Tips Awet Muda dengan Bahan Anti Aging dari Dapur

Berbicara tentang kerutan pasti bisa menjadi bahan yang menarik, apalagi bagi mereka yang ingin selalu terlihat cantik. Awet muda menjadi sebuah isu yang tidak ada habisnya, yang menjadikan banyak wanita selalu mencari bahan dan obat agar bisa awet muda dan tidak terlihat tua dari umur yang sebenarnya. Bahkan untuk meraihnya, banyak yang rela berkorban materi, waktu dan pengorbanan lainnya agar selalu terlihat muda. Di berbagai acara yang membahas tentang tips dan cara agar selalu tampak muda selalu dipenuhi dengan pengunjung. Oleh karena itu dalam pembahasan kali ini akan diberikan tips awet muda dengan bahan anti aging dari dapur, yang memudahkan Anda sekalian untuk selalu menjaga dan merawat diri.

Sebenarnya yang menjadi pertanyaan besar saat ini adalah, seperti dan bagaimana sih tips yang mujarab agar selalu terlihat awet muda? Pertanyaan-pertanyaan ini yag selalu sering dilontarkan oleh para wanita, termasuk ibu-ibu yang sudah umurnya sudah menginjak di atas 35 tahun. 

Tips Awet Muda dengan Bahan Anti Aging dari Dapur;Tips Awet Muda Secara Alami dengan Berbagai Bahan dari Dapur;
Awet muda dengan bahan anti aging dari dapur (Sumber gambar: dream.co.id)

Tips Awet Muda Secara Alami dengan Berbagai Bahan dari Dapur

Berbagai metode perawatan selalu menjadi tujuan utama oleh mereka yang mengharapkan agar bisa mendapatkan awet muda secara tahan lama. Sebenarnya tidak harus mahal, dari bahan yang murah, termasuk dari berbagai bahan dapur di rumah, bisa lho kalau hanya untuk menghalau kerutan dan flek-flek hitam.

Baca juga: Makanan untuk Menambah Energi.

Ini dia berbagai bahan anti aging dari dapur yang bisa digunakan (Ide dari Tabloid Nyata, Agustus 2017), antara lain:

1. Bubuk Coklat + Yogurt

Bubuk coklat ditambah dengan yogurt atau susu yang telah difermentasi bisa menjadi masker anti aging. Caranya sangat mudah yaitu dengan mencampur bubuk coklat dan yogurt dan menjadi pasta kental. Kemudian oleskan pada wajah secara merata, kemudian biarkan selama 5 menit. Bilas dengan air, kemudian keringkan, dan olesi dengan pelembab.

2. Bubuk Coklat + Susu

Satu lagi bahan yang bisa digunakan untuk masker anti aging, yaitu campuran bubuk coklat dan susu. Bahan yang dibutuhkan hanya coklat bubuk tanpa rasa dan juga susu cair. Untuk bisa digunakan, maka campurlah bahan tersebut menjadi pasta kental, kemudian oleskan pada kulit secara merata, dan biarkan selama 5 sampai 10 menit, bilas sampai bersih. Penggunaan masker ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, melembutkan dan membuat kulit lebih bercahaya.

3. Oatmeal + Madu

Kali ini campuran bahan yang menarik, yaitu oatmeal dan madu, dengan komposisi yang sama. Campurlah secara merata sampai menjadi pasta kental. Kemudian oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan, dan biarkan selama 5 sampai 20 menit. Bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukanlah secara rutin 2 sampai 3 kali selama seminggu, maka kulit akan lebih sehat dan bercahaya.

4. Oatmeal + Madu + Jeruk Nipis

Penggunaan bahan ini sangat mudah, yaitu dengan dua sendok teh oatmeal, dan campur dengan satu sendok teh madu. Kemudian biarkan campuran tersebut meresap secara sempurna selama beberapa menit, sampai menjadi pasta lembut. Baru kemudian tambahkan 3 sampai 4 tetes air jeruk nipis. Campur secara merata.

Oles campuran tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan, dan biarkan selama 20 menit, bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukan perawatan selama 2 sampai 3 kali seminggu.

5. Oatmeal + Lemon

Satu lagi cara dan bahan yang baik untuk meremajakan kulit, khususnya untuk kulit berminyak, yaitu oatmeal dan lemon. Selain itu bahan ini bisa mengusir jerawat dan bisa menghilangkan flek-flek hitam.

Caranya sangat mudah, siapkan setengah cangkir tepung gandum mentah (oatmeal). Tambah dengan 4 sendok makan air lemon. Oles campuran tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan, dan biarkan 5 sampai 10 menit.

6. Oatmeal + Buttermilk

Terdapat cara lain yang menarik agar kulit tetap kencang, yaitu dengan merebus 4 sendok makan oatmeal dengan 1 cangkir buttermilk. Biarkan sampai dingin. Kemudian tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun dan sedikit minyak almond.

Oleskan pasta pada wajah. Biarkan selama 20 sampai 30 menit, kemudian bilas sampai bersih. Lakukan selama 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

7. Oatmeal + Madu + Minyak Biji Anggur

Cara dan bahan ini sangat pas untuk meremajakan dan melembabkan kulit, dengan cara mencampur oatmeal, madu dan minyak biji anggur.  Campurlah ketiga bahan tersebut sampai menjadi pasta kental. Oles campuran tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan, biarkan selam 5 menit, kemudian bilas lagi sampai bersih.

8. Pisang + Minyak Alpukat

Satu lagi bahan untuk menghambat proses penuaan, yaitu pisang dan minyak alpukat. Yang menarik dari bahan ini adalah pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan fosfor, Vitamain, E, A, C dan juga nutrisi lainnya, yang membuat kulit bercahaya dan kenyal. Dan minyak alpukat berfungsi untuk melumasi kulit, yang akan memberi nutrisi dan juga menghambat proses penuaaan.

Cara mebuatnya sangat mudah, yaitu dengan menghancurkan pisang secukupnya, kemudian tambah dengan minyak alpukat, campur sampai menjadi pasta. Oles pasta tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan, biarkan selama 20 menit kemudian bilas.

9. Pisang + Madu

Berdasarkan informasi tentang kesehatan, pisang berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen yang bisa menjaga kulit tetap kenyal, dan madu memiliki sifat antibakteri.

Baca juga: Makanan Untuk Meningkatkan Imun Tubuh.

Cara menggunakannya adalah dengan menghancurkan satu buah pisang ukuran sedang, tambah dengan satu sendok madu, kemudian campur sampai merata. Oles campuran tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan, biarkan selama 5 menit. Dan bilas dengan air hangat.

10. Mentimun

Untuk kali ini, Anda bisa menyiapkan mentimun ukuran sedang, kemudian parut. Tambahkan putih telur, satu sendok makan air lemon, dan juga pasta apel. Campur secara merata, kemudian oles campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Bilas sampai bersih.

Kandungan silika dan antioksidan dalam mentimun akan membantu menyingkirkan lingkaran hitam di sekitar mata, flek dan juga membantu menerangkan kulit dan menjadikannya lebih segar.

11. Mentimun + Kentang + Apel

Campuran ini menjadi bahan terakhir yang disajikan kali ini. Campuran kentang, mentimun dan apel bisa digunakan untuk menghambat tanda-tanda penuaan.

Caranya sangat mudah dengan memarut satu buah kentang, satu buah apel ukuran kecil dan juga mentimun ukuran sedang. Kemudian campurlah secara merata. Oles pasta tersebut pada kulit yang sudah dibersihkan, biarkan selama 10 menit, dan bilas.

12. Bluberi + Minyak Biji Anggur.

Untuk meremajakan kulit, maka Anda bisa mencampurkan bluberi dengan minyak biji anggur. Caranya mudah, campurlah ¼  bluberi dan 1 ½ sendok makan minyak biji anggur hingga terbentuk pasta, kemudian oleskan pasta tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan selama 10 menit, baru bilas sampai bersih.

13. Bluberi + Minyak Almond.

Untuk bisa awet muda, Anda bisa menggunakan bluberi yang kaya akan vitamin C dan antosianin yang bisa membantu memproduksi kolagen, yang juga penting untuk menjaga kulit tetap kenyal. Minyak almond kaya akan asam lemak.

Caranya, hancurkan satu genggam bluberi, kemudian tambahkan dengan 1 sendok minyak biji anggur. Oleskan campuran tersebut pada wajah. Biarkan selama 5 menit, baru bilas sampai bersih.

14. Lidah Buaya.

Siapa yang menyangka kalau lidah buaya ternyata bisa untuk masker anti-aging dan menyembuhkan infeksi pada kulit.

Caranya cukup mudah, ambillah gel lidah buaya, hancurkan, dan oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan selama 20 sampai 30 menit. Baru bilas sampai bersih.

15. Kentang + Apel.

Mencampur kentang dan apel dan digunakan sebagai perawatan wajah bisa untuk mengurangi garis-garis halus dan membuat kulit tampak bercahaya.

Caranya, parutlah kentang dan apel, kemudian campur menjadi pasta kental. Oleskan pasta tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan selama 15 sampai 20 menit. Dan bilas sampai bersih. Lakukanlah perawatan tersebut 2 sampai 3 kali seminggu.

16. Almond.

Almond menjadi salah satu bahan yang bagus untuk meremajakan kulit, karena almond kaya akan vitamin E. 

Caranya, rendamlah beberapa kacang almond pada malam hari. Pada pagi harinya, giling almond dengan menambahkan susu sampai menjadi pasta. Tambahkan sedikit  air jeruk nipis dan satu sendok teh madu (madu berguna untuk melembabkan kulit yang kering). Oleskanlah pasta tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan selama 20 menit, bilas dengan air biasa, keringkan, olesi dengan pelembab. Lakukan perawatan tersebut secara teratur untuk mendapatkan kulit sehat, bersih, kenyal dan bercahaya.

Baca juga: Tips Melawan Penuaan Kulit.

17. Pepaya + Yogurt.

Pepaya sangat berguna dalam peremajaan kulit, yaitu untuk mengangkat sel-sel kulit mati, hal ini disebabkan adanya enzim papain dan vitamin A, C, dan E, hal ini akan membuat kulit menjadi lebih sehat dan tampak bercahaya dan mencerahkan kulit. Yogurt memiliki kandungan asam laktat yang bisa mengurangi kerutan pada wajah dan mengecilkan pori-pori.

Caranya, campurlah 2 sendok makan pepaya yang sudah dihancurkan. Tambahkan yogurt dan air lemon masing-masing ½ sendok teh. Oleskan campuran tersebut pada wajah secara merata, dan biarkan selama 20 sampai 25 menit, baru bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini 2 sampai 3 kali agar wajah terlihat awet muda.

18. Anggur + Air Jeruk.

Anggur dan jeruk sangat bermanfaat untuk perawatan wajah, anggur memiliki kandungan asam alfa hidroksi yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mengurangi garis-garis halus dan juga mencerahkan kulit. Begitu juga dengan jeruk yang memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang mampu membersihkan radikal bebas, sehingga bisa mencegah kerusakan kulit.

Caranya , hancurkan 2 sampai 3 buah anggur. Ambillah airnya sebanyak 1 sendok teh, baru campur dengan 1 sendok teh air jeruk. Oleskan campuran tersebut pada wajah dengan menggunakan jari atau bisa dengan menggunakan kapas. Biarkan selama 20 menit, baru bilas dengan air hangat.

19. Alpukat + Madu.

Campuran dua bahan ini, yaitu alpukat dan madu ternyata sangat bagus untuk melawan tanda-tanda penuaaan, seperti timbulnya flek hitam dan kerutan dan juga melembabkan kulit.

Caranya, hancurkan 1 buah alpukat, tambah dengan madu dan minyak kelapa secukupnya. Oles campuran tersebut pada wajah. Biarkan selama 10 sampai 15 menit. Baru bilas dengan kain lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat.

20. Alpukat + Minyak Pohon Teh + Madu.

Masker alpukat, minyak pohon teh, dan madu bisa mengurangi kerutan di wajah, melembabkan kulit dan mencegah munculnya jerawat.

Campurlah 1 buah alpukat yang sudah dihancurkan dengan 1 sendok makan madu dam 4 tetes minyak pohon teh. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan dan biarkan selama 15 menit, bilas sampai bersih. 

21. Putih Telur.

Putih telur adalah bahan pengencang kulit yang luar biasa, selain itu bisa mengurangi garis atau kerutan halus di sekitar mulut.

Caranya pisahkan putih telur dari kuningnya. Tambah satu sendok teh tepung gram. Aduk secara merata sampai menjadi pasta kental. Oles pada wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 15 menit. Baru kemudian bilas dengan air hangat. Keringkan dengan handuk yang lembut dan juga oles dengan pelembab.

22. Putih Telur + Minyak Zaitun + Lemon.

Minyak zaitun sudah dikenal untuk merawat kulit, karena berguna untuk melembabkan dan mencerahkan kulit.

Caranya, campur satu sendok makan dengan minyak zaitun dan satu sednok air lemon. Tambah dengan 1 butih putih telur. Oles pada wajah dengan pemijatan ringan. Biarkan selama 5 menit dan bilas dengan air hangat.

23. Stoberi + Putih Telur.

Stroberi juga bagus untuk mencerahkan kulit dan efektif juga untuk merawat kulit berminyak. Putih telur juga mampu mengencangkan dan mengecilkan pori-pori kulit pada wajah. Campuran stroberi dan putih telur memiliki manfaat untuk mencerahkan dan mengurangi kerutan halus pada wajah.

Caranya, hancurkan beberapa stroberi, tambah dengan putih telur, campurlah secara merata. Oles campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat dan keringkan.

24. Stroberi + Putih Telur + Minyak Kelapa.

Campuran ini menjadi masker ati-aging yang sekaligus membantu untuk mengatasi jerawat dan membersihkan komedo. Stroberi membantu melawan bakteri, membersihkan jerawat, dan juga mengurangi kerutan halus. Minyak kelapa akan menutrisi kulit dan melawan bakteri penyebab jerawat.

Caranya, hancurkan stroberi secukupnya, tambah dengan satu butir putih telur dan satu sendok makan minyak kelapa. Oles campuran tersebut pada wajah, biarkan selama 5 menit dan bilas sampai bersih. 

Cukup mudah bukan? Terlihat tua? Sudah tidak khawatir lagi, apalagi dengan tips awet muda dengan bahan anti aging dari dapur. Selain murah dan harganya terjangkau, bahan-bahan tersebut bisa dengan mudah didapatkan. Hanya membutuhkan niat, kemauan dan tekad untuk selalu menjaga diri agar selalu terlihat sehat dan akan selalu awet muda. Semoga sedikit tulisan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi Anda untuk selalu menjaga kesehatan kulit.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Awet Muda dengan Bahan Anti Aging dari Dapur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel