Aktivitas yang Harus Dihindari Setelah Makan

Tubuh sehat dan bugar menjadi hal yang sangat penting saat ini. Apalagi sejak wabah pandemi Covid-19 ini melanda, praktis menjadikan setiap orang yang sadar kesehatan, benar-benar menjaga prokes (protokol kesehatan), hal inilah yang membuat segala catatan dan informasi yang bertujuan menjaga kesehatan menjadi sangat penting. Begitu pula saat harus makan, banyak hal yang harus dilakukan, termasuk diantaranya mengetahui aktivitas yang harus dihindari setelah makan. Bahkan kebanyakan diantara kita masih terbiasa melakukan hal-hal yang harus dihindari tersebut setiap harinya.

Aktivitas yang Harus Dihindari Setelah Makan
Foto: blog.getfitso.com

Mulai melatih menuju hidup sehat memang harus dilakukan, tidak mudah, namun membiasakannya sedikit demi sedikit, akan membuat kita terbiasa dengan hal-hal yang baik, apalagi hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Hal yang Perlu Dihindari Setelah Makan

Menikmati makanan yang enak dan lezat tentu sangat menyenangkan, apalagi di masa seperti ini, begitu banyak tempat makan enak yang bermunculan, bahkan dengan kemudahan teknologi menjadikan banyak anak muda membuat konten tentang kuliner lezat. Meskipun kemudahan dan banyaknya pilihan makanan tersebut, tetap kita semua harus menjaga dan menghindari berbagai aktivitas setelah makan.

Memang tidak hanya memperhatikan nutrisi makanan yang dikonsumsi, namun Anda harus tahu juga hal apa yang harus dihindari setelah makan, hal ini dimaksudkan agar proses pencernaan bisa optimal.

Terdapat 6 (enam) hal yang harus dihindari setelah makan, yang bersumber dari Tabloid Nyata, antara lain:

  1. Mandi.
  2. Minum teh.
  3. Makan buah.
  4. Tidur.
  5. Merokok.
  6. Berolahraga.

Baca juga: Tips Mewaspadai Gangguan Mata di Usia Tua.

1 | Mandi.

Kebanyakan orang terbiasa melakukan aktivitas yang seharusnya tidak dilakukan, seperti mandi setelah makan, meskipun hanya sebentar. Mandi setelah makan adalah aktivitas yang harus dihindari.

Mengapa demikian? Saat mandi, suhu tubuh akan meningkat, hal ini menyebabkan tubuh akan mengalirkan banyak darah ke kulit dibanding aktivitas biasa. Sedangkan proses pencernaan membutuhkan banyak energi dan aliran darah yang baik ke arah perut. Hal itulah yang membuat mandi setelah makan bisa mengganggu proses pencernaan dan akan memperlambat metabolisme. Oleh karena itu, mandi lebih baik dilakukan setidaknya 30 menit setelah makan.

2 | Minum teh.

Anda pasti sering melihat kebiasaan minum teh atau es teh setelah makan, apalagi di warung atau tempat makan. Ternyata kebiasaan ini tidak bagus untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian, ternyata minum teh setelah makan bisa mengganggu penyerapan zat besi, padahal mineral ini sangat penting bagi tubuh.

Oleh karena itu, hindarilah minum teh setelah menikmati makan, khususnya bagi ibu hamil, anak-anak dan Anda yang menderita kekurangan zat besi.

3 | Makan buah.

Kebiasaan menikmati dan makan buah setelah makan, sangat sering dan menjadi kebiasaan masyarakat. Namun, mulai saat ini Anda harus menghindarinya, yaitu makan buah setelah makan, khususnya pada malam hari, hal ini disebabkan tubuh akan sulit untuk mencernanya.

Selain itu, kandungan gula dalam buah akan membuat Anda terjaga pada malam hari, dan hal ini akan menghambat proses pencernaan. Alangkah sebaiknya, bila makan buah setidaknya 30 menit sebelum makan. 

4 | Tidur.

Tidur setelah makan, menjadi aktivitas yang harus dihindari terlepas adanya mitos buruk tentang tidur setelah makan. Namun, terdapat alasan logis yang harus diketahui bahwa tidur setelah makan akan memperlambat proses pencernaan, selain itu tidur dalam kondisi perut penuh akan menyebabkan rasa tidak nyaman, seperti bersendawa, mulas dan merasakan asam yang tinggi.

Oleh karna itu, apabila timbul rasa kantuk yang sangat apalagi setelah makan, menurut para ahli, menyarankan agar menunggu setidaknya 2 jam setelah makan, dan selang pada jam tersebut Anda melakukan aktivitas yang bisa menahan kantuk, seperti mengerjakan pekerjaan rumah tagga, seperti mencuci atau bermain bersama anak.

5 | Merokok.

Ini dia yang sudah mejadi kebiasaan bagi orang Indonesia yang perokok, yaitu merokok setelah makan. Ibaratnya seperti makan sayur tanpa garam. Hambar dan tidak enak. 

Namun, berdasarkan penelitian, sebaiknya Anda tidak merokok setelah makan, karena akan mengganggu proses pencernaan. Nikotin tersebut akan diserap dengan kekuatan ganda, sehingga sangat meningkatkan efek berbahaya pada rokok. Selain itu, merokok setelah makan akan memperburuk gejala sindrom iritasi usus besar dan penyakit maag, dan juga memiliki efek buruk pada otot-otot besar.

Selain itu, juga terbukti bahwa tembakau ternyata bisa menghambat penyerapan vitamin dan mineral, termasuk kalsium, vitamin C dan vitamin D.

6 | Berolahraga.

Selain beberapa catatan tersebut di atas, berolahraga setelah makan menjadi aktivitas yang tidak disarankan. Hal ini disebabkan, perut yang penuh bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman, seperti mual, cegukan, bahkan dampak serius, seperti meningkatkan risiko terjadinya trauma dan juga kejang.

Apabila Anda ingin berolah raga setelah makan, maka mulailah berolahraga minimal 2 jam kemudian setelah makan. Pada malam hari, hindarilah olahraga berat seperti kardio, karena hal ini akan meningkatkan suhu tubuh secara signifikan, mencegah pelepasan melatonin, dan hormon yang mengatur siklus bangun dan tidur. Hal ini mengakibatkan Anda tidak bisa tidur nyenyak. Untuk itu, Anda bisa memilih jalan kaki di rumah selama 15 sampai 20 menit, lakukan hal ini 30 menit sebelum tidur, karena jalan kaki merupakan latihan terbaik untuk tubuh yang bisa membantu mencerna makanan dan mencegah perut kembung.

Hal yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Makan

Setelah mengetahui berbagai aktivitas yang harus dihindari setelah makan, tidak ada salahnya bila Anda mengetahui juga beberapa aktivitas yang sebaiknya dilakukan sebelum makan, antara lain:

  1. Minum air hangat.
  2. Memakai baju longgar.
Baca juga: Tips Langsing dengan Sehat.

1 | Minum air hangat.

Minum air hangat 30 menit sebelum makan sangat bagus untuk pencernaan. Air hangat ini akan membuat Anda terasa kenyang, yang membuat Anda tidak akan berlebihan saat makan, khususnya pada malam hari.

Selain itu, Anda juga bisa minum sedikit air hangat saat makan, untuk membantu menelan, namun janga terlalu banyak, karena akan mengganggu pencernaan.

Setelah makan, alangkah sebaiknya minum air hangat, namun tunggulah setidaknya 1 ½ jam, hal ini untuk membantu memecah makanan di perut danjuga proses pencernaan.

2 | Memakai baju longgar.

Memakai baju longgar akan membuat nyaman dan juga hindarilah memakai pakaian ketat, karena akan menekan perut yang bisa menyebabkan mulas.

Itu dia informasi dan tips tentang “aktivitas yang harus dihindari setelah makan”. Semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Aktivitas yang Harus Dihindari Setelah Makan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel