10 Top Destinasi Wisata Tuban

Jawa Timur sebagai daerah di timur Pulau Jawa menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Bahkan semua daerah yang termasuk di dalamnya memiliki tempat wisata yang memiliki ciri khas tersendiri, yang tidak dapat disebut satu per satu. Salah satu diantaranya adalah Tuban, yang merupakan daerah yang berada di pesisir utara yang memiliki berbagai pilihan tempat wisata mulai dari wista alam, wisata sejarah, wisata budaya dan juga wisata religi. Namun dengan semakian banyaknya kazanah kekayaan wisata di Tuban, untuk sementara hanya diambil 10 top destinasi wisata Tuban yang akan dibahas kali ini.

Kabupaten Tuban adalah salah satu kabupaten yang berada di pantai utara Jawa Timur, dengan letaknya yang strategis yaitu di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah, yang juga menjadi daerah yang dilewati Jalan nasional Daendels di pantai utara yang menjadikanTuban menjadi jalan transportasi nasional di Jawa Timur.

Di antara berbagai tempat wisata pilihan tersebut, 10 diantaranya pernah disampaikan sebagai 10 tujuan wisata pilihan yang bisa menjadi referensi saat liburan lebaran tahun kemarin. Dan hal ini pernah disampaikan Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik bersama dalam rangka HariRaya Idul Fitri Tahun 2019 kemarin, namun meskipun pernah disampaikan tahun kemarin, informasi ini masih sangat relevan untuk menjadi referensi wisata pilihan di Tuban.

10 Top Destinasi Wisata Tuban

Terdapat 10 tujuan wisata di Tuban yang bisa menjadi referensi, antara lain:
  1. Pantai Remen.
  2. Air Terjun Nglirip.
  3. Goa Ngerong.
  4. Pantai Sowan.
  5. Bukit Leran.
  6. Goa Suci.
  7. Pemandian Bekti Harjo.
  8. Klenteng Kwan Sing Bio.
  9. Pantai Cemara.
  10. Sumber Mata Air Krawak.

1. Pantai Remen.

Wisata pantai menjadi ciri khas Tuban yang secara posisi, daerah ini berada di pesisir utara Pulau Jawa. Salah satu tempat wisata pantai yang bisa dikunjungi adalah “Pantai Remen” yang berlokasi di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabuapten Tuban. Pantai ini memberikan keindahan khas wisata pantai dengan pasir putihnya dan pesona panoramanya yang indah.

Pantai Remen;10 Top Destinasi Wisata Tuban;
Pantai Remen (Sumber gambar: Falahi Mubarok/mongabay.co.id)
Terdapat beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Remen ini, antara lain berenang, camping, bermain pasir, memancing, atau menikmati kuliner disini.

2. Air Terjun Nglirip.

Selain wisata pantai, Tuban juga memiliki keindahan wisata alam lainnya yang membius para wisatawan untuk datang ke tuban. Salah satu tempat wisata alam tersebut adalah” Air Terjun Nglirip” yang berada di Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Air terjun ini memberikan sebuah pemandangan yang eksotis ditambah suasananya yang masih sangat asri, sangat pas untuk dikunjungi bersama keluarga.

Air Terjun Nglirip;10 Top Destinasi Wisata Tuban;
Air Terjun Nglirip (Sumber gambar: camerawisata.com)
Air terjun yang berwarna hijau tosca ini memberikan pemandangan yang menarik. Air terjun ini bersumber dari mata air yang berada di Hutan Karawak. Sebagai tempat wisata alam, tentunya banyak cerita dibalik nama tempat wisata tersebut, begitu pula dengan Air Terjun Nglirip ini, namun dengan cerita tersebuat akan menambah kekayaan tentang dongeng di suatu daerah.

3. Goa Ngerong.

Wisata alam sepertinya pas menjadi judul wisataTuban kali ini, selain berbagai pilihan tempat wisata di atas, terdapat wisata alam yang harus dikunjungi yaitu “Wisata Goa Ngerong” yang berada di Jalan Raya Rengel No. 155, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Daya tarik goa ini terletak pada keindahan dinding goa, yang juga menjadi sarang kelelawar yang terletak di kaki perbukitan kapur.

Goa Ngerong;10 Top Destinasi Wisata Tuban;
Goa Ngerong (Sumber gambar: beldexintravel.blogspot.com)
Selain keindahan goa, anda juga bisa menikmati terapi pengobatan dengan berendam di antara ribuan ikan lapar yang akan menyantap sel kulit mati pada tubuh anda.

4. Pantai Sowan.
Pantai Sowan menjadi salah satu keindahan pantai di Tuban yang tidak boleh dilewatkan. Pantai ini berada di Bogoran, Bogorejo, Bancar, Tuban. Keindahan pantai ini terletak pada areanya yang luas yang ditumbuhi berbagi jenis pohon, mulai dari pohon klampis, trembesi sampai dengan pohon mahoni.

Pantai Sowan;10 Top Destinasi Wisata Tuban;
Pantai Sowan (Sumber gambar: Instagram/reingkarnasi_independent)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Pasuruan.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini, seperti menikmati keindahan alam, menikmati keindahan pantai dan jalan-jalan di area hutan, berswafoto, bermain flying fox, berkemah di area yang disediakan oleh pengelola dan juga menikmati kuliner di Pantai Sowan.

5. Bukit Leran.
Sebagai daerah yang memiliki kekayaan alam yang lengkap, maka tempat wisata alam yang satu ini tidak boleh anda lewatkan yaitu “Bukit Leran” yang berada di daerah Palang Tuban. Kalau anda pernah mengunjungi Bukit Jedih di Madura, maka keindahan bukit ini memiliki keindahan yang sama cantiknya dengan keindahan Bukit Jedih.

Bukit Leran;10 Top Destinasi Wisata Tuban;
Bukit Leran (Sumber gambar: instagram.com/exploretuban/)
Bukit Kapur Leran dahulu adalah sebuah tempat penambangan batu kapur putih, dan bukan sebagai tempat wisata yang sering dikunjungi para wisatawan.

6. Goa Suci.
Satu lagi wisata gua yang harus anda kunjungi, yatu Goa suci, yang berada di Desa Leran Wetan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Bisa dikatakan goa ini adalah salah satu goa yang tidak terbentuk secara alami dan merupakan goa yang terbentuk karena merupakan bekas tambang batu kapur pada jaman kerajaan Majapahit, hal ini ditunjukkan dengan angka Jawa 1026 yang menunjukkan tahun ditambangnya Goa Suci.

Goa suci;10 Top Destinasi Wisata Tuban;
Goa Suci (Sumber gambar: destinasiku.com)
Goa ini memiliki bekas pahatan yang indah yang menjadikan dinding goa ini menjadi lebih artistik dan sangat mempesona.

7. Pemandian Bekti Harjo.
Pemandian Bekti Harjo menjadi salah satu tempat wisata yang menarik di Tuban. Pemandian yang bersumber dari sumber mata air alami ini adalah peninggalan Raden Danur Wendo dari Kadipaten Tuban, yang sejak abad XIII sudah menjadi sumber air minum masyarakat Tuban. Pemandian ini terletak di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabuapten Tuban.

Pemandian Bekti Harjo;10 Top Destinasi Wisata Tuban
Pemandian Bekti Harjo (Sumber gambar: Outbound dan Wisata Edukasi Tuban)
Yang unik dari pemandian ini adalah sumber mata air ini tidak pernah kering yang menjadikan pemandian ini selalu dikunjungi oleh para wisatawan. Terdapat dua kolam pemandiaa atau dua sendang, yaitu sendang lanang yang diperuntukkan untuk kolam khusus laki-laki di bagian sisi utara dan sendang wadon khusus untuk wanita di sebelah selatan.

8. Klenteng Kwan Sing Bio.
Selain berbagai tempat wisata alam, juga terdapat tempat wisata yang bisa dikatakan sebagai tempat ibadah Tionghoa, yaitu Klenteng Kwan Sing Bio yang terletak di Jalan RE Martadinata No. 1, Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

Klenteng Kwan Sing Bio;10 Top Destinasi Wisata Tuban;
Klenteng Kwan Sing Bio (Sumber gambar: ihategreenjello.com)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Probolinggo.

Klenteng ini adalah salah satu tempat yang sangat indah yang bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan tempat wisata yag lain.

9. Pantai Cemara.
Sebagai daerah yang berada di pantai utara Jawa, maka Tuban menjadi salah satu daerah yang memiliki wisata pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Cemara,yang berlokasi di Jalan Raya Tuban – Semarang, Jabung, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Tuban. Sesuai dengan namanya, maka pantai ini memiliki keindahan dengan rimbunnya pohon cemara yang membuat pantai ini terasa sejuk dengan banyaknya pohon cemara yang tumbuh di sekitar pantai.

Pantai Cemara;10 Top Destinasi Wisata Tuban;
Pantai Cemara (Sumber gambar: tukangpantai.blogspot.com)
Pantai ini sangat cocok untuk anda yang yang ingin bersantai menikmati keindahan pantai atau menyalurkan hobi fotografi anda. Selain itu terdapat beberapa aktivitas lain yang bisa dilakukan di pantai ini , antara lain menyusuri pantai, naik ATV, mengunjungi mangrove center, dan menikmati sajian kuliner yang banyak tersedia di sekitar Pantai Cemara.

10. Sumber Mata Air Krawak.
Satu lagi wisata alam di Tuban yang tidak boleh dilewatkan, yaitu “Sumber mata Air Krawak” yang merupakan sumber mata air alami yang pas uNtuk menikmati santai bersama keluarga, yang berda di Krawak, Singgahan, Guwoterus, Montong, Tuban.

Sumber mata Air Krawak;10 Top Destinasi Wisata Tuban;
Sumber mata Air Krawak (Sumber gambar: Instagram.com/tubanwisata)
Tempat ini sangat pas menjadi tempat menyalurkan hobi fotografi, apalagi sumber mata air ini memiliki spot foto yang sangat bagus, dan air dari sumber mata air ini keluar melalui celah bebatuan di Sungai Krawak dengan air yang jernih dan memiliki warna air kebiruan ditambah bebatuan di pinggir sungai ini menjadikan keindahan sumber mata air Krawak.

Menarik sekali melihat berbagai tempat wisata alam di Tuban, apalagi wisata tersebut belum pernah dikunjungi, dan semoga 10 top destinasi wisata Tuban ini bisa menjadi referensi untuk anda yang ingi menikmati wisata di daerah Tuban.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel