10 Top Destinasi Wisata Bondowoso

10 Top Destinasi Wisata Bondowoso  - Traveling masih menjadi hobi menarik yang menyenangkan. Banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi, dan Indonesia adalah negara yang meMberikan surga traveling bagi para traveler Indonesia dan dunia. Berbicara tentang traveling, maka tempat tujuan traveling di Indonesia memang tidak ada habisnya, tentunya anda harus menentukan daerah mana yang akan dikunjungi, Jawa Timur menjadi salah satu daerah pilihan yang bisa anda kunjungi, selain memiliki berbagai wisata yang beraneka ragam, Jawa Timur juga memiliki wisata alami yang belum dikembangkan. Selain wisata alam, masih banyak jenis wisata yang bisa dikunjungi, seperti wisata budaya, wisata sejarah, bahkan wisata kekiknan, dan salah satu daerah yang memberikan wisata tersebut adalah Bondowoso.

Bondowoso adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki banyak pesona alam yang menakjubkan, dan diantaranya masih banyak yang belum terekspose. Memilih Bondowoso sebagai tujuan wisata adalah keputusan yang tepat apalagi bagi anda yang menyukai petualangan. Banyak titik wisata alam yang masih alami yang bisa menjadi tujuan anda.  Sebagai daerah yang berada di daerah tapal kuda, Bondowoso menjadi salah satu daerah di Jawa Timur yang tidak memiliki laut, sehingga sebagian besar daerah di Bondowoso didominasi alam. Dengan posisinya yang berada ditengah-tengah, Bondowoso diapit beberapa pegunungan yang membuat Bondowoso memiliki udara sejuk, seperti Gunung Raung, Gunung Argopuro dan Gunung Ijen.

Sebagai daerah yang memiliki banyak wisata alam, informasi tentang destinasi wisata di Bondowoso akan memberikan daya tarik luar biasa agar para wisatawan mau datang ke Bondowoso. Begitu pula saat pelepasan mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019, informasi ini juga disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur, agar para wisatawan juga datang menikmati wisata di Bondowoso, selain itu informasi ini masih relevan sebagai referensi wisata untuk anda yang ingin menikmat wisata di Bondowoso.

10 Top Destinasi Wisata Bondowoso

Terdapat 10 tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Bondowoso, antara lain:
  1. Air Terjun Mini Niagara
  2. Batu Susun Solor.
  3. Bendungan Sampean Baru.
  4. Air Terjun Gentongan.
  5. Bukit Jabal Kirmit.
  6. Kawah Wurung.
  7. Tirta Agung.
  8. Air Terjun Blawan.
  9. Puncak Piramid.
  10. Bukit Mahadewa.

1. Air Terjun Mini Niagara.

Siapa yang mengira kalau Bondowoso memiliki kekayaan wisata alam yang mengagumkan. Salah satunya adalah tujuan wisata yang satu ini, yaitu “Air Terjun Mini Niagara” yang berlokasi di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso atau berada disamping pengolahan kopi arabika yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara XII. Air terjun ini disebut sebagai The Little Niagara, karena bentuknya sangat mirip dengan air tejun besar yang ada di Sungai Niagara, Ontario.

Air Terjun Mini Niagara;10 Top Destinasi Wisata Bondowoso
Air Terjun Mini Niagara (Sumber gambar: faktualnews.co)
Air terjun ini memiliki ketinggian 6 meter dengan bentuk melebar, dengan pemandangan alam yang indah dan dipenuhi dengan perbukitan hijau. Air terjun Niagara mini ini sebenarnya adalah hilir dari Kali Pahit yang merupakan rembesan dari Kawah Ijen yang mengandung kadar belerang dan dikeliling tumbuhan Makademia.

2. Batu Susun Solor.

Batu Susun Solor atau Batu Solor atau disebut juga dengan Batu So’on adalah kumpulan batu besar yang saling tertumpuk dan menjadi pemandangan yang unik. Batu ini berada di Desa Solor, Kecamatan Cerme, Bondowoso. Ada yang mengatakan bahwa batu ini adalah situs Megalitikum, meskipun belum ada penelitian resmi tentang situs ini.

Batu Susun Solor;10 Top Destinasi Wisata Bondowoso;
Batu Susun Solor (Sumber gambar: adventurewisata.blogspot.com)
Batu Solor atau Batu So’on dalam bahasa  Madura diartikan sebagai Batu Bersusun. Deretan batu bersusun yang berjejer dengan rapi, berdiri tegak tersebut sangat mirip dengan Stonehenge di Inggris. Tidak heran kalau tempat wisata ini disebut dengan “Stonehenge van Java”.

3. Bendungan Sampean Baru.

Diantara beberapa pilihan tempat wisata di Bondowoso, terdapat destinasi wisata menarik, yaitu Bendungan Sampean Baru, yang berlokasi di Desa Bunotan, Kecamatan Tapen, Bondowoso. Bendungan ini adalah bendungan yang digunakan untuk membendung Sungai Sampean Baru. Selain berfungsi untuk mengairi lahan di sekitar sungai. Saaat ini Bendungan Sampean Baru juga menjadi tujuan wisata baru yang menarik keingintahuan wisatawan untuk datang melihat Bendungan Sampean Baru ini.

Bendungan Sampean Baru;10 Top Destinasi Wisata Bondowoso;
Bendungan Sampean Baru (Sumber gambar: pixabay.com)
Terdapat spot menarik untuk anda yang hobi berfoto, dan yang menarik adalah terdapat beton yang yang dipasang sebagai pijakan, namun juga menjadi latar foto yang unik. Beton ini disusun dengan rapi di depan bendungan, ditambah tumbuhnya enceng gondok menjadikan pesona bendungan ini sangat menawan.

4. Air Terjun Gentongan.
Wisata alam menjadi salah satu wisata unggulan Bondowso dan Air Terjun Gentongan menjadi salah satunya, yang berlokasi di Dusun Watu Capil, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso. Wisata ini sangat pas untuk anda yang ingin menikmati suasana air terjun bersama keluarga, selain panoramanya yang indah, juga digunakan sebagi tempat untuk berswafoto.

Air Terjun Gentongan;10 Top Destinasi Wisata Bondowoso;
Air Terjun Gentongan (Sumber gambar: ksmtour.com)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Situbondo.

Air Terjun Gentongan ini berada di kawasan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Bondowoso dan nama “Gentongan” dalam Bahasa Madura diartikan sebagai menggantung. Air terjun ini memiliki wana hijau agak kehijauan dan berbuih. Warna kehijauan dan munculnya buih ini berasal dari rembesan kawah Gunung Ijen yang kaya akan kandungan belerang,

5. Bukit Jabal Kirmit.
Satu lagi tempat wisata indah di Bondowoso, yaitu Bukit Jabal Kirmit, bukit ini disebut-sebut mirip dengan salah satu bukit di Selandia Baru. Bukit ini terletak di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Bondowoso, kawasan bukit ini termasuk kawasan untuk base camp pendakian Kawah Ijen.

Bukit Jabal Kirmit;10 Top Destinasi Wisata Bondowoso;
Bukit Jabal Kirmit (Sumber gambar: Merdeka.com/indonesiatripcanvas.co)
Keindahan pesona hamparan berwarna hijau menjadikan bukit ini seperti selimut permadani warna hijau dengan hamparan ilalang di seluruh bukit.

6. Kawah Wurung.
Ke Bondowoso rasanya kurang, kalau belum berkunjung ke tempat wista yang satu ini, Wisata Kawah Wurung, adalah sebuah tempat wisata alam yang dipenuhi dengan hamparan tanah luas dengan keindahan rerumputan. Kawah Wurung berada di Desa Jampit, Kecamatan Sempil, Bondowoso. Kata wurung dalam Bahasa Jawa, berarti tidak jadi. Oleh karena itu, Kawah Wurung berarti kawah yang tidak jadi, sehingga kawah wurung tidak memiliki air, dan hanya berupa cekungan tanah yang luas dan ditumbuhi rumput.

Kawah Wurung;10 Top Destinasi Wisata Bondowoso
Kawah Wurung (Sumber gambar: instagram.com/galihwimba/)
Keunikan Kawah Wurung terletak pada adaya tanjakan di kaki bukit sepanjang 100 meter yang disebut dengan tanjakan cinta.

7. Tirta Agung.
Bondowoso memiliki berbagai pilihan tempat wisata, dan salah satunya adalah wisata desa yang disebut dengan “Tirta Agung”. Wisata ini sangat menarik, yang terbuat dari waduk dengan sumber alami, kemudian di atasnya didirikan saung yang membuat para pengunjung bisa menikmati suasana dan melihat syahdunya air sawah dan juga indahnya ikan hias yang berada di bawah saung.

Tirta Agung;10 Top Destinasi Wisata Bondowoso;
Tirta Agung (Sumber gambar: sanjayatour.com)
Wisata Tirta Agung ini berada di Sokleh Timur, Sukosari Kidul, Sumber Wringin, Bondowoso.

8. Air Terjun Blawan.
Air Terjun Blawan adalah salah satu air terjun di Bondowoso yang sangat mempesona dengan debit airnya yang sangat deras, bahkan ada yang mengatakan Air Terjun Blawan sebagai Air Terjun Niagara di Bondowoso. Air terjun ini berada di Dusun Rengahrejo, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso.

Air Terjun Blawan;10 Top Destinasi Wisata Bondowoso;
Air Terjun Blawan (Sumber gambar: instagram.com/bondowoso_explore)
Baca juga: Top 10 Destinasi Wisata Jember.

Air Terjun Blawan sebenarnya adalah hilir dari Sungai Pahit yang lokasinya juga tidak jauh dari Kawah Ijen.

9. Puncak Piramid.
Puncak Piramid atau sering disebut dengan Gunung Piramid adalah deretan pegunungan dari Pegunungan Argopuro yang berada di bagian barat Bondowoso, yang berlokasi di Desa Tegal Tengah, Kecamatan Curahdami, Bondowoso. Lokasi Gunung Piramid berada ditengah-tengah diantara Gunung Salak, Gunung Krincing dan Gunung Saeng.

Puncak Piramid;10 Top Destinasi Wisata Bondowoso;
Puncak Piramid (Sumber gambar: instagram.com/bondowoso_traveller/)
Menuju puncak gunung ini sangat sulit, karena lebar puncak hanya 5 meter dengan kemiringan yang sangat ekstrim yang mencapai 45-80 derajat. Oleh para pendaki, trek pendakian ini sering disebut dengan punggung naga.

10. Bukit Mahadewa.
Menikmati keindahan Bondowoso menjadi suatu kesenangan tersendiri, salah satunya adalah mengunjungi tempat wisata indah yang disebut dengan Bukit Mahadewa yang berlokasi di Desa Kupang, Kecamatan Curahdami, Bondowoso. Bukit yang indah ini berada diketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.

Bukit Mahadewa;10 Top Destinasi Wisata Bondowoso;
Bukit Mahadewa (Sumber gambar: bondowosotourism.blogspot.com)
Dari atas bukit ini, anda bisa menikmati keindahaan alam dengan mengambil foto terbaik atau berswafoto bagi anda yang memiliki hobi fotografi.

Siapa yang menyangka kalau Bondowoso memiliki banyak keindahan alam yang bisa memuaskan hasrat traveling anda, dan semoga “10 Top Destinasi Wisata Bondowoso “ ini bermanfaat untuk anda dan menjadi referensi bagi anda yang ingin menikmati traveling di Bondowoso.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel