10 Destinasi Wisata Populer di Madura

10 Destinasi Wisata Populer di Madura - Madura adalah sebuah pulau yang berada di sebelah timur laut dari Jawa Timur. Luas Pulau Madura sendiri sekitar 5.268 km2, dan dengan jumlah penduduk 4 juta jiwa (informasi Google). Dengan letaknya yang harus menyeberangi pulau, memang membuat wisatawan jarang yang mengeklsplore keindahan wisata Pulau Madura, meskipun banyak traveler yang mengatakan bahwa Pulau Madura memiliki keindahan wisata yang luar biasa, yang tidak kalah dengan daerah lain, baik wisata sejarah, situs sejarah, wisata budaya, wisata kuliner, dan yang paling disukai adalah wisata alam yang masih sangat alami.

Perkembangan teknologi dan informasi, sepertinya merubah pandangan dan image masyarakat tentang Pulau Madura, meskipun pada kenyataannya cuaca di Madura cederung panas dan terik. Namun siapa yang menyangka, banyak kekayaan alam terutama wistaa alam yang sudah mulai dieksplore, apalagi sudah ada bandara di Sumenep, bahkan sejak 10 Juni 2009, anda bisa menyeberangi Pulau Madura dengan cepat melalui Jembatan Nasional Suramadu.

Begitu menariknya Madura, hingga Gubernur Jawa Timur juga memberikan informasi tentang 10 tujuan wisata populer di Madura, yang disampaikan saat pelepasan mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 kemarin, dan tentu saja hal ini memberikan harapan baru bahwa banyak destinasi wisata di Madura yang bisa dikunjungi.

10 Destinasi Wisata Populer di Madura

Berikut 10 tujuan wisata yang sangat popular di Pulau Madura, yang bisa menjadi referensi traveling untuk anda, sebagai berikut:
  1. Gili Labak.
  2. Pantai 9.
  3. Museum Keraton Sumenep.
  4. Boekit Tinggi.
  5. Goa Sukarno.
  6. Toron Samalem.
  7. Puncak Ratu.
  8. Air Terjun Toroan.
  9. Bukit Jaddih.
  10. Pantai Lombang.

1. Gili Labak.

Gili Labak menjadi fokus pertama wisata yang sangat diminati di Madura. Disebut sebagai Hidden Paradise-nya Madura, keindahan dan suasananya menjadikan para treveler sangat betah menikmati suasana di Gili Labak. Pulau Gili Labak berada di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep. Meskipun ukuran pulaunya sangat kecil, namuan keindahan pasir putih dan ombaknya yang tenang menjadikan pulau ini menjadi favorit para wisatawan.

Gili Labak;10 Destinasi Wisata Populer di Madura;
Gili Labak (Sumber gambar: ksmtour.com)
Di Gili Labak, anda bisa menyalurkan hobi snorkeling, apalagi dengan banyaknya spot diving yang ada di Gili Labak. Hamparan gugusan terumbu karang dan keindahan ikan, serta biota laut akan membuat anda menikmati keindahan Gili Labak.

2. Pantai 9.

Siapa yang mengira kalau Madura memiliki pantai yag indah, salah satunya adalah “Pantai 9” yang berlokasi di Desa Bringsang, Kepulauan Gili Genting, Kabupaten Sumenep. Pulau Gili Genting sendiri adalah sebuah pulau di Sumenep yang berada di sebelah tenggara Pulau Madura. Pada awalnya pulau ini bernama Pulau Bringsang, dikarenakan bentuknya seperti angka sembilan, maka pantai ini disebut dengan Pantai Sembilan.

Pantai 9;10 Destinasi Wisata Populer di Madura;
Pantai 9 (Sumber gambar: santrinow.com)
Sebelum menjadi obyek wisata yang indah, dahulu Pantai Sembilan adalah pelabuhan kecil tempat bersandarnya perahu penyeberangan yang menghubungkan Pulau Gili dengan pulau yang ada diseberangnya. Selain bisa menikmati keindahan pantai, anda bisa berenang atau menikmati snorkeling karena keindahan terumbu karang yang unik dan indah.

3. Museum Keraton Sumenep.

Madura memang kaya akan wisata, salah satunya adalah wisata sejarah, dan tempat yang pas untuk dikunjungi adalah “Museum Keraton Sumenep”, yang berlokasi di Jalan Dr. Sutomo No. 06, Lingkungan Dalama, Pejagalan, Kecamatan Kota Sumenep, Sumenep. Di Sumenep anda bisa melihat jejak sejarah berupa sisa-sisa Kerajaan Sumenep, dan Keraton Sumenep yang menjadi saksi bisu sejarah keberadaan Kerajaan Sumenep.

Museum Keraton Sumenep;10 Destinasi Wisata Populer di Madura;
Museum Keraton Sumenep (Sumber gambar: tempatwisata.pro)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Surabaya.

Keraton Sumenep sendiri dibangun tahun 1750 sampai 1762 di era Pemerintahan Gusti Raden Ayu Tirtonegoro R. Rasaman dam Kanjeng Tumenggung Ario Tirtonegoro (Bindara Saod), dan dibangun ulang oleh Panembahan Sumala. Museum Keraton Sumenep saat ini sudah menjadi tujuan wisata utama di Pulau Madura, didalamnya terdapat banyak berbagai barang keluarga kerajaan, termasuk juga Al Quran raksasa, kereta kencana dan berbagai penilanggalan lainnya.

4. Boekit Tinggi.
Satu lagi tempat wisata yang sedang hits di Madura, yaitu Boekit Tinggi Daramista, yang berlokasi di Desa Daramista, Kecamatan Lenteng, Sumenep. Meskipun lokasi tempat wisata ini berada di atas bukit, dan untuk menuju tempat ini jalurnya berkelok-kelok, namun rasa penat dan capek akan terbayarkan setelah bisa melihat keindahan Boekit Tinggi Daramista ini.

Boekit Tinggi Daramista;10 Destinasi Wisata Populer di Madura;
Boekit Tinggi Daramista (Sumber gambar: tempatwisata.pro)
Panoramanya yang indah, ditambah dengan suasana sejuk karena berada di dataran tinggi menjadikan bukit ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Ditempat wisata ini, juga sudah disediakan berbagai fasilitas menarik oleh pengelola tempat wisata, seperti flying fox, bermain ATV, bisa hunting foto. Bahkan juga disediakan spot untuk berswafoto, sperti Sweet View, Zone Kece ‘n Hits, Sunrise, Sunset, Home Love, Enjoy Park, dan masih banyak spot menarik lainnya.

5. Goa Soekarno.
Siapa yang menyangka kalau ternyata Madura memiliki tempat wisata yang beraneka ragam, dan salah satunya adalah Goa Soekarno, yaitu wisata gua yang tidak boleh anda lewatkan, yang berlokasi di Benteng Utara, Panaongan, Pasongsongan, Sumenep. Penamaan gua ini termasuk cukup unik, dinamakan Goa Soekarno, karena gua ini pernah menjadi tempat tinggal sementara Bapak Soekarno, yang didasarkan atas ditemukannnya beberapa foto mantan presiden pertama Indonesia ini.

Goa Soekarno;10 Destinasi Wisata Populer di Madura;
Goa Soekarno (Sumber gambar: mediamadura.com)
Gua ini menjadi satu pilihan tempat wisata yang harus dikunjungi, karena keindahan stalaktit dan stalakmit yang indah, selain itu juga banyak spot foto menarik yang sangat cocok untuk anda yang memiliki hobi fotografi.

6. Toron Samalem.
Setelah menikmati berbagai keseruan wisata di Kabupaten Sumenep, Kabupaten Pamekasan ternyata juga memiliki tujuan wisata Instagenis dengan panorama yang menarik, yaitu Kampoeng Wisata Toron Samalem, yang berlokasi di Desa Blumbung, Kecamatan Laranan, Pamekasan. Dahulu tempat wisata ini adalah sebuah tempat penambangan batu yang saat ini sudah tidak digunakan lagi. Berbekal ide kreatif para warganya, tempat yang dulunya tidak memiliki nilai, diubah menjadi sebuah tempat wisata yang sangat bagus dan bisa menarik perhatian para wisatawan untuk datang.

Kampoeng Wisata Toron Samalem;10 Destinasi Wisata Populer di Madura
Kampoeng Wisata Toron Samalem (Sumber gambar: instagram.com/kampoeng_wisata_toron_samalem)
Dibalik tempat yang dulunya bekas penambangan batu, ternyata Toron Samalem, memiliki cerita legenda didalamnya, yaitu seorang putri cantik yang bernama Potre Koneng yang sering melakukan semedi di tempat ini dalam waktu satu malam, hal inilah yang menyebakan tempat ini disebut dengan Toron Samalem. Selain cerita legenda, di kampung wisata ini anda bisa menyalurkan hobi fotografi, karena di tempat ini terdapat banyak spot menarik dan instagrammable.

7. Puncak Ratu.
Satu lagi tempat wisata pilihan di Pamekasan, yang tidak boleh dilewatkan, yaitu Puncak Ratu, yang berada di Dusun Mongging, Desa Tebul Barat, Kecamatan Pegantenan, Pamekasan. Sebagai salah satu tujuan wisata baru di Pamekasan, tentunya tempat wisata ini membuat penasaran para wisatawan yang ingin menikmati keindahan panorama Puncak Ratu.

Puncak Ratu;10 Destinasi Wisata Populer di Madura;
Puncak Ratu (Sumber gambar: pigunigu.com)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Gresik.

Dengan ketinggian 200 meter, tentunya Puncak Ratu memiliki suasana khas perbukitan dengan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk, bahkan yang menarik Kota Pamekasan bisa terlihat dari Puncak Ratu.

8. Air Terjun Toroan.
Madura memang memiliki berbagai kekayaan wisata alam, Air Terjun Toroan menjadi salah satunya. Air terjun ini berada di Desa Ketapang Daya, Talabang, Ketapang, Sampang. Air Terjun Toroan termasuk salah satu wisata unik, karena airnya langsung turun ke laut, lokasinya yang berada di tepi Pantai Nepa, menyebabkan aliran airnya langsung menuju ke laut.

Air Terjun Toroan;10 Destinasi Wisata Populer di Madura;
Air Terjun Toroan (Sumber gambar: Gmap/anggie crazyangel77)
Dibalik keindahan Air Terjun Toroan, terselip cerita legenda didalamnya, yaitu kisah cinta Siti Fatimah dan Sayyid Abdurrahman atau Birenggono. Keunikan air terjun ini juga terletak pada Air Terjun Toroan yang dikeramatkan oleh masayarakat, yaitu lokasi makam Siti Fatimah yang berada di tengah air terjun dan membelah air terjun menjadi dua aliran.

9. Bukit Jaddih.
Di antara berbagai pilihan tempat wisata maka Bukit Jaddih menjadi sebuah pilihan wisata hits yang selalu dikunjungi para wisatawan. Lokasi Bukit Jaddih ini berada di Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan. Menarik, hanya itu yang bisa dikatakan saat mengunjungi tempat wisata yang terbuat dari bongkahan dan berbagai guratan batu kapur raksasa.

Bukit Jaddih;10 Destinasi Wisata Populer di Madura;
Bukit Jaddih (Sumber gambar: wisataoke.com)
Daya tarik Bukit Jaddih terletak pada keindahan bukit kapur, meskipun bukit ini tidak terbentuk secara alami, tetapi dari pahatan para penambang kapur putih yang akhirnya membentuk tebing raksasa yang eksotis.

10. Pantai Lombang.
Pesona wisata pantai masih memberikan daya tarik tersendiri, begitu pula di Madura, yang merupakan daerah yang memiliki pantai dengan keindahan panoramanya. Salah satu pantai yang tidak boleh anda lewatkan adalah Pantai Lombang, yang berlokasi di Desa Lombang, Kecamatan Batang Batang, Kabupaten Sumenep.

Pantai Lombang;10 Destinasi Wisata Populer di Madura;
Pantai Lombang (Sumber gambar: jejakpiknik.com)
Banyak aktifitas menarik yang bisa anda lakukan di pantai ini , seperti memancing, berenang, bersantai di bawah rindangnya pohon caemara, dan juga menikmati wisata kuliner yang bisa anda dapatkan di Pantai Lombang ini.

Menarik sekali membahas berbagai tempat wisata khususnya di Pulau Madura, semoga informasi “10 Destinasi Wisata Populer di Madura” ini bisa memberi manfaat untuk anda yang ingin menikmati keseruan traveling di Pulau Madura.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel