Makanan untuk Menambah Energi

Sering merasa capek dan terasa pegal-pegal, apalagi masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan membuat performa dalam bekerja menjadi menurun. Sebenarnya lelah dan capek setelah bekerja keras adalah hal yang wajar, biasanya untuk menyembuhkannya hanya membutuhkan istirahat yang cukup, namun bila hal ini dirasakan masih kurang, berarti Anda membutuhkan makanan untuk menambah energi yang bisa meningkatkan stamina, yang menjadikan tubuh kembali memiliki tenaga.

Berbicara tentang kebutuhan energi, setiap makanan bisa menambah stamina, namun pada kenyataannya terdapat makanan yang hanya memberikan stamina dan energi yang sesaat, tetapi ada juga makanan yang bisa memberikan efek tahan lama.

Makanan yang Mengandung Protein dan Bisa Menambah Energi

Mudah lelah, merasa kekurangan energi menjadi hal yang sering terjadi. Yang sering terjadi adalah berusaha memberikan asupan berupa kopi agar tidak mengantuk, namun hal ini menjadi kurang tepat, karena kopi sendiri bisa memberikan efek berdebar-debar karena adanya kandungan kafeiin. Untuk itu yang harus diperhatikan adalah asupan makan, khususnya memberikan asupan makanan yang bisa menambah energi.

Baca juga: Makanan Untuk Meningkatkan Imun Tubuh.

Terdapat 6 jenis makanan  yang bisa menambah energi, antara lain:

1. Teh Hijau. 

Meminum empat cangkir teh hijau setiap hari selama 10 minggu, menurut para peneliti dari Jepang akan bisa meningkatkan ketahanan Anda sebanyak 24%.

Teh Hijau;Makanan untuk Menambah Energi;Makanan yang Mengandung Protein dan Bisa Menambah Energi;
Teh Hijau (Sumber gambar: liputan6.com)

Bahkan ilmuwan Inggris juga memberikan temuan menarik bahwa para pengendara sepeda yang diberikan sari teh hijau bisa membakar lemak 17 persen lebih banyak.

2. Kismis

Berdasarkan informasi dari para peniliti di San Diego State University, kismis memiliki tingkat keefektifan yang sama dengan gel olahraga untuk meningkatkan performa.

Kismis ;Makanan untuk Menambah Energi;Makanan yang Mengandung Protein dan Bisa Menambah Energi;
Kismis (Sumber gambar: nilgiris.ae)

Kismis kaya akan zat glukosa dan fruktosa yang bisa menambh energi. Namun hal berbeda bila dibandingkan dengan gel, kismis mengandung banyak vitamin B6, protein, serat dan zat besi.

3. Telur

Selama ini telur sudah diyakini menjadi salah satu sumber protein terbaik di dunia. Teur kaya akan choline, yang merupakan zat yang dapat meningkatkan performa fisik, mental dan juga otot.

Makanan untuk Menambah Energi;Makanan yang Mengandung Protein dan Bisa Menambah Energi;
Telur (Sumber gambar: lifestyle.sindonews.com)

Telur juga mengandung asam amino citrulline, yang bisa meningkatkan sirkulasi dan metabolisme asam lactic dan juga bisa mengurangi kelelahan pada otot.

4. Selai Kacang

Selai kacang juga banyak mengandung protein, yang membantu memperbarui simpanan energi.

Makanan untuk Menambah Energi;Makanan yang Mengandung Protein dan Bisa Menambah Energi;
Selai Kacang (Sumber gambar: resepkoki.id)

Selai kacang juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang bisa membantu pemulihan otot, dan vitamin niacin didalamnya yang akan membantu menyediakan energi dari karbohidrat.

5. Tomat

Tomat mengandung vitamin B6 yang membantu otot menyimpan glycogen otot, yang bisa membuat Anda untuk berlatih lebih lama.

Makanan untuk Menambah Energi;Makanan yang Mengandung Protein dan Bisa Menambah Energi;
Tomat (Sumber gambar: bama.no)

Tomat juga mengandung Vitamin C yang bisa meningkatkan penyerapan zat besi dan metabolisme energi.

6. Cherry Merah

Menurut penelitian British Journal of Sport Medicine, buah cherry merah tidak hanya membantu memulihkan otot dengan cepat, namun juga bisa memberi lebih dan membantu mengendalikan pembengkakan.

Makanan untuk Menambah Energi;Makanan yang Mengandung Protein dan Bisa Menambah Energi;
Cherry Merah (Sumber gambar: tanambenih.com)

Selain itu buah cherry merah juga menjadi buah yang banyak mengandung anti oksidan di dunia.

Itu dia sedikit informasi tentang makanan untuk menambh energi, semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk selalu hidup sehat. 


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Makanan untuk Menambah Energi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel