10 Top Kuliner Jombang

10 Top Kuliner Jombang - Menikmati kuliner khas suatu daerah pasti menjadi suatu kesenangan tersendiri. Indonesia sebagai negara yang memeiliki banyak ragam budaya dan suku juga memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Diantara berbagai daerah yang menarik untuk dicoba adalah kuliner di daerah Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Jombang sendiri adalah daerah penghubung antara berbagai kota dan kabupaten lainnya, baik yang menuju ke Surabaya atau dari Surabaya. Meskipun saat ini Jombang sudah dilalui dengan jalan tol, namun hal ini tidak mempengaruhi animo para pecinta kuliner khas Jombang. Hal ini ditunjukkan dengan masih banyaknya tempat kuliner yang menyediakan berbagai sajian kuliner khas Jombang.

Meskipun lebih banyak dikenal sebagai kota santri, namun Jombang juga memiliki berbagai ragam kekayaan kuliner khas Jombang, yang tidak boleh dilewatkan saat anda melintasi Jombang. Jombang adalah sebuah kabupaten yang berada di tengah Provinsi Jawa Timur, dengan posisinya yang strategis, yaitu berada di persimpangan jalur lintas utara dan selatan dari Pulau Jawa (Surabaya-Madiun-Solo-Yogyakarta), jalur Surabaya-Tulungagung, dan jalur Malang-Tuban, yang membuat tempat kuliner  di Jombang selalu didatangi mereka yang singgah ke Jombang.

Dari sekian banyak jenis kuliner yang ada di Jombang, hanya akan dibahas 10 jenis kuliner saja, hal  ini juga didasarkan atas informasi yang pernah disampaikan Gubernur Jawa Timur dalam rangka pelepasan mudik bersama yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 kemarin, namun jangan khawatir, meskipun pernah disampaikan, informasi ini masih sangat relevan untuk menjedi referensi kuliner di Jombang.

10 Top Kuliner Jombang

Berikut daftar referensi kuliner Jombang yang bisa dikunjungi, sebagai berikut:
  1. Pecel Pincuk Bu Djiah.
  2. Nasi Bali Daging.
  3. Ayam Panggang Urap.
  4. Es Degan Durian Leci.
  5. Sop Buntut Bakar Bu Henny.
  6. Nasi Kikil Mojosongo.
  7. Sate Ringin Contong.
  8. Sate Kampret.
  9. Nasi Lodeh Mbok Semah.
  10. Ketan Merdeka.

1. Pecel Pincuk Bu Djiah.

Dari sekian ragam kuliner di Jombang, “Pecel Pincuk Bu Djiah” menjadi salah satu pilihan kuliner yang harus dikunjungi. Pecel ini berlokasi di Jalan Wahid Hsyim No. 9A, Jombang, dan buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 23.00, dan libur pada hari Jumat . Keunikan nasi pecel disini adalah tidak menggunakan kertas minyak atau kertas nasi melainkan menggunakan daun pisang yang dilipat dengan bentuk pincuk.

Pecel Pincuk Bu Djiah;10 Top Kuliner Jombang;
Pecel Pincuk Bu Djiah (Sumber gambar: perlupiknik.com)
Sama halnya dengan sajian nasi pecel lainnya, dalam satu porsi disajikan bersama nasi dan rebusan sayuran, seperti kangkung, daun dan bunga pepaya, tauge dan mentimun, ditambah daun kemangi, bendhoyo dan lamtoro (petai kecil). Untuk lauk, anda bisa memilih sajian lauk yang telah disajikan, seperti ati ampela, daging empal, tahu, tempe, telor dadar dan berbagai pilihan lainnya.

2. Nasi Bali Daging.

Nasi bali daging  menjadi salah satu pilihan kuliner yang tidak boleh dilewatkan. Kuliner ini berada di Jalan R.E. Martadinata, Kepatihan, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang atau di deretan warung didekat  Toko Buku Sarjana. Yang menarik, nasi bali yang ada di tempat kuliner ini juga disebut dengan “Nasi Bali Tersenyum”.

Nasi Bali Tersenyum;10 Top Kuliner Jombang;
Nasi Bali Tersenyum (Sumber gambar: jombangcityguide.blogspot.com)
Nasi bali yang dimaksudkan disini adalah sajian nasi yang lengkapi lauk dengan ditambahkan guyuran bumbu merah yang enak dan gurih. Untuk lauk biasanya diberikan berbagai pilihan, seperti daging, telur rebus, ayam bumbu bali, tahu dan tempe. Selain nasi bali sebagai sajian kuliner utamanya, juga disediakan berbagai menu nikmat lainnya, yaitu nasi rawon

3. Ayam Panggang Urap.

Satu lagi kuliner favorit yang bisa dicoba yaitu “Ayam Panggang Urap”. Di Jombang sebenarnya banyak sekali sajian pilihan ayam panggang. Salah satu sajian nikmat ayam panggang yang bisa dicoba adalah adalah “Ayam Panggang Warung Warti” yang berada di Banjardowo, Jombang. Sajian kuliner ini menggunakan resep turun temurun dari sang nenek yang masih bertahan hingga saat ini. Dengan bumbu rempah, kenikmatannya meresap sampai ke daging ayam panggang, menjadikan tekstur daging ayam kampung menjadi terasa kenyal.

Ayam Panggang Warung Warti;10 Top Kuliner Jombang;
Ayam Panggang Warung Warti (Sumber gambar: radarjombang.jawapos.com)
Baca juga: 10 Top Kuliner Mojokerto.

Rahasia kenikmatan ayam panggang terletak pada cara memanggang ayam yang tetap dilakukan dua kali proses pemanggangan, agar ayam bisa matang dan bumbu bisa meresap.

4. Es Degan Durian Leci.
Melakukan perjalanan saat cuaca panas, ditambah rasa haus, tentunya membuat anda ingin singgah sebentar membeli minuman segar sebagai pengobat rasa haus, dan kalau anda sudah masuk Kabupaten Jombang dari arah timur, sepertinya anda harus singgah di Kawasan GOR Merdeka Jombang, Jalan Abdurrahman Wahid atau Jalan Gus Dur, karena disini sangat banyak penjual Es Degan Durian Leci yang sangat nikmat.

Es Degan Durian Leci;10 Top Kuliner Jombang
Es Degan Durian Leci (Sumber gambar: mufatismaqdum.wordpress.com)
Memasuki Kawasan GOR Merdeka di depan Universitas Darul Ulum sampai depan GOR Merdeka memang sangat banyak para penjual es degan ini, yang menjadikan keunikan tersendiri. Terkadang banyak yang menyebut daerah ini pusatnya es degan durian. Untuk es degan durian, juga terdapat pilihan, selain durian yaitu leci atau alpukat, atau bisa dimix.

5. Sop Buntut Bakar Bu Henny.
Selain berbagai sajian kuliner tersebut di atas, masih ada tempat kuliner yang menjadi favorit warga Jombang, yaitu Rumah Makan Henny, yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto No. 45-46 Jombang. Rumah makan ini menyediakan berbagai sajian tradisional khas Jawa, dan salah satu sajian kuliner yang paling disukai yaitu Sop Buntut Bakar.

Sop Buntut Bakar Bu Henny;10 Top Kuliner Jombang;
Sop Buntut Bakar Bu Henny (Sumber gambar: jitunews.com)
Sop Buntut Bakar yang disajikan di tempat kuliner ini  sangat berbeda dengan yang disajikan di tempat kuliner lainnya, tekstur dagingnya yang lembut dan gurih, dan dalam dalam proses penyajiannya disajikan terpisah dengan kuah sop yang sudah ditambahkan potongan wortel, buncis dan kentang, juga taburan daun seledri.

6. Nasi Kikil Mojosongo.
Diantara berbagai sajian kuliner di Kabupaten Jombang, tentunya anda akan mencari sajian kuliner khas Jombang dan Nasi Kikil Mojosongo ini menjadi salah satu pilihan. Terdapat banyak penjual nasi kikil di daerah Mojosongo, namun yang sering dibahas asalah “Nasi Kikil Bu Tandur", yang berlokasi di Jalan KH. Hasyim Asyari No. 144, Balong Besuk, Diwek, Jombang. Warung nasi kikil Bu Tandur menjadi salah satu pilihan menikmati nasi kikil favorit di Jombang.

Nasi Kikil Bu Tandur;10 Top Kuliner Jombang;
Nasi Kikil Bu Tandur (Sumber gambar: radarjombang.jawapos.com)
Saat masuk di warung kikil Bu Tandur, anda akan melihat sebuah panci besar sayur lodeh kikil di atas meja saji dengan berbagai lauk di sampingnya, ada lauk paru, jantung, lidah, babat dan berbagai sajian lauk lainnya yang sangat nikmat. Dalam satu porsi di sajikan di atas pincuk dari daun pisang, berupa nasi dengan lodeh kikil ditambah dengan berbagai lauk yang bisa anda pilih.

7. Sate Ringin Contong.
Siapa yang menyangka kalau Jombang juga memiliki kuliner pilihan sate yang nikmat, dan satu diantaranya adalah Sate Ringin Contong atau “Sate Kambing Pak Slamet”. Sate Pak Slamet adalah sate legendaris di Jombang. Dulu warung ini berada di belakang rumah tua dekat Menara Air Ringin Contong, namun sejak rumah tua tersebut dialihfungsikan sebagai mall, “Sate Kambing Pak Slamet” pindah dan menempati Food Court Ringin Contong di Jalan KH. Wahid Hasyim.

Sate Kambing Pak Slamet;10 Top Kuliner Jombang
Sate Kambing Pak Slamet  (Sumber gambar: instagram.com/thuyenk_warwerwor/)
Meskipun menempati tempat baru, sajian sate kambing yang disajikan tetap nikmat dan tidak ada yang berubah, sate yang disajikan dengan sambal dan taburan irisan bawang merah. Anda bisa memilih sajian sate selain sate kambing, bisa sate ati, sate campur dan nasi sate campur. Selain itu juga terdapat gulai kepala kambing yang sangat nikmat.

8. Sate Kampret.
Di antara berbagai sajian sate, terdapat juga sajian sate unik, yaitu “Sate Kampret” , yang berada di Jalan Seroja Pasar Legi, Jombang. Unik dan legendaris, bagaimana tidak? Warung sate yang baru buka pukul 21.00 ini, belum buka sudah tampak para pembeli berjejer rapi dan antri memenuhi Gang 3 Pasar Legi Jombang hanya untuk menikmati sajian kuliner legendaris ini. Yang menarik, dinamakan Kampret karena pendiri utamanya adalah Jumain Kampret, sehingga dinamakan Warung Sate Pak Kampret.

Sate Kampret;10 Top Kuliner Jombang
Sate Kampret (Sumber gambar: radarjombang.jawapos.com)
Baca juga: 10 Top Kuliner Gresik.

Sate kampret sebenarnya adalah sate daging sapi dengan citarasanya yang pedas, yang menjadi menu utama di warung sate kampret ini. Kunci rasa nikmat sate daging ini terletak dari cara membakarnya yang khas, yaitu dibakar setengah matang, kemudian ditambahkan bumbu kental, dibakar lagi dan tidak boleh gosong.

9. Nasi Lodeh Mbok Semah.
Satu lagi kuliner legendaris di Jombang, yaitu “Nasi Lodeh Mbok Semah” yang berlokasi di Dusun Kapas Desa Dukuh Klopo, Peterongan, Jombang. Warung yang sudah buka sejak tahun 1980-an ini pada awalnya hanya warung kecil yang dibuka bersama sang suami, yaitu Pak Askan. Dan saat itu yang dijual hanya sekedar nasi lodeh, gorengan dan makanan kecil. Nasi lodeh adalah sajian kuliner berupa nasi dan olahan dari buah nangka muda. Saat ini, nasi lodeh yang dijual, disajikan dalam pincuk daun pisang, berupa nasi, lodeh tewel (nangka muda), tahu yang disuwir dan krupuk.

Nasi Lodeh Mbok Semah;10 Top Kuliner Jombang;
Nasi Lodeh Mbok Semah (Sumber gambar: radarjombang.jawapos.com)
Yang unik, Warung Lodeh Mbok Semah ini dibuka di depan rumah Mbok Semah sendiri, dan halaman rumahnya pun sudah direnovasi sehingga menjadi tempat lesehan beratap kanopi.

10. Ketan Merdeka.
Selain berbagai sajian kuliner legendaris tersebut di atas, masih ada satu lagi kuliner legendaris yang tidak boleh dilewatkan, yaitu “Ketan Merdeka” yang sudah ada sejak tahun 1960-an, yang berlokasi di Jalan KH. Abdurrhamn Wahid No. 29 Jombang. Nama Ketan Merdeka sendiri berasal dari nama jalan sebelum Jalan Gus Dur ini, yaitu Jalan Merdeka, sehingga nama kedai ketan ini disebut dengan Ketan Merdeka.

Ketan Merdeka;10 Top Kuliner Jombang;
Ketan Merdeka (Sumber gambar: radarjombang.jawapos.com)
Ketan yang disajikan adalah menu ketan tradisional, yaitu ketan bubuk, yang terdiri atas ketan hitam dan ketan putih yang ditaburi bubuk berbeda warna dan ditaburi parutan kelapa.

Berbicara tentang kuliner memang tidak ada habisnya, tentu saja setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Semoga informasi “10 Top Kuliner Jombang” bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin menikmati kuliner khas Jombang.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel