Pembersih Wajah dari Bahan Alami

Setiap wanita pasti memimpikan dan mengharapkan memiliki kulit wajah yang bersih, putih dan sehat. Banyak sekali upaya yang dilakukan agar kulit wajah yang dimilikinya agar bisa menjadi tampak cantik dan menawan, bahkan harus merogoh kocek untuk ke salon kecantikan juga dilakukannya. Namun, bagi Anda yang memiliki budget terbatas, jangan khawatir, ternyata masih banyak cara yang bisa dilakukan agar kulit wajah tampak glowing, salah satunya dengan memberihkan wajah dengan pembersih wajah dari bahan alami, hal ini akan menjadi lebih praktis dan harganya pun sangat terjangkau.

Pembersih Wajah dari Bahan Alami
Foto: shoppinginromania.com

Bisa dikatakan bahan alami yang akan digunakan sebagai pembersih wajah merupakan bahan alternatif, sehingga dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Namun, sebagai catatan yang harus diperhatikan adalah kenalilah terlebih dahulu jenis kulit Anda agar bahan yang digunakan sesuai dengan kondisi kulit Anda.                                     

Pembersih Wajah yang Bagus dari Bahan Alami

Merawat wajah sudah menjadi keharusan bagi setiap wanita, banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan menggunakan bahan alami. Tidak perlu bingng, Anda bisa menggunakan bahan alami yang ada di dapur, selain murah, tentu saja bahan ini sangat aman.

Terdapat beberapa bahan alami sebagai pembersih wajah yang bisa digunakan (Tabloid Nyata), antara lain:

  • Madu + susu.
  • Madu + telur.
  • Madu + minyak kelapa.
  • Madu + lemon.
  • Almond + minyak esensial.
  • Yogurt + lemon.
  • Nanas.
  • Mentimun + mint.
  • Cuka apel.
  • Stroberi.
  • Yoghurt + stoberi.
  • Minyak-minyakan.
  • Susu krim + apel.
  • Clay + aspirin.
  • Pepaya.
  • Teh chamomile dan oatmeal.
  • Tomat.
  • Minyak zaitun.

Baca juga: Bahan Alami untuk Merawat Kulit.

  • Madu + susu.

Susu termasuk bahan yang mengandung lemak yang mampu melembabkan kulit. Begitu juga dengan madu.

Caranya mudah, campurlah satu sendok teh madu dengan satu sendok  teh susu cair, kemudian tambah dengan air secukupnya. Baru kemudian oles campuran tersebut pada wajah dan leher dengan pemijatan ringan, baru bilas dengan air dingin.

Notes: Pembersih ini sangat cocok untuk semua jenis kulit, termasuk pada kulit sensitif.

  • Madu + telur.

Campuran antara madu dengan telur, ternyata bisa membantu mengencangkan pori-pori, mengatasi hiperpigmnetasi, melembabkan kulit, dan juga membersihkan jerawat dan komedo.

Caranya, kocok putih telur (satu butir), kemudian campur dengan satu sendok teh madu. Oles campuran tersebut pada wajah. Hindari terkena mata, baru bilas dengan air bersih.

Notes: Pembersih ini sangat cocok untuk semua jenis kulit, termasuk pada kulit sensitif.

  • Madu + minyak kelapa.

Campuran antara madu dengan minyak kelapa bisa mengusir kelebihan minyak tanpa menghilangkan minyak alami pada kulit. Selain itu, kedua bahan itu juga bisa melembabkan dan mengusir bakteri penyebab jerawat.

Caranya, campurlah dua tetes minyak kelapa dengan dua sendok makan madu. Tambah satu sendok teh baking soda. Ambil sedikit campuran tersebut, baru kemudian oleskan pada telapak tangan, gosok untuk menghangatkan. Kemudian pijat pada wajah selama 30 sampai 40 detik. Letakkan kain hangat pada wajah untuk membuka pori-pori. Tunggu sampai 20 detik, kemudian bersihkan dengan lap yang sudah dicelupkan dalam air dingin.

  • Madu + lemon.

Kedua bahan ini merupakan bahan pelembab alami, yang memiliki sifat antiseptik dan juga bisa menenangkan kulit saat membersihkan kotoran. Cara ini sangat ideal untuk kulit kombinasi dan kulit berminyak.

Asam sitrat yang terkandung dalam lemon bisa membunuh bakteri penyebab jerawat, dan juga mengangkat sel-sel kulit mati. Madu dalam hal ini bisa memperlambat tanda-tanda penuaan kulit dan berifat antibakteri.

Caranya, campurlah dua sendok teh madu dan juga satu sendok makan air lemon. Oles campuran tersebut pada wajah dan leher, baru bila dengan air hangat.

  • Almond + minyak esensial.

Almond bisa menjaga kelembaban kulit dan juga menyegarkannya. Minyak esensial peppermint bersifat untuk mendinginkan dan menyegarkan kulit.

Caranya, campur setengah cangkir almond yang sudah dihancurkan, 4 sendok makan madu, satu sendok makan minyak jojoba, dan juga 6 tetes minyak peppermint. Ambillah setengah sendok teh campuran tersebut, kemudian letakkan pada telapak tangan, baru kemudian tambahkan beberapa tetes air. Gosokkan pada wajah secara lembut, disertai dengan pemijatan ringan selama beberapa menit, baru bilas dengan air hangat sampai bersih.

  • Yogurt + lemon.

Yogurt merupakan pembersih alami yang kaya akan asam laktat, lemak dan protein. Penggunaan yogurt ini akan membantu mendetoksifikasi dan juga membersihkan kulit.

Caranya, campur satu sendok teh air lemon dan satu sendok teh yogurt. Kemudian oleskan campuran tersebut pada wajah dan leher dengan menggunakan ujung jari. Lakukan pijatan ringan untuk bisa melonggarkan kotoran, baru bilas dengan air hangat.

  • Nanas.

Nanas menjadi salah satu bahan alami yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati, dan juga bagus untuk melembabkan kulit.

Caranya, campur setengah cangkir nanas yang sudah dihaluskan, tambah dengan 4 sendok makan minyak zaitun. Baru kemudian oleskan campuran tersebut pada wajah dan leher, oles secara melingkar yang disertai dengan pemijatan ringan. Bilas dengan air hangat sampai bersih.

Baca juga: Bahan Alami untuk Merawat Leher.

  • Mentimun + mint.

Campuran pembersih wajah antara mentimun dan mint sangat cocok untuk kulit gatal, kering dan iritasi. Mentimun bisa memberikan sensasi dingin pada kulit, sedangkan mint bisa menenangkan kulit yang iritasi.

Caranya, siapkan ¼ mentimun (tidak usah dikupas kulitnya). Tambah ¾ cangkir gula putih, 2 sendok teh minyak kelapa, dan 8 sampai 10 tetes minyak esensial pepermint. Campur secara merata. Oleskan campuran tersebut pada wajah secara merata.

  • Cuka apel.

Cuka apel bisa membantu menyeimbangkan derajat keasaman kulit dan mencegah kulit menjadi terlalu berminyak atau kering dengan menormalkan produksi sebum. Cuka apel cocok untuk kulit normal dan kulit berminyak.

Caranya, campur 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok makan air hangat. Celupkan bola kapas ke dalam campuran tersebut, kemudian oleskan pada wajah dan leher dengan lembut. Bilas dengan air hangat.

  • Stroberi.

Stoberi adalah buah yang mengandung zat yang bisa membersihkan kulit, mengandung pemutih alami yang bisa mencerahkan kulit dan warna kulit yang tidak merata.

Caranya, hancurkan 4 buah stroberi matang, kemudian saring dengan kain. Tambah dengan 1 tetes minyak esensial peppermint. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan leher. Pijat selama 1 sampai 2 menit.

Stroberi sangat cocok sebagai pembersih, bila Anda hanya menggunakan make up yang sedikit.

  • Yoghurt + stoberi.

Membersihkan wajah dengan menggunakan campuran ini bisa membantu mengangkat semua kotoran dengan lembut.

Caranya, hancurkan 2 sampai 3 stroberi segar dengan menggunakan garpu. Tambah dengan 2 sendok teh yoghurt polos tanpa rasa. Kemudian oleskan campuran tersebut pada wajah dan leher. Baru bilas dengan air dingin.

  • Minyak-minyakan.

Terdapat banyak sekali jenis minyak yang bisa digunakan untuk membersihkan kulit sesuai jenis kulit Anda. Untuk kulit secara umum, bisa menggunakan minyak esensial, seperti lavender, chamomile. dan geranium. Untuk kulit kering bisa menggunakan kayu cedar, melati, roses dan ylang-ylang. Sedangkan untuk kulit normal bisa menggunakan rosewood, cedarwood, chamomile, lavender dan melati. Dan untuk kulit kombinasi bisa menggunakan rosewood, kenang, dan geranium. Kulit berminyak bisa menggunakan chamomile.

Caranya, campur 1 bagian minyak jarak dengan 4 bagian minyak esensial sampai merata. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan leher secara merata. Bersihkan menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi.

  • Susu krim + apel.

Pembersih yang menggunakan bahan susu krim dan apel ini sangat cocok untuk kulit berminyak. Cara membuatnya mudah, hancurkan 2 sampai 3 iris apel, tambahkan 2 sendok makan susu krim dan 1 sendok teh madu. Campur secara merata. Kemudian oleskan campuran tersebut pada wajah dengan disertai pemijatan ringan selama 2 menit. Hindari area mata, dan bilas dengan air.

  • Clay + aspirin.

Pembersih dari bahan clay dan aspirin ini sangat bagus untuk mengobati jerawat dan juga bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Aspirin merupakan zat anti inflamasi yang bisa membantu menenangkan kulit.

Caranya, campur 2 buah aspirin yang sudah dihancurkan, 2 sendok teh clay dan satu sendok teh air. Kemudian saring campuran tersebut, tambahkan satu sendok makan cuka apel. Aduk sampai membentuk pasta halus. Tambah air apabila campuran tersebut tampak kering. Oles campuran tersebut pada wajah secara merata, bilas sampai bersih.

  • Pepaya.

Menggunakan pepaya dan madu memiliki khasiat untuk melembabkan kulit, dan susu membantu untuk mencerahkan kulit, hal ini menyebabkan pembersih dengan bahan ini cocok untuk kulit kering.

Caranya, hancurkan setengah cangkir pepaya yang sudah matang, tambah dengan 2 sendok teh susu, dan 1 sendok teh madu, aduk secara merata sampai membentuk pasta halus. Oles campuran tersebut pada wajah dan leher. Bilas dengan air dingin sampai bersih.

  • Teh chamomile dan oatmeal.

Menggunakan pembersih dari campuran teh chamomile dan oatmeal ini sangat cocok untuk semua jenis kulit. Teh chamomile mampu memenenangkan kulit, dan oatmeal mengandung asam salisilat dan merupakan eksfolian yang lembut.

Cara membuatnya mudah, campur setengah cangkir oatmeal, 1 sendok teh baking soda, dan 1 sendok teh madu. Aduk secara merata. Tambah dengan 2 sendok teh chamomile. Biarkan selama 5 menit. Oles campuran tersebut pada wajah yang lembab, kemudian bilas seperti biasa.

  • Tomat.

Tomat merupakan buah yang bisa digunakan sebagai pembersih wajah dan bisa digunakan untuk kulit kombinasi. Pembersih dari tomat berguna untuk membersihkan pori-pori kulit.

Caranya, hancurkan 1 buah tomat ukuran kecil sampai sedang, tambah dengan 2 sendok makan baking soda. Biarkan campuran berbusa. Oles campuran tersebut pada wajah dan leher dengan gerakan melingkar. Bilas dengan air dingin.

  • Minyak zaitun.

Minyak zaitun bisa digunakan sebagai pembersih dan cocok untuk kulit kering dan normal, selain itu pembersih ini bisa digunakan untuk meringankan kulit yang iritasi dan terbakar sinar matahari. Selain itu juga, pembersih ini bisa membantu untuk memudarkan flek hitam dan juga menghaluskan kulit.

Caranya, campur setengah cangkir minyak zaitun, ¼ cangkir cuka, dan ¼ cangkir air. Oles campuran tersebut pada wajah dan leher yang lembab dengan pemijatan ringan selama 1 sampai 2 menit agar nutrisinya bisa meresap ke dalam kulit. Kemudian usap lembut dengan kain basah.

Itu dia sedikit informasi tentang pembersih wajah dari bahan alami. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk menjaga kulit cantik Anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Pembersih Wajah dari Bahan Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel