TEMPAT MAKAN ENAK DI PROBOLINGGO – RUMAH MAKAN WARKET TONGAS

Anda sering melakukan perjalanan ke daerah Timur dari Jawa Timur, misalnya ke Banyuwangi atau ke Jember?. Kalau ya, pasti anda sering melewati daerah yang menjadi tempat untuk menikmati kuliner bahkan tempat untuk beristirahat ini. Sebelum dibangun jalan tol, jalan pesisir utara di Jawa Timur ini menjadi jalan yang padat, otomatis daerah ini tidak pernah sepi dan menjadi jalan utama, begitu juga dengan daerah di perbatasan Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo, yang memiliki berbagai pilihan tempat kuliner yang legendaris. Kali ini tempat kuliner yang akan menjadi diskusi kita adalah sebuah tempat makan enak di Probolinggo – Rumah Makan Warket Tongas.

Posisi daerah Tongas yang merupakan sebuah kecamatan memang memiliki letak di tengah kalau dilihat dari awal perjalanan mulai dari Surabaya sampai dengan Banyuwangi, meskipun hal ini masih perkiraan. Namun meskipun sudah ada jalan tol, apalagi terdapat pintu tol di daerah Tongas menuju Gunung Bromo, daerah ini tetap ramai dikunjungi para pecinta kuliner yang sengaja datang untuk menikmati sajian nikmat khas pesisir.

TEMPAT MAKAN ENAK DI PROBOLINGGO – RUMAH MAKAN WARKET TONGAS
Nasi Rawon - Warket Tongas

Rumah Makan Warket Tongas

Rumah makan ini memang selalu ramai dikunjungi para pecinta sajian kuliner khas Warket. Saya sih menyebutnya warket, karena kebiasaan saja. Rumah makan ini berlokasi di Jalan Raya Tambakrejo No. 117, Tambakrejo, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, dan buka 24 jam, kecuali saat Bulan Puasa Ramadhan, buka mulai sore sampai pukul 04.00 pagi saja.

Rumah Makan Warket Tongas
Rumah Makan Warket Tongas
Sebelum menjadi sebuah rumah makan, Warket ini pada awalnya adalah sebuah warung ketan, dan disingkat menjadi “warket” atau kepanjangan dari “Waroeng Ketan”, dan berdiri serta dibuka sejak tahun 1997, saat itu yang dijual hanya sekedar kopi dan ketan saja. Dan dengan berkembangnya waktu, warung ini mulai mengembangkan berbagai sajian kuliner dengan tema masakan rumahan, dengan berbagai pilihan jenis kuliner aneka masakan khas Jawa yang bisa dipilih, mulai dari nasi rawon, nasi pecel, nasi lodeh, nasi sop dan berbagai jenis makanan lainnya.

Rumah Makan Warket Tongas
Pilihan jenis kuliner aneka masakan khas Jawa (Sumber Gambar: Facebook-Hijau Ungu) 
Selain bisa menikmati sajian kuliner disini,. Anda pun bisa beristirahat disini, karena tempat kuliner ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai, seperti musholla, toiletnya yang bersih dan juga tempat parkir yang bisa untuk menampung mobil yang datang.

Makan Enak di Probolinggo, Lezatnya Nasi Rawon khas Warket

Diantara berbagi pilihan jenis kuliner tersebut, nasi rawon masih menjadi pilihan favorit untuk menikmati sajian kuliner khas Jawa di warung makan ini. Menu kuliner ini sangat nikmat dan menjadi menu sajian makanan utama di berbagai tempat makan di daerah perbatasan Pasuruan sampai dengan Tongas ini.
Baca Juga: Kuliner Probolinggo - 10 Tempat Makan untuk Buka Puasa dan Sahur.
Rawon merupakan makanan asli tradisional khas Jawa Timur dengan bentuk olahan sup daging dengan kuahnya yang berwarna hitam. Warna hitam pada kuah ini disebabkan adanya campuran bumbu kluwak, ditambah dengan tambahan bumbu khusus yang menghasilkan aroma dan juga rasanya yang nikmat. Apalagi dengan nikmatnya daging berbentuk dadu yang berasal dari daging sapi, dagingnya pun empuk sangat pas dinikmati dengan panasnya kuah rawon.

Penyajian rawon di Warket Tongas ini sama dengan penyajian warung lainnya, dengan nasi hangat yang juga dilengkapi tambahan tauge kecil, dan juga sambal yang enak. Biasanya selain daging, saya memilih berbagai tambahan lauk, seperti tempe goreng, perkedel kentang atau tambahan lauk sesuai selera.

Anda tertarik, silahkan kunjungi tempat makan enak di Probolinggo – Rumah Makan Warket Topngas, di Jalan Raya Tambakrejo, Tongas, Kabupaten Probolinggo.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel