TEMPAT MAKAN ENAK DI PROBOLINGGO: “RAWON NGULING”

Senangnya kali ini, kita masih bisa menikmati makanan enak yang disajikan lengkap di sebuah tempat makan enak di Probolinggo. Probolinggo, adalah sebuah daerah yang terbagi menjadi dua administratif antara kota dan kabupaten. Berbicara tentang Kabupaten Probolinggo, banyak sekali tempat wisata yang menjadi favorit para traveller. Selain tempat wisatanya  yang menarik, hal ini juga didukung dengan tempat makan yang juga menjadi surga bagi para pecinta kuliner.

Tempat makan yang akan kita bicarakan adalah sebuah tempat makan yang masuk di wilayah Kabupaten Probolinggo, dan selalu ramai serta menjadi pemberhentian sementara bagi mereka yang mengadakan perjalanan ke daerah timur dari Propinsi Jawa Timur atau perjalanan ke Bali. Sangat mudah untuk menemukan tempat legendaris ini. Sebagai tempat makan yang menawarkan sajian khas makanan Jawa Timur, yaitu kuliner rawon, tidak dapat dipungkiri, tempat ini selalu penuh dengan pecinta kuliner rawon yang ingin menikmati sajian kuiner di Rawon Nguling. Hal ini terlihat dari mobil-mobil yang terparkir di depan tempat makan ini, dan selalu penuh.

Tempat Makan Yang Enak Di Probolinggo

“Rawon Nguling”, ini beralamatkan di Jalan Raya Tambakrejo Nomor 75, Desa Tambakrejo, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo. Buka mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB. Tempat makan ini sangat mudah ditemukan, karena dari jauh apabila menuju ke arah Bali dari Surabaya, terdapat tulisan besar (plang) di depan tempat makan ini.

TEMPAT MAKAN ENAK DI PROBOLINGGO: “RAWON NGULING”
Nikmatnya Rawon Nguling
Sebagai tempat legendaris dan buka sejak tahun 1942 yang dirintis pertama kali oleh Ibu Hajah   Siti Fatimah Dahlan, saat ini Warung Rawon Nguling ini dikelola oleh cucunya yaitu Ibu Hj., Nikmah, wajar apabila warung ini sangat dikenal, bahkan “Rawon Nguling” pernah menjadi sajian utama Bapak Predsiden Susilo Bambang Yudoyono pada tahun 2006, yang pernah beberapa kali mampir kesini saat melakukan kunjungan ke Kota Jember.

Tempat Makan Yang Enak Di Probolinggo
Baner kunjungan Presiden SBY ke Rawong Nguling Tongas


Tentang Rawon

Mendengar tempat makan terkenal ini, mungkin tidak salah kalau tempat ini dijadikan salah satu rujukan sebagai ikon kuliner nusantara. Berbicara tentang rawon, rasanya sudah bukan menjadi rahasia lagi, kalau rawon merupakan masakan yang paling sedap dan menjadi andalan masakan di Jawa Timur.

Baca Juga:
“Rawon” adalah masakan asli dari Indonesia, yaitu berupa sup daging dengan kuah hitam, warna hitam berasal dari campuran bumbu utama yang disebut dengan “kluwek” (dalam bahasa latin disebut dengan Pangium edule Reinw. Ex Blume; suku Achariaceae, yaitu pohon liar penghasil bumbu masak di Indonesia, yang digunakan adalah bijinya yang digunakan sebagai bumbu dapur yang memberi warna hitam pada rawon). Rawon adalah sebuah masakan khas dari Jawa Timur.

Tentang Rawon
Rawon
Rawon, menggunakan daging sapi yang dipotong-potong kecil, daging sapi yang digunakan biasanya pada bagian sandung lamur (dalam bahasa Inggris disebut Brisket, yaitu bagian daging sapi yang berada di dada bawah di area sekitar ketiak). Untuk bumbu rawon, menggunakan bumbu yang khas dari Indonesia, yaitu merupakan campuran bawang merah, lengkuas, bawang putih, serai, ketumbar, cabai, kunir, garam, kluwek, dan tidak lupa minyak nabati. Dan akhirnya bahan tersebut dihaluskan, dan ditumis samai tercium bau harum. Bumbu yang sudah matang tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kaldu daging yang telah direbus bersama dengan daging.

Secara umum, rawon disajikan bersama nasi putih, yang dilengkapi dengan taoge kecil, kerupuk udang, daun bawang, daging sapi yang digoreng dan sambal.

Rumah Makan Di Probolinggo Yang Terkenal

Rumah Makan Rawon Nguling ini merupakan salah satu tempat makan terkenal dan legendaris. Nasi rawon yang disajikan, menjadi satu antara nasi dan kuah rawon beserta daging sapi yang dipotong kecil. Namun kalau anda meminta rawon pisah dengan nasi juga tetap dilayani. Harga rawon satu porsi sebesar Rp. 24.000,- sebanding dengan kenikmatan yang ditawarkan, apalagi dengan daging rawonnya yang besar-besar. Rawon di Rumah Makan Rawon Nguling ini memiliki rasa nikmat yang berbeda dengan rawon lainnya, rawon ini memiliki rasa manis sedap, dan pasti membuat pecinta kuliner ketagihan akan rawon ini. Selain itu, setiap penyajian nasi rawon, juga disediakan menu pelengkap yang diletakkan pada piring terpisah, antara lain tempe goreng, perkedel kentang, paru sapi, daging sapi goreng, sate dan kerupuk, dengan harga yang berbeda dengan nasi rawon yang telah kita pesan.

Rumah Makan Di Probolinggo Yang Terkenal
Rumah Makan " Rawon Nguling"
Sebagai rumah makan besar, anda tidak perlu khawatir tentang tempat parkir mobil, karena disini disediakan tempat parkir yang lapang. Untuk menu, ternyata setelah melihat menu yang disampaikan, makanan yang ditawarkan tidak hanya menu nasi rawon namun sangat bervariasi antara lain, nasi gule, nasi campur, nasi sayur sop, nasi lodeh, nasi pecel, nasi sayur asem, nasi soto ayam, nasi kare ayam, nasi krengsengan, nasi semur daging, nasi sambal goreng hati, dan nasi garingan. Apabila anda tidak menginginkan nasi, anda bisa memesan menu tersebut tanpa nasi, denagn harga yang berbeda dengan nasi rawon.

Jadi, anda yang memiliki agenda ke Bali atau pun menikmati wisata ke Gunung Bromo, anda bisa menyempatkan waktu untuk menikmati wisata kuliner di “Rawon Nguling” yang lezat ini.
Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel