6 WISATA MURAH DI KOTA MALANG

Siapa yang tidak kenal dengan Kota Malang?. Pasti semua orang mengenal Malang, meskipun sebagian masih belum bisa membedakan mana yang masuk Kota Malang ataukah Kabupaten Malang, namun minimal mengenal Malang sebagai kota dingin dengan berbagai banyak julukan, mulai dari Kota Pendidikan, Kota Wisata, sampai dengan Kota Apel. Namun demikian, dengan popularitas Kota Malang sebagai kota yang mendapat julukan Kota Wisata, menjadikan kota yang berada di 440 - 667 meter di atas permukaan air laut ini lebih dikenal sebagai kota yang nyaman. Bahkan dengan banyak tempat wisata yang ada, terdapat 6 wisata murah di Kota Malang, yang bisa menjadi pilihan untuk menikmati kota ini.

Mungkin bagi kebanyakan orang yang memilih Malang sebagai tujuan untuk menikmati wisata, pasti lebih mengenal tempat wisata utama yang lebih terkenal, misalnya Jatim Park, Batu Screet Zoo, atau  berbagai mall yang ada di Kota Malang yang bisa dikunjungi. Namun diantara berbagai tempat wisata yang terkenal tersebut, terdapat banyak tempat yang bisa didatangi tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis. Betul sekali kalau Malang menjadi salah satu tempat kunjungan wisata favorit, hal ini disebabkan Malang adalah tempat yang sangat sesuai untuk bersantai, dan mendinginkan hati, dan menikmati kesunyian dari riuhnya kota.

Tempat Wisata Di Kota Malang Yang Murah

Berbicara tentang tempat wisata di Kota malang, sebenarnya banyak sekali tempat menarik, bahkan banyak sekali spot-spot menarik yang bisa anda kunjungi tanpa mengeluarkan biaya. Jadi, kalau anda hanya menginginkan menikmati Kota Malang, tanpa melakukan kunjungan ke tempat wisata seperti wahana atau permainan, maka beberapa tempat di bawah ini sangat sesuai untuk anda yang hanya menginginkan nikmatnya kota, atau hanya ingin bermalam di hotel dan pada pagi hari hanya ingin menikmati jalan-jalan sambil menghirup udara segar Kota Malang, beberapa tempat ini bisa menjadi pilihan bila anda menikmati Kota Malang, sebagai berikut:

1. Alun-alun Kota Malang

Alun-alun Kota Malang, merupakan salah satu pusat keramaian yang ada di Kota Malang. Sebagai salah satu pusat Kota Malang, tentunya banyak hal yang bisa anda lakukan disini, apalagi kalau anda menikmati waktu di Minggu pagi, alun-alun ini menjadi salah satu tempat favorit yang dikunjungi warga Kota Malang. Banyak sekali aktivitas yang bisa anda lakukan di Alun-alun Kota Malang ini, mulai dari bersantai , berbincang santai dengan kawan, berfoto, atau menikmati suasana sambil naik delman atau kereta hias, atau sekedar menikmati fasilitas gratis yang disediakan di Alun-alun Kota Malang, semua bisa anda lakukan disini.

Alun-alun Kota Malang
Alun-alun Kota Malang
Alun-alun Kota Malang ini berada di Jalan Merdeka Selatan, Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Jangan khawatir kawan, bagi anda yang sudah lama tidak berkunjung ke Kota Malasg, pasti kaget dengan banyaknya perubahan di Alun-alun Kota Malang ini, banyak sekali spot menarik di Alun-alun ini, bahkan sangat Instagramable, mulai dari air mancurnya yang keren abis, tambahan payung yang ada di rimbunan pohon, tambahan burung merpati untuk mempercantik suasana alun-alun, bahkan ada mini gazebo yang ada di berbagai sudut alun-alun, yang akan memanjakan anda untuk menikmati suasana Alun-alun Kota Malang.

2. Taman Balai Kota Malang (Alun-alun Tugu)

Selain Alun-alun Kota Malang, satu lagi tempat wisata gratis yang harus anda kunjungi bila menginap dan berlibur di Kota mlang, yaitu  Taman Balai Kota Malang, yang biasanya disebut juga dengan Taman Tugu Kota malang, Taman Alun-alun Tugu Balai Kota Malang, Taman Tugu Balai Kota Malang, Taman Tugu Bunder, Alun-alun Bunder, atau disebut juga dengan Alun-alun Tugu. Banyak sekali nama sebutan untuk Taman Balai Kota Malang ini, namun jangan khawatir sebenarnya dengan banyaknya sebutan itu mengacu pada satu tempat saja yaitu Taman Di Depan Balai Kota Malang.

Taman Balai Kota Malang (Alun-alun Tugu)
Taman Balai Kota Malang (Alun-alun Tugu) (Sumber Gambar: halomalang)
Baca Juga:
Terdapat cerita sejarah yang menarik dibalik taman ini, taman ini dibangun pada Pemeritahan Hindia Belanda, dengan bentuk taman tanpa pagar. Pada awalnya taman ini hanyalah sebagai pelengkap halaman pada Gedung Gubernur Hindia Belanda. Bahkan juga disebut dengan Alun-alun Bunder, yang dalam bahasa Jawa, berarti bundar atau berbentuk lingkaran. Perubahan terjadi, saat Presiden Soekarno menjadi Presiden Indonesia yang pertama, Taman Tugu Kota Malang, dibangun dengan menarik, dengan Monumen Tugu yang berdiri di pusat taman, yang dikelilingi juga dengan kolam dengan ikan dan bunga teratai di kolam tersebut. Taman Balai Kota Malang ini berada di Jalan Kahuripan dan Jalan Kertanegara, yang berseberangan dengan Balai Kota Malang.

3. Kampung Glintung

Kampung Glintung adalah adalah sebuah kampung yang dulunya adalah kampong yang kumuh dan sering terkena banjir, yang berada di kawasan RW 23, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Namun, kini kampung ini menjadi sebuah kampung wisata yang menarik, dengan suasananya yang hijau dan sejuk karena banyaknya tanaman yang ada di kampung ini.  Kampung ini bahkan disebut sebagai “Kampung Glintung Go Green”.

Kampung Glintung (Sumber Gambar: malangvoice)
Dengan sebutannya sebagai Kampung 3G, maka terdapat hal yang berbeda dengan kampung ini, yang diinisiasi oleh Alumnus Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, yang menginiasiasi sebuah gerakan, yang disebut dengan "Gerakan Menabung Air”.

4. Jalan Ijen

Salah satu tempat yang menarik untuk dipakai jalan pagi apalagi di hari Minggu pagi adalah sebuah kawasan di Jalan Ijen Kota Malang. Jalan Ijen merupakan salah satu peninggalan Pemerintah Hindia Belanda yang masih terawat sampai saat ini. Jalan Ijen merupakan kawasan yang sangat indah dengan keindahan pohon palem dan taman di tengah Jalan Ijen. Jalan ini adalah tempat yang sering didatangi dan dilewati para wisatawan, dengan keindahannya menjadikan tempat ini sebagai tempat yang menarik untuk berfoto dan mengabadikan suasana.

Jalan Ijen Kota Malang (Sumber Gambar: malang.merdeka)
Jalan Ijen ini dirancang oleh arsitek belanda yang bernama Ir. Herman Thomas Karsten, yang dilakukan pada tahun 1935, saat itu Jalan Ijen sengaja dibuat sebagai daerah perumahan mewah bagi para pejabat. jalan yang dibuat berbentuk boulevard, yang merupakan jalan kembar dengan pembatas  berupa taman yang terletak di tengah. Untuk mempercantik Jalan Ijen ini diberikan pohon palem di sebalah kanan dan disebelah kiri.

5. Kampung  Wisata Jodipan

Kalau anda lewat disebuah daerah dan disitu banyak genting rumah yang berwarna warni, maka tidak salah kalau anda saat itu sedang berada di Kampung Wisata Jodipan. Kampung wisata ini adalah kampung wisata pertama yang ada di Kota Malang, berupa sebuah kampung wisata yang unik dengan desain rumah yang ada memiliki konsep rumah dengan berbagai warna dan sangat menarik untuk dijadikan tempat berfoto. Bisa dikatakan tempat wisata ini adalah tempat wisata yang Instagramable.

Kampung  Wisata Jodipan (Sumber Gambar: 1001indonesia)
Kampung Wisata Jodipan ini memiliki 3 kampung yang menarik untuk dikunjungi, antara lain Kampung Warna Warni, Kampung 3D, dan Kampung Biru. Kampung Wisata Jodipan ini berlokasi di RT. 06, 07 dan 09, RW 02, di Kelurahan Jodipan, Kota Malang dan juga terletak di Bantaran Sungai Brantas.

6. Taman Cerme

Salah satu  tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi dan gratis adalah Taman Cerme. Taman ini terletak di Kawasan Jalan IJen Kota Malang, lebih tepatnya dibelakang gereja di daerah Jalan Ijen. Taman ini sebenarnya dimiliki oleh Pemkot (Pemerintah Kota) Malang, namun untuk pemeliharaannya menjadi tanggung jawab Hotel Shalimar Boutique yang berada dekat dengan Taman Cerme.

Taman Cerme (Sumber Gambar: photomalang)
Taman Cerme ini menjadi sebuah tujuan wisata yang unik, keunikannya terletak pada adanya sebuah gramophone besar ditengah taman, selain itu juga terdapat koridor dengan beratapkan tanaman rambat yang menjadikan suasana tampak asri.

Itu dia, 6 wisata murah di Kota Malang, yang bisa anda kunjungi bersama keluarga dan menikmati suasana indah Kota Malang.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel