10 Top Destinasi Wisata Bangkalan

10 Top Destinasi Wisata Bangkalan - Siapa yang menyangka ternyata Pulau Madura memiliki tempat wisata yang menarik. Dari berbagai informasi, baik di internet dan di media soaial, begitu banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi. Pulau Madura yang dulu hanya dianggap sebagai daerah tandus dan gersang ternyata memiliki keindahan alam yang membuat banyak wisatawan dan traveler penasaran membuktikan keindahan kekayaan wisata alamnya. Mulai dari Bangkalan sampai daerah ujung timur Madura, yaitu Sumenep, semuanya memiliki keindahan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan Bangkalan, yang dulunya hanya dianggap hanya memiliki wisata pelabuhan di Ujung Kamal, ternyata memiliki banyak tempat wisata yang menarik.

Kabupaten Bangkalan adalah daerah yang berada di ujung barat dari Pulau Madura, dan menawarkan daya tarik wisata yang beranekaragam, mulai dari wisata sejarah, wisata religi, wisata pantai, wisata kuliner dan juga wisata alam. Dengan banyaknya tujuan yang bisa dituju, akan membuat anda tertarik untuk mencoba mengeksplore semua kekayaan wisata yang ada di Bangkalan.

10 tempat wisata yang akan dibahas kali ini, juga didasarkan atas informasi yang disampaikan Gubernur Jawa Timur, saat pelepasan mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019, namun jangan khawatir, meskipun informasi ini pernah disampaikan tahun kemarin, informasi ini masih sangat relevan untuk menjadi referensi untuk anda yang ingin berwisata ke Bangkalan.

10 Top Destinasi Wisata Bangkalan

Berikut beberapa tujuan wisata di Bangkalan yang bisa anda kunjungi, antara lain:
  1. Jembatan Suramadu.
  2. Danau Biru atau Bukit Jaddih.
  3. Bukit Pelalangan.
  4. Pesarean Mbah Kholil.
  5. Mercusuar.
  6. Makan Rato Ebhu.
  7. Bukit Geger.
  8. Pantai Bumi Anyar.
  9. Pantai Siring Kemuning.
  10. Pantai Rongkang.

1. Jembatan Suramadu.

Jembatan Suramadu, menjadi pintu masuk menuju Pulau Madura, selain itu, jembatan ini juga menjadi obyek wisata menarik. Jembatan Suramadu (Surabaya – Madura)  berada di Jalan Tol Suramadu, Tambak Wedi, Kenjeran, Kota Surabaya.

Jembatan Suramadu;10 Top Destinasi Wisata Bangkalan;
Jembatan Suramadu (Sumber gambar: tempatwisata.pro)
Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di jembatan ini, antara lain menyeberangi jembatan terpanjang di Indonesia (dengan panjang jembatan 5.438 meter), hunting foto untuk anda yang hobi fotografi, menikmati pemandangan laut, dan juga merasakan naik perahu di atas Selat Madura.

2. Danau Biru atau Bukit Jaddih.

Danau Biru? Bukit Jaddih? Sekilas seperti dua tempat wisata alam yang berbeda tempat, padahal Danau Biru ini berada di Bukit Jaddih, yang selama ini menjadi wisata favorit para wisatawan. Bukit Jaddih ini berada di Desa Jaddih, Desa Rabasan dan Desa Parseh, Kecamatan Socah, Bangkalan. Berbicara tentang Danau Biru, maka danau ini adalah danau yang berada di atas Bukit Jaddih, dinamakan Danau Biru karena air yang ada didalamnya berwarna kebiruan, apalagi ditambah bukit kapur putih yang mengeliling danau ini.

Danau Biru - Bukit Jaddih;10 Top Destinasi Wisata Bangkalan;
Danau Biru - Bukit Jaddih (Sumber gambar: limakaki.com)
Namun, meskipun Danau Biru ini sangat menarik dan membuat penasaran untuk anda, dan membuat ingin bermain air di danau ini, sepertinya keinginan tersebut harus ditahan terlebih dahulu, karena terdapat tanda larangan untuk bermain dan berenang di Danau Biru ini. Untuk berenang, anda bisa berenang di kolam renang Bukit Jaddih yang sudah disediakan.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Populer di Madura.

Selain keindahan bukit dan danau yang indah, Bukit Jaddih juga menyimpan kekayaan wisata sejarah, di sekitar bukit kapur terdapat bunker warisan Belanda, yang pernah digunakan untuk menyimpan senjata.

3. Bukit Pelalangan.

Menikmati Arizona di Madura? Sepertinya hal ini bisa terwujud kalau anda datang ke Bukit Pelalangan, yaitu sebuah bukit yang berada di Desa Bherballuk, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Hal yang unik dari Bukit Pelalangan adalah anda bisa menikmati keindahan alam dengan suasana perbukitan yang masih alami, ditambah dengan sejuknya hutan yang masih ada disekitar bukit.

Bukit Pelalangan;10 Top Destinasi Wisata Bangkalan;
Bukit Pelalangan (Sumber gambar: amethystaiko.com)
Sama halnya dengan Bukit Jaddih, Bukit Pelalangan sebelumnya adalah bekas tambang batu kapur yang sudah ada sejak lama dan sampai saat ini masih ditambang oleh masyarakat sekitar. Relief yang ada di bukit kapur tersebut, diakibatkan pahatan para pencari bukit kapur yang menjadikan keindahan Bukit Pelalangan menjadi semakin indah. Spot yang menarik di sekitar bukit, sangat pas untuk anda yang ingin menyalurkan hobi fotografi.

4. Pesarean Mbah Kholil.
Selain berbagai wisata alam, Bangkalan juga memiliki wisata religi yang tidak boleh anda lewatkan, salah satunya adalah “Pesarean Mbah Kholil” atau disebut juga dengan “Makam Kyai Haji Muhammad Syaikhona Kholil”. Wisata religi ini berada di Kampung Senenan, Desa Kemayoran, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan.

Pesarean Mbah Kholil;10 Top Destinasi Wisata Bangkalan;
Pesarean Mbah Kholil (Sumber gambar: 1996mei08reggae.blogspot.com)
Untuk anda yang ingin mendapatkan dobel manfaat selain menikmati wisata alam juga melakukan wisata religi, maka mengunjungi dan menziarahi Makam Mbah Kholil sepertinya tidak boleh anda lewatkan. Selain itu, dikompleks makam ini juga terdapat Masjid Mubarok Murtajasah Bangkalan, yang memiliki nilai sejarah.

5. Mercusuar.
Selain berbagai wisata alam dan wisata religi, Bangkalan juga memiliki tempat wisata menarik, yaitu Mercusuar Sembilangan, yang berlokasi di Desa Sembilangan, Kecamatan Tanjung Piring, Kabupaten Bangkalan. Mercusuar ini sebenarnya adalah peninggalan Belanda yang didirikan pada pemerintahan Z.M. Willem III tahun 1879, yang sampai saat ini masih berfungsi dengan baik, yaitu untuk memberikan penerangan dan navigasi untuk kapal yang berlayar di Selat Madura.

Mercusuar Sembilangan;10 Top Destinasi Wisata Bangkalan;
Mercusuar Sembilangan (Sumber gambar: Google Maps)
Mercusuar Sembilangan memiliki 17 lantai, dan seperti halnya mercusuar pada umumnya, maka pada bagian atas terdapat lampu besar sebagai penerangan.

6. Makan Rato Ebhu.
Sebagai daerah yang juga terkenal dengan wisata religinya, “Makam Rato Ebuh” atau “Aer Mata Ebuh” ini harus anda kunjungi. Tempat wisata ziarah Air Mata Ibu adalah salah satu wisata religi yang juga memiliki cerita sejarah dan sangat dipercaya sampai sekarang. Tempat wisata ini berada di Desa Buduran, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan. Rato Ebuh sebenarnya adalah Syarifah Ambami, yaitu istri dari Raden Praseno, seorang penguasa Madura yang memiliki gelar Cakraningrat I yang menjadi Raja di Madura pada tahun 1624 atas perintah dari Sultan Agung dari Mataram.

Makam Rato Ebuh;10 Top Destinasi Wisata Bangkalan;
Makam Rato Ebuh (Sumber gambar: tempatwisata.pro)
Cerita sejarah tangisan dari Ratu Ibu dan mata airnya yang begitu keramat sangat terkenal dan menjadikan rasa penasaran bagi wisatawan untuk datang. Sumber mata air yang dipercaya dari tangisan Ratu Ibu ini sangat dipercaya oleh masyarakat sekitar mampu menyembuhkan berbagai penyakit dan juga sumber mata air ini tidak pernah kering dari dahulu hingga sekarang.

7. Bukit Geger.
Satu lagi wisata alam di Bangkalan yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu Bukit Geger, yang berlokasi di Desa Geger, Kecamatan Geger, Bangkalan. Bukit Geger ini biasa dikenal dengan nama “Ghunong Gheggher”, menjadi salah satu wisata di Bangkalan memiliki potensi untuk dikembangkan. Dengan udaranya yang sejuk dan segar bisa menjadi tujuan untuk berwisata setelah penat tujuh hari disibukkan dengan rutinitas.

Bukit Geger;10 Top Destinasi Wisata Bangkalan;
Bukit Geger (Sumber gambar: intisari.grid.id)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Surabaya.

Yang menarik, Bukit Geger memiliki bebrapa gua yang berada dikawasan bukit ini, seperti Gua Perapan (gua tempat pertapaan Adipodai, ayah kandung dari Jokotole atau Panembahan Secodiningrat III), Gua Potre (tempat pertapaan Potre Koneng, istri dari Pangeran Adipodai), Gua Pelanangan, Gua Pancong Pote dan Gua Ular. Selain itu di Bukit Geger, anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik, seperti panjat tebing, melihat keindahan cekungan Pangelean,  dan juga melihat situs Pelanggairan.

8. Pantai Bumi Anyar.
Madura adalah daerah yang dikelilingi dengan pantai, dan satu lagi wisata pantai yang terhitung baru, yaitu Pantai Bumi Anyar atau lebih dikenal dengan Pantai Lobuk, yang berlokasi di Dusun Lobuk, Desa Bumi Anyar, Kecamatan Tanjungbumi, Bangkalan. Wisata pantai yang indah ini sebenarnya berada di perbatasan antara Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Sampang.

Pantai Bumi Anyar;10 Top Destinasi Wisata Bangkalan;
Pantai Bumi Anyar (Sumber gambar: bumianyar.blogdesa.net)
Meskipun dalam proses pengembangan, namun Pantai Lobuk memiliki keindahan yang tidak kalah dengan destinasi wisata pantai lainnya. Yang menarik, di hari biasa saat air laut surut sampai area palung laut, akan menyajikan sebuah hamparan pasir dengan hiasan berupa genangan air laut yang menarik perhatian.

9. Pantai Siring Kemuning.
Pantai Siring Kemuning menjadi salah satu pantai yang sangat menarik perhatian para wisatawan, pantai ini berada di Desa Mecajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan. Ada yang mengatakan bahwa Pantai Siring Kemuning adalah Pantai Kuta yang ada di Madura, dengan pemandangan dan pesona alam yang dimilikinya menjadikan daya tarik tersendiri untuk datang menikmati keindahan pantai ini.

Pantai Siring Kemuning;10 Top Destinasi Wisata Bangkalan;
Pantai Siring Kemuning (Sumber gambar: instagram.com/photomadura/)
Daya tarik pantai Siring Kemuning terletak pada keindahannya, yaitu hamparan sungai dan juga pemandangan air laut, apalagi saat sunrise atau pun saat sunset.

10. Pantai Rongkang.
Satu lagi pantai di Bangkalan yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu Pantai Rongkang, yang berlokasi di Desa Kwanyar Barat, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, atau berada disebelah timur Jembatan Suramadu. Karena banyaknya bebatuan di pantai ini, oleh masyarakat sekitar disebut dengan rongkang atau “Ngrongkang” yang dalam Bahasa Madura berarti berlubang. Oleh karena itu, nama pantai ini disebut dengan Pantai  Rongkang.

Pantai Rongkang;10 Top Destinasi Wisata Bangkalan;
Pantai Rongkang (Sumber gambar: wartawisata.id)
Daya tarik Pantai Rongkang terletak dari pantainya yang masih alami dengan banyaknya pohon tinggi dan rindang di sekitar panatai.

Menikmati traveling di berbagai tempat wisata yang belum pernah dikunjungi akan membuat rasa penasaran, namun dengan adanya informasi “10 Top Destinasi Wisata Bangkalan” ini, semoga bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin menikmati keindahan wisata di Kabupaten Bangkalan.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel