LIBURAN KE MALANG: “JALAN-JALAN KE ALUN-ALUN MALANG”

Berbicara tentang Malang, berarti berbicara tentang kenyamanan dalam melakukan traveling, apalagi kota Malang yang saat ini sudah terkenal dengan nama kota wisata dan kota kuliner, karena banyakanya pilihan ragam kuliner yang berkembang di kota ini. Namun kali ini saya tidak akan berbagi informasi tentang kenikmatan dalam menikmati kuliner dan kunjungan wisata, namun menikmati sebuah tempat yang sering dilewati dan dikunjungi orang-orang terutama saat ke Kota Maang.

“Alun-alun Kota Malang” atau disebut juga dengan Alun-alun Merdeka atau disebut juga dengan  Alun-alun Tugu, yang terletak di Jalan Merdeka atau di depan Masjid Agung Jami’, Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Alun-alun ini merupakan bagian dari sejarah Kota Malang yang dibagun pada tahun 1882.

LIBURAN KE MALANG: “JALAN-JALAN KE ALUN-ALUN MALANG”
Alun-alun Kota Malang

Wisata Ke Malang Kota

Alun-alun Malang merupakan sebuah tempat wisata murah dan tempat rekreasi bagi keluarga. Dari beberapa catatan, Alun-alun Kota Malang ini memiliki struktur pembagian fungsi bangunan yang berbeda dibanding alun-alun lainnya di Pulau Jawa. Alun-alun Malang dibangun sebagai alun-alun resmi pemerintah kolonial, karena banyaknya orang Belanda yang mengunjungi Malang, maka bentuk alun-alun tersebut dianggap terlau bercorak Jawa dan dianggap tidak ideal lagi. Sehingga pada tahun 1914 pusat pemerintahan Malang dipindah dari kawasan alun-alun dan setelah Kota Malang berstatus gementee, pusat pemerintahan tersebut direlokasi ke Balaikota Malang dan taman J.P. Coen Plein (Alun-alun Tugu atau Alun-alun Bundar).

Wisata Ke Malang Kota
Menikmati santai di Alun-alun Malang
Alun-alun Kota Malang ini menjadi lebih bagus sejak dilakukan renovasi pada tahun 2015, alun-alun ini selalu tampak ramai, dikarenakan  tempatnya yang strategis di pusat Kota Malang dan dikelilingi tempat yang menarik untuk dikunjungi, misalnya Pasar Besar, Mitra, Gajah Mada Plaza, Gramedia, Masid Agung Malang dan banyak gedung perkantoran.

Baca Juga :

Liburan Ke Kota Malang

Bagi saya dan putri kecil kami, menikmati Alun-alun Kota Malang saat itu merupakan momen pertama kali menikmati Alun-alun ini secara langsung. Tempatnya yang menarik dan memberikan kenyamanan menjadikan tempat ini selalu dikunjungi, terdapat air mancur ditengah alun-alun yang menjadi titik tengah indahnyan Alun-alun Kota Malang. Fasilitas yang diberikan di alun-alun ini lumayan lengkap, alun-alun ini dilengkapi juga dengan play ground, track untuk bersepeda, landasan skate board dan ditambah lagi dengan shaf untu shalat terbuka.

Liburan Ke Kota Malang
Suasana malam di Alun-alun Malang
Selain fasilitas terbuka yang bisa dipakai masyarakat dan wisatawan, juga disediakan tempat kuliner di area Alun-alun Malang, misalnya Bakso Khas Mlang, keripik apel dan lain-lain.

Jadi mengunjungi Kota Malang, kurang lengkap rasanya belum menikmati keindahan Kota Malang yang didalamnya terdapat Alun-alun Kota Malang dan singgah sejenak untuk sholat di Masjid Jami’ Kota Malang.


Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel