10 Top Destinasi Wisata Probolinggo

Traveling masih menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan. Salah satu daerah yang selalu menjadi tujuan traveling adalah Probolinggo, daerah yang memiliki dua pemerintahan, yaitu kota dan kabupaten ini merupakan daerah yang termasuk dalam Propinsi Jawa Timur. Begitu banyak tempat wisata yang bisa menjadi tujuan traveling di Probolinggo, mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner sampai wisata kekinian, semua bisa anda temukan di Probolinggo. 10 top destinasi wisata Probolinggo akan mengungkap sedikit informasi tentang tempat wisata yang bisa dikunjungi di Probolinggo, meskipun tidak semuanya, namun minimal bisa mewakili tujuan wisata di Probolinggo.

Daerah Probolinggo, baik kota atau pun kabupaten masing-masing memiliki tempat wisata yang menarik. Sungguh tepat bila anda memilih Probolinggo sebagai tujuan traveling kali ini, entah traveling solo atau traveling bersama keluarga, semua itu tidak menjadi masalah, selain menawarkan keindahan, tempat wisata di daerah Probolinggo, juga memiliki pilihan yang bisa anda nikmati.

Sebenarnya Probolinggo memiliki banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi, namun dalam kesempatan ini hanya disampaikan 10 top wisata Probolinggo saja, selain itu informasi ini juga pernah disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019, namun, meskipun pernah disampaikan tahun kemarin, informasi ini masih sangat relevan untuk menjadi referensi traveling ke Probolinggo.

10 Top Destinasi Wisata Probolinggo

Terdapat 10 destiasai wisata Probolinggo yang bisa anda kunjungi, antara lain:
  1. Gunung Bromo.
  2. Air Terjun Madakaripura.
  3. Gili Ketapang.
  4. Pantai Bentar.
  5. Ranu Segaran.
  6. Sungai Pekalen.
  7. Kebun Teh Andung.
  8. Danau Taman Hidup.
  9. Bee Jay Bakau Resort.
  10. Madakaripura Forest Park.

1. Gunung Bromo.

Menikmati keindahan tempat wisata ini memang tidak ada bosannya, Gunung Bromo, menjadi salah satu tujuan wisata di Probolinggo yang tidak pernah sepi, sebagai bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Bromo menjadi salah satu tujuan favorit para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu di pegunungan ini. Dengan pemandangannya yang indah, lautan pasir dan kawah yang sangat eksotis menjadikan Bromo sebagai tujuan wisata favorit.

Gunung Bromo;10 Top Destinasi Wisata Probolinggo;
Gunung Bromo
Terdapat banyak spot indah yang bisa dinikmati seperti matahari terbit di Puncak Pananjakan, Bukit Teletubbies, dan Gunung Argopuro,  menjadi spot menarik untuk berfotografi.

2. Air Terjun Madakaripura.

Air terjun juga menjadi salah satu wisata alam yang menjadi tujuan para wisatawan menikmati indahnya alam. Air Terjun Madakaripura, adalah tempat wisata alam yang berupa air terjun yang berlokasi di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Probolinggo. “Madakaripura” berasal dari tiga nama, yaitu “mada” yang berarti gajah, “kari” berarti” peninggalan, dan “pura” yang berarti sembahyang atau semedi, sehingga Madakaripura diartikan sebagai gajah yang meninggal di saat bersembahyang.

Air Terjun Madakaripura;10 Top Destinasi Wisata Probolinggo;
Air Terjun Madakaripura (Sumber gambar: instagram.com/go_voyages)
Air Terjun Madakaripura ini memiliki banyak mitos yang beredar, yang menjadikan nilai sejarah tersendiri. Dengan ketinggaian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut, menjadikan air terjun ini menjadi sejuk, ditambah lagi dengan keindahan gua bentukan dari air tejun dan pemandangan hijau yang menawan, akan menyihir kita untuk terpesona menikmati keindahannya.

3. Gili Ketapang.

Gili Ketapang menjadi tujuan wisata yang sangat menakjubkan. Apalagi bagi anda yang memiliki hobi snorkeling, Gili Ketapang memberikan suasana yang berbeda dengan keindahan biota lautnya yang indah. Gili ketapang berada di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo. Dengan luas kawasan Pulau Gili Ketapang yang hanya sekitar 60 hektar menjadikan pulau ini sangat mudah dijelajahi.

Gili Ketapang;10 Top Destinasi Wisata Probolinggo;
Gili Ketapang (Sumber gambar: ngetripyuk.id) 
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Bondowoso.

Snorkeling menjadi aktivitas wajib di Gili Ketapang, selain itu, keindahan alam dan pesona bawah laut yang alami, ditambah dengan keanekaragaman hayati laut menjadi daya tarik tersendiri untuk ber-snorkeling di Gili Ketapang ini.

4. Pantai Bentar.
Sebagai daerah yang berada di pesisir pantai utara, maka sangat wajar bila Probolinggo memiliki beberapa pantai yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Bentar, yang berlokasi di Jalan Pantura, Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Probolinggo. Selain menjadi tempat untuk menikmati keindahan pantai, banyak sekali spot foto menarik, untuk anda yang hobi fotografi.

Pantai Bentar,;10 Top Destinasi Wisata Probolinggo;
Pantai Bentar (Sumber gambar: wisatamantap.com/) 
Terdapat banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan, salah satunya menikmati beberapa wahana yang disediakan oleh pengelola Pantai Bentar, seperti wahana permainan anak, spot genic yang menarik, berupa jembatan kayu panjang yang iconic juga gazebo yang bisa anda nikmati. Spot sunrise dan spot sunset menjadi pesona yang tidak bisa diabaikan begitu saja saat singgah di Pantai Bentar.

5. Ranu Segaran.
Satu lagi tempat wisata alam menarik yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu Ranu Segaran, yang berlokasi di Desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris, Probolinggo. Letak Ranu Segaran berada di lereng Gunung Argopuro. Berdasarkan cerita, Ranu Segaran sebelumnya adalah sebuah danau yang terbentuk dari aktivitas vulkanis, sebelum menjadi danau, awalnya tempat ini hanyalah sebuah bekas kawah gunung yang tidak aktif dan akhirnya membentuk genangan air.

Ranu Segaran;10 Top Destinasi Wisata Probolinggo;
Ranu Segaran (Sumber gambar:tabloidwisata.com)
Banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di tempat wisata ini, seperti mengelilingi Ranu Segaran dengan boat dan sepeda air, menikmati sejuknya udara di pondok di tepi danau, dan juga menikmati wisata kuliner di sekitar Ranu Segaran.

6. Sungai Pekalen.
Probolinggo adalah daerah yang memiliki wisata air, berupa wisata arung jeram, yang berada di Sungai Pekalen, yang terbentang melalui tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Tiris, Kecamatan Maron dan Kecamatan Gading. Karakteristik sungai yang berbelok-belok dengan tebing yang indah, menjadikan Sungai Pekalen sangat cocok sebagai wisata arung jeram.

Sungai Pekalen;10 Top Destinasi Wisata Probolinggo;
Sungai Pekalen (Sumber gambar: pedomanwisata.com)
Panorama yang indah, eksotis dan menantang, ditambah dengan keindahan gua kelelawar menjadikan Sungai Pekalen menjadi sungai favorit untuk anda yang suka dengan wisata arung jeram.

7. Kebun Teh Andung.
Wisata pegunungan di Probolinggo seperti menjadi daya tarik tersendiri, dan Kebun Teh Andung menjadi salah satu pilihan menarik untuk tidak dilewatkan. Kebun Teh Andung ini berada di Kecamatan Tiris, Probolinggo. Suasananya yang alami menjadikan kebun teh ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke kebun teh ini.

Kebun Teh Andung;10 Top Destinasi Wisata Probolinggo;
Kebun Teh Andung (Sumber gambar: pesonajatim.com)
Kebun Teh Andung atau disebut juga dengan Kebun Teh Andung Biru adalah sebuah tempat wisata yang indah  dengan pesona alami, sangat cocok untuk anda yang ingin mencari sensasi berbeda.

8. Danau Taman Hidup.
Danau Taman Hidup adalah obyek wisata alami berupa sebuah danau yang berada di Dusun Cocok, Desa Kaliono, Kecamatan Krucil, Probolinggo. Danau ini berada di lereng sebelah barat Gunung Argopuro yang juga merupakan salah satu gunung dalam Pegunungan Iyang – Argopuro.

Danau Taman Hidup;10 Top Destinasi Wisata Probolinggo;
Danau Taman Hidup (Sumber gambar: instagram.com/papi_syu/)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Situbondo.

Danau Taman Hidup memiliki pesona yang sangat indah dan pas untuk mengisi waktu liburan sambil menikmati keindahan alam di lereng Gunung Argopuro.

9. Bee Jay Bakau Resort.
Satu lagi tempat wisata di Probolinggo yang tidak boleh dilewatkan yaitu “BJBR” atau “Bee Jay Bakau Resort”, yang merupakan sebuah wisata hutan bakau yang berada dikawasan Pelabuhan Mayangan. Banyak sekai titik menarik, apalagi dengan zona pantai buatan dengan luas 8000m2 dengan berbagai wahana menarik. BJBR ini berada Pelabuhan PPP Mayangan, Wisata Primadona, Desa Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

Bee Jay Bakau Resort;10 Top Destinasi Wisata Probolinggo;
Bee Jay Bakau Resort (Sumber gambar: youtube.com)
Banyak aktivitas menarik yang bisa dinikmati di tempat wisata ini , bahkan disediakan eko wisata, seperti studi lingkungan, ekowisata bakau, dan banyak aktivitas lainnya yang menarik. Terdapat spot menarik yang bisa dinikmati, seperti jembatan kayu, patung kuda troya, lampu hias berbentuk satwa laut, dan bungalow BJBR.

10. Madakaripura Forest Park.
Madakaripura Forest Park termasuk wisata baru yang ada di Probolinggo, yang berloaksi di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Kawasan wisata ini berada didataran tinggi, dengan pemandangannya yang indah.

Madakaripura Forest Park;10 Top Destinasi Wisata Probolinggo;
Madakaripura Forest Park (Sumber gambar:instagram.com/prabu_linggo)
Keindahan perbukitan hijau dengan spot selfie memberi daya tarik tersendiri bagi wisata baru ini. Terdapat beberapa spot selfie yang bisa menjadi pilihan, seperti spot ayunan, anjungan bunga matahari, gardu pandang dan beberapa spot menarik lainnya.

Menarik sekali membicarakan tempat wisata di Probolinggo, tentunya masih banyak tempat wisata yang bisa menjadi tujuan traveling anda, dan semoga 10 top destinasi wisata Probolinggo ini bermanfaat untuk anda yang ingin menikmati wisata di Probolinggo.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel