Pepaya, Buah dari Amerika untuk Kecantikan Kulit

Pepaya, Buah dari Amerika untuk Kecantikan Kulit - Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Rasanya enak, cenderung manis dan dengan warna yang cerah, banyak yang mengatakan buah ini untuk mereka yang sulit buang air besar. Kalau Anda menjawabnya dengan pepaya, maka jawaban itu benar sekali, namun pepaya memiliki manfaat tidak hanya untuk memperlancar buang air besar saja lho, ternyata masih banyak khasiat pepaya ini. Salah satunya untuk mempercantik kulit.

Kebiasaan mengonsumsi buah, membuat banyak orang mengenal pepaya sebagai buah yang biasa dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari, namun tidak banyak orang yang tahu bahwa buah pepaya bisa membuat kita berumur panjang. Selain itu juga kebanyakan orang belum tahu bahwa seluruh bagian dari pohon pepaya ini memiliki manfaat untuk kesehatan.

Pepaya, Buah dari Amerika untuk Kecantikan Kulit
Foto: medical-news.

Berdasarkan catatan pemakaian pepaya dalam pengobatan rakyat, menunjukkan bahwa buah pepaya masak bisa digunakan untuk mengatasi serangan cacing gelang, sedangkan yang masih muda bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah dan juga afrodisiak (untuk mendongkrak gairah seksual).

Bahkan biji pepaya memiliki khasiat sebagai anti radang, anti cacing, sebagai penghilang rasa sakit, sakit perut dan juga infeksi jamur. Sedangkan daun pepaya memiliki khasiat sebagai tonikum jantung, untuk menghilangkan rasa sakit dan sakit perut, dan akarnya berfungsi sebagai penghilang rasa sakit.

Pepaya & Khasiatnya 

Menurut Prof. Dr. Mangestuti, Apt, Ms dari Departemen Farmakognosi dan Fitokimi, Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga, yang juga pernah dimuat dalam Tabloid Nyata, menyampaikan bahwa pepaya merupakan tanaman yang berasal dari Carica papaya dari suku Caricaceae, dan asal mula pepaya yang berasal dari Amerika sudah hampir tersebar di seluruh Indonesia.

Tentu saja dengan berbagai kenikmatan yang terdapat pada pepaya, ternyata pepaya memiliki khasiat yang luar biasa, antara lain sebagai berikut:

  1. Sebagai perawatan kulit.
  2. Untuk anti cacing.
  3. Pelunak daging.

1 | Sebagai perawatan kulit.

Saat ini dengan berkembangnya teknologi dan kemudahan dalam pemrosesan alami, di pasaran sudah banyak dijumpai sabun dari pepaya yang telah dipercaya bisa membuat kulit menjadi lebih cemerlang atau bisa dikatakan pepaya memiliki khasiat sebagai pemutih. Bahkan ada juga informasi, bahawa memanfaatkan pepaya dalam bentuk jus pepaya bisa membantu mengurangi noda hitam karena sengatan matahari, melembutkan kulit dan membuat kulit menjadi lebih sehat. 

Selain itu, pepaya juga memiliki khasiat sebagai anti bakteri dan juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan yang sering digunakan sebagai perawatan luka. Hal ini disebabkan karena kerja enzim papain yang berfungsi sebagai pengelupas kulit, yang membuat sel mati menjadi lebih mudah terlepas dan menjadikan kulit menjadi lebih putih.

2 | Untuk anti cacing.

Selain berfungsi sebagai bahan untuk mempercantik kulit, pepaya juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai obat cacing. Hal ini disebabkan adanya alkaloida carpaine yang terkandung dalam buah, getah, biji dan daun. (Karena carpaine merupakan obat dengan dosis tinggi, maka cukup berbahaya dan harus dengan resep dokter).

3 | Pelunak daging.

Pepaya memang kaya manfaat, salah satunya yaitu bisa untuk melunakkan daging dan protein lainnya, hal ini disebabkan pohon dan buah pepaya yang masih hijau menghasilkan getah yang kaya enzim yang disebut dengan papain. Enzim ini merupakan enzim protease.

Enzim protease memiliki kemampuan untuk melunakkan daging, bahkan saat ini sudah terdapat obat pelunak daging yang mengandung papain.

Pepaya Mengandung Vitamin Terbaik untuk Kulit

Buah dari pohon yang berbatang tunggal ini bisa mencapai 5 sampai 10 meter, dengan daun yang tersusun pada ujung atas batang, dan juga yang menarik adalah daun pepaya memiliki bentuk yang spesifik, karena memiliki lekukan yang dalam dan sangat mudah dikenali.

Selain itu, pepaya memiliki kandungan karbohidrat, lemak, serat, Vitamin A, protein, betakaroten, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, kalsium , zat besi, fosfot, magnesium natrium dan kalium.

Baca juga: Temulawak, Cara Alami Menjaga Kesehatan Hati.

Kandungan vitamin A dan vitamin C membuat buah pepaya memiliki khasiat sebagai antioksidan, dan kandungan inilah yang menjadi rahasia di balik kemampuan pepaya bisa menghambat proses penuaan sel. Dalam proses untuk menghambat penuaan sel, yang diteliti oleh peneliti Jepang, dengan pengolahan dalam bentuk ragi, dibuktikan pepaya hasil fermentasi mengandung senyawa yang memiliki khasiat sebagai antioksidan yang mendongkrak daya tahan tubuh, dan hal ini yang menjadi resep rahasia panjang umur orang Jepang. 

Namun yang menjadi catatan adalah proses fermentasi tersebut harus dilakukan secara alamiah meskipun membutuhkan waktu yang lama, baru setelah menjadi kering, baru kemudian buah tersebut ditumbuk untuk dijadikan serbuk dan bisa langsung dimakan.

Itu dia sedikit informasi tentang “Pepaya, Buah dari Amerika untuk Kecantikan Kulit”. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin mendapatkan manfaat dari bahan alami, khususnya pepaya.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Pepaya, Buah dari Amerika untuk Kecantikan Kulit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel