Informasi Beasiswa – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional

Satu lagi informasi beasiswa dari dalam negeri, beasiswa ini dibiayai oleh Pemerintah Indonesia melalui Departemen Pendidikan Nasional. Tentu saja hal ini menjadi kesempatan dan peluang emas, bagi kita untuk bisa menangkap peluang beasiswa tersebut. Semoga informasi beasiswa – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi kita semua yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Informasi Beasiswa – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional
Beasiswa DIKTI (Foto: kursiguru.com)

Beasiswa Kuliah – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional

Terdapat beberapa program pemberian beasiswa yang ditangani oleh direktorat jenderal ini. Di kampus-kampus, program ini biasanya diserahkan kepada Pembantu Rektor IV masing-masing perguruan tinggi atau pejabat yang menangani Bidang Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri di Departemen Pendidikan Nasional.

Baca juga: Informasi Beasiswa S2 – Deutscher Akademischer Austauschdienst.

Beberapa program beasiswa yang ditawarkan, antara lain:

1. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA).

Program ini sudah dimulai sejak tahun 1994 untuk membantu mahasiswa yang kurang mampu namun berkemampuan akademik (indeks prestasi) tinggi.

2. Beasiswa Kerja Mahasiswa (BKM).

Beasiswa ini adalah bantuan pemerintah bagi mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu. Disebut ‘kurang mampu’ bila pendapatan keluarga calon penerima kurang dari Rp. 250 ribu per bulan. Calon penerima beasiswa dipilih oleh masing-masing perguruan tinggi, dan diwajibkan mengabdi bagi kepentingan perguruan tinggi terkait. Jenis pekerjaan dan jumlah kerja per minggu disesuaikan dengan kegiatan mahasiswa, antara lain bisa ditugaskan sebagai petugas perpustakaan, laboratorium dan asisten dosen.

3. Kredit Mahasiswa.

Program ini adalah pinjaman bagi mahasiswa yang akan segera menyelesaikan tugas akhir studinya. Kredit tanpa bunga ini harus dikembalikan setelah yang bersangkutan bekerja. Calon penerima dipilih oleh perguruan tinggi dan perguruan tinggi ikut  bertanggung jawab atas pengembalian pinjaman.

4. Beasiswa bagi Program Pascasarjana.

Program beasiswa ini bertujuan membantu dosen perguruan tinggi negeri dan swasta yang ingin meningkatkan kualifikasinya  melalui pendidikan pascasarjana.

5. Beasiswa Pendidikan ke Luar Negeri.

Beasiswa ini ditujukan bagi dosen PTN dan PTS yang mendapat tugas belajar ke luar negeri. Beasiswa ini meliputi biaya hidup dan biaya pendidikan yang berasal dari Pemerintah RI (melalui dana pinjman) dan juga hibah dari pemerintah negara sahabat, juga dari yayasan-yayasan luar negeri, seperti dari Australia, Jerman, Jepang, Selandia Baru, Austria, Amerika, Inggris, dan Kanada.

Untuk informasi, silahkan menghubungi:

Direktorat Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional,

  • Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I, Senayan, Jakarta Pusat.
  • Website: www.dikti.org                                                    

Semoga Informasi Beasiswa – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional tersebut bermanfaat untuk Anda. Namun sebagai catatan, Anda harus meng-update informasi terkini terkait beasiswa tersebut, karena dikhawatirkan terdapat perubahan informasi termasuk cara-cara dan persyaratan pendaftaran.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Informasi Beasiswa – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel