10 Top Destinasi Wisata Pasuruan

10 Top Destinasi Wisata Pasuruan - Banyak sekali hobi menyenangkan yang bisa dilakukan di saat liburan, salah satunya adalah traveling. Sebagai kegiatan yang bisa dilakukan secara sendirian atau bersama dengan kelompok, tentunya kegiatan traveling harus dilakukan dengan penuh persiapan. Tentunya banyak sekali tempat yang bisa menjadi tujuan traveling,  begitu pula di Jawa Timur yang memiliki banyak daerah, yang memiliki berbagai tujuan wisata menarik. Dan salah satu daerah yang saat ini menjadi tujun traveling adalah Pasuruan, yang memiliki berbagai macam jenis wisata, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya bahkan wisata kuliner yang sangat menarik.

Pasuruan sebagai daerah yang masuk dalam Provinsi Jawa Timur, memiliki dua pemerintahan, yaitu kota dan kabupaten. Tentunya daerah ini memiliki pilihan tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi. Sebagai daerah yang berada di jalur utama pantai utara yang menghubungkan antara Bali dan Jawa Timur, Pasuruan menjadi daerah yang memiliki prospek luar biasa. Bahkan dengan potensi wisata yang dimilikinya, menjadikan Pasuruan menjadi daerah yang kaya akan destinasi wisata yang selalu dikunjungi para wisatawan.

Dari sekian banyak destinasi wisata di Pasuruan, hanya akan diambil 10 tujuan wisata saja, selain karena keterbatasan waktu dalam membahas tujuan wisata yang ada di Pasuruan, juga tidak akan cukup apabila membahas seluruh tempat wisata yang ada di Pasuruan. Yang menarik, informasi 10 tujuan wisata juga pernah disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur dalam rangka mudik bersama Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 kemarin, namun meskipun pernah disampaikan beberapa waktu yang lalu. Informasi ini masih sangat relevan untuk menjadi referensi wisata bagi anda yang ingin menikmati wisata di Pasuruan.

10 Top Destinasi Wisata Pasuruan

Terdapat 10 tujuan wisata yang akan dibahas kali ini, antara lain:
  1. Kebun Raya Purwodadi.
  2. Saygon Waterpark.
  3. Kebun Pak Budi.
  4. Taman Safari Indonesia II.
  5. Pananjakan I Gunung Bromo.
  6. Air Terjun Kakek Bodo.
  7. Agrowisata Bhakti Alam.
  8. Pemandian Alam Reco Kembar.
  9. Goa Kaneng
  10. Banyu Biru.

1. Kebun Raya Purwodadi.

Berbicara tentang tempat wisata legendaris, maka “Kebun Raya Purwodadi” menjadi salah satu tempat wisata yang harus anda kunjungi, kebun raya ini berada di Jalan Raya Surabaya Malang, KM 65, Capang, Purwodadi, Sembung Lor, Palerejo, Purwodadi, Pasuruan. Di kebun raya ini anda bisa menikmati segarnya alam sekaligus belajar akan tanaman dan juga konservasi tanaman tropis.

Kebun Raya Purwodadi;10 Top Destinasi Wisata Pasuruan
Kebun Raya Purwodadi (Sumber gambar: Rudy Santoso/googlemap) 
Sebagai sebuah tempat pembelajaran, maka di tempat wisata ini terdapat lebih dari 2000 jenis tumbuhan dengan total 11.000 spesies di area dengan luas 85 hektar. Selain memberikan sebuah tempat wisata untuk pembelajaran, kebun raya Purwodadi juga menjadi tempat rekreasi untuk keluarga, terdapat spot menarik untuk berfoto, antara lain Taman Bougenville, Taman Meksiko, Green House Anggrek, Jajaran Pohon Janglot, Danau Wisata, dan kolam renang anak.

2. Saygon Waterpark.

Di antara berbagai pilihan tempat wisata di Pasuruan, “Saygon Waterpark” menjadi salah satu wahana permainan air yang sangat sering dikunjungi oleh para wisatawan. Tempat wisata ini berada di Kelurahan Puncang Sari, Kecamatan Purwosari, Pasuruan. Sebagai wahana permainan air, tempat ini sangat pas dikunjungi bersama keluarga, dengan area kolam yang luas dan wahana permaianan yang lengkap, menjadikan tempat ini menjadi tempat favorit yang selalu ramai saat musim liburan.

Saygon Waterpark;10 Top Destinasi Wisata Pasuruan;
Saygon Waterpark (Sumber gambar: datawisata.com) 
Terdapat berbagai wahana yang bisa dicoba, seperti olympic pool, water slide, pesawat boing 737-400, kolam ombak dan kolam arus. Selain berbagai permaiann yang bisa dinikmati, di tempat ini juga disediakan penginapan dengan harga yang sangat terjangkau.

3. Kebun Pak Budi.

Satu lagi tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan, yaitu “Kebun Pak Budi” yang berlokasi di Dusun Canggih, Desa Sekar Mojo, Kecamatan Purwosari, Pasuruan. Kebun Pak Budi adalah sebuah tempat wisata dengan konsep wisata edukasi yang memberikan pengalaman menarik dalam kegiatan alam, seperti bertani, berkebun dan beternak.

Kebun Pak Budi;10 Top Destinasi Wisata Pasuruan;
Kebun Pak Budi (Sumber gambar: travelspromo.com) 
Suasana pedesaan yang asri akan terlihat saat memasuki gerbang Kebun Pak Budi ini, terdapat berbagai tanaman hijau, mulai hidroponik, sawah mini dan berbagai tanaman perkebunan dapat dilihat di tempat wisata ini.

4. Taman Safari Indonesia II.
Taman Safari Indonesia II atau yang sering disebut dengan Taman Safari Prigen menjadi tempat wisata favorit bersama keluarga. Taman Safari ini berada di Jalan Dadapan III, Jatiarjo, Pasuruan. Taman Safari Prigen adalah salah satu dari tiga Taman Safari terbesar di Indonesia setelah Taman Safari Bogor dan Bali Safari and Marine Park. Berada di bawah kaki Gunung Arjuna, taman safari ini menawarkan keseruan menikati dan belajar tentang fauna juga menikmati tempat permainan yang menyenangkan untuk anak.

Atraksi lumba-lumba;10 Top Destinasi Wisata Pasuruan;
Atraksi lumba-lumba
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Probolinggo.

Terdapat 2000 spesies langka yang bisa dilihat dan juga berbagai atraksi satwa yang menarik. Selain itu terdapat wahana air yang bagus yaitu Zona Waterpark yang menyediakan berbagai wahana permainan air. Beberapa wahana dan atraksi yang bisa dinikmati,  antara lain animal show, roller coaster, safari adventure, safari paintball, amusement park, baby zoo, safari water world, dan juga journey to the temple of terror.

5. Pananjakan I Gunung Bromo.
Gunung Bromo adalah gunung yang memiliki sejuta keindahan yang membuat pecinta traveling selalu ingin menikmati keindahan Gunung Bromo. Gunung ini berada di empat wilayah, yaitu Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Malang. Sebagai daerah yang juga berhak atas suguhan alami Gunung Bromo, maka anda pun bisa menikmati keindahan Gunung Bromo di Pasuruan, yaitu di Penanjankan I Gunung Bromo, yang menjadi tempat tertinggi di kawasn Gunung Bromo dan berada di Desa Podokoyo, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan.

Penanjankan I Gunung Bromo;10 Top Destinasi Wisata Pasuruan;
Penanjankan I Gunung Bromo (Sumber gambar: agentwisatabromo.com) 
Tempat ini menjadi tempat favorit para wisatawan, khususnya yang ingin melihat terbitnya matahari. Untuk menuju Penanjakan I, para wistawan harus menggunaka jeep , karean akses menuju tempat ini terdapat banyak tikungan tajam.

6. Air Terjun Kakek Bodo.
Air Terjun Kakek Bodo, sepertinya tidak boleh anda lewatkan. Air terjun ini berada di Jalan Taman Wisata No. 541, Area Sawah atau Kebun, Prigen, Pasuruan. Yang menarik tempat wisata ini sangat mudah dijangkau, meskipun berada di lereng Gunung Welirang, Pasuruan. Air terjun ini memberikan keindahan yang luar biasa dengan ketinggian 40 meter.

Air Terjun Kakek Bodo;10 Top Destinasi Wisata Pasuruan;
Air Terjun Kakek Bodo (Sumber gambar: tabloidwisata.com) 
Daya tarik Air Terjun Kakek Bodo ini terletak pada lokasinya yang berada di tengah hutan lindung yang juga dikelola oleh  RPH Prigen, BKPH Lawang Barat dan juga termasuk dalam Kawasan Wisata Tretes. Selain itu terdapat legenda Kakek Bodoh, yag menyebabkan air terjun ini dinamakan Air Terjun Kakek Bodo.

7. Agrowisata Bhakti Alam.
Satu lagi tempat wisata edukasi yang harus anda kunjungi di Pasuruan, yaitu “Agrowisata Bhakti Alam” yang berlokasi di Jalan Bhakti Alam, Kemang, Desa Ngembal, Kecamatan Tutur Nongkojajar,  Pasuruan. Tempat wisata ini menawarkan berbagai aktivitas dan wahana bagi para wisatawan, seperti memerah susu sapi, berkujung ke pabrik susu pasteurisasi atau menikmati buah segar yang dipanen.

Agrowisata Bhakti Alam;10 Top Destinasi Wisata Pasuruan;
Agrowisata Bhakti Alam (Sumber gambar: travelspromo.com) 
Sebagai sebuah tempat wisata edukasi, banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata ini, seperti menikmati taman bunga, berkeliling kebun, bermain di kolam renang mini, memberi makan hewan, atau bahkan mengikuti kegiatan outbond.

8. Pemandian Alam Reco Kembar.
Pasuruan memang memiliki tempat wisat yang lengkap dan salah satunya adalah pemandian alam yang disebut dengan “Pemandian Alam Reco Kembar” yang berada ditengah hutan, tepatnya di Dusun Krajan, Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan.

Pemandian Alam Reco Kembar;10 Top Destinasi Wisata Pasuruan;
Pemandian Alam Reco Kembar (Sumber gambar: pesonajatim.com) 
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Bondowoso.

Kata Reco Kembar, dalam bahasa Jawa diartikan sebagai dua buah patung yang sama. Tempat wisata ini menyediakan dua kolam renang yaitu untuk anak-anak dan untuk dewasa.

9. Gua Kaneng
Selain berbagai pilihan wisata seperti di atas, masih ada obyek wisata menarik yang harus dikunjungi, yaitu Gua Kaneng, yang berlokasi di Dusun Sawiran, Desa Dawansengon, Pasuruan. Lokasinya berada diantara Gunug Arjuna dan Gunung Bromo yang membuat Gua Kaneng memiliki keindahan yang luar biasa.

Gua Kaneng;10 Top Destinasi Wisata Pasuruan
Gua Kaneng  (Sumber gambar: cintaindonesia.web.id) 
Gua Kaneng adalah keindahan gua yang masih alami yang terbentuk dari rongga batuan cadas. Pada perkembangan selanjutnya, rongga tersebut kemudian digali masyarakat dengan tujuan untuk lebih memperindah keindahan gua.

10. Banyu Biru.
Satu lagi tempat wisata alam yang harus dikunjungi, yaitu Wisata Banyu Biru, yang berlokasi di Desa Sumberejo, Kecamatan Winongan, Pasuruan. Terdapat hal menarik yang bisa dilakukan di tempat wisata ini, yaitu anda bisa menikmati berenang dengan Ikan Sengkaring.

Wisata Banyu Biru;10 Top Destinasi Wisata Pasuruan
Wisata Banyu Biru (Sumber gambar: jatimnow.com)
Sebelum disebut dengan Banyu Biru, tempat ini disebut dengan nama Telaga Wilis, warna yang unik, yaitu berwarna biru dan berasal dari sumber mata air berwara biru jernih menjadikan tempat wisata ini disebut dengan Banyu Biru.

Tertarik untuk menikmati keindahan wisata di Pasuruan? Semoga informasi “10 Top Destinasi Wisata Pasuruan” menjadi referensi terbaik untuk anda yang ingin menikmati tujuan wisata di Pasuruan.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel