Sejarah Singkat “Universitas Pendidikan Indonesia”

Anda tertarik untuk menggeluti dunia pendidikan? Sepertinya salah satu perguruan tinggi di Bandung  ini bisa menjadi tujuan Anda untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya.  Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI menjadi salah satu tujuan favorit bagi mreka yang ingin menjadi guru atau tenaga pengajar. Namun, mengetahui sejarah singkat “Universitas Pendidikan Indonesia”, menjadi salah satu hal untuk tahu tentang UPI ini.

Sejarah Singkat “Universitas Pendidikan Indonesia”
Universitas Pendidikan Indonesia (Foto: soalunbk.info)

Informasi tentang “Universitas Pendidikan Indonesia”:

  • Singkatan/sebutan: UPI.
  • Status: BHMN.
  • Alamat: Jl. Dr. Setiabudi 229, Bandung 40154.
  • Telepon: 022 - 2001197.
  • Website: www.ikip-bdg.ac.id ; www.upi.edu
  • Dies Natalis: 20 Oktober.

Sejarah Singkat “Universitas Pendidikan Indonesia”

Didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954, sedangkan program pascasarjana-nya didirikan pada tahun 1970.

Universitas ini berawal dari Perguruan Tinggi Pendidikan Guru ( PTPG) yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan RI , yang saat itu dijabat oleh Mr. Mohammad Yamin pada tanggal 20 Oktober 1954. Tiga tahun kemudian status perguruan tinggi ini berubah menjadi salah satu fakultas di Universitas Padjajaran Bandung, dengan nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), yang kemudian berkembang menjadi FKIP-A dan FKIP-B.

Pada tahun 1963 secara resmi pemerintah mengubah FKIP menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bandung, yang melebur FKIP-A dan FKIP-B dengan nama Intitut Pendidikan Guru (IPG).

Baca juga: Sejarah Singkat “Universitas Padjajaran”.

Nama IKIP Bandung ini yang kemudian dikenal banyak orang, bahkan sampai sekarang. Pada awalnya, perguruan tinggi negeri ini hanya memiliki 5 fakultas, yaitu Fakuktas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS), Fakultas Keguruan Sastra dan Seni (FKSS), Fakultas Keguruan Ilmu Ekonomi (FKIE), dan Fakultas Keguruan Ilmu Teknik (FKIT). Sedangkan Fakultas Keguruan Ilmu Keolahragaan (FKIK) baru dibuka di IKIP Bandung  pada tahun 1977, setelah peleburan dari Sekolah Tinggi Olahraga (STO).

Pada tahun 1970, IKIP Bandung membuka program Pos Doktoral melalui pembentukan Lembaga Pendidikan Pos Doktoral  (LPPD), kemudian pada tahun 1976 menjadi Sekolah Pasca Sarjana (FPS).

Pada tahun 1981 berubah lagi, menjadi Fakultas Pasca Sarjana (FPS) yang mengelola program studi S2 dan S3. Pada tahun 1991, fakultas ini kemudian diganti namanya menjadi Program Pasca Sarjana (PPS).

Pada tahun 1999 nama IKIP Bandung diubah menjadi Universitas Pendidikan Indonesaia (UPI) melalui Keputusan Presiden  RI No. 124 Tahun 1999. UPI tetap memiliki enam fakultas dan satu program Pascasarjana. Selanjutnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 6 tahun 2004 tanggal 30 Januari 2004 berstatus menjadi “Badan Hukum Milik Negara (BHMN)”.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Pendidikan Indonesia”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studinya di Universitas Pendidikan Indonesia.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Pendidikan Indonesia”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel