Tips Mengatasi Sembelit dengan Cepat

Hidup sehat saat ini sudah menjadi tujuan utama, apalagi sejak merebaknya wabah pandemi Covid-19 baru-baru ini, yang tidak hanya melanda indonesia saja, namun juga seluruh dunia. Banyak hal yang patut disyukuri, bahkan mulai dari hal kecil, contohnya mudah buang air besar. Buang air besar memang idealnya dilakukan setiap hari sebagai tanda yang menunjukkan sistem pencernaan kita sehat dan lancar. Namun apa yang terjadi kalau kita merasakan sulit buang air besar atau sembelit. Tentunya banyak cara yang dilakukan agar bisa buang air besar dengan normal, salah satunya dengan tips mengatasi sembelit dengan cepat yang akan dibahas di bawah ini.

Tips Mengatasi Sembelit dengan Cepat
Foto: wellhumans.

Sebenarnya apa itu sembelit? Sembelit adalah suatu kondisi dimana saat kita mengalami susah buang air besar, biasanya ditandai dengan buang air besar kurang dari 3 kali dalam satu minggu. Selain membuat susah untuk buang air besar, tentunya sembelit menjadikan kurangnya rasa nyaman saat melakukan aktivitas.

Tips Alami Mengatasi Sembelit

Sebenarnya banyak cara untuk mengatasi sembelit mulai cara sederhana sampai dengan menggunakan obat agar sembelit bisa teratasi. Dalam bahasan kali ini tidak akan diberikan tips yang susah dan tidak bisa dilakukan, namun tips kali ini sangat mudah, yaitu hanya dengan bernapas.

Tips mengatasi sembelit kali ini diadaptasi dari tulisan Febricca, yang pernah dimuat dalam Tabloid Intisari Edisi No. 535, yang sedikit banyak menghubungkan antara bernapas dengan penyembuhan sembelit. Menurut Febricca, bernapas ternyata tidak hanya membuat diri kita hidup, namun lebih dari itu, bernapas bisa membuat wajah menjadi cerah, pikiran yang jernih, dan yang menarik sembelit bisa teratasi, tentunya dengan satu syarat yaitu dengan bernapas yang benar.

Baca juga: Serat untuk Kesehatan Tubuh.

Bernapas sejatinya bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui mulut dan hidung. Namun cara yag benar adalah bernapas melalui lubang hidung. Pada hidung, rambut-rambut halus tersebut berperan sebagai penyaring debu dan kotoran, selain itu lubang hidung mampu menghangatkan udara sebelu mmasuk ke paru-paru jika udara dingin.

Nah, bagaimana mengatasi sembelit dengan cara bernapas? Caranya sangat mudah, sebagai berikut:

  1. Berdirilah tegak dengan kedua tangan di pinggul.
  2. Tarik napas dalam-dalam, kemudian tahan, lanjutkan dengan membungkuk ke depan.
  3. Pastikan kaki Anda dalam posisi tetap .
  4. Tarik badan ke belakang sambil menghembuskan napas secara perlahan.
  5. Setelah itu, kembali pada posisi semua.
  6. Kemudian lanjutkan (masih dengan porsi latihan yang sama), kali ini bungkukkan badan ke kanan kemudian ke kiri.
  7. Latih pernapasan Anda secara teratur sampai terbiasa.

Mudah bukan? Semoga informasi dan tips mengatasi sembelit dengan cepat ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi Anda dalam menjaga kesehatan tubuh. 

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengatasi Sembelit dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel