa manis, legit dan gurih menjadikan sajian rawon menjadi sajian favorit para pecinta kuliner. 

Tempat Makan Terdekat dan Pilihan Kuliner Rawon  di Probolinggo

Berbicara tentang sajian rawon, meskipun masih belum ada informasi yang jelas, khususnya tentang sejarah rawon, namun banyak yang mengatakan rawon adalah sajian makanan para raja-raja pada jaaman dahulu. Dan tentu saja rawon saat ini sudah menjadi makanan favorit yang disukai masyarakat.

Sebagai sajian kuliner khas Jawa Timur, dengan sajian sup daging yang disajikan dengan kuah berwarna hitam. Yang unik, warna hitam kuah rawon berasal dari bahan alami, yaitu dari buah kluwek atau kluwak.

Baca juga: 10 Tempat Makan Soto di Probolinggo.

Kembali pada sajian rawon, untuk Anda yang tinggal atau saat ini sedang berada di Kota dan Kabupaten Probolinggo dan ingin menikmati sajian nikmat rawon, terdapat 7 (tujuh) tempat makan rawon yang bisa Anda kunjungi, antara lain:

  1. Rawon Nguling.
  2. Rawon ‘Warket’.
  3. Rawon ‘Gunawan’.
  4. Rawon ‘Tongas Asri’.
  5. Sari Rawon.
  6. Depot Rawon dan Dop Buntut D&C.
  7. Rawon ‘Bu Sugeng’.

7 Tempat Makan Rawon di Probolinggo

1. Rawon Nguling.

Mencari sajian rawon legendaris? Ini dia tempat kuliner yang harus adaa dalam daftar tujuan kuliner Anda. Bahkan kalau Anda bertanya pada masyarakat Probolinggo, semua akan mengenal depot rawon yang terkenal ini. Dikatakan legendaris karena rawon ini sudah ada sejak tahun 1942-an.

7 Tempat Makan Rawon di Probolinggo
Rawon Nguling (Foto: instagram.com/kulinercak)

Meskipun rawon menjadi sajian utama di Rumah Makan Rawon Nguling, namun terdapat sajian pilihan lain yang bisa Anda coba, seperti nasi gule, nasi campur, nasi lodeh, nasi krengsengan daging, nasi garingan, dan masih banyak sajian menu yang bisa dicoba.

7 Tempat Makan Rawon di Probolinggo
Rumah Makan Rawon Nguling

Rawon Nguling ini berlokasi di Jl. Raya Tambakrejo No. 75, Wringinan, Tambakrejo, Kec. Tongas, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur 67252.

Jam buka : 05.30 - 21.00 WIB.


2. Rawon ‘Warket’.

Selain sajian rawon dari RM. Rawon Nguling, satu lagi tempat kuliner yang menyajikan rawon enak, yaitu di Rumah Makan Warket yang biasa dikenal dengan nama ‘Warket’. Lokasiya sangat mudah dijangkau dengan berbagai fasilitas yang sangat memadai, mulai dari toilet, musholla, dan juga tempat parkir yang lumayan luas.

7 Tempat Makan Rawon di Probolinggo
Rawon di Rumah Makan Warket

Selain rawon, tempat kuliner ini juga memberikan pilihan sajian kuliner khas Jawa Timur dengan konsep makanan rumahan dan pastinya enak.

7 Tempat Makan Rawon di Probolinggo
Rumah Makan Warket

Rawon ‘Warket’ ini berlokasi di Jl. Raya Tambakrejo No. 117, Bulak, Tambakrejo, Kec. Tongas, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur 67252.

Jam buka : 06.00 - 22.30 WIB.


3. Rawon ‘Gunawan’.

Kota Probolinggo memang memiliki tempat makan legendaris, salah satunya adalah “Depot Gunawan” yang sudah ada sejak tahun 1943. Depot Gunawan ini juga disebut juga dengan Depot “Kho Gwan Ling”. Rawon yang ada di Depot Gunawan ini memiliki ciri khas dengan kuahnya yang kental dan warnanya tidak cenderung hitam, tapi coklat kemerahan. 

7 Tempat Makan Rawon di Probolinggo
Rawon Gunawan (Foto: instagram.com/edihagijo)

Selain nasi rawon sebagai sajian utama, juga ada nasi sambelan, yang disajikan dengan lauk usik daging sapi dan potongan telur rebus, dan ada juga nasi tim.

7 Tempat Makan Rawon di Probolinggo
Depot Gunawan (Foto: google.co.id/maps/maharaniparameswari)

Rawon ‘Gunawan’ ini berlokasi di Jl. Dr.Sutomo No. 2, Tisnonegaran, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67211. 

Jam buka : 06.30 - 15.00 WIB.


4. Rawon ‘Tongas Asri’.

7 Tempat Makan Rawon di Probolinggo
Rawon Tongas Asri (Foto: instagram.com/tongasasri)

Tempat kuliner ini menjadi pilihan menikmati sajian kuliner rawon enak. Rumah Makan Tongas Asri memiliki berbagai banyak sajian kuliner, salah satunya adalah sajian rawon legendaris. Rawon Tongas Asri ini memiliki cita rasa yang pas, dengan daging rawonnya yang empuk. Selain sajian rawon, juga tersedia berbagai pilihan kuliner, seperti bakmoy, semur lidah dan masih banyak pilihan kuliner lainnya.

7 Tempat Makan Rawon di Probolinggo
Rumah Makan Tongas Asri (Foto: instagram.com/agungwiendarto)

Rumah Makan Tongas Asri ini berlokasi di Jl. Tongas KM. 84, Bulak, Tambakrejo, Kec. Tongas, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur 67254.

Jam buka : 05.30 – 21.00 WIB.


5. Sari Rawon

7 Tempat Makan Rawon di Probolinggo
Rawon Warung "Sari Rawon" (Foto: instagram.com/widya_winny)

Satu lagi tempat makan rawon enak di Probolinggo, yatu “Sari Rawon”. Rasa rawonnya yang enak dengan kuah yang tidak terlalu kental, ditambah dagingnya yang empuk, menjadi ciri khas kenikmatan rawon di Warung Sari Rawon ini.

7 Tempat Makan Rawon di Probolinggo
Warung "Sari Rawon" (Foto: instagram.com/sarirawon)

Warung Sari Rawon ini berlokasi di Jalan Raya Jorongan, Krajan, Warujinggo, Kec. Leces, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur 67251.

Jam buka : 06.00 – 23.00 WIB.


6. Depot Rawon dan Sop Buntut D&C.

Diantara tempat kuliner di atas, bisa dikatakan tempat makan dan kuliner yang satu ini masih baru, karena baru buka sekitar bulan September tahun 2014. Tapi soal kenikmatan sajian kulinernya tidak kalah dengan kuliner yang disajikan tempat kuliner lainnya. Sajian rawonnya juga enak, dengan rasa yang pas dan mantab. 

7 Tempat Makan Rawon di Probolinggo
Rawon D&C (Foto: facebook.com/d&c)

Yang menarik, D&C juga sudah memproduksi rawon dalam kaleng yang bisa Anda bawa ke kota tujuan setelah singgah dari Kota Probolinggo atau sebagai oleh-oleh kuliner rawon khas Probolinggo.

7 Tempat Makan Rawon di Probolinggo
Rawon kaleng D&C 19 (Foto: instagram.com/dnc_probolinggo)

Selain sajian rawon, sebagai menu pilihan utama juga terdapat sop butut, rendang nasi campur, sego ambel, dan banyak pilihan lainnya.

7 Tempat Makan Rawon di Probolinggo
Depot Rawon dan Sop Buntut D&C (Foto: google.co.id/maps/erwin yuliatriadi)

Depot Rawon dan Sop Buntut D&C ini berlokasi di Jl. Pahlawan No. 19, Tisnonegaran, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67211.

Jam buka : 08.00 - 21.00 WIB.


7. Rawon ‘Bu Sugeng’.

7 Tempat Makan Rawon di Probolinggo
Rawon ‘Bu Sugeng’ (Foto: instagram.com/sebelum_kenyang)

Satu lagi pilihan nikmat menikmati kuliner, yaitu sajian rawon “Bu Sugeng”. Warung Bu Sugeng ini selalu menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang akan berangkat bekerja, selain rasanya yang enak dan yang membuat selalu ramai adalah harganya yang murah dan sangat terjangkau. 

7 Tempat Makan Rawon di Probolinggo
Warung Bu Sugeng (Foto: google.co.id/maps/madiyanto)

Rawon ‘Bu Sugeng’ ini berlokasi di Jl. KH. Mansyur No. 08, Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67219.

Jam buka : 06.00 - 21.00 WIB.


Itu dia informasi 7 tempat makan rawon di Probolinggo, tentunya masih banyak sajian kuliner enak yang bisa dicoba, apalagi Probolinggo memiliki dua wilayah, yaitu Kota Probolinggo dan Kabupaten Probolinggo, tentunya hal ini akan menambah referensi kuliner yang ada, yang akan membuat Anda semakin penasaran dengan sajian kuliner enak yang ada di daerah ini. Semoga sedikit informasi tersebut di atas bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin menikmati sajian kuliner di Kota dan Kabupaten Probolinggo.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "7 Tempat Makan Rawon di Probolinggo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel