10 Top Kuliner Blitar

10 Top Kuliner Blitar - Kuliner masih menarik perhatian bagi para pecinta kuliner, meskipun wabah corona masih menghantui kehidupan masyarakat. New normal adalah sebuah cara yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang disarankan Pemerintah, sepeti tetap memakai masker dan juga menjaga jarak, begitu pula dalam menikmati kuliner. Kali ini daerah yang menarik perhatian dalam tujuan kuliner kali ini adalah Blitar, yaitu sebuah kota yang memiliki tempat terkenal karena adanya tempat wisata yang sering dikunjungi seperti makam Bung Karno atau situs Candi Penataran. Selain berbagai tempat wisata menarik, Blitar juga memiliki kuliner yang harus anda coba saat mengunjungi kota ini.

Sengaja dalam kesempatan ini hanya difokuskan pada 10 kuliner Blitar meskipun banyak sekali ragam kuliner yang ada di Blitar dengan rasa yang enak dan legendaris. Kuliner Blitar memang memiliki ciri khas tersendiri yang tidak kalah nikmatnya dengan sajian kuliner Jawa Timur lainnya.

Informasi 10 top kuliner Blitar juga pernah disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 kemarin. Namun, meskipun pernah disampaikan tahun 2019 kemarin, informasi kuliner ini masih sangat relefan sebagai referensi kuliner untuk anda yang ingin menikmati kuliner di Kota Blitar.

10 Top Kuliner Blitar

Terdapat 10 top kuliner di Blitar yang bisa anda kunjungi, antara lain:
  1. Soto Bok Ireng.
  2. Ayam Asma Spesialis Ayam Mr. Jee.
  3. Sabu Candu.
  4. Tiwul Selera Pedas.
  5. Es Mini.
  6. Ampok Lodoyo.
  7. 02 Pasiraman.
  8. Iwak Kali Mak Ti.
  9. Es Pleret.
  10. Es Drop Gelatik.

1. Soto Bok Ireng.

Ini dia kuliner legendaris di Blitar yang harus anda kunjungi yaitu “Soto Bok Ireng”, yang berada di Jalan Kelud atau tepatnya di Pojok lampu merah timur Alun-alun Kota Blitar. Jenis soto yang disajikan adalah soto daging dan dalam satu mangkok soto daging disajikan dengan potongan daging sapi bercampur jeroan yang enak. Kelezatannya semakin bertambah dengan adanya santan sebagai campuran soto dan potongan daun selederi dan kecambah.

Soto Bok Ireng;10 Top Kuliner Blitar;
Soto Bok Ireng (Sumber gambar: genpi.co)
Yang unik, soto legendaris ini disajikan dalam mangkok kecil, yang akan membuat anda memesan soto satu mangkok lagi. Warung soto ini sudah buka sejak tahun 1964 yang saat ini dikelola oleh Ibu Kayatin yang merupakan generasi kedua, meskipun hanya warung dengan luas 5x8 meter namun soto ini selalu ramai dikunjungi para penggemarnya.

2. Ayam Asma Spesialis Ayam Mr. Jee.

Penasaran dengan kuliner ayam dari Mr Jee, maka “Ayam Asma Spesialis Ayam Mr Jee” ini bisa menjadi salah satu pilihan kuliner saat anda berkunjung ke Blitar. Tempat kuliner ini berada di Jalan Veteran No. 49, Kepanjen Kidul, Kecamatan Kepanjen Kidul, Blitar.

Ayam Mr Jee;10 Top Kuliner Blitar;
Ayam Mr Jee (Sumber gambar: www.facebook.com/MrJee/)
Mr Jee Food and Beverage adalah kuliner asli dari Blitar yang menyajikan berbagai olahan ayam dengan berbagai sauce yag membuat anda ketagihan.

3. Sabu Candu.

Diantara berbagai makanan kekinian, sepertinya kuliner yang satu ini bisa anda coba yaitu “Sabu Candu”. Sabu sendiri adalah singkatan dari salad buah. Lokasi tempat kuliner ini berada di Kios Pasar Wage Jalan Mastrip Blitar. Jangan salah, meskipun lokasinya berada didalam pasar dan seperti tersembunyi, namun tempat kuliner dan tempat nongkrong ini selalu ramai.

Sabu Candu;10 Top Kuliner Blitar
Sabu Candu (Sumber gambar: id.foursquare.com)
Baca juga: 10 Top Kuliner Malang.

Menu yang ditawarkan pun banyak sekali, tidak hanya salad buah dan kopi, namun juga banyak cemilan lain yang bisa anda coba, seperti siomay basah dan goreng, bannion yaitu pisang yang digoreng dengan tambahan balutan tepung roti kemudian dicelupkan dengan topping, mamayam yaitu potongan ayam yang digoreng dengan tepung kemudian diberikan bumbu tabur sesuai dengan selera, dan satu lagi, yaitu kebab manis, yang merupakan kebab dengan isian pisang dengan topping yang bisa dipilih dan dipesan.

4. Tiwul Selera Pedas.
Tiwul adalah jenis makanan yang digunakan sebagai pengganti beras dengan bahan baku singkong, biasanya tiwul ini diolah dengan cara dikukus, yang kemudian diberikan campuran kelapa yang telah diparut dan ditambahi gula merah, sehingga rasanya manis dan gurih. Namun berbeda dengan di Blitar, tiwul disajikan dengan sensasi berbeda, yang disajikan bersama dengan sayur dan lauk, yang bisa anda dapatkan di “Warung Lesehan Tiwul Selera Pedas”, yang berlokasi di Jalan Nakulo RT.02 RW. 05, Kademangan, Blitar.

Tiwul Selera Pedas;10 Top Kuliner Blitar
Tiwul Selera Pedas (Sumber gambar: loveusaha.com)
Menu utama yang disajikan adalah nasi tiwul, dan terdapat juga sajian nasi jagung. Menu favorit yang sangat disukai yaitu nasi tiwul dengan sayur ikan patin, dengan rasanya yang pedas dan gurih.

5. Es Mini.
Jangan mengira bahwa es yang satu ini adalah es yang bentuknya mini, namun es yang dimaksud adalah es buah yang dibuat oleh “Depot Es Mini” yang sudah berdiri sejak tahun 1975. Es buah yang disajikan pun terdiri atas potongan buah segar dengan puding, nata de coco dan dawet, yang menarik kuahnya berupa serutan es batu yang diberikan sari buah nanas yang dicampur dengan susu kental manis dan sedikit santan.

Depot Es Mini;10 Top Kuliner Blitar
Depot Es Mini (Sumber gambar: panduaji.net)
Untuk mendapatkan satu porsi es buah nikmat khas Depot Es Mini, anda bisa datang ke Jalan Dr. Wahidin 14 A Blitar. Selain es buah, ternyata di depot es mini juga disediakan variasi kuliner seperti nasi campur sambal goreng daging. Dalam satu porsinya terdapat nasi, oseng daun pepaya teri, samabl goreng tahu dan srundeng, juga acar dan irisan daging.

6. Ampok Lodoyo.
Ampok atau disebut juga dengan nasi ampok adalah sebuah sebutan untuk nasi yang terbuat dari dari jagung yang ditumbuk dengan halus kemudian dikukus. Nasi ampok ini sengaja dibuat saat jaman dahulu yaitu ketika harga beras mahal, dan agar bisa makan, maka masyarakat mengolah jagung sebagai pengganti makanan pokok beras. Dalam satu porsi nasi ampok biasanya disajikan dengan sayur yang sudah direbus, ikan asin, sayur lodeh pedas dan berbagai lauk pilihan.

Nasi ampok;10 Top Kuliner Blitar;
Nasi ampok  (Sumber gambar: tatitujiani.com)
Salah satu tempat kuliner nasi ampok yaitu Ampok Lodoyo atau yang juga disebut dengan Warung Lek Sih, yang merupakan sebuah tempat kuliner yang menyediakan aneka menu khas pedesaan, salah satunya nasi jagung atau nasi ampok. Nasi ampok yang disajikan di Warung Lek Sih ini disajikan dengan sayur pepaya dan ikan jendil dengan rasanya yang sangat pedas. Anda tertarik? Anda bisa datang di Dusun Wonorejo, Kelurahan Kalipang, Kecamatan Sutojayan atau yang lebih dikenal dengan Lodoyo.

7. 02 Pasiraman.
Ada yang unik dengan kuliner yang satu ini, 02 sebenaranya adalah kode yang bisa diartikan dengan bekicot. Dan 02 Pasiraman adalah kuliner bekicot yang berada dikampung bekicot (02) didaerah Siraman Blitar. Dan di daerah ini, yaitu di Siraman, Kecamatan Kesamben, Blitar memang berjejer warung yang menyediakan produk olahan 02 atau kuliner bekicot.

02 Pasiraman;10 Top Kuliner Blitar
02 Pasiraman (Sumber gambar: samkuliner.com)
Banyak sekali kuliner bekicot enak yang tersedia di daerah ini, dan semua olahan yang disajikan sangat enak dan gurih, mulai dari sate bekicot, keripik bekicot, bahkan krengsengan bekicot yang disajikan juga sangat enak dan gurih.

8. Iwak Kali Mak Ti.
Kuliner yang satu ini menjadi salah satu kuliner legendaris yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu sajian kuliner “Iwak Kali Mak Ti” yang berlokasi di Dusun Laos, Desa Gogodeso, Kecamatan Kanigoro, Blitar. Bisa dikatakan unik, karena meskipun berada didaerah pedesaan dan lokasinya terpencil, namun karena lezatnya kuliner ikan kali menjadikan warung Mak Ti selalu ramai dikunjungi para pecinta kuliner.

Iwak Kali Mak Ti;10 Top Kuliner Blitar
Iwak Kali Mak Ti (Sumber gambar: instagram.com/wahyurius/)
Masakan yang disajikan adalah masakan khas pedesaan dengan sayur terong, lodeh, dan iwak kali sebagai lauk yang disajikan dalam bentuk prasmanan.

9. Es Pleret.
Satu lagi kuliner minuman Blitar yang bisa dicoba, yaitu Es Pleret. Es Pleret ini sebenarnya bukanlah es yang berasal dari daerah Pleret, melainkan cara membuatnya yang dibuat dengan di “pleret” yang hampir mirip dengan cara membat bakso, yaitu adonan dari tepung beras dipleret sehingga menjadi bentuk bola mirip bakso dengan ruang kosong ditengahnya. Dan dalam penyajiannya, pleret dimasukkan ke dalam gelas, baru ditekan dengan sendok, kemudian diberikan gula jawa cair, baru ditambahkan lagi dengan santan dan cendol. Rasanya yang gruih dan manis membuat es terasa nikmat.

Es Pleret;10 Top Kuliner Blitar;
Es Pleret (Sumber gambar: wanimbambung.blogspot.com)
Untuk bisa mendapatkan kelezatan Es Pleret tersebut, anda bisa mencobanya di Es Pleret Patria Pak Kayat yang berada di timur Alun-alun Blitar atau berada di bagian selatan Lapas Blitar.

10. Es Drop Gelatik.
Belum ke Blitar kalau belum mencoba es yang satu ini, yaitu “Es Drop Gelatik”. Es drop ini sebenarnya adalah es lilin yang menjadi salah satu jajanan legendaris di Blitar. Es lilin ini sudah ada sejak Jaman Belanda dan yang terkenal adalah “Ice Drop Cap Burung Betet”. Kalau anda tertarik bisa datang ke sentra industrinya yang berada di Jalan Anggrek No. 49 Blitar.

Baca juga: 10 Top Kuliner Nganjuk.

Es drop ini termasuk jajanan unik, yaitu berupa es yang terbuat dari gula jawa dan santan, kemudian dicetak dalam bentuk persegi panjang kemudian diberi gagang, yang bentuknya seperti es krim batang.

Es Drop Gelatik;10 Top Kuliner Blitar;
Es Drop Gelatik (Sumber gambar: instagram.com/ikmadj/)
Tertarik menikmati kuliner di Blitar? Semoga informasi 10 top kuliner Blitar ini, bermanfaat untuk anda, dan bisa menjadi referensi kuliner saat anda berkunjung ke Blitar.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel