10 Top Kuliner Gresik

10 Top Kuliner Gresik - Weekend? Apa aktivitas menarik yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan? Tentunya banyak aktivitas yang dilakukan saat menjelang liburan atau saat liburan tiba. Tentunya diantara aktivitas saat liburan yang sangat mengasyikkan adalah berburu kuliner. Kuliner sudah menjadi hobi yang sangat menyenangkan. Beruntung sekali kita tinggal di Indonesia yang memiliki berbagai jenis kuliner yang dalam orang Jawa bilang, kulinernya “leko” atau diartikan nikmat sampai habis. Dan daerah di Jawa Timur yang menjadi pilihan  tujuan kuliner, adalah Gresik. Sama halnya dengan daerah lain di Jawa Timur, Gresik memiliki berbagai jenis kuliner khas yang pantas dan harus dicoba.

Gresik sendiri adalah daerah yang terkenal dengan kota industri, kota wali dan juga kota kuliner. Namun diantara julukan Gresik, maka kota kuliner menjadi julukan yang sangat menyenangkan, karena Gresik sendiri memiliki jenis kuliner lezat yang selalu menjadi tujuan kuliner para pecinta kuliner. Dalam kesempatan ini hanya dibahas 10 tempat kuliner favorit, meskipun Gresik sendiri memiliki banyak ragam dan variasi kuliner yang harus dicoba.

Informasi 10 top kuliner Gresik ini pernah disampaikan Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019, namun jangan khawatir, meskipun pernah disampaikan tahun kemarin, informasi ini masih sangat relevan sebagai referensi untuk anda yang ingin berwisata kuliner di Kabupaten Gresik.

10 Top Kuliner Gresik

Terdapat 10 top kuliner di Gresik yang bisa anda kunjungi, anatara lin:
  1. Pudak Sari Kelapa
  2. Nasi Krawu Bu Tiban.
  3. Lontong Roomo.
  4. Nasi Karak.
  5. Otak-otak Bandeng Bu Muzanah.
  6. Bandeng Pak Elan.
  7. Kella Celok.
  8. Jubung.
  9. Bonggolan.
  10. Nasi Babat.

1. Pudak Sari Kelapa

Pudak sari kelapa adalah makanan khas Gresik, bisa dikatakan sebagai kue legendaris Gresik, yang selalu diburu para pecinta kuliner saat berkunjung ke Gresik. Pudak adalah kue dari bahan tepung beras, santan, sagu, gula jawa dan gula pasir dengan rasanya yang manis  dan legit.

Pudak sari kelapa;10 Top Kuliner Gresik;
Pudak sari kelapa (Sumber gambar: gresspedia.com)
Keunikan kue pudak terletak dari bungkusnya yang berasal dari lembaran pangkal pelepah pohon pinang. Bungkus pudak disebut dengan ope, cara membuatnya juga unik, dengan dikeringkan terlebih dahulu, baru dijahit dengan menggunakan benang untuk membungkus pudak. Untuk mendapatkan kue pudak, anda bisa mendapatkannya di berbagai toko oleh-oleh di Gresik biasanya berada di Jalan Sindujoyo dan Jalan Veteran Gresik.

2. Nasi Krawu Bu Tiban.

Gresik memang daerah yang memiliki kuliner khas yang enak dan lezat, salah satunya adalah nasi krawu. Salah satu kuliner nasi krawu enak di Gresik adalah “Nasi Krawu Bu Tiban”, yang berada di Jalan Veteran No. 118 Gresik. Nasi Krawu Bu Tiban kabarnya sudah ada sejak tahun 1979, dan buka 24 jam dan pelanggannya sudah sangat banyak. Nasi krawu sendiri adalah nasi dengan suwiran daging sapi atau juga jerohan sapi.

Nasi Krawu Bu Tiban;10 Top Kuliner Gresik;
Nasi Krawu Bu Tiban (Sumber gambar: instagram.com/ocha_roisah/)
Nasi krawu Bu Tiban memiliki ciri khas dengan nasinya yang punel, dan suwiran dagingnya yang pas dan sambal petisnya yang enak.

3. Lontong Roomo.

Satu lagi sajian kuliner khas Gresik yang harus dicoba, yaitu “Lontong Roomo”, yaitu sajian kuliner yang berisi lontong, sayur kuncup atau sayur bayam, kerupuk dan disiram dengan bumbu, yang disebut dengan bumbu Roomo dan ditambah dengan sambal poyah. Sambal poyah adalah sambal yang dibuat dari campuran kencur, kelapa yang telah diparut dan juga cabai.

Lontong Roomo;10 Top Kuliner Gresik;
Lontong Roomo (Sumber gambar: instagram/kulinergresik)
Baca juga: 10 Top Kuliner Sidoarjo.

Keunikan kuliner ini terletak dalam penyajiannya dengan menggunakan daun pisang yang dibuat dengan bentuk kerucut atau dalam bahasa Jawa “dipincuk”, cara menikmatinya pun dengan menggunakan sendok yang terbuat dari daun pisang yang disebuh dengan “suruh”.

4. Nasi Karak.
Selain beberapa sajian kuliner diatas terdapat satu jenis kuliner khas lainnya yang disebut dengan “Nasi Karak”. Nasi karak yang ada di Gresik sangat berbeda denga daerah lainnya, kalau didaerah lain yaitu nasi yang sudah hampir basi kemudian dikeringkan dan diolah kembali. Berbeda dengan nasi karak di Gresik. Nasi karak yang dimaksudkan adalah nasi merah yang dinikmati dengan parutan kelapa, serundeng dan lauk tempe.

Nasi Karak;10 Top Kuliner Gresik;
Nasi Karak (Sumber gambar: ksmtour.com)
Sebagai sajian unik khas Gresik, maka nasi karak hanya dapat ditemukan di pagi hari, karena merupakan menu sarapan khas Gresik.

5. Otak-otak Bandeng Bu Muzanah.
Gresik  adalah daerah yang berada dipesisir pantai utara, dan juga menjadi daerah penghasil ikan, yang salah satunya bandeng. Dan satu lagi sajian kuliner khas Gresik yaitu otak-otak bandeng Bu Muzanah yang menjadi sajian kuliner khas yang sering dicari di toko oleh-oleh di Gresik. Sebenarnya banyak sekali olahan bandeng di Toko Bu Muzanah yang berlokasi di Jalan Sindujoyo II No. 29 Gresik.

otak-otak bandeng Bu Muzanah;10 Top Kuliner Gresik;
Otak-otak bandeng Bu Muzanah (Sumber gambar: loveusaha.com)
Otak-otak Bandeng yang dijual di Toko Bu Muzanah selalu fresh. Otak-otak bandeng biasanya dikemas dalam box panjang yang sudah dilapisi dengan daun pisang dan kertas roti, baru kemudian dimasukkan dalam kantong plastik.

6. Bandeng Pak Elan.
Satu lagi tempat kuliner olahan bandeng yang terkenal di Gresik, yaitu “Bandeng Pak Elan” yang berlokasi di Jalan Veteran Gresik. Restoran Pak Elan adalah salah satu retoran terkenal di Gresik yang sudah ada sejak tahun 1956.

Bandeng Pak Elan;10 Top Kuliner Gresik;
Bandeng Pak Elan (Sumber gambar: jatimnet.com)
Terdapat banyak pilihan olahan ikan bandeng di Resto Pak Elan, seperti bandeng goreng, bandeng bakar, otak-otak bandeng, bandeng dadar telur dan bandeng rebus.

7. Kella Celok.
Gresik memang kaya akan kuliner unik, salah satu diantaranya adalah Kella Celok. Kuliner ini berasal dari Pulau Bawean, yang terbuat dari ikan tongkol besar, yang kemudain dipotong menjadi tiga bagian, yaitu bagian kepala, ekor dan bagian tengah, kemudian dimasak menggunakan bumbu kuning.

Kella Celok;10 Top Kuliner Gresik;
Kella Celok (Sumber gambar: mediabawean.com)
Baca juga: Kuliner Mi Nusantara Di Surabaya.

Kella Celok disebut juga dengan ikan kuah kuning, yang sangat pas dinikmati pada siang hari, karena memiliki rasa yang enak dan segar,

8. Jubung.
Jubung adalah sajian kudapan khas Gresik yang terbuat dari ketan hitam, pada bagian atasnya ditaburi wijen. Pada penyajiannya, jubung dibungkus dengan kulit dari pohon pinang yang menjadikan tampilan kudapan ini menjadi sangat khas. Rasanya yang khas manis dan memiliki tekstur yang halus.

Jubung;10 Top Kuliner Gresik;
Jubung (Sumber gambar: laurentiadewi.com)
Sebagai sajian khas Gresik, maka jenang Gresik ini menjadi sajian kudapan yang sering dicari para pecinta kuliner untuk dibawa sebagai oleh-oleh setelah berkunjung dari Gresik.

9. Bonggolan.
Satu lagi kuliner khas gresik berbahan dasar ikan, yaitu Bonggolan. Kuliner ini sebenarnya adalah makanan tradisional untuk kudapan, berbentuk lonjong yang terbuat dari daging ikan yang dibalut dengan tepung kanji yang dicampur dengan garam dan bawang putih.

Bonggolan;10 Top Kuliner Gresik;
Bonggolan (Sumber gambar: Gresikkab.go.id)
Jensi kuliner ini mudah ditemui di pesisir Gresik bagian utara, yaitu di Pulau Mengare, Kecamatan Bungah sampai daerah Sidayu.

10. Nasi Babat 
Selain berbagai sajian kuliner di atas, terdapat satu jenis kuliner yang menjadi kuliner favorit, yaitu Nasi Babat Merry yang berada di daerah Kalitutup, Gresik. Tempatnya biasa saja, namun sajian kuliner yang disajikan luar biasa, selain menjual nasi babat, tempat kuliner ini juga menyediakan ayam panggang bumbu rujak.

Nasi Babat Merry;10 Top Kuliner Gresik;
Nasi Babat Merry (Sumber gambar: dwipuspita.com)
Disajikan dengan nasi hangat, srundeng kelapa berwarna kuning, daun kemangi segar, sambal mentah dan irisan timun, menjadikan sajian kuliner ini sangat nikmat, ditambah dengan lauk babatnya yang lezat.

Tertarik dengan sajian kuliner khas Gresik? Semoga informasi “10 Top Kuliner Gresik” ini bermanfaat untuk anda yang ingin menikmati wisata kuliner di Gresik.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel