Tips Melawan Penuaan Kulit

Memiliki kulit cantik dan menawan adalah dambaan setiap wanita. Dengan memiliki kulit cantik dan selalu awet muda maka kepercayaan diri akan muncul. Namun, apa yang terjadi kalau ternyata tiba-tiba secara tidak sengaja bahkan tidak terasa muncul kerut di wajah, garis halus bahkan bintik hitam pada wajah? Tentu saja ini adalah tanda kulit semakin menua. Namun jangan khawatir, banyak cara untuk menunda penuaan kulit. Untuk itu, di bawah ini akan diberikan tips melawan penuaan kulit, yang bisa menjadi referensi untuk Anda.

Tips Melawan Penuaan Kulit
Foto: bodhitreenaturalsskincare.com

Setiap wanita pasti mendambakan bahwa dirinya selalu terlihat awet muda, apalagi dengan wajah yang sehat dan kulit yang kencang. Bahkan banyak diantaranya yang rela menghabiskan uangnya agar bisa mendapatkan perawatan kulit anti aging. Dengan kebutuhan tersebut, maka wajar kalau saat ini muncul berbagai salon dan juga bahkan produk kecantikan yang memberikan penawaran anti penuaan kulit.

Tips Melawan Penuaan Kulit dengan Bahan Alami

Seperti kita ketahui bersama bahwa penuaan dini dengan indikasi munculnya penuaan kulit menjadi hal yang ditakuti banyak orang, khususnya kaum wanita. Keriput, kulit kusam dan noda hitam menunjukkan tanda munculnya penuaan dini. Hal ini bisa saja disebabkan banyak faktor seperti sinar matahari yang mengandung ultraviolet (UV) yang memiliki sifat merusak kulit. 

Menarik sekali membahas tentang penuaan kulit, begitu pula tulisan di bawah ini yang terinspirasi dari berbagai uraian yang disampaikan Prof. Dr. Mangestuti Agil, MS., Apt, dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, yang memberikan ide bahwa melindungi dan merawat kulit adalah faktor penting untuk melindungi dan merawat kulit.

Tanda penuaan kulit yang bisa dilihat aadalah kulit mengerut, kering, kasar dan terjadi perubahan warna sehingga menjadi lebih pucat, dan bagian tubuh yang sering mengalami perubahan adalah kulit di daerah wajah, leher, dada bagian atas, tangan dan lengan.

Terdapat bahan herbal yang kaya antioksidan yang sangat berguna untuk merawat kulit, antara lain:

  1. Kopi dan coklat.
  2. Buah dan sayur.
  3. Green tea.
  4. Labu kuning.

Baca juga: Tips Agar Tidak Keriput.

1. Kopi dan coklat.

Siapa yang mengira kalau kopi tidak hanya untuk diminum? Ternyata biji kopi juga mengandung zat antioksidan yang bisa untuk memperbaiki kerusakan pada kulit. Kandungan asam pada kopi sangat cocok untuk membantu proses pengelupasan pada sel kulit mati, sehingga kulit menjadi bersih.

Hal yang sama dan memiliki manfaaat yang sama, yaitu coklat. Bubuk coklat cocok untuk menjaga kulit dari kerusakan sinar matahari, karena bisa memperbaiki aliran darah dan bisa mempertahankan kelembaban pada kulit. Campuran kopi dan coklat juga cocok sebagai pilihan merawat kulit.

Caranya mudah, hanya siapkan ¼ cangkir bubuk kopi, utamakan jenis espresso. Kemudian siapkan ¼ cangkir bubuk coklat dan juga ½ cangkir susu berlemak. Kemudian aduk semua bahan sampai menjadi pasta yang halus. Untuk bisa digunakan, maka oleskan pada kulit wajah dan leher yang sudah bersih, dan diamkan selama 15 menit. Selanjutnya bilas dengan air hangat. Lakukan dua kali seminggu.

2. Buah dan sayur.

Terdapat beberapa buah dan sayur yang mengandung zat yang kaya antioksidan, seperti tomat, wortel, stoberi dan juga delima. Buah dan sayur tersebut harus dikonsumsi secara rutin setiap hari untuk bisa mendapatkan kulit yang sehat. Kita bisa menggunakan buah segar tersebut langsung pada kulit, yaitu dengan mengoleskannya pada kulit.

3. Green tea.

Daun teh merupakan bahan minuman yang mengandung vitamin C dan vitamin E, dan juga terbukti mampu melawan radikal bebas. Untuk itu pilihlah serbuk teh hijau yang berkualitas, seduh dan minum 1 sampai 2 cangkir setiap hari.

Untuk merawat kulit, rendamlah kain katun yang bersih ke dalam larutan teh hijau, peras dan pakailah untuk menutup wajah selama 10 menit setiap hari. Kantong teh celup malah bisa digunakan untuk membantu menghilangkan kelelahan mata dengan cara meletakkanya pada mata selama 10 sampai 15 menit.

Selain bisa digunakan untuk menghilangkan kelelahan pada mata, green tea bisa digunakan sebagi toner. Caranya sangat mudah, yaitu siapkan ½ cangkir air bersih  1 sampai 2 teh hijau dalam sachet atau bisa juga 2 sendok teh daun green tea. Kemudian didihkan air, letakkan kantong teh pada mangkok yang bersih  dan tuangkan air mendidih kedalamnya. Biarkan selama 2 sampai 3 menit, buanglah kantong the, dan dinginkan campuran tersebut dan simpan dalam botol bersih.

Untuk menggunakannya, cukup dengan membasahi kapas dan langsung dioleskan pada kulit wajah yang sudah bersih.

4. Labu kuning.

Sayuran ini kaya akan antioksidan dan juga zat asam hidroksi alfa, sehingga sangat cocok untuk menjaga kelembaban dan pengelupasan pada sel kulit mati. Manfaat tersebut baru bisa didapatkan kalau kita rutin makan labu kuning yang sudah masak secara teratur dan juga menggunakannya sebagai masker.

Untuk bisa digunakan sebagai masker, maka diperlukan satu cangkir buah labu kuning yang sudah dihaluskan, dua sendok makan yoghurt, dan juga satu sendok makan madu. Aduklah semua bahan tersebut sampai menjadi pasta yang halus. Kemudian pindahkan ke wadah tertutup yang bersih, dan simpan selama 2 minggu di dalam lemari es. 

Cara pemakaiannya sangat mudah, yaitu bersihkan kulit wajah dan leher terlebih dahulu. Ambil satu sendok masker labu, kemudian oleskan pada seluruh kulit wajah. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan dua kali dalam satu minggu.

Itu sedikit informasi dan tips melawan penuaan kulit, semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Melawan Penuaan Kulit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel