Pupuk Organik Cair dan Cara Membuatnya

Guys…. Senang sekali hari ini, meskipun dalam suasana masih pandemi Covid-19 yang masih belum tahu kapan berakhirnya, namun upaya untuk tetap mempertahankan imun tubuh menjadi hal utama, salah satunya dengan melakukan hobi yang positif yaitu hobi tanaman. Hobi yang satu ini termasuk hobi yang menyenangkan, selain bisa melihat tanaman hijau yang menyegarkan, Anda pun bisa tahu berbagai macam pupuk, termasuk pupuk organik cair dan cara membuatnya. Menarik sekali bukan? Di era pandemi yang semuanya harus menerapkan prokes (protokol kesehatan). Kita bisa menjaganya dengan melakukan sesuatu yang kita senangi.

Pupuk Organik Cair dan Cara Membuatnya
Pupuk organik cair (Foto: decoratetimes.com)  

Bagi seseorang yang memiliki hobi menanam, dengan menanam mereka akan mendapatkan kepuasan dan juga ketentraman batin. Aktivitas menanam di kebun atau di taman yang sudah disiapkan, akan membuat tubuh merasa sehat, bahkan yang menarik hobi ini bisa menghasilkan uang lho.

Pupuk Organik Cair Terbaik dan Tips Dalam Membuatnya

Memiliki hobi bertanam memang sangat mengasyikkan, di balik hobi yang asyik tersebut, tentunya akan berkembang pada ide lain yang juga positif, salah satunya dengan membuat pupuk sendiri. Pupuk yang bisa dibuat bagi orang yang hobi bertanam sendiri adalah pupuk organik, pupuk ini merupakan pupuk yang sengaja dibuat dari bahan atau materi mahluk hidup, seperti dari pelapukan sisa-sisa tanaman, hewan dan manusia. 

Selain bentuknya yang padat, pupuk organik juga ada yang berbentuk cair, pupuk ini bisa dibuat dari urin atau hasil dari proses fermentasi bahan-bahan organik, seperti dari bahan buah-buahan yang telah membusuk dan bahan pupuk organik lainnya. Yang menarik, pupuk organik cair ini biasanya digunakan sebagai pelengkap dengan cara menyemprotkannya ke daun atau disiramkan pada permukaan tanah di dekat tanaman,

Baca juga: Sukses IPO PT Sarawanti Anugerah Makmur (SAMF) di Saat Corona.

Membuat sendiri pupuk organik cair tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan sendiri di rumah dengan biaya yang murah. Berikut akan disampaikan cara membuat pupuk cair organik, yang pernah disampaikan oleh Yohanes Muryadi dalam Tabloid Intisari Edisi No. 559, sebagai berikut:

  1. Siapkanlah satu botol plastik bekas air minum kemasan ukuran 1500 ml.
  2. Masukkan satu ons tape dari singkong ke dalam botol yang sudah disiapkan.
  3. Berikan air secukupnya, tidak perlu sampai penuh.
  4. Tambahkan gula pasir atau bisa juga dengan gula merah atau gula jawa ke dalam larutan air tape sebanyak lima sendok makan.
  5. Kemudian kocok atau bisa diaduk sampai larutan merata.
  6. Lakukan fermentasi. Dengan cara membiarkan botol terbuka selama 4 sampai 5 hari. Bisa juga botol ditutup, namun berikan lubang unutuk pernapasan. Biarkan hingga MOL (Mikro Organisme Lokal)  berkembang.
  7. Setelah lima hari akan tercium bau alkohol, hal ini menujukkan MOL tersebut sudah jadi dan pupuk organik cair tersebut bisa dipakai.

Cara memakai pupuk organik cair, antara lain:

  • Karena memiliki sifat yang panas, maka MOL harus diencerkan terlebih dahulu sebelum diberikan pada tanaman sebagai pupuk cair.
  • Perbandingan yang bisa dilakukan adalah 1 : 15, yatu satu bagian MOL dicampur dengan 15 bagian air.
  • Dalam pemupukan, cukup disiram ke tanah, usahakan tidak menyiram pada batang tanaman. (MOL hanya cocok untuk tanaman yang tumbuh di tanah saja).

Itu dia sedikit informasi tentang pupuk organik cair dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat untuk Anda yang hobi menanam dan menikmati waktu luang di rumah. Semoga dengan aktivitas ini tidak hanya memberikan ketentraman saja, namun juga menambah pundi-pundi uang Anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Pupuk Organik Cair dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel