Tips Menjaga Vacuum Cleaner agar Tahan Lama

Kesibukan dan berbagai aktivitas yang selalu dijalankan setiap hari pasti membutuhkan peralatan yang bisa membantu untuk membersihkan rumah dengan cepat. Beda dahulu, beda sekarang. Kalau dahulu, semua dilakukan secara manual, mulai dari membersihkan debu di lantai ynag dilakukan dengan sapu lantai. Kalau sekarang hanya untuk membersihkan lantai kita sudah bisa terbantu dengan peralatan modern, seperti vacuum cleaner. Vacuum cleaner atau yang biasa disebut dengan penghisap debu merupakan sebuah alat modern yang akan membantu Anda dalam membersihkan rumah, namun agar bisa awet, berikut akan disampaikan tips menjaga vacuum cleaner agar tahan lama.

Tips Menjaga Vacuum Cleaner agar Tahan Lama
Foto: consumer.org.nz

Vacuum cleaner atau yang biasa dibeut dengan penghisap debu merupakan alat modern yang berguna untuk menghisap debu dan kotoran yang dalam mekanismenya menggunakan pompa udara untuk menciptakan keadaan kosong untuk menghisap kotoran dan debu. Apalagi untuk rumah yang kebanyakan menggunakan karpet, kebanyakan sudah menggunakan vacuum cleaner untuk menghisap debu. 

Cara Menjaga Vacuum Cleaner Awet dan Tahan Lama

Pada umumnya memiliki barang elektronik memang susah-susah gampang. Dikatakan mudah karena bisa membantu segala pekerjaan di rumah, dikatakan susah apabila tidak waktu lama, alat yang dimiliki tersebut rewel. Memang patut dipahami agar barang eketronik tersebut bisa digunakan dalam jangka panjang membutuhkan sedikit perhatian lebih banyak.

Baca juga: Tips Agar Microwave Panjang Umur.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar vacuum cleaner yang dimiliki bisa tahan lama, antara lain:

  1. Janganlah menyedot permukaan lantai yang belum benar-benar kering. Hal ini disebabkan butiran air yang lembab akan tersedot sehingga bisa menyebabkan kelembaban pada bagian mesin yang bisa mengakibatkan terjadinya korosi atau berkarat. Apabila sampai terjadi, hal ini bisa membutuhkan biaya yang cukup besar untuk memperbaikinya.
  2. Segera ganti penampung debu apabila sudah waktunya, minimal sebulan sekali, terutama apabila Anda memiliki binatang peliharaan di rumah. Debu dan bakteri yang terhisap vacuum cleaner akan menjadi sarang penyakit baru. Yang mengkhawatirkan, bakteri tersebut bisa terhisap melalui udara saat membersihkan rumah. Hal ini bisa saja terjadi karena debu dan bakteri bisa berjalan dari kantong penampung menuju sistem penyaring pada mesin yang dikembalikan ke udara.
  3. Sebelum aktivitas membersihkan debu dengan vacuum cleaner ini dilakukan, alangkah baiknya apabila permukaan tersebut dibersihkan dengan menggunakan sapu atau setidaknya teliti apakah terdapat partikel yang cukup besar tersembunyi diantara perabot.  Hal ini bertujuan untuk menghindari terhisapnya partikel yang cukup besar masuk ke dalam mesin yang bisa merusak kinerja mesin.
  4. Gantilah tali putaran mesin vacuum cleaner setiap tiga bukan sekali dan jangan sampai menunggu tali putus, agar mesin dapat terus bekerja secara sempurna. Kemudian bersihkan tali dari debu dengan menggunakan kain. Jangan menggunakan air untuk membersihkannya karena bisa membuatnya mengkerut.
  5. Segera matikan vacuum cleaner, bila tiba-tiba mesin terlalu panas atau terdengar suara aneh pada mesin. Kemudian periksa bagian dalam, karena bisa saja terdapat benda yang terperangkap dalam selang.
  6. Bersihkan vacuum cleaner setiap selesai menggunakan. Hal ini dilakukan agar saat akan menggunakannya kembali, vacuum cleaner bisa bekerja dengan sempurna.
  7. Setelah selesai digunakan, simpan vacuum cleaner di tempat yang kering  dan juga tidak lembab serta jauhkan  dari sinar matahari untuk menghindari kemungkinan terjadinya kerusakan.

Semoga infromasi tentang  “tips menjaga vacuum cleaner agar tahan lama”, yang bersumber dari Buku "Sayang Barang Hemat Uang - Kumpulan Tips-tips Jitu Klasika Kompas", yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas ini bermanfaat dan menjadi referensi agar barang elektronik yang Anda miliki selalu terawat, awet dan tahan lama.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menjaga Vacuum Cleaner agar Tahan Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel