10 Top Kuliner Banyuwangi

10 Top Kuliner Banyuwangi – New normal? Rasanya sejak beberapa bulan yang lalu setelah wabah pandemi Covid-19 melanda di semua negara, termasuk Indonesia, terdapat kebiasaan baru yang harus dilakukan agar tidak terkena wabah ini, begitu pula dengan hobi kuliner yang menyenangkan. Sejak wabah corona mengancam dan mempengaruhi sendi kehidupan masyarakat, pola menikmati kuliner pun mengalami perubahan, dan sejak new normal diberlakukan, jaga jarak juga diberlakukan saat menikmati kuliner. Dan di kesempatan kali ini, setelah sekian lama tidak posting tentang kenikmatan kuliner, maka pilihan 10 top kuliner Banyuwangi menjadi pilihan menarik untuk menikmati kuliner.

Banyuwangi selain memiliki keindahan alam yang menarik dan luar biasa, juga memiliki kekayaan kuliner yang bisa menjadi referensi saat berkunjung ke Banyuwangi. Sensasi kuliner yang dimiliki Banyuwangi telah menarik perhatian para pecinta kuliner untuk sengaja berkunjung menikmati kuliner yang ada, namun para pecinta kuliner perlu mengatur jadwal tersendiri apabila ingin menikmati sensasi kuliner di Banyuwangi, karena kuliner yang ada memiliki banyak ragam dan jenis.

Informasi top kuliner Banyuwangi pernah disampaikan  oleh Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri tahun 2019 kemarin, namun jangan salah, meskipun pernah disampaikan, informasi kuliner ini masih sangat relevan sebagai referensi kuliner bagi anda yang ingin berkunjung ke Banyuwangi.

10 Top Kuliner Banyuwangi

Terdapat 10 kuliner Banyuwangi yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi, antara lain:
  1. Sego Cawuk Bu Mantih.
  2. Rujak Soto Mbok Mbret.
  3. Sego Tempong Mbok Wah.
  4. Pecel Ayu.
  5. Rawon Bik Ati.
  6. D’Copiz Cafe Banyuwangi.
  7. Ikan Bakar Rogojampi Banyuwangi.
  8. Seafood Sobo.
  9. Osing Deles.
  10. Sego Bungkus Bu Poer.

1. Sego Cawuk Bu Mantih.

Kuliner Banyuwangi yang satu ini termasuk kuliner unik, yaitu sego cawuk atau nasi cawuk, yaitu menu sarapan khas Banyuwangi yang biasanya disajikan dengan daun pisang. Biasanya makanan ini disajikan berupa nasi, kemudian dicampur dengan kuah parutan kelapa dan juga jagung muda yang dibakar dan telah diserut dan tidak lupa kuah ikan pindang. Anda pun bisa menambahkan lauk lagi, bisa berupa pepes ikan pindang, telur pindang, tahu yang telah dicacah dan juga semanggi sambal serai.

Sego Cawuk Mak Mantih;10 Top Kuliner Banyuwangi
Sego Cawuk Mak Mantih (Sumber gambar: travelingyuk.com)
Salah satu penjual kuliner sego cawuk adalah Bu Mantih atau sering dipanggil dengan Mak Mantih yang sudah ada sejak tahun 1972, “Sego Cawuk Mak Mantih” ini berlokasi di Dusun Prejengan, Desa Rogojampi, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, yang harus anda coba saat mengunjungi Banyuwangi.

2. Rujak Soto Mbok Mbret.

Satu lagi kuliner unik dan legendaris yang harus dicoba oleh para pecinta kuliner yaitu rujak soto. Rujak soto sendiri adalah kuliner hasil perpaduan antara soto dengan rujak sayur, soto yang digunakan biasanya adalah soto babat, meski terkadang ada penjual yang menggunakan soto ayam atau pun soto daging.

Rujak Soto Mbok Mbret;10 Top Kuliner Banyuwangi
Rujak Soto Mbok Mbret (Sumber gambar: tripadvisor.com)
Salah satu kuliner rujak soto yang bisa menjadi referensi kuliner adalah “Rujak Soto Mbok Mbret”, yang berada di samping bekas bioskop Sylvia di kawasan Benculuk  atau di Jalan Raya Jember No. 72, Benculuk, Cluring, Banyuwangi.

3. Sego Tempong Mbok Wah.

Selain beberapa kuliner khas tersebut di atas, masih ada kuliner unik khas Banyuwangi yang sangat terkenal yaitu sego tempong. Tidak sulit mencari nasi tempong di Banyuwangi, karena makanan ini banyak dijual di warung dan berbagai tempat kuliner di Banyuwangi. Nasi tempong dulunya adalah makanan yang biasa dinikmati oleh para petani di sawah, kini nasi tempong sangat disukai oleh semua kalangan, selain rasanya yang enak juga menjadi kuliner khas Banyuwangi.

Sego Tempong Mbok Wah;10 Top Kuliner Banyuwangi
Sego Tempong Mbok Wah (Sumber gambar: ariefpokto.com)
Dalam satu porsi nasi tempong terdapat nasi panas, sayur rebus ditambah tahu goreng, tempe, ikan asin dan juga dadar jagung ditambah dengan sambah mentah yang sangat pedas. Nama tempong sendiri berarti di tampar atau ditempeleng dikarenakan rasa sambal nasi tempong yang sangat pedas.

Baca juga: 5 Kuliner Khas Probolinggo.

Diantara berbagai penjual sego tempong di Banyuwangi, “Sego Tempong Mbok Wah” bisa menjadi referensi kuliner sego tempong yang berada di dekat Stasiun Karangasem atau tepatnya di Jalan Gemberung No. 220, Bakungan, Glagah, Banyuwangi.

4. Pecel Ayu.
Banyuwangi memang memiliki banyak sajian khas kuliner yang menarik, bisa dikatakan kulinernya unik, seperti salah satu kuliner ini, “pecel”, bagi kebanyakan orang, pecel atau kuliner nasi pecel hanya berupa nasi yang di atasnya diberikan sayuran yang disiram bumbu kacang, namun hal berbeda dengan pecel di Banyuwangi ini, pecel yang ada disebut dengan pecel rawon yang merupakan perpaduan antara pecel yang kemudian disiram dengan kuah rawon daging sapi.

Pecel Ayu;10 Top Kuliner Banyuwangi
Pecel Ayu (Sumber gambar: tripadvisor.com)
Salah satu tempat kuliner pecel terkenal di Banyuwangi yaitu Pecel Ayu yang berada di Rumah Makan Pecel Ayu di Jalan Laksda Adisucipto No. 60, Banyuwangi. Dalam satu prosi pecel rawon di Rumah Makan Pecel Ayu disajikan dengan nasi pecel dengan sajian sayur rebus, seperti bayam, kacang panjang disiram dengan sambal kacang dan kuah rawon.

5. Rawon Bik Ati.
Rawon sudah menjadi sajian kuliner khas Jawa Timur, begitu pula dengan di Banyuwangi, sajian kuliner rawon juga menjadi kuliner yang disukai. Nasi rawon memang menjadi sajian nikmat dengan kuah hitam kaldu sapi yang menjadikan sajian kuliner ini sangat disukai semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua.

Rawon Bik Ati;10 Top Kuliner Banyuwangi
Rawon Bik Ati  (Sumber gambar: tripadvisor.co.za) 
Begitu pula di Banyuwangi, salah satu tempat kuliner rawon yang sangat disukai yaitu Rawon Bik Ati, yang berada di Jalan A. Yani No. 83 Banyuwangi. Yang menarik, warung rawon ini adalah warung rawon legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1948.

6. D’Copiz Cafe Banyuwangi.
Kurang lengkap rasanya menikmati kunjungan di Banyuwangi belum menyempatkan datang di tempat menarik ini. D’Copiz Cafe Banyuwangi yaitu sebuah tempat nongkrong sambil menikmati kopi, yang disebut oleh warga Banyuwangi dengan “desa damai tempat ngopi” yang berada di Jalan Brawijaya, Kebalen, Banyuwangi.

D’Copiz Cafe Banyuwangi;10 Top Kuliner Banyuwangi
D’Copiz Cafe Banyuwangi (Sumber gambar: ayotraveling.com) 
Disebut desa damai karena para pegunjung yang datang akan merasakan asrinya tanaman yang mengelilingi tempat nongkrong tersebut. Tempat tersebut buka tahun 2013 yang menyuguhkan suasana pedesaan dalam kafe.

7. Ikan Bakar Rogojampi Banyuwangi.
Anda pecinta kuliner sea food? Tempat kuliner ini bisa menjadi pengobat rindu akan makanan laut yaitu ikan bakar di Rogojampi. Di Rogojampi tepatnya di daerah Blimbingsari banyak sekali warung penjual ikan bakar.

Ikan bakar Rogojampi;10 Top Kuliner Banyuwangi
Ikan Bakar Rogojampi (Sumber gambar: tripadvisor.com) 
Salah satunya yaitu ikan yang sudah dibakar, yang kemudian dibakar lagi setelah diberikan bumbu cabe, dan warnanya menjadi merah seperti bumbu pepas ikan tongkol.

8. Seafood Sobo.
Satu lagi tempat kuliner untuk anda pecinta seafood yaitu “Seafood Sobo” yaitu sebuah tempat kuliner yang menyediakan aneka makanan laut yang berada di Jalan Raya Kepiting No. 90, Tukangkayu, Banyuwangi.

Seafood Sobo;10 Top Kuliner Banyuwangi
Seafood Sobo (Sumber gambar: tripadvisor.com) 
Yang menarik, olahan seafood yang ditawarkan dan disajikan tempat kuliner ini dibuat degan cita rasa nusantara, dan jangan khawatir tentang kualitas, anda akan dimanjakan dengan berbagai hidangan nikmat khas Seafood Sobo.

9. Osing Deles.
Ke Banyuwangi dan bingung mencari tempat oleh-oleh? Sepertinya tempat yang satu ini sangat pas untuk anda, yaitu “Osing Deles”. Selain menjadi tempat oleh-oleh, Osing Deles juga menjadi tempat kuliner nikmat yang berdiri sejak tahun 2013. Pilihan kulinernya pun memiliki banyak ragam mulai dari kuliner tradisonal dan kuliner western.

Osing Deles;10 Top Kuliner Banyuwangi
Osing Deles (Sumber gambar: media9.co.id) 
Osing Deles berlokasi di Jalan Agus Salim Banyuwangi. Untuk kuliner, yang menjadi favorit adalah pecel pitik dan untuk sajian kuliner western yaitu Beef Cordon Bleau.

10. Sego Bungkus Bu Poer.
Satu lagi sajian kuliner yang harus anda kunjungi, yaitu Sego Bungkus Bu Poer, yaitu sajian kuliner sederhana nasi bungkus yang berlokasi di Jalan PB Sudirman atau berada di utara simpang lima, Banyuwangi.

Baca juga: 10 Top Kuliner Jember.

Nasi bungkus menjadi sebuah pilihan nasi murah dengan rasa yang nikmat, nasi bungkus favorit yaitu nasi bungkus sambal ijo dengan harga Rp. 5 ribu per bungkus, anda sudah mendapatkan sajian nikmat nasi hangat dengan suwiran ayam goreng dengan sambal ijo yang dibungkus daun pisang. Selain nasi bungkus, juga disediakan berbagai macam sajian kuliner seperti nasi gudeg, nasi jagung dan berbagai pilihan kuliner favorit.

Sego Bungkus Bu Poer;10 Top Kuliner Banyuwangi
Sego Bungkus Bu Poer  (Sumber gambar: gotravelly.com) 
Tertarik menikmati kuliner di Banyuwangi? Semoga informasi 10 Top Kuliner Banyuwangi ini bisa menjadi referensi anda yang ingin menikmati traveling dan kuliner di Bumi Blambangan ini.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel