Bahan Alami untuk Memudarkan Stretch Marks

Menjadi cantik masih menjadi isu utama bagi seorang wanita untuk tampil cantik dan percaya diri. Segala produk yang berhubungan dengan kecantikan selalu laris manis, tidak hanya itu saja. Konten yang berhubungan dengan proses menjadi cantik selalu laris manis, baik blog dan youtube yang membahas kecantikan selalu dibanjiri oleh mereka yang ingin tampil cantik dan mempesona. Bahkan bagi seorang wanita yang baru saja melahirkan dan timbulnya stretch marks juga menjadi isu penting, sehingga mereka berusaha mencari cara untuk menghilangkanya, termasuk menggunakan bahan alami untuk memudarkan stretch marks. 

Bahan Alami untuk Memudarkan Stretch Marks
Foto: ridguide.com

Sebenarnya apakah stretch marks itu? Stretch marks sebenarnya merupakan jenis luka yang terjadi pada bagian kulit tertentu, kemunculannya ditandai dengan adanya garis kemerahan atau berwarna kecoklatan, dan juga terasa lebih menonjol dan gatal.

Bahan Alami untuk Memutihkan Kulit dan Memudarkan Stretch Marks

Pada dasarnya tidak semua orang mengalami stretch marks, hal ini biasanya dialami oleh mereka yang kulitnya mengandung sedikit kolagen, yaitu protein yang membuat kulit menjadi lentur. Stretch marks sendiri muncul disebabkan karena ukuran tubuh yang bertambah lebih cepat dibanding dengan perkembangan dan elastisitas kulit.

Terdapat banyak cara untuk memudarkan stretch marks, salah satunya dengan menggunakan bahan alami. Berikut bahan alami yang bisa digunakan untuk memudarkan stretch marks (Sumber: Tabloid Nyata), antara lain:

  1. Minyak zaitun
  2. Minyak Vitamin E.
  3. Minyak jarak.
  4. Vicks Vaporub.
  5. Mentega.
  6. Minyak almond.
  7. Baby oil.
  8. Minyak jojoba.
  9. Lidah buaya
  10. Kentang.
  11. Kunyit.
  12. Lemon.
  13. Gliserin dan lemon.
  14. Gula pasir.
  15. Baking soda.
  16. Kopi.
  17. Putih telur.

Baca juga: Bahan Alami untuk Mencerahkan Lutut dan Siku.

1. Minyak zaitun.

Minyak zaitun merupakan emolien hebat yang bisa memudarkan stretch marks. Caranya sangat mudah yaitu tinggal menggosokkan minyak zaitun murni pada area yang terdapat stretch marks. Lakukanlah perawatan tersebut setiap hari untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Minyak Vitamin E.

Banyak yang mengatakan bahwa minyak vitamin E sebagai bahan yang luar biasa untuk kulit, karena bisa membuat kulit tampak cantik dan muda. Bahkan penggunaannya yang teratur bisa memudarkan stretch marks. Caranya sangat mudah, tinggal mengoleskan minyak vitamin E pada kulit yang ber-stretch marks disertai dengan pemijatan ringan. Setelah itu diamkan selama semalaman. Lakukan perawatan tersebut setiap malam menjelang tidur.

3. Minyak jarak.

Minyak jarak bisa menjadi salah satu cara untuk memudarkan stretch marks. Caranya sangat mudah yaitu dengan mencampur minyak jarak dan minyak almond, dan oleskan pada area tubuh yang terdapat stretch marks ditambah dengan pemijatan ringan. Kemudian tutuplah dengan kain tipis agar minyak bisa terserap secara optimal. Minyak jarak kaya akan asam ricinoleic yang bisa membantu memudarkan stretch marks. Lakukanlah perawatan tersebut setiap hari selama 2 sampai 3 minggu untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Vicks Vaporub.

Siapa yang menyangka Vicks Vaporub yang biasa digunakan untuk meredakan hidung tersumbat ternyata bisa untuk memudarkan stretch marks. Hal ini disebabkan Vicks Vaporub  terbuat dari kombinasi minyak, seperti kayu putih, cedar dan masih banyak bahan lainnya. Caranya sangat mudah, Anda tinggal menggosokkan Vicks Vaporub pada area kulit yang ber-stretch marks, kemudian diamkan selama satu jam. Karena pengaruh Vicks Vaporub yang sangat kuat, maka jangan menggunakannya setiap hari. Cukup menggunakannya seminggu sekali. (Catatan: Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah mengoleskan Vicks Vaporub agar tidak sampai mengenai mata.)

5. Mentega.

Mentega ternyata sangat bagus  untuk menjaga kulit tetap lembab, dan juga bisa meningkatkan kolagen. Caranya dengan menggosokkan mentega pada kulit, kemudian diamkan selama 20 sampai 30 menit agar nutrisi yang terkandung didalamnya bener-benar terserap secara sempurna. Lakukanlah perawatan tersebut setiap hari untuk bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

6. Minyak almond.

Minyak almond merupakan bahan pelembab yang baik, yang berguna untuk memperbaiki kulit, termasuk stretch marks. Caranya adalah dengan menggosokkan minyak almond pada seluruh tubuh, khususnya area yang terdapat stretch marks. Biarkanlah meresap dan juga tidak perlu dicuci. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan perawatan pada malam hari menjelang tidur. Lakukanlah perawatan tersebut setiap hari sedikitnya selama dua bulan untuk mendapatkan hasil terbaik.

7. Baby oil.

Baby oil bisa digunakan untuk melembabkan kulit kering sekaligus untuk mengurangi stretch marks. Caranya adalah dengan menggosokkan baby oils pada area tubuh yang terdapat stretch marksnya. Biarkan selama semalaman, lakukan perawatan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

8. Minyak jojoba.

Minyak jojoba adalah salah satu bahan alami yang bisa mengembalikan elastisitas kulit dan bisa meningkatkan produksi kolagen. Caranya dengan mengoleskan minyak jojoba pada kulit dengan gerakan secara melingkar, kemudian biarkan semalaman. Lakukan setiap hari sebelum tidur malam untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.


9. Lidah buaya.
Diantara bahan yang bisa memudarkan strech marks, maka lidah buaya bisa menjadi pilihan sebagai bahan alami yang memiliki khasiat untuk meremajakan kulit dan juga mengandung nutrisi yang bisa memudarkan strech marks.

Cara untuk memudarkan strech marks dengan bahan lidah buaya bisa dilakukan dengan cara, gosokkan jel lidah buaya yang sudah dihancurkan pada area tubuh yang ber-strech marks. Lakukanlah selama 15 sampai 20 menit, kemudian bilas dengan air suam-suam kuku. Lakukanlah perawatan tersebut setiap hari selama dua bulan.

10. Kentang.
Siapa yang mengira, kentang bisa digunakan untuk memudarkan strech marks. Hal ini disebabkan kentang memiliki sifat mencerahkan kulit.

Caranya, Anda bisa menggunakan beberapa potong kentang, dengan memarut kentang secukupnya. Kemudian oleskan pada area yang ber-strech marks, dan biarkan selama 20 menit, kemudian bilas.
Apabila tidak mau repot dengan memblender atau memarutnya, Anda hanya cukup mengoleskan irisan kentang pada area yang ber-strech marks. Kemudian biarkan selama 20 sampai 30 menit, kemudian bilaslah sampai bersih. Lakukan perawatan tersebut 3 kali sehari, setidaknya selama 2 minggu.

11. Kunyit.
Kunyit termasuk bahan alami yang mengandung curcumin yang bisa meningkatkan produksi kolagen yang berpengaruh pada elastisitas kulit. 

Cara menggunakan kunyit untuk memudarkan strech marks yaitu dengan cara memotong kunyit tipis-tipis, kemudian tambahkan sedikit air, giling atau bisa dengan memblender sampai menjadi pasta. Kemudian oleskan pasta tersebut pada bagian kulit yang ada strech marknya. Biarkan mengering, bilas sampai bersih. Lakukan perawatan selama 2 kali sehari, yaitu pagi dan malam.

12. Lemon.
Campuran jel lidah buaya dan lemon bisa menjadi antioksidan yang kuat dan bisa membantu memperbaiki kulit. Hal ini juga berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan juga bisa untuk memudarkan strech marks.

Caranya, yaitu dengan mencampur secara merata satu sendok teh air lemon dengan jel lidah buaya secukupnya. Oleskan campuram air lemon dan jel lidah buaya pada area tubuh yang ber-strech marks. Biarkan mengering, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan tersebut 3 sampai 4 kali sehari untuk bisa mendapatkan hasil terbaik.

Catatan: Anda bisa menggunakan air lemon saja untuk mengurangi strech marks, karena lemon mengandung vitamin C yang bisa mencerahkan kulit.

13. Gliserin dan lemon.
Gliserin merupakan pelembab  yang sangat bagus untuk kulit, dan lemon menjadi bahan pencerah yang sangat baik. Pencampuran keduanya sangat bisa menjadi bahan yang memudarkan strech marks.

Caranya, dengan mencampur satu sendok teh air lemon dan beberapa tes gliserin. Oleskan campuran tersebut pada area yang ber-strech marks setiap malam sebelum tidur. Lakukan perawatan tersebut setiap hari selama 3 minggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

14. Gula pasir.
Gula pasir ternyata bisa digunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga sel kulit yang mati akan digantikan oleh sel kulit yang baru. Oleh karena itu, gula pasir bisa digunakan untuk memudarkan strech marks.

Caranya sangat mudah, ambillah 1 sendok  makan gula pasir, tambahkan beberapa tetes minyak almond dan juga air lemon. Oleskan campuran tersebut pada area tubuh yang berstrech marks disertai dengan pemijatan selama 10 menit. Kemudian bilas sampai bersih. Lakukan perawatan tersebut sampai strech marks pudar.

Anda juga bisa menggunakan gula pasir dan air. Namun, sebaiknya pilihlah gula pasir yang tidak diputihkan, karena gula pasir yang diputihkan sedikit lebih keras sehingga bisa melukai kulit.

15. Baking soda.
Soda kue atau baking soda ternyata bisa membantu menghilangkan sel kulit, sehingga menjadi lebih cerah. Caranya, yaitu ambillah 1 sendok teh baking soda dan tambahkan sedikit air.
Kemudian dengan kain yang lembut, ambillah baking soda tersebut dan gosokkan dengan gerakan melingkar pada strech marks. Lakukan sampai merata, dan bilas sampai bersih.

16. Kopi.
Biji kopi adalah bahan minuman yang mengandng kafein yang bisa membantu merangsang pergantian sel kulit, meningkatkan aliran darah dan juga mengangkat sel kulit mati, hal ini bisa digunakan untuk memudarkan strech marks.

Caranya, dengan mencampur bubuk kopi dan minyak zaitun sampai menjadi pasta kental. Gosokkan pata tersebut pada kulit yang ber-strech mark, kemudian biarkan mengering. Bilas sampai bersih.

17. Putih telur.
Putih telur adalah bahan yang kaya protein dan mineral yang bisa mengurangi strech marks. Caranya dengan memisahkan putih telur dari kuningnya, kemudian kocok putih telur sampai mengental, kemudian oleskan secara merata pada area tubuh yang ber-strech mark.

Biarkan mengering, kemudian bersihkan dengan air dingin, lakukan perawatan tersebut selama 2 sampai 3 kali seminggu.

Catatan:

Apabila stretch marks sudah memudar, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Banyak minum. Minum air putih setidaknya delapan gelas sehari. Hal ini sangat penting untuk menghindari dehidrasi yang bisa berdampak buruk pada kulit. Untuk itu, hindarilah minuman yang mengandung kafein dan alcohol.
  • Menjaga berat badan. Jagalah berat badan selalu stabil. Jangan sampai meningkat atau bahkan menurun secara dratsis, karena hal ini bisa menyebabkan munculnya stretch marks. Oleh karena itu, selalu menerapkan diet seimbang dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, diantaranya makan makanan yang mengandung zink, seperti salmon dan juga vitamin C.
  • Menjaga kelembaban kulit. Kulit yang kering sering menjadi biang munculnya stretch marks. Oleh karena itu, jagalah selalu kulit tetap lembab dengan mengoleskan krim atau lotion.

Menarik bukan informasi kali ini? Semoga informasi tentang bahan alami untuk memudarkan stretch marks bermanfaat untuk Anda yang ingin menambah kecantikan kulit dengan bahan-bahan alami.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Bahan Alami untuk Memudarkan Stretch Marks"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel