10 Top Destinasi Wisata Malang

10 Top Destinasi Wisata Malang - New normal masih menjadi perhatian di era ini, namun yang menarik dibalik wabah pandemi virus covid-19 ini, kita bisa mengambil hikmah terbaik dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Dengan diberlakukannya new normal, tempat wisata dan berbagai tempat yang mengundang berkerumunnya masaa sudah mulai dibuka dengan aturan yang sangat ketat. Dan begitu pula dengan Malang, sebagai daerah yang dikenal sebagai kota wisata dan kota kuliner, sejak new normal mulai dibuka kembali. Hal ini menjadi berita gembira bagi para pecinta traveling yang rindu untuk menikmati jalan-jalan dan menikmati indahnya wisata Malang.

Banyak sekali julukan yang disematkan untuk daerah ini mulai dari kota pelajar, kota pendidikan, kota wisata, bahkan kota kuliner. Sebagai kota wisata tentunya banyak sekali tempat menarik untuk bisa dikunjungi, selain untuk berlibur juga untuk menikmati indahnya alam. Bagi seorang traveler sejati, Malang menjadi sebuah daerah yang tidak membosankan, sehingga selalu membuat penasaran, apalagi masih banyak daerah yang belum terjamah manusia dan masih alami.

Sebagai tempat wisata tentunya Malang memiliki banyak tujuan tempat wisata, kali ini tujuan wisata hanya difokuskan pada 10 tempat wisata favorit yang kebetulan tempat wisata ini sempat diinformasikan oleh Gubernur Jawa Timur pada saat mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 kemarin, namun informasi tempat wisata ini masih sangat relevan untuk menjadi referensi tempat berlibur anda di Malang.

10 Top Destinasi Wisata Malang

Terdapat 10 tujuan wisata Malang, yang bisa anda kunjungi, antara lain:
  1. Taman Nasional Bromo Tengger.
  2. Kampung Warna Warni.
  3. Taman Labirin Coban Rondo.
  4. Museum Topeng.
  5. Air Terjun Coban Rondo.
  6. Pantai Balekambang.
  7. Jatim Park.
  8. Pantai Batu Bengkung.
  9. Alun-alun Kota Malang.
  10. Museum Angkut.

1. Taman Nasional Bromo Tengger.

Tempat wisata ini selalu menjadi tujuan wisata favorit bagi siapa saja, bahkan meskipun sudah pernah berkunjung ke tempat wisata ini, pasti masih ingin mengulang nikmatnya menikmati keindahan alam di tempat wisata ini. “Taman Nasional Bromo Tengger” menjadi sebuah obyek wisata yang wajib dikunjungi saat anda menikmati wisata di kawasan Gunung Bromo Tengger Semeru. Secara administrasi tempat wisata Gunung Bromo ini berada di 4 kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Kawah Gunung Bromo ;10 Top Destinasi Wisata Malang;Taman Nasional Bromo Tengger.;
Kawah Gunung Bromo (Sumber gambar: tripadvisor.co.id)
Kemegahan pemandangan alam, yaitu Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Tengger, dan Gunung Batok, bisa anda dapatkan saat mengunjungi kawasan wisata taman nasional ini, ditambah keindahan hamparan lautan pasir yang disebut dengan “pasir berbisik” menambah keindahan taman nasional Bromo Tengger ini. Terdapat berbagai spot menarik yang bisa anda datangi di Taman nasional ini, seperti obyek wisata Pananjakan 1 Gunung Bromo, Obyek Wisata Gunung Widodaren Bromo, Obyek wisata Kawah Utama Bromo, Obyek wisata Bukit Cinta, Pasir Berbisik Bromo, Obyek wisata Bukit Teletubies, dan Obyek wisata Pura Luhur Poten.

2. Kampung Warna Warni.

Siapa yang mengira kalau tempat wisata yang satu ini dulunya adalah sebuah perkampungan kumuh. “Kampung Warna Warni Jodipan” atau biasa disebut dengan Kampung Warna Warni Malang adalah sebuah tempat wisata unggulan di Malang yang berlokasi di Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Sebagai tempat wisata, tentunya banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Kampung Jodipan ini, salah satunya mengambil foto menarik.

Kampung Warna Warni Jodipan;10 Top Destinasi Wisata Malang;
Kampung Warna Warni Jodipan (Sumber gambar: nayfatransmalang.com)
Selain kampungnya berwarna warni, masih banyak spot menarik yang bisa anda lihat, atau bagi anda yang senang berswafoto tempat ini sangat pas untuk anda yang ingin menyalurkan hobi berfotografi. Beberapa spot menarik tersebut seperti jembatan beralas kaca, sehingga bisa melihat aliran Sungai Brantas dibawah jembatan, dinding warna warni, lorong payung, lukisan 3 dimensi, dan tangga warna warni.

3. Taman Labirin Coban Rondo.

Apa yang anda bayangkan tentang Coban Rondo? Pasti sebuah tempat wisata dengan air terjunnya yang indah. Namun siapa yang menyangka kalau saat ini ada daya tarik lain selain air terjun di Coban Rondo, yang disebut dengan “Taman Labirin Coban Rondo” yang berlokasi di Jurangrejo, Pandesari, Pujon, Malang.

Taman Labirin Coban Rondo;10 Top Destinasi Wisata Malang;
Taman Labirin Coban Rondo (Sumber gambar: travelspromo.com)
Sebagai sebuah taman labirin, tentunya terdapat hal menarik disini dengan tinggi 2 meter dan yang unik, rute jalan di labirin diganti setiap hari. Di labirin ini anda pun bisa mengambil gambar atau berfoto menikmati keindahan labirin taman Coban Rondo ini. Selain labirin, terdapat fasilitas lain yang disediakan untuk para pengunjung seperti playground, kebun bunga, persewaan segway, area outbound, persewaan sepeda gunung dan juga paint ball.

4. Museum Topeng.
Dari sekian tempat wisata, maka Museum Topeng atau disebut juga dengan D’topeng Museum Angkut menjadi destinasi wisata baru yang bisa anda kunjungi, museum didirikan pada 23 Mei 2014, yang merupakan bagian dari Museum Angkut yang menawarkan banyak hasil karya seni dari seluruh wilayah Indonesia, yang berlokasi di Jalan Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Batu, Malang.

D’topeng Museum Angkut;10 Top Destinasi Wisata Malang
D’topeng Museum Angkut (Sumber gambar: reddoorz.com)
Museum ini memberikan daya tarik dan pengalaman tersendiri bagi para pengunjung yaitu dengan banyaknya koleksi menarik yang dimiliki Museum Topeng ini, selain itu juga terdapat banyak koleksi artefak seni dari seluruh Indonesia.

5. Air Terjun Coban Rondo.
Sebagai tempat wisata unggulan, maka Air Terjun Coban Rondo menjadi salah satu tempat wisata favorit di Malang. Air terjun ini berlokasi di Jalan Coban Rondo, Pandesari, Pujon, Malang. Dengan daya tarik air terjun dengan tinggi 84 meter menjadi salah satu daya tarik tersendiri ditambah dengan tingginya air terjun dan debit airnya yang cukup besar. Air terjun ini berasal dari sumber mata air Cemoro Dudo yang lokasinya tidak jauh dari Coban Rondo yang berada di kaki lereng Gunung Kawi.

Air Terjun Coban Rondo;10 Top Destinasi Wisata Malang;
Air Terjun Coban Rondo (Sumber gambar: www.instagram.com/aditiyameilinda/) 
Keindahan wisata Coban Rondo memang memiliki daya tarik tersendiri, ditambah dengan kesejukan dan keindahan pegunungan yang asri dan alami. Di tempat wisata ini, banyak aktivitas yang bisa dilakukan seperti fun tubing, paint ball, menikmati wisata satwa dan kebun, berkemah, bahkan disini terdapat 5 area camping ground, yaitu Camping Ground Cemara, Karpa, Rasamala, Damar, dan Mangir.

6. Pantai Balekambang.
Tempat wisata yang satu ini tidak kalah menarik dengan tempat wisata lainnya, “Pantai Balekambang” menjadi sebuah destinasi wisata yang sering dikunjung wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara. Pantai ini terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur  Malang, dengan jarak kurang lebih 67 kilometer dari Kota Malang.

Pantai Balekambang;10 Top Destinasi Wisata Malang;
Pantai Balekambang  (Sumber gambar:www.instagram.com/balekambangmalang/)
Yang unik dari Pantai Balekambang ini adalah pantai ini sering disebut dengan Tanah Lot di Jawa Timur, hal ini dikarenakan Pantai Balekambang memiliki pura di salah satu pulau karang yang dimilikinya.

7. Jatim Park.
Malang memang gudangnya tempat wisata menarik, salah satunya adalah Jatim Park. Jatim Park adalah sebuah kawasan tempat wisata di Kota Batu Malang, yang merupakan tempat bermain, rekreasi dan tempat belajar terlengkap di Indonesia. Jatim Park sendiri saat ini sudah dibagi menjadi 3 kawasan, yaitu Jatim Park 1, Jatim Park 2 dan Jatim Park 3.

Baca juga: 6 Wisata Murah di Kota Malang.

Berbicara tentang Jatim Park secara keseluruhan pasti membutuhkan bahasan tersendiri karena di setiap kawasan memiliki area tersendiri dan sangat luas, hal inilah yang menjadikan Jatim Park dibagi menjadi tiga kawasan.

Jatim Park;10 Top Destinasi Wisata Malang;
Jatim Park (Sumber gambar: trivindo.com)
  • Untuk Jatim Park 1 adalah sebuah tempat wisata dengan konsep edukasi dan taman rekresi yang menawarkan puluhan wahana yang bisa dinikmati. 
  • Jatim Park 2 atau dikenal dengan Batu Secret Zoo adalah sebuah kebun binatang yang dikonsep secara modern dan juga terdapat museum satwa yang diklaim sebagai museum satwa terbesar dan terlengkap di Indonesia. 
  • Untuk Jatim Park 3 sendiri memiliki konsep berbeda yang memberikan wahana yang instagrammable yang berlokasi di Jalan Ir. Soekarno Nomo 144, Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.


8. Pantai Batu Bengkung.
Satu lagi tempat wisata indah yang harus anda kunjungi dan harus masuk dalam daftar kunjungan anda adalah “Pantai Batu Bengkung”, yaitu sebuah pantai indah yang terletak di Jalan Lintas Selatan, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki ciri khas dengan ombaknya yang besar dan tingginya bisa mencapai ketinggian 3 meter.

Pantai Batu Bengkung;10 Top Destinasi Wisata Malang
Pantai Batu Bengkung (Sumber gambar: www.instagram.com/batubengkung)
Keunikan Pantai Batu terletak pada adanya kolam renang alami yang sangat luas dibibir pantai dengan kedalaman 1,5 meter yang berasal dari ombak yang membawa air ke tepian pantai, dan warna airnya sangat jernih dengan warna akses hijau toska.

9. Alun-alun Kota Malang.
Ini dia tempat wisata murah yang bisa dikunjungi kapan saja, yaitu “Alun-alun Kota Malang”, letaknya sangat mudah dijangkau berada ditengah Kota Malang di depan Masjid Jami’ dan dengan dekat dengan pusat perbelanjaan di Kota Malang.

Alun-alun Kota Malang;10 Top Destinasi Wisata Malang;
Alun-alun Kota Malang
Di alun-alun ini banyak aktivitas yang bisa dilakukan seperti menikmati keindahan alun-alun, bermain skate board karena sudah disediakan landasan skate board, play ground, dan juga track sepeda.

10. Museum Angkut.
Berbicara tentang tempat wisata, maka Museum Angkut Malang menjadi sebuah tempat wisata yang tidak boleh anda lewatkan. Museum Angkut adalah sebuah tempat wisata baru yang memadukan konsep antara atraksi hiburan dan juga sejarah dari alat transportasi yang ada di seluruh dunia. Museum ini dibuka pada tanggal 9 Maret 2014 sehingga bisa dikatakan relatif masih baru. Museum ini berada di Jalan Terusan Sultan Agung No. 2, Batu, Kota Batu.

Baca juga: Pantai Seribu Selat, Raja Ampat dari Malang.

Membicarakan museum ini memang membutuhkan bahasan tersendiri, namun tempat wisata ini harus masuk dalam daftar tempat wisata yang harus anda kunjungi saat memilih Malang sebagai kunjungan wisata anda. Museum Angkut memiliki beberapa zona yang akan memberikan sensasi menikmati wisata yang berbeda, antara lain Zona Hall Utama, Zona Edukasi, Zona Sunda, Zona Gangster Town & Broadway Street, Zona Eropa,  Zona Istana Buckingham, Zona Las Vegas, Zona D’Topeng Kingdom, Zona Pasar Apung, Zona Hollywood, dan Zona Flight Training.

Museum Angkut;10 Top Destinasi Wisata Malang;
Museum Angkut (Sumber gambar: mldspot.com)
Tertarik untuk mengunjungi Malang? Semoga “10 Top Destinasi Wisata Malang” ini bisa menjadi referensi anda saat mengunjungi Malang. Semoga bermanfaat dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel