Bahan Alami untuk Mengecilkan Pori-pori

Cantik dan menawan menjadi dua kata kunci penting bagi seorang wanita. Bahkan untuk menjaga wajah selalu cantik, seorang wanita rela mengorbankan uangnya untuk mendapatkan predikat cantik tersebut. Banyak sekali perawatan yang harus dilakukan untuk menjaga kecantikan atau menuju cantik, bahkan hanya untuk urusan pori-pori wajah yang besar pun tidak luput menjadi perhatian. Terlepas dengan kesanggupan untuk selalu pergi ke salon kecantikan, tidak ada salahnya kalau secara berkala Anda merawat sendiri dengan menggunakan bahan alami untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Bahan Alami untuk Mengecilkan Pori-pori
Foto: nftips.

Perawatan wajah sedikit banyak harus dilakukan, karena pori-pori kulit yang membesar akan menjadi berminyak dan menjadikan hasil riasan wajah menjadi terlihat tidak maksimal. Selain itu, menggunakan bahan alami untuk perawatan wajah akan menjadi lebih efektif dan juga aman untuk kulit.

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah dengan Cepat

Banyak anggapan yang beredar di masyarakat khususnya kaum perempuan bahwa menjadi cantik membutuhkan biaya yang mahal, khususnya perawatan wajah.  Padahal sebenarnya tidak . Begitu pula dengan timbulnya pori-pori besar pada wajah yang seringkali menjadi masalah, karena membuat wajah kotor dan tampak kasar, karena ditutup dengan make up pun hasilnya juga tidak bagus. Oleh karena itu, diperlukan sebuah cara untuk mengecilkan pori-pori wajah tanpa biaya mahal.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan pori-pori wajah dengan bahan alami yang bersumber dari Tabloid Nyata, sebagai berikut:

  1. Madu.
  2. Gula pasir.
  3. Es batu.
  4. Putih telur.
  5. Mentimun.
  6. Kayu cendana.
  7. Cuka apel.
  8. Uap panas.
  9. Air mawar + jus mentimun.
  10. Baking soda.
  11. Mentega + garam.
  12. Susu.
  13. Lemon.
  14. Tomat.
  15. Oatmeal + tomat.
  16. Tomat + madu.
  17. Yogurt.
  18. Lidah buaya.
  19. Kunyit.
  20. Kulit pisang.
  21. Semangka + daun mint.
  22. Pepaya.
  23. Minyak zaitun.
  24. Minyak argan.
  25. Minyak jojoba.
  26. Clay.

Baca juga: Pembersih wajah dari bahan alami.

1 | Madu.

Madu teryata mampu menyehatkan kulit danjuga mengecilkan pori-pori, karena madu mengandung astringents dan antioksidan.

Caranya mudah, oleskan madu pada wajah, khususnya pada area dengan pori-pori besar. Kemudian biarkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat, dan lanjutkan bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan tersebut setiap hari.

2 | Gula pasir.

Gula merupakan salah satu bahan yang bisa mengecilan pori-pori kulit. Gula bekerja sebagai eksfoliatir atau mengangkat sel-sel kulit mati.

Caranya ambillah masing-masing 1 sendok teh gula pasir dan madu, tambahkan 1 sendok teh air lemon. Campurlah secara merata. Kemudian oleskan campuran tersebut  pada wajah yang sudah dibersihkan dengan pijatan ringan dan gerakan secara melingkar.  Lakukan hal ini selama 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat, dan lanjutkan dengan air dingin untuk menutup pori-pori yang terbuka tersebut.

3 | Es batu.

Terdapat cara mudah dan murah untuk mengecilkan pori-pori, yaitu dengan menggunakan es batu. Es batu memiliki efek untuk mengencangkan kulit, meningkatkan sirkulasi darah dan juga meningkatkan kesehatan kulit.

Caranya mudah, bungkuslah beberapa es batu dengan kain yang lembut. Oleskan pada wajah selama 15 sampai 30 detik. Lakukan langkah ini beberapa kali dalam sehari. Atau bisa juga dilakukan dengan mengoleskan es batu pada wajah sekita 5 menit. Langkah ini bisa menutup pori-pori kulit dalam waktu singkat, sehingga bisa digunakan saat merias wajah.

4 | Putih telur.

Bahan lain yang bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah adalah putih telur, karena efek mengencangkan yang dimilikinya. Selain itu juga bisa menyerap kadar miyak kulit yang berlebihan, penyebab pori-pori besar.

Cara yang bisa dilakukan adalah ambillah putih telur, kocok sampai mengembang. Oleskan putih telur tersebut yang sudah dikocok pada wajah. Biarkan sampai benar-benar kering dan bilas sampai bersih. Agar bisa mendapatkan hasil terbaik, maka setelah mengoleskan putih telur, tutup kulit dengan kertas tisu. Biarkan mengering. Setelah itu lepaskan. Lakukan perawatan ini 1 sampai 2 kali seminggu secara teratur.

5 | Mentimun.

Mentimun sudah dikenal sejak lama bisa mendinginkan kulit, mata dan tubuh. Masker mentimun sangat efektif untuk mengecilkan pori-pori dan juga memperbaiki tesktur kulit, selain itu juga memiliki sifat anti-aging atau bisa menghambat munculnya tanda-tanda penuaan.

Cara yang bisa dilakukan adalah ambillah mentimun ukuran sedang, potong secara tipis-tipis dan hancurkan. Tambahkan 2 sendok makan air lemon. Oleskan campuran tersebut pada wjah yang sudah dibersihkan, dan biarkan selama 15 menit, baru bilas dengan air dingin.

6 | Kayu cendana.

Kayu cendana juga menjadi salah satu bahan alami yang bisa mengecilkn pori-pori pada wajah dan juga untuk meremajakan dan juga menghaluskan kulit.

Caranya sangat mudah, ambillah 1 sendok makan bubuk kayu cendana dan bubuk kunyit. Tambahkan beberapa tetes minyak almond sampai membentuk pasta kental. Oleskan pasta tersebut pada wajah yang sudah dibersihan, dan biarkan selama 20 menit, baru bilas dengan air dingin.

7 | Cuka apel.

Cuka apel adalah salah satu bahan alami yang memiliki sifat anti peradangan dan juga anti mikroba yang bia membantu untuk mengencangkan pori-pori kulit wajah.

Caranya, tuanglah cuka apel ke dalam wadah, tambahkan air dalam jumlah seimbang, bisa juga ditambah dengan air. Celupkan kapas bola ke dalam cuka asam. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan selama beberapa menit, bilas dengan air hangat dilanjutkan dengan air dingin. Setelah itu oleskan pelemabab. Lakukan perawatan tersebt setiap malam sebelum tidur untuk mendapatkan hasil terbaik.

8 | Uap panas.

Ini dia cara sangat murah dn terbaik untuk mengecilkan pori-pori wajah yaitu dengan menggunakan uap panas. 

Caranya, siapkan air panas dalam wadah yang besar, setelah itu cucilah wajah. Kemudian posisikan wajah pada uap panas yang keluar. Tutuplah kepala dengan handuk agar uap panas bisa mengenai wajah, baru bilas dengan air dingin.

9 | Air mawar + jus mentimun.

Beberapa tetes air mawar dan jus mentimun ternyata bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori pada kulit wajah. Silika yang terkandung dalam mentimun sangat berguna untuk mencerahkan dan memperbaiki tekstur kulit.

Caranya, oleskan campuran tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan, dan biarkan selama 15 sampai 20 menit, baru bilas dengan air dingin.

Baca juga: Tips Melawan Penuaan Kulit.

10 | Baking soda.

Baking soda memiliki sifat anti bakteri dan juga anti inflamasi untuk membantu mengurangi jerawat, mengangkat sel-sel kulit mati dan juga kotoran. Selain itu, baking soda juga membantu menjaga derajat keasaman kulit tetap seimbang.

Caranya, campur dua sendok baking soda dan dua sendok air hangat, kemudian oleskan campuran tersebut pada wajah disertai dengan pemijatan ringan dengan gerakan memutar selama beberapa detik, baru bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan tersebut setiap hari selama 5 sampai 7 hari. Setelah itu semua sudah dilakukan, lakukan 2 sampai 5 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

11 | Mentega + garam.

Bahan yang satu ini yaitu campran mentega dan garam bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya, campur mentega dan sedikit garam sampai merata. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan dan biarkan selama 15 menit baru bilas dengan air dingin.

12  | Susu.

Diantara berbagai bahan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, susu adalah salah satunya. Bahkan susu juga sering digunakan sebagai produk pembersih wajah. Oleh karena itu, untuk membersihkan wajah bisa menggunakan susu cair.

Caranya, oleskan susu cair pada wajah dengan menggunakan bola kapas dan biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

13 | Lemon.

Lemon merupakan pencerah kulit yang baik. Hal ini disebabkan adanya enzim yang terkandung di dalamnya yang berguna untuk mengecilkan pri-pori dan mengencangkan kulit.

Caranya, campurlah air lemon dan air dengan perbandingan yang sama. Celupkan bola kapas didaamnya, oleskan pada kulit yang sudah dibersihan. Kemudian biarkan selama beberapa saat , baru bersihkan dengan air dingin.

14 | Tomat.

Tomat menjadi salah satu buah yang bermanfaat untuk kecantikan, kandungan asam didalamnya bisa menyeimbangkan minyak kulit dan mengecilkan pori-pori. Cara ini bisa digunakan untuk kulit yang kering.

Caranya, campurlah madu dan jus tomat, kemudian oleskan campuran tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, baru bilas dengan air dingin.

15 | Oatmeal + tomat.

Dua bahan ini bisa menjadi bahan terbaik dan sempurna. Oatmeal merupakan eksfoliator yang bagus untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan juga kotoran, serta menyerap kadar minyak yang berlebih pada kulit. Tomat berfungsi untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit.

Caranya sangat mudah, tumbuklah oatmeal, tambahkan jus tomat. Aduk secara merata sampai membentuk pasta kental. Baru oleskan pasta tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan selama 15 sampai 20 menit, bilas dengan air dingin. Perawatan ini cukup dilakukan 1 sampai 2 kali seminggu.

16 | Tomat + madu.

Campuran tomat dan madu bisa mengencangkan kulit dan juga mengecilkan pori-pori.

Caranya, siapkan sebuah tomat kecil, hancurkan. Tambah dengan 1 sendok teh madu (tambahan madu untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering). Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan, biarkan selama 10 sampai 15 menit, bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini setiap hari.

17 | Yogurt.

Yogurt termasuk bahan yang bisa berfungsi untuk mengecilkan pori-pori, karena kandungan asam laktat di dalamnya. Selain itu, juga berfungsi untuk membersihkan dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Caranya, oleskan yogurt tanpa rasa pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan selama 20 menit, setelah itu bilas dengan air suam-suam kulit, dan lanjutkan dengan air dingin. Lakukan perawatan ini secara teratur 2 kali selama satu minggu.

18 | Lidah buaya.

Lidah buaya sering digunakan sebagai bahan kecantikan. Lidah buaya efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk mengecilkan pori-pori dan mengurangi kadar minyak.

Caranya, ambillah gel lidah buaya, hancurkan. Oleskan pada kulit                                                                       yang sudah dibersihkan, biarkan selama 10 sampai 15 menit. Baru bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan tersebut setiap hari untuk mendapatkan hasil optimal.

19 | Kunyit.

Kunyit adalah salah satu bahan herbal yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan dan bisa digunakan untuk pengobatan, bahkan kunyit mampu membunuh semua bakteri yang ada pada pori-pori dan juga mengecilkannya.

Caranya, siapkan bubuk kunyit, air mawar dan susu dengan jumlah perbandingan yang sama. Campur sampai membentuk pasta kental. Oles pasta tersebut pada wajah, biarkan selama 10 menit, baru bilas dengan air dingin.

20 |  Kulit pisang.

Kulit pisang mengandung glutein dan potassium yang bisa mengecilkan pori-pori dan juga meremajakan kulit.

Caranya, ambillah kulit pisang, kerok pada bagian putihnya. Olekan pada kulit, biarkan selama 10 sampai 15 menit, baru bilas dengan air dingin.

Baca juga: Pepaya, Buah dari Amerika untuk Kecantikan Kulit.

21 | Semangka + daun mint.

Campuran dua bahan ini bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori.

Caranya, siapkan semangka dan daun mint secukupnya. Hancurkan, bisa dengan diblender sampai menjadi pasta kental. Oleskan pada wajah, dan biarkan sampai 15 menit. Bilas dengan air dingin.

22 | Pepaya.

Pepaya adalah buah yang bisa mengurangi kadar minyak pada wajah dan juga mengecilkan pori-pori.

Caranya, hancurkan pepaya secukupnya. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan selama 15 menit, baru bilas dengan air dingin. Ulangilah perawatan tersebut seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

23 | Minyak zaitun.

Minyak zaitun memiliki sifat anti peradangan yang menjadkan kulit tetap sehat, melembabkan dan mengecilkan pori-pori kulit.

Caranya, oleskan minyak zaitun pada wajah disertai dengan pemijatan ringan dengan gerakan melingkar. Lanjutkan selama 5 menit, biarkan selama 15 mnit. Baru bilas dengn air hangat dan lanjutkan dengan air dingin.

24 | Minyak argan.

Minyak argan adalah minyak yang mengandung asam lemak esensial dan vitamin E, yang mampu melembabkan kulit dan juga mengecilkan pori-pori yang besar.

Caranya, hangatkan minyak argan, kemudian oleskan pada wajah disertai pemijatan ringan dengan gerakan melingkar. Diamkan selam 30 menit bilas dengan air suam-suam kuku, lanjutkan dengan air dingin.

25 | Minyak jojoba.

Minyak jojoba menjadi salah satu minyak yang bisa digunakan untuk membersihkan dan mengecilkan pori-pori kulit.

Caranya, ambillah beberapa tetap minyak jojoba dengan jari-jari. Pijat dengan lembut pada wajah selama beberapa menit. Biarkan selama semalaman, lakukan perawatan tersebut setiap malam sebelum tidur.

26 | Clay.

Bubuk clay (tanah liat) yang khusus untuk kosmetik, seperti tanah liat bentonit dan kaolin, ternyata mampu menyerap semua kotoran, mengencangkan dan mengecilkan pori-pori kulit.

Caranya:

  • Campur 2 sendok makan clay kosmetik dengan 1 sampai 2 sendok makan air mawar atau susu sampai terbentuk pasta kental.
  • Oles pasta tersebut pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan tersebut 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Catatan: sebelum mengoleskan pasta dari tanah liat tersebut, sebaiknya tes terlebih dahulu pada area disekitar telinga, untuk memastikan tidak adanya alergi.

Itu dia sedikit informasi tentang bahan alami untuk mengecilkan pori-pori wajah. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin selalu menjaga kualitas kulit cantik Anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Bahan Alami untuk Mengecilkan Pori-pori"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel