Bahan Alami untuk Mencerahkan Lutut dan Siku

Kecantikan menjadi isu penting dan luar biasa bagi para wanita, apa pun yang membuat berkurangnya kecantikan akan menjadi hal penting. Bahkan hanya perubahan warna dari yang sebelumnya cerah kemudian menjadi gelap sudah membuat heboh. Kali ini terdapat tema menarik, hiperpigmentasi yang terjadi pada anggota tubuh, seperti yang terjadi siku dan lutut. Hiperpigmentasi menjadikan anggota tubuh menjadi cenderung lebih gelap dari anggota tubuh lainnya, seperti yang terjadi pada lutut dan siku. Namun dengan berkembangnya teknologi informasi, semakin mudah bagi Anda untuk mencari bahan alami untuk mencerahkan lutut dan siku, dan yang menarik bahan-bahan tersebut ada di sekitar kita.

Bahan Alami untuk Mencerahkan Lutut dan Siku
Foto: wellordie.

Sebenarnya hal tersebut adalah hal yang wajar, namun sering membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Oleh karena itu, wajar bila kaum hawa mencari cara alternatif agar bisa merawat dan mencerahkan warna lutut dan siku mereka. Memang saat ini untuk melakukan perawatan kulit bisa dilakukan dengan mudah di salon kecantikan. Namun kemudahan ini berbanding terbalik dengan harganya  sehingga membutuhkan dana yang besar.

Bahan Alami untuk Memutihkan Kulit Pada Siku dan Lutut

Segalanya serba mungkin, kata siapa untuk membersihkan dan memutihkan siku dan lutut harus ke salon kecantikan terkenal dan mahal? Dengan hanya memanfatkan bahan-bahan alami dari berbagai buah dan sayuran dan juga bahan yang ada disekita kita, ternyata bisa digunakan untuk merawat siku dan lutut.

Berikut bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mencerahkan siku dan lutut yang bersumber dari Tabloid Nyata, antara lain:

  • Bawang merah dan bawang putih.
  • Tepung kacang buncis.
  • Minyak mustard.
  • Minyak zaitun.
  • Oatmeal.
  • Baking soda.
  • Tomat.
  • Vaseline.
  • Minyak vitamin E.
  • Lemon
  • Yogurt
  • Minyak kelapa.
  • Kentang.
  • Kunyit.
  • Gula.
  • Susu.
  • Coklat + Shea Butter.
  • Mentimun
  • Pepaya.
  • Madu.
  • Kemangi.
  • Lidah buaya.
  • Daun Mint.
  • Sandalwood.

Baca juga: Bahan Penghilang Komedo.

  • Bawang merah dan bawang putih.

Siapa yang menyangka ternyata campuran antara bawang merah dan bawang putih ternyata bisa digunakan untuk mencerahkan lutut dan siku. Caranya ambillah satu siung bawang merah dan satu siung bawang putih, kemudian cincang halus. Baru kemudian oleskan pada siku dan lutut selama 15 menit. Cuci dengan air sampai bersih, kemudian oleskan campuran gliserin, air mawar dan air lemon. Sering dan ulangi perawatan tersebut untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  • Tepung kacang buncis.

Diantara berbagai jenis sayuran maka tepung kacang buncis juga bisa dimanfaatkan sebagai pencerah kulit. Caranya campurlah dua sendok makan tepung buncis, satu sendok makan kunyit dan dua sendok makan susu cair dan juga satu sendok teh air jeruk nipis. Campurlah sampai menjadi pasta kental. Kemudian oleskan pasta tersebut pada siku dan lutut kemudian diamkan selama 20 menit, bilas sampai bersih. Baru kemudian oleskan lagi air mawar, lakukan perawatan ini seminggu dua kali.

  • Minyak mustard.

Minyak mustard merupakan minyak yang kaya akan asam linoleat dan oleat yang bisa membantu mencerahkan dan melembabkan kulit siku dan juga tumit. Caranya dengan mengoleskan minyak mustard pada area tersebut setelah mandi, dan biarkan selama 2 sampai 3 jam, kemudian bilas dengan air hangat. Baru kemudian oleskan pelembab. Lakukan perawatan tersebut setiap hari.

  • Minyak zaitun.

Selain bisa membersihkan kulit, minyak zaitun ternyata bisa melembutkan kulit. Sebelum digunakan, hangatkan sebentar minyak zaitun, kemudian oleskan pada siku dan lutut selama 2 sampai 3 menit sebelum tidur malam. Ulangilah perawatan tersebut dua kali dalam seminggu.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mencampur satu sendok minyak zaitun dengan dua sendok makan air lemon dan juga dengan setengah cangkir garam meja atau bisa dengan garam laut. Gosokkan campuran tersebut pada siku dan lutut, dan biarkan selama 15 menit, dan bilas dengan air dan sabun.

Kemudian keringkan dengan handuk lembut, dan oleskan pelembab, karena air lemon bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Lakukan perawatan tersebut setiap hari dalam waktu beberapa hari.

  • Oatmeal.

Ternyata oatmeal bisa digunakan untuk scrub alami untuk mencerahkan lutut dan siku. Caranya adalah dengan menggiling oatmeal secukupnya, kemudian tambahkan madu dan krim dingin sampai menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada siku dan juga lutut disertai dengan pemijatan ringan dengan gerakan melingkar. Gunakan ujung jari untuk memijat. Bersihkan, kemudian oleskan pelembab.

  • Baking soda.

Selain digunakan untuk keperluan dapur, baking soda menjadi bahan yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk mengatasi masalah lutut dan siku yang gelap. Caranya dengan mencampurkan baking soda dan susu cair dengan perbandingan yang sama. Kemudian gosokkan campuran tersebut pada area siku dan lutut yang gelap disertai dengan pemijatan ringan selama 2 sampai 3 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat, dan keringkan dengan handuk yang lembut. Lakukanlah perawatan tersebut setiap hari untuk mendapatkan hasil yang nyata.

  • Tomat.

Pasta tomat ternyata bisa digunakan untuk mencerahkan lutut dan siku. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencampur satu sendok makan jus tomat segar dan dua sendok makan oatmeal sampai membentuk pasta. Dan oleskaan pada lutut dan siku disertai dengan memijat ringan selama lima menit. Biarkan selama 15 sampai 20 menit dan bersihkan dengan menggunakan air mawar.

  • Vaseline.

Vaseline bisa membantu memberikan efek secara cepat untuk mencerahkan juga melembutkan lutut dan siku. Sebelum dilakukan proses pencerahan, bersihkan terlebih dahulu lutut dan siku dengan scrub, keringkan dengan handuk lembut, baru kemudian olesi dengan Vaseline. Lakukan perawatan tersebut setiap malam sebelum  tidur.

  • Minyak vitamin E.

Minyak vitamin E bisa digunakan untuk mengobati berbagai masalah pada kulit, bahkan untuk masalah kulit lutut dan siku yang gelap. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak vitamin E pada lutut dan siku, disertai dengan pemijatan ringan dengan gerakan secara melingkar. Selain itu, bisa juga ditambahkan gula pada minyak vitamin E. Setelah sedikit larut, oleskan campuran tersebut pada siku dan lutut disertai dengan pemijatan ringan. Biarkan selama semalaman, pada keesokan harinya bersihkan dengan air hangat.

Baca juga: Bahan Alami untuk Memudarkan Stretch Marks.

  • Lemon.

Lemon merupakan antioksidan yang kuat, bahan pencerah dan juga untuk meregenarasi sel-sel kulit yang baru. Untuk mencerahkan pada area siku dan lutut, maka ambillah lemon, kemudian potonglah menjadi dua, dan gosokkan pada area siku dan lutut tersebut. Dan biarkan selama 20 menit, baru kemudian dibilas dengan air hangat.

Cara alternatif lain yang bisa dilakukan adalah campurlah satu sendok makan air lemon dengan satu sendok makan madu, dan biarkan 15 sampai 20 menit, baru kemudian dibilas dengan air hangat.

Atau bisa juga dengan mengoleskan pasta yang dibuat dari campuran air lemon dengan tepung gram atau biasa dikenal dengan nama besan yag merupakan tepung dari kacang polong, dan biarkan selama 15 sampai 20 menit, kemudian bilas dengan air berish. 

Yang perlu mendapat perhatian: Hindarilah terpapar dari sinar matahri secara langsung, paling tidak selama tiga jam, setelah menerapkan lemon pada kulit, agar kulit tidak iritasi.

  • Yogurt.

Yogurt menjadi salah satu bahan yang bisa mencerahkan kulit, sekaligus bisa melembabkan. Cara yang bisa dilakukan adalah campurlah cuka dan yogurt masing-masing satu sendok teh, baru kemudian dioleskan pada lutut dan siku, biarkan selama 15 menit. Setelah mengering, baru dibilas dengan air hangat, dan oles dengan pelembab.

Selain cara di atas, juga bisa dilakukan dengan cara, mengoleskan pasta tepung gram atau besan dan yogurt. Biarkan selama 20 menit, baru bilas dengan air hangat, lakukanlah setiap hari.

Untuk membuat pasta. Campurlah dua sendok teh tepung gram dan juga satu sendok teh yogurt. Kemudian ambil dengan jari basah, oleskan pada area siku dan lutut yang gelap. Biarkan selama 15 sampai 20 menit, bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini selama tiga kali seminggu.

  • Minyak kelapa.

Selain beberapa bahan di atas, minyak kelapa juga mengandung vitamin E yang memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit dan memperbaiki kulit yang rusak, karena radikal bebas dan paparan sinar matahari.

Setelah mandi, pijatlah siku dan lutut dengan menggunakan minyak kelapa selama 2 sampai 3 menit. Lakukan hal ini selama beberapa kali dalam satu hari. 

Atau bisa juga dengan mengoleskan campuran satu sendok the minyak kelapa dan juga setengah sendok teh air lemon selama 20 menit setiap hari.

  • Kentang.

Kentang bisa juga digunakan untuk mencerahkan lutut dan siku yang gelap, kerena memiliki efek pemutihan yang kuat. 

Caranya, rebus kentang, hancurkan, kemudian campur yogurt sampai menjadi pasta. Gosokkan pasta tersebut pada siku dan lutut disertai dengan pemijatan ringan. Biarkan selama 20 menit. Bilas sampai bersih, lakukan perawatan ini setiap hari.

  • Kunyit.

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai pencerah lutut dan siku yang gelap. 

Caranya, campurlah susu sebagai bahan pemutih alami dan madu sebagai pelembab untuk mengoptimalkan hasil. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencampur bubuk kunyit, madu dan susu dengan perbandingan sama sampai menjadi pasta kental. Kemudian gosokkan pasta tersebut pada lutut dan siku selama 2 sampai 3 menit. Bilas sampai bersih dan lakukan perawatan tersebut setiap hari.

  • Gula.

Siapa yang menyangka kalau scrub dari gula bisa membantu untuk mencerahkan kulit pada area siku dan lutut yang gelap. Gula ternyata mampu mengeksfoliasi atau mengangkat sel-sel kulit mati. Bahan yang dibutuhkan adalah minyak zaitun dan gula pasir.

Caranya, campur kedua bahan tersebut dengan jumlah yang sama sampai membentuk pasta yang kental. Oleskan pada area siku dan lutut disertai pemijatan ringan dengan gerakan melingkar selama 5 menit. Kemudian bilas dan bersihkan dengan sabun.

  • Susu.

Susu adalah salah satu bahan yang bisa digunakan untuk mencerahkan kulit, karena mengandung asam laktat dan juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya adalah celupkan bola kapas ke dalam susu cair, kemudian oleskan pada siku dan lutut. Lakukan hal tersebut secara teratur selama setiap hari, karena proses kerja asam laktat dalam susu tergolong lambat.

  • Coklat + Shea Butter.

Penyebab lutut dan siku hitam adalah kulit yang kering. Untuk itu, agar terlihat cerah, cara yang dilakukan adalah dengan melembabkannya.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan shea butter yang merupakan lemak alami untuk menjaga kulit tetap sehat dan lembut. Oleskan sebelum tidur malam.

  • Mentimun

Mentimun merupakan teman terbaik bagi kulit. Fungsinya pun tidak hanya untuk mencerahkan saja, namun juga bisa untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan juga berfungsi untuk melembabkan kulit.

Caranya mudah, potong mentimun tipis-tipis, kemudin gosokkan pada siku dan lutut selama 10 menit, dan biarkan selama 5 menit, selanjutnya bilas dengan air dingin.

  • Pepaya.

Pepaya juga memiliki fungsi untuk mencerahkan lutut dan siku. Anda hanya membutuhkan pepaya yang sudah masak secukupnya.

Caranya, hancurkan pepaya sampai menjadi pasta, kemudian oleskan pada siku dan lutut, biarkan selama 10 menit, dan bilas dengan air bersih. Lakukan langkah ini 2 kali satu minggu sampai mendapatkan hasil yang optimal.

  • Madu.

Madu menjadi salah satu bahan yang berfungsi untuk mencerahkan lutut dan siku. Campuran lemon dan madu bisa digunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada lutut dan siku.

Caranya, ambillah 1 sendok teh kulit lemon, 3 sendok makan air lemon, dan juga 1 sendok makan madu. Campurlah bahan tersebut, dan oleskan pada siku dan lutut, dan bilas sampai bersih. Oleskan pelembab. Lakukan perawatan ini setiap hari.

  • Kemangi.

Selain berfungsi untuk kesehatan, kemangi juga berfungsi untuk mencerahkan lutut dan siku yang gelap.

Caranya mudah, buatlah pasta dari 2 sampai 3 tetes ekstrak daun kemangi, 2 sendok susu cair dengan sedikit bubuk kunyit. Baru oleskan pasta tersebut pada lutut dan siku, biarkan selama semalaman. Baru pada keesokan harinya cuci dengan air hangat.

  • Lidah buaya.

Lidah buaya merupakan bahan alami yang sering digunakan sebagai bahan kecantikan. Lidah buaya adalah bahan alami pembersih, pencerah dan juga mampu mengatasi kerusakan kulit karena paparan sinar matahari.

Caranya, ambillah ekstrak gel lidah buaya, hancurkan, kemudian oleskan pada lutut dan siku, biarkan selama 20 menit, baru cuci dengan air hangat.

  • Daun Mint.

Daun mint juga memiliki manfaat untuk merawat kulit, salah satunya untuk mencerahkan lutut dan siku. Hal ini disebabkan daun mint bersifat sebagai antiseptic dan antiinflamasi (antiperadangan).

Caranya, rebuslah setengah cangkir air, kemudian masukkan daun mint secukupnya. Tambahkan perasan air lemon cukup setengah. Angkat dan dinginkan. Oleskan air tersebut dengan bola kapas pada lutut dan siku yang gelap. Lakukan setidaknya 2 smpai 3 kali sehari.

  • Sandalwood.

Bubuk sandalwood adalah bubuk yang berguna untuk merawat  kulit. 

Caranya, campurlah bubuk kunyit dan bubuk sandalwood dengan air mawar sampai menjadi pasta kental. Kemudian oleskan pasta tersebut pada lutut dan siku. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, bilas sampai bersih. Ulangilah perawatan tersebut secara teratur sehari sekali sampai mendapatkan hasil yang optimal.

Baca juga: Bahan Alami untuk Merawat Kulit.

Perawatan Pasca Lutut dan Siku Cerah dan Bersih

Setelah lutut dan siku bersih dan cerah kembali, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar area tersebut tidak gelap kelmbali.

Yang harus dilakukan, antara lain:

  • Gunakanlah loofah untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada area siku dan lutut yang gelap.
  • Oleskan tabir surya pada kulit sebelum melakukan aktivitas di bawah sinar matahari, hal ini untuk menjaga kulit tetap lembab dan sehat.
  • Oleskanlah pelembab sesering mungkin untuk menjaga agar kulit tidak kering, apalagi kalau Anda sering berada dalam kurun waktu lama di ruangan ber-AC.
  • Gunakan baju lengan panjang saat berada di luar rumah.
  • Konsumsilah makanan bergizi.
  • Minumlah 8 sampai 10 gelas air putih agar kulit terhidrasi dengan baik.

Yang tidak boleh dilakukan, yaitu:

  • Jangan menggosok kulit terlalu keras agar kulit tidak luka.
  • Jangan mengelupas atau pun menggosok lutut atau siku bila terdapat bagian yang luka, karena bisa meningkatkan risiko infeksi.
  • Hindarilah menggunakan pencerah kimia terlalu sering.
  • Kurangilah ketegangan pada siku dan lutut, karena bisa menyebabkan area pada kulit tersebut menjadi gelap.

Itu dia sedikit informasi dan cara mencerahkan kulit dengan bahan alami untuk mencerahkan lutut dan siku. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Bahan Alami untuk Mencerahkan Lutut dan Siku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel