Pantai Seribu Selat, Raja Ampat Dari Malang Selatan

Apakah anda pernah menikmati keindahan Raja Ampat?. Kalau pernah, berarti selamat untuk anda, karena telah menikmati surga petualangan dunia di Ujung Papua. Bayangan Raja Ampat pasti memberikan sensasi yang menyenangkan saat akan melakukan traveling, dengan lautan lepas dan dengan pulau-pulau karang, dan juga disambut beberapa ekor lumba-lumba yang berloncatan. Tapi bagaimana kalau Raja Ampat yang anda lihat berada di daerah lain, dengan model penggambaran seolah-olah seperti di Raja Ampat?. Pasti sedikit banyak ada yang berbeda, namun kali ini penggambaran tersebut dapat diwakili pada artikel ini yang memberikan informasi tentang Pantai Seribu Selat, Raja Ampat dari Malang Selatan.

Berbicara tentang keindahan alam di Indonesia, memang tidak ada habisnya, begitu banyak surga tersembunyi di Indonesia. Memang yang menjadikan tempat tersebut belum dikenal, dikarenakan belum diolahnya sumber wisata tersebut dengan baik. Namun, dengan berkembangnya waktu dan kesadaran Pemerintah Kabupaten Malang dan masyarakat disekitarnya untuk mengembangkan konsep wisata alam, menjadikan wisata alam tersebut bisa mulai dikenal dan mulai dikunjungi oleh wisatawan.

Malang Selatan, adalah sebuah wilayah yang masuk dalam daerah Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur di Indonesia. Dan berbicara tentang surga yang tersembunyi tersebut, terdapat beberapa tempat wisata yang berada di kawasan Kabupaten Malang, dengan 44 pantai yang indah dan menjadi destinasi wajib bagai para traveler.

Pantai Kondang Merak;Pantai Seribu Selat, Raja Ampat Dari Malang Selatan;
Pantai Kondang Merak (Sumber gambar: gainstore.wordpress.com)

Menuju Keindahan Pantai Di Malang Selatan

Malang, adalah salah satu kota di Jawa Timur, selain terkenal karena budayanya, juga terkenal dengan keindahan alamnya. Tidak salah kalau anda memilih Malang Selatan untuk menikmati keindahan alam, karena di Malang Selatan telah berderet pantai yang siap memanjakan anda untuk melihat keindahan alam yang luar biasa cantiknya.

Sangat mudah untuk menuju ke Malang Selatan, sebelum menuju ke Malang Selatan, anda harus sampai di Kota Malang terlebih dahulu, sebagai titik temu utama.
  • Dari Surabaya Menuju Malang: Anda bisa menggunakan atau menyewa kendaraan darat (baik kendaraan umum, seperti bus dengan harga yang lebih murah atau menyewa kendaraan melalui travel agen) atau menggunakan maskapai penerbangan yang tersedia menuju Bandara Abdul Rachman Saleh di Kota Malang, dengan lama perjalanan sekitar 1 jam 30 menit, dengan harga tiket penerbangan mulai Rp. 1.200.000,- (harga tiket dalam kurs rupiah – mata uang Indonesia).
  • Kalau anda ingin melalui jalan darat, banyak sekali penyewaan mobil untuk menjelajahi Malang, dari Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang.


Traveling ke Malang Selatan

Meninggalkan kota Malang, menuju ke Malang Selatan, anda bisa melalui jalur lintas selatan, perjalanan anda akan disuguhi keindahan suasana perbukitan. Dan dibalik bukit tersebut, terdapat puluhan pantai cantik yang tersebar di Malang Selatan. Salah satu pantai terbaik yang bisa dinikmati adalah Pantai Ungapan, pantai ini berada di Desa Gajah Rejo, Kecamatan Sumber Manjing, Malang, dengan jarak tempuh 2,5 jam dari kota. Banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di pantai ini seperti voli pantai, outbond atau pun camping.

Terdapat tiga wisata pantai yang bisa menjadi tujuan utama anda, saat ke Malang Selatan, antara lain:

1. Pantai Seribu Selat, Pulau Sempu.

Setelah menikmati Pantai Ungapan, dengan perjalanan 15 menit ke arah selatan, anda bisa menemukan Pantai Tamban yang merupakan pelabuhan kecil bagi para nelayan. Dari Pantai Tamban ini, anda bisa naik perahu menuju Pulau Sempu, dengan jarak 800 meter di depan Pantai Tamban. Para nelayan akan menyediakan perahu kecil untuk melihat lebih dekat Pulau Sempu. Harga sewa perahu menuju Pulau Sempu lebih kurang Rp. 200.000 untuk perjalanan pulang pergi. Pulau Sempu bisa ditempuh selama 15 menit.

Pantai Seribu Selat, Pulau Sempu
Pulau Sempu (Sumber gambar: www.malang-guidance.com)
Pada sisi barat dari Pulau Sempu, anda akan menemukan Pantai Seribu Selat  dengan 15 pulau yang terletak secara seporadis, hampir serupa dengan Raja Ampat dengan ukuran mini. Penduduk setempat, menyebutnya dengan Pantai Seribu Selat, yang terbuat dari gunung batu kapur dan hutan di bagian atas, ditambah dengan pasir putih yang terhampar di bawah.

Saat anda di perahu, anda akan melihat kecantikan Pantai Seribu Selat, saat ini anda tidak diperbolehkan untuk turun dari perahu dan menjelajahi Pantai Seribu Selat dan Pulau Sempu, hal ini disebabkan Pulau Sempu sudah dinobatkan sebagai cagar alam yang harus dijaga keasliannya.

Baca Juga: 
Di sebelah barat Pantai Seribu Selat terhampar sebuah danau seperti laguna privat dengan nama “Segara Anakan”. Danau air asin Pulau Sempu ini, ditutup oleh pulau karang yang berlubang pada bagian tengah. Dan dibaliknya merupakan bentangan Samudera Hindia.

Apabila anda ingin menikmati keindahan alam, anda bisa menuju Pantai Sendang Biru atau Tiga Warna untuk menikmati jetski dengan jarak 10 menit dari Pulau Sempu. Yang menarik di perairan Pulau Sempu masih terdapat penyu belimbing dan penyu hijau.

2. Pantai Sendiki

Sedih karena tidak bisa menikmati keindahan Pulau Sempu?. Tenang dan jangan khawatir, anda bisa meminta navigator perahu untuk segera berputar ke arah timur. Dan dalam waktu 30 menit, anda akan tiba ke Pantai Sendiki, yang memiliki  15 rumah pohon eksotis ditambah dengan ayunan.

Pantai Sendiki
Pantai Sendiki (Sumber gambar: ofil-oufei.blogspot.com)
Pantai Sendiki, juga menawarkan suasana yang nyaman untuk camping dan bersantai. Pantai Sendiki dengan luas 2 kilomer tersebut, bisa dijelajahi dengan ATV (All Terrain Vehicle).

3. Pantai “Kali Apus”

Kalu anda masih penasaran dan ingin menikmati suasana indah pantai di Malang Selatan, dari Pantai Sendiki anda bisa menemukan Pantai “Kali Apus”, setelah meneruskannya ke arah timur. Pantai Kali Apus memiliki pemandangan yang indah.

Terdapat “Tanjung Wanita”, yaitu sebuah pulau kecil di tengah bibir pantai berbentuk melingkar dengan tiga terowongan yang bisa dilalui perahu. Saat menuju perjalanan pulang menuju Pantai Tamban di ujung timur, anda akan disambut tiga gua di dinding tebing, dengan ratusan burung walet dan sebuah air terjun di gua kedua.

Pantai “Kali Apus”
Pantai Kali Apus (Sumber gambar: blogkulo.com)
Terdapat banyak aktivitas lain, yang bisa anda lakukan dan destinasi rekomendasi pilihan yang bisa anda kunjungi, apabila anda menginginkan altivitas selain di tiga pantai tersebut antara lain:
  • Senorkeling, anda bisa melakukan kegiatan snorkeling di Panti Bolu-bolu dan Banyu Anjlok.
  • Surfing, untuk aktifitas ini bisa anda lakukan di Pantai Ungapan, Balekambang dan Wedi Ayu.
  • Jet Ski Profesional, bisa dilakukan di selatan Pulau Sempu dan Pantai Kondang Merak.
  • Paralayang, bisa anda lakukan di Bukit Modangan.
  • Relaksasi, anda bisa mengunjugi Air Terjun Coban Sewu.
  • Rafting, untuk kegiatan ini anda bisa melakukannya di Sungai Kasembon.
  • Berenang, anda bisa berenang di Muara Sungai dan Pantai Ungapan.
Pantai Seribu Selat, Raja Ampat dari Malang Selatan, akan membuat anda ingin kembali lagi ke Malang, setelah menikmati kunjungan wisata yang menarik tersebut.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel