Bahan Penghilang Komedo

Wajah yang putih dam bersih pasti menjadi idaman seluruh wanita. Dengan adanya wajah yang bebas dari jerawat bahkan komedo menjadi salah satu cara untuk meningkjatkan rasa PD (Percaya Diri) pada seseorang. Komedo memang menjadi masalah kulit yang sering dialami kebanyakan wanita selain jerawat. Selain itu, munculnya komedo sering membuat seseorang merasa tidak nyaman, dengan bentuknya yang berupa benjolan kecil pada permukaan kulit, komedo termasuk jenis jerawat namun dalam kategori ringan. Karena sering mengganggu, otomatis dibutuhkan suatu cara agar bisa menghilangkan komedo tersebut, berikut akan disampaikan beberapa bahan penghilang komedo yang berasal dari bahan yang sering ditemui di rumah.

Foto: beautifulhameshablog.

Sebenarnya banyak cara untuk menghilangkan komedo, apalagi komedo hitam, ada yang sengaja mengeluarkan uang banyak untuk menghilangkan komedo, namun ada juga yang murah. Karena pasti akan muncul atau timbul lagi, alangkah sebaiknya dicoba terlebih dahulu dari bahan alami dan murah.

Penghilang Komedo Paling Ampuh 

Bisa diakui bahwa komedo merupakan masalah pada kulit wajah yang sering dialami oleh kebanyakan para wanita. Penyebabnya adalah terdapat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah akibat minyak berlebih. 

Komedo tidak hanya bisa dihalau dengan lemon, baking soda, kayu manis, oatmeal, putih telur, namun masih banyak bahan lain yang bisa dimanfaatkan. 

Berikut beberapa bahan pengusir komedo yang dikutip langsung dari Tabloid Nyata, antara lain:

  1. Fenugreek.
  2. Kunyit.
  3. Madu.
  4. Vaseline dan plastic wrap.
  5. Minyak kelapa dan esensial.
  6. Minyak kelapa dan kopi.
  7. Kayu manis dan tepung oat.
  8. Jagung.
  9. Aspirin.
  10. Lidah buaya.
  11. Mentimun.
  12. Cuka apel.

Baca juga: Teh Hijau dan Manfaatnya untuk Melawan Kanker Prostat.

1. Fenugreek.

Fenugreek ternyata sudah terbukti mampu untuk menyingkirkan komedo yang membandel, hal ini disebabkan fenugreek mengandung antioksidan dan antiseptik. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencampur satu cangkir daun funegreek dengan air hingga terbentuk pasta, kemudian oleskan pasta tersebut pada wajah, biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.

2. Kunyit.

Kunyit adalah bahan alami yang mengandung antioksidan dan memiliki sifat antiradang, sehingga baik untuk mengusir komedo dan bisa digunakan sebagai obat luka bakar ringan. Kunyit juga bisa digunakan untuk membersihkan pori-pori dan juga bisa untuk memperbaiki warna kulit. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan bubuk kunyit, dua sendok makan jus mint sampai membentuk pasta. Kemudian oleskan pasta tersebut pada wajah yang berkomedo, biarkan selama 3 sampai 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

3. Madu.

Madu memiliki sifat antiseptik dan juga antibakteri yang baik untuk menghalau komedo, sekaligus untuk melembabkan dan mengecilkan pori-pori kulit. Caranya adalah oleskan madu pada wajah, kemudian biarkan selama 10 menit dam bilaslah dengan air hangat.

4. Vaseline dan plastic wrap.

Waktu terbaik untuk menggunakan bahan ini adalah setelah mandi, yaitu pada saat pori-pori kulit sudah terbuka. Bisa dimulai dengan mengoleskan vaseline pada area wajah yang berkomedo, kemudian letakkan plastic wrap. Pada tahap selanjutnya letakkan handuk hangat dan biarkan dingin, kemudian gunakan tisu untuk menghilangkan kelebihan vaseline dari wajah, dengan mendorongnya secara lembut, bersihkan kulit yang berkomedo. Setelah itu bersihkan dengan kapas yang sudah diberikan lotion.

5. Minyak kelapa dan esensial.

Tuanglah seperempat cangkir minyak kelapa ke dalam toples, hangatkan selama 15 menit dalam microwave. Campurlah dengan minyak kelapa dengan 10 tetes air lemon, lavender, dan minyak pohon teh. Aduklah secara merata, kemudian oleskan campuran tersebut pada wajah dengan menggunakan bola kapas. Lakukan pada malam hari sebelum tidur. Pada pagi harinya cucilah wajah sampai bersih. Kemudian simpanlah sisa minyak dalam botol tertutup dan letakkan pada suhu kamar.

6. Minyak kelapa dan kopi.

Caranya sangat mudah, campurlah setengah cangkir minyak kelapa yang sudah dihangatkan sebentar di microwave dengan setengah cangkir bubuk kopi yang baru digiling. Kemudian oleskan campuran tersebut pada wajah, ditambah dengan pemijatan dengan gerakan melingkar. Biarkan selama lima menit. Bersihkan dengan air dingin. Lakukan perawatan tersebut seminggu sekali.

7. Kayu manis dan tepung oat.

Caranya dengan mencampur satu sendok makan tepung oat dengan satu sendok makan bubuk kayu manis. Tambahkan dengan ar hangat, aduklah secara merata sampai menjadi pasta kental. Oleskan pasta tersebut pada wajah dengan menggunakan ujung jari disertai dengan pemijatan ringan dengan gerakan melingkar. Lakukan selama satu menit, selanjutnya bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini paling tidak sebanyak dua kali dalam satu bulan.

8. Jagung.

Ternyata jagung mampu membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati dan juga menghalau komedo. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencampur dua bagian tepung jagung dengan satu bagian air sampai membentuk pasta kental.

Oleskan pasta tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan secara merata disertai dengan pemijatan ringan. Kemudian biarkan selama lima menit dan bilas dengan air dingin, setelah itu oleskan dengan pelembab. Lakukan perawatan tersebut setiap hari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

9. Aspirin.

Ini yang menarik, menggunakan aspirin dengan bentuk masker, ternyata efektif untuk mengurangi peradangan pada kulit dan juga mengurangi komedo serta jerawat. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menumbuk satu butir aspirin, tambahkan air secukupnya, madu atau yoghurt. Oleskan campuran tersebut pada area kulit yang berkomedo. Biarkan selama 15 sampai 30 menit, bersihkan.

10. Lidah buaya.

Gel pada lidah buaya memiliki efek yang menenangkan kulit, sekaligus mengurangi peradangan jerawat dan juga mengusir komedo. Caranya adalah dengan mengambil gel lidah buaya dan hancurkan. Simpan dalam lemari es selama beberapa waktu. Kompres gel tersebut pada kulit yang telah meradang.

11. Mentimun.

Sayur yang satu ini ternyata juga memiliki manfaat untuk mengusir komedo yang bekerja sebagai anti radang. Oleh karena itu, mentimun bisa digunakan untuk mengurangi kulit yang iritasi dan juga mengusir komedo. Dengan cara, kuaslah satu setengah mentimun, potong menjadi beberapa bagian. Masukkan ke dalam blender. Tambahkan dua sendok makan gel lidah buaya segar dan juga setengah sendok air lemon, dan hancurkan. Oleskan campuran tersebut pada wajah, biarkan selama 10 sampai dengan 15 menit. Bilaslah dengan air hangat.

12. Cuka apel.

Cuka apel memiliki sifat antiradang, sehingga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat yang meradang dan juga untuk membersihkan komedo. Caranya campur satu sendok teh air dengan satu sendok teh cuka apel. Dengan menggunakan bola kapas, oleskan campuran tersebut pada wajah, terutama yang berkomedo. Lakukanlah pada malam hari, dan bilaslah pada esok harinya. Kemudian, oleskan pelembab. Sebagai catatan, jangan mengoleskan cuka apel murni, karena bisa merusak kulit.  

Menarik bukan? Semoga informasi tentang cara mengusir komedo dengan menggunakan bahan penghilang komedo ini bermanfaat untuk Anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Bahan Penghilang Komedo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel