Makanan Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Wabah virus corona Covid-19 masih belum berakhir dan masih menghantui kehidupan masyarakat, tidak banyak yang bisa dilakukan, kecuali hanya bisa mencegah agar kita dan keluarga tidak sampai tertular virus ini. Cara yang paling mudah agar tidak tertular adalah mengkonsumsi makanan untuk meningkatkan imun tubuh. Jika kekebalan tubuh kuat, maka imun tubuh akan mencegah agar tidak mudah sakit. Banyak cara yang bisa dilakukan, termasuk diantaranya dengan cara yang sederhana, yaitu mengonsumi makanan sehat yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Makanan sehat yang memiliki kandungan nutrisi tinggi akan membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Sistem kekebalan tubuh terdiri dari sekumpulan sel, jaringan dan juga organ tubuh yang bekerja sama untuk melindungi tubuh dari berbagai serangn penyakit, seperti virus, bakteri, parasit dan juga jamur. Dalam kondisi saat ini, virus yang masih mengancam tetap COVID-19 atau virus corona, yang akan menyerang tubuh saat daya tahan tubuh lemah.

Makanan Untuk Meningkatkan Imun Tubuh
Pixabay.com

Jenis Makanan untuk Meningkatkan Imun

Saat ini menjadi masa dimana semua harus menjaga daya tahan tubuhnya, tidak terkecuali anak kecil sampai orang tua, semua wajib menjaga kesehatan, dan harus memulai untuk menyukai makanan sehat seperti sayuran dan buah. Semua ini dilakukan agar bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca juga: Virus Corona dan Cara Pencegahannya.

Terdapat beberapa jenis makanan yang bisa memperkuat sistem imun tubuh, antara lain:

  1. Bayam. Jenis sayuran yang satu ini mengandung antioksidan yang tinggi. Bayam mengandung beta karoten, vitamin C dan vitamin A yang sangat efektif untuk memperkuat sistem imun tubuh.
  2. Kunyit. Kunyit adalah kelompok rempah yang mengandung kurkumin, hal ini ditunjukkan dengan warna kunyit yang berwarna kuning. Kurkumin adalah antioksidan yang memiliki fungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Kurkumin juga memiliki sifat anti radang yang bisa membantu mengatasi osteoarthritis dan rheumatoid artritis. Selain itu, kunyit juga memiliki fungsi untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit seperti diabetes, gangguan jantung dan tumor.
  3. Brokoli. Brokoli adalah jenis sayuran yang mengandung banyak serat dan juga antioksidan dan kaya akan vitamin C, A dan E. Kandungan nutrisi ini bisa menjaga sistem imun tubuh.
  4. Buah-buahan. Pilihlah buah berwarna cerah dan terang karena kaya akan antioksidan, mineral dan juga vitamin yang berperan dalam menjaga sistem imun tubuh. Buah tersebut antara lain jeruk, pepaya, cabai, paprika, mangga, jambu, kiwi, lemon, strawbery dan juga jambu.
  5. Bawang putih. Rempah yang satu ini memiliki kandungan zat allicin yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh dengan merangsang produksi sel darah putih.
  6. Yoghurt. Jenis makanan yang satu ini adalah makanan yang kaya akan probiotik. Probiotik merupakan bakteri baik yang bisa memperkuat sistem imun tubuh.
  7. Makanan laut. Makanan dari laut ini mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti omega-3, protein, vitamin, mineral  dan asam lemak tak jenuh ganda yang sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Jenis makanan laut yang direkomendasikan adalah kerang, tiram dan ikan.

Itu tadi sedikit cara untuk meningkatkkan kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi makanan untuk meningkatkan imun tubuh. Sedikit memaksakan diri untuk menjaga imun tubuh dengan makanan sehat, lebih baik daripada tidak sama sekali. Lebih baik sedikit berkorban dengan menikmati sayuran dan buah yang sebelumya tidak pernah dicoba, namun dengan wabah ini anda bisa mencoba sedikit makanan sehat agar bisa menikatkan sistem kekebalan tubuh.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel