Bahan Alami untuk Merawat Kulit

Dunia kecantikan adalah dunia yang selalu menjadi perhatian, khususnya bagi kaum wanita. Bahkan hanya kulit menjadi kusam dan tidak bercahaya saja bisa menjadi masalah luar biasa, bahkan banyak diantaranya yang menjadikan hal ini menjadi isu utama yang membuat penampilan dan kepercayaan dirinya menjadi berkurang. Saat ini, dengan ditemukannya bahan untuk perawatan kulit, tidak sulit untuk melakukan perawatan. Diantara berbagai bahan yang digunakan dalam proses perawatan, Anda bisa memilih bahan alami untuk merawat kulit, selain aman juga ramah dengan dompet Anda.

Bahan Alami untuk Merawat Kulit;Bahan Alami untuk Perawatan Kulit
Foto: parentcircle.

Berbicara tentang kualitas produk dan juga keamanan, tentunya hal ini menjadi salah satu yang harus menjadi perhatian, karena dengan banyaknya produk kecantikan yang beredar di pasaran dengan berbagai tawaran hasil yang menggiurkan, membuat banyak ibu-ibu yang tergoda, apalagi dengan harga yang murah, namun malah tidak aman dan tidak ramah untuk kuit.

Bahan Alami untuk Perawatan Kulit

Dengan bertambahnya usia, maka bisa diakui membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengembalikan kondisi kulit yang rusak. Hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan cara menjaga kesehatan kulit, yaitu dengan melakukan perawatan kulit sedini mungkin. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan kembali alam atau menggunakan bahan herbal yang disesuaikan dengan usia Anda.

Di bawah ini akan disampaikan tips menggunakan bahan alami untuk perawatan kulit berdasarkan umur, menurut Prof Dr. Mangestuti Agil, MS., Apt dari Departemen Farmakologi dan Fitokimia, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, yang pernah ditayangkan di Tabloid Nyata, sebagai berikut:

  • Untuk wanita remaja sampai usia 20 tahun.
  • Untuk wanita dewasa sampai usia 35 tahun.
  • Untuk wanita 50 tahun ke atas.

Baca juga: Bahan Alami untuk Mengatasi Jerawat.

  • Untuk wanita remaja sampai usia 20 tahun.

Pada wanita yang sudah memasuki masa menstruasi akan timbul gangguan jerawat yang diakibatkan karena gejolak hormon yang tidak mampu diatasi oleh kondisi tubuh. Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan perawatan kulit luar wajah, dengan cara menggunakan cairan pembersih dari bahan susu.

Bahan pembersih tersebut bisa dibuat sendiri, dengan cara: 

  1. Siapkan satu buah mentimun segar dengan ukuran kecil, kemudian parut.
  2. Campurkan ¼ liter susu sapi atau bisa juga dari bahan susu bubuk yang sudah larut dalam air.
  3. Campurkan susu dan bersama parutan mentimun tersebut sampai rata.
  4. Simpan dalam wadah bersih dan masukkan dalam lemari es.

Cara penggunaan:

  1. Sebelum digunakan kocoklah terlebih dahulu pembersih kulit tersebut, dan ambil seperlunya.
  2. Bersihkanlah wajah dengan sabun pembersih dengan mutu yang baik. (Gantilah pembersih kulit tersebut dengan bahan yang baru setiap dua minggu sekali).

Pembersih kulit ini sangat sesuai untuk kulit normal dan juga untuk kulit berminyak.

Selain cara tersebut di atas, masih terdapat cara lain, yaitu dari bahan campuran buah mentimun dengan alpukat sebagai bahan masker. Cara membuatnya pun sangat mudah. Apabila Anda suka, bisa juga dengan mencampurkan bubuk havermot secukupnya pada campuran buah mentimun dan alpukat tersebut yang sudah dihaluskan.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, bahan ini bisa dioleskan pada kulit yang sudah dibersihkan,. Biarkan selama 25 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini seminggu sekali. 

Mentimun yang digunakan, akan membantu menyegarkan, menghaluskan dan memiliki sifat astringent (mengatasi masalah kulit), dan alpukat adalah buah yang kaya akan nutrisi.

  • Untuk wanita dewasa sampai usia 35 tahun.

Untuk Anda yang sedang memasuki usia ini, produksi hormon cenderung mengalami penurunan. Sehingga jerawat akan berkurang juga, namun tetap kebersihan harus diperhatikan. Oleh karena itu, untuk membantu mempercepat proses pengelupasan pada sel kulit mati, agar wajah selalu terlihat cerah, maka dibutuhkan masker yang kaya nutrisi.

Cara membuat masker sendiri, antara lain:

  1. Ambillah satu buah jeruk lemon, kemudian potong secara melintang menjadi dua.
  2. Buatlah lubang pada salah satu bagian potongan jeruk tersebut, untuk memasukkan satu kuning telur didalamnya.
  3. Kemudian tutup dengan bagian jeruk lain, dan biarkan selama semalaman.
  4. Baru kemudian pada keesokan harinya, cucilah wajah dan leher sampai bersih, keringkan dengan kain handuk sampai bersih.
  5. Oleskan kuning telur yang sudah menyerap pada lemon ke kulit wajah. Biarkan selama 20 menit, bilas dengan air hangat.

Meskipun sudah menggunakan masker, penggunaan bedak dingin tetap disarankan untuk digunakan.

  • Untuk wanita 50 tahun ke atas.

Bagi para wanita yang sudah menginjak usia 50 tahun, hal ini ditandai dengan kerutan yang sudah semakin banyak, disertai dengan produksi minyak yang berkurang. Bahkan bisa juga muncul bintik atu flek hitam pada wajah.

Meskipun demikian, tetap harus dilakukan perawatan wajah seperti cara sebelumnya dengan menambah dosis penggunaan masker dua kali seminggu, dengan tujuan untuk menambah nutrisi kulit.

Itu dia sedikit informasi tentang bahan alami untuk merawat kulit. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin selalu menjaga kualitas kulit cantik Anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Bahan Alami untuk Merawat Kulit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel