10 Top Kuliner Mojokerto

10 Top Kuliner Mojokerto - Di antara hobi yang paling menyenangkan adalah hobi kuliner. Menikmati sajian makanan khas suatu daerah tentunya menjadi kesenangan tersendiri, apalagi Indonesia adalah negara yang memiliki banyak ragam baik suku dan juga jenis budayanya, dan hal ini juga mempengaruhi kuliner khas yang ada pada daerah tersebut. Begitu pulA Jawa Timur, sebagai salah satu propinsi di Indonesia, Jawa Timur juga memiliki berbagai ragam jenis kuliner, dan salah satu daerah yang menarik untuk dibahas kali ini adalah Mojokerto.

Mojokerto adalah salah satu daerah dari Propinsi Jawa Timur yang terletak di sebelah barat daya dari Kota Surabaya yang berjarak sekitar 50 km. Dengan pembangunan Mojokerto yang begitu pesat, apalagi Mojokerto adalah bagian dari kawasan Gerbangkertosusilo, menjadikan Mojokerto memiliki referensi kuliner yang luar biasa, yang disebabkan adanya akulturasi kuliner dari berbagai daerah yang menjadikan kekayaan kuliner di Mojokerto semakin kaya dan semakin beragam.

Meskipun Mojokerto kaya akan ragam kuliner dan juga memiliki banyak sajian khas kuliner, pada kesempatan ini hanya akan diambil 10 jenis kuliner saja, dan yang menarik, 10 kuliner ini juga pernah disampaikan Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 kemarin, namun, meskipun pernah disampaikan tahun kemarin, informasi kuliner yang disampaikan masih sangat relavan sebagai referensi kuliner untuk anda yang ingin menikmati kuliner di Mojokerto.

10 Top Kuliner Mojokerto

Berikut 10 top kuliner Mojokerto yang bisa menjadi referensi, antara lain:
  1. Bubur Srunthul Bu Saudah.
  2. Soto Daging H. Sukron Ahmad.
  3. Nasi Pecel Mbak Toety.
  4. Warung Cak Muk.
  5. Pangsit Mie Benteng Pancasila.
  6. Sego bebek Tenda Kuning.
  7. Rawon Warung Surodinawan.
  8. Es Durian Pak Trimo.
  9. Bakwan Erna.
  10. Sate Pak Djamil.

1. Bubur Srunthul Bu Saudah.

Di antara berbagai pilihan kuliner khas Mojokerto, maka Bubur Sruntul Bu Saudah menjadi pilihan nikmat. Bubur Sruntul Bu Saudah ini adalah salah satu kuliner pilhan di Mojokerto yang sudah ada sejak 30 tahun lalu dan berada di Jalan Mayjen Sungkono, daerah Wares, Kecamatan Magersari, Mojokerto.

Bubur Sruntul Bu Saudah;10 Top Kuliner Mojokerto;
Bubur Sruntul Bu Saudah (Sumber gambar: tempatwisataindonesia.id)
Bubur sruntul adalah olahan kuliner bubur yang dibuat dari bahan tepung sagu yang kemudian dimasak menjadi sruntul, dengan rasa yang manis legit dan teksturnya yang kenyal.

2. Soto Daging H. Sukron Ahmad.

Berbicara tentang kuliner nikmat dan legendaris, maka Soto Daging H. Sukron Ahmad menjadi salah satu pilihan nikmat kuliner di Mojokerto. Soto daging H. Sukron adalah soto daging khas Madura, yang berada di Jalan Mojopahit No. 555, Mergelo, Kranggan, Prajurit Kulon, Mojokerto.

Soto Daging H. Sukron Ahmad;10 Top Kuliner Mojokerto;
Soto Daging H. Sukron Ahmad (Sumber gambar: Facebook.com/Kulineran Mojokerto/)
Yang menarik di tempat kuliner soto daging ini, anda bisa memesan soto daging biasa atau soto campur (yang isinya mix antara daging dengan jerohan sapi).  Begitu pula dengan kuah, bisa kuah pisah atau dicampur dengan nasi.

3. Nasi Pecel Mbak Toety.

Kuliner yang satu ini adalah kuliner legendaris yang selalu ada di setiap kota di Jawa Timur yaitu nasi pecel, dan Nasi Pecel Mbak Toety menjadi pilihan nikmat menikmati sajian kuliner pecel di Mojokerto, yang berlokasi di Jalan Bhayangkara No. 12, Mergelo, Miji, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Warung nasi pecel ini buka mulai pukul 17.00 sampai dengan pukul 00.00 WIB. Nasi pecel ini juga sering disebut dengan pecel stasiun, karena lokasinya yang dekat dengan Stasiun Mojokerto.

Nasi Pecel Mbak Toety;10 Top Kuliner Mojokerto;
Nasi Pecel Mbak Toety (Sumber gambar: jalanjalanenak.com)
Baca juga: 10 Top Kuliner Lamongan.

Sama halnya dengan nasi pecel di daerah lain, dalam satu prosi disajikan beranekaragam sayuran, seperti kangkung, tauge, sambal kacang dan juga gorengan. Anda pun bisa menambahkan lauk yang disediakan, seperti telur goreng, ayam goreng, dan berbagai pilihan lainnya.

4. Warung Cak Muk.
Mojokerto menjadi daerah yang memiliki banyak kekayaan kuliner, salah satunya adalah Warung Cak Muk, yang berlokasi di Jalan Taman Siswa No. 49, Purwotengah, Magersari, Kota Mojokerto. Di tempat ini, untuk menikmati sajian kuliner Cak Muk, anda bisa memilih lesehan atau dikursi. Sebagai tempat kuliner yang sudah terkenal, harga yang ditawarkan sangat terjangkau maka sangat wajar kalau Warung Cak Muk ini selalu ramai. Apalagi warung ini memiliki sambal khas yang sering disebut dengan “Special Sambel Segar”.

Warung Cak Muk;10 Top Kuliner Mojokerto;
Warung Cak Muk (Sumber gambar: erawisata.com)
Menu yang disajikan di Warung Cak Muk sangat banyak dan bervariasi, yaitu anake menu penyetan, goring dan bakar, mulai dari bebek goreng, ayam goreng, burung dara, gurami dan berbagai sajian lalapan.

5. Pangsit Mie Benteng Pancasila.
Satu lagi sajian kuliner favorit di Kota Mojokerto, yaitu Pangsit Mie Ayam Benteng Pancasila, yang terletak di Jalan Benteng Pancasila, Balongsari, Magersari, Kota Mojokerto. Yang menarik adalah nama dari kuliner ini yang dinamakan Benteng Pancasila, hal ini dikarenakan letak tempet kuliner ini yang berada di perempatan Jalan Benteng Pancasila.

Pangsit Mie Ayam Benteng Pancasila;10 Top Kuliner Mojokerto
Pangsit Mie Ayam Benteng Pancasila  (Sumber gambar: gotravelly.com)
Selain menyediakan mie ayam dengan pangsit, juga disediakan bakwan sebagai menu tambahan untuk menikmati sajian pangsit mie ayam. Mie ayam ini sangat nikmat dikarenakan mie yang dijual adalah hasil olahan sendiri dari tempat kulier ini.

6. Sego bebek Tenda Kuning.
Nasi bebek adalah sajian kuliner nikmat yang berbahan dasar dari bebek. Dan sajian kuliner bebek menjadi sajian yang banyak tersedia di berbagai daerah, begitu juga dengan di Mojokerto, “Sego Bebek Tenda Kuning” menjadi salah satu sajian favorit kuliner bebek di Kota Mojokerto, yang berlokasi di Jalan Lespadangan, Kota Mojokerto.

Sego Bebek Tenda Kuning;10 Top Kuliner Mojokerto;
Sego Bebek Tenda Kuning (Sumber gambar: instagram.com/kulinermojo)
Sego bebek tenda kuning ini menjadi sajian nasi bebek yang selalu dikunjungi para pecinta kuliner bebek. Kenikmatan sajian nasi bebek ini berasal dari bumbu tambahan, yaitu rempah kunyit yang nikmat, ditambah dengan nikmatnya sambal terasi yang memiliki rasa pedas, manis dan sedikit asam.

7. Rawon Warung Surodinawan.
Warung Surodinawan menjadi pilihan menikmati kuliner kali ini. Tempat kuliner ini berlokasi di Jalan Pekuncen Raya No. 200, Sooko, Mojokerto. Warung ini menjadi warung kekinian yang menyediakan berbagai sajian menu nikmat tradisional. Selain menunya yang nikmat, tempatnya juga sangat nyaman untuk menikmati waktu dan nongkrong.

Jangan Ireng;10 Top Kuliner Mojokerto;
Jangan Ireng - Warung Surodinawan (Sumber gambar: otoplasa.com)
Dari berbagai sajian menu yang favorit, maka yang menarik adalah “Jangan Ireng” atau ada juga yang menyebut dengan rawon, tapi bukan rawon. Ada yang mengatakan “Jangan Ireng” adalah sajian kuliner khas Majapahit, didalam sajian Jangan Ireng terdapat potongan ayam yang gurih dan juga potongan tahu kotak.

8. Es Durian Pak Trimo.
Durian masih menjadi sajian nikmat, dan sangat menarik bila durian disajikan dengan es. Salah satu tempat penjual es durian nikmat di Kota Mojokerto adalah “Es Durian Pak Trimo” yang berlokasi di Jalan Gajah Mada No. 49, Mojokerto. Warung es ini memang menyajikan durian sebagai menu utamanya.

Es Durian Pak Trimo;10 Top Kuliner Mojokerto;
Es Durian Pak Trimo (Sumber gambar: wisatakuliner.org)
Baca juga: 10 Top Kuliner Sidoarjo.

9. Bakwan Erna.
Satu lagi sajian kuliner nikmat di Kota Mojokerto, yaitu “Bakwan Erna” yang berlokasi di Jalan Letkol Sumarjo No. 109, Magersari, Mergelo, Puwotengah, Kota Mojokerto. Di antara berbagai pilihan kuliner di Kota Mojokerto, maka Bakwan Erna menjadi sajian kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 60-an atau tepatnya tahun 1964.

Bakwan Erna;10 Top Kuliner Mojokerto;
Bakwan Erna (Sumber gambar: facebook.com/bakwan.erna/)
Bakwan yang dijual di warung Bakwan Erna ini memiliki ciri khas yang berbeda, yang dibuat dengan bumbu khusus khas Bakwan Erna yang membuat sajian bakwan di warung ini menjadi sangat nikmat.

10. Sate Pak Djamil.
Satu lagi sajian kuliner legendaris di Kota Mojokerto yang tidak boleh dilewatkan, yaitu “Warung Sate Pak Djamil” yang berlokasi di Jalan Veteran depan Alun-alun Kota Mojokerto, Mergelo, Magersari, Kota Mojokerto. Sebenarnya warung ini adalah warung yang juga menyediakan nasi pecel dan nasi rawon dengan lauk sate daging sapi atau sate komoh yang empuk.

Sate Pak Djamil;10 Top Kuliner Mojokerto;
Sate Pak Djamil (Sumber gambar: gramho.com/profile/richie_rich_vibes/)
Sebagai warung legendaris, maka sangat wajar bila warung ini tidak pernah sepi dari pembeli, apalagi tempatnya yang nyaman, makanan yang disajikan juga enak dan seperti menu rumahan.

Hobi kuliner memang membuat kita tahu tentang berbagai sajian kuliner yang menjadi ciri khas di suatu daerah yang disinggahi. Semoga informasi “10 Top Kuliner Mojokerto” ini bermanfaat untuk anda yang ingin menikmati kuliner di Mojokerto.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel