Tips Langsing dengan Sehat

Memiliki wajah cantik ditambah tubuh yang ideal menjadi harapan dan dambaan wanita. Bahkan banyak yang dengan cara apa pun termasuk menggunakan obat yang tidak direkomendasikan dan malah membahayakan kesehatan. Kali ini yang dibahas adalah tips langsing dengan sehat dengan menggunakan langkah alternatif, yaitu akupunktur. 

Tips Langsing dengan Sehat
Foto: paulrcarter.ca

Cara melangsingkan tubuh saat ini memang memiliki banyak ragam dan cara, mulai dari cara mengatur makanan sampai dengan berolahraga secara teratur, termasuk dengan menggunakan jasa seorang PT (Personal Trainer). Bahasan cara langsing dengan cepat dan sehat juga pernah dimuat dalam Tabloid Intisari Edisi 559 yang ditulis oleh Dhini Gilang Prasasti, dan dengan kondisi saat ini harus selalu menjaga imun tubuh dan mencegah agar tidak terkena dan tertular Covid-19, rasanya menjadi langsing dengan sehat sepertinya masih pantas untuk dibahas.

Tips Langsing dengan Cepat dan Sehat

Dr. Michael Triangto, SpKo, seorang pakar kesehatan olahraga dari Rumah Sakit Mitra, Kemayoran pernah memyampaikan dalam bukunya “Langsing & Sehat Dengan Sports Therapy” menyebutkan bahwa obesitas sebagai masalah sosial dan budaya. Banyak orang yang tersisih dari pergaulan yang disebabkan bentuk tubuh atau bisa disebut ukuran badannya tidak ideal.

Diantara berbagai langkah yang bisa dipergunakan, maka jalur alternatif dipilih untuk melangsingkan tubuh, bahkan ilmu pengobatan dari China ini sudah merajai negeri tirai bamboo sejak ribuan tahun lalu. Selain terbukti manjur mengatasi berbagai penyakit, ternyata akupunktur dipercaya bisa membuat tubuh menjadi kurus.

Baca juga: Cara Komplementer, Tips Sehat Masa Kini.

Hal ini juga didukung oleh salah satu praktisi akupunktur, yaitu Suharti Simbolon, Akp-akupunturis dari Klinik Kecantikan Sheryl, Bekasi, yang menyatakan bahwa akupuntur merupakan metode yang berangkat dari prinsip keseimbangan kerja organ-organ tubuh. Dan organ yang berhubhngan dengan obesitas adalah organ limpa, hati, lambung dan ginjal. Apabila terdapat kekurangan energi pada organ limpa dan lambung akan menimbulkan panas, suasana lembab, dan riak. Kondisi ini akan memperlemah trasnformasi dari makanan menjadi Qi (energi) yang juga akan melemahkan transportasi Qi ke seluruh tubuh dan juga akan mempengaruhi transformasi cairan tubuh  yang bisa mengakibatkan makanan dan cairan tubuh dalam lambung akan bertambah panas. Keadaan ini yang akan menyebabkan nafsu makan bertambah.

Langsing dengan Akupuntur

Menurut Suharti Simbolon, Akp-akupunturis, metode untuk melangsingkan tubuh dengan teknik akupuntur, dimulai dengan:

  • Penusukan di titik yang berkaitan dengan kinerja organ-organ atas, khsusnya di sekitar telinga.
  • Penusukan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi panas dan kondisi lembab dalam limpa, lambung, hati, ginjal dan juga mengurangi kelebihan energi pada organ-organ tersebut, sambil mengatur emosi dan juga nafsu makan, maka tujuan akhirnya berat badan akan mengalami penurunan.

Satu hal yang harus dipahami dan harus digaris bawahi adalah metode langsing dengan akupuntur membutuhkan proses, dan juga memiliki kaidah tertentu yang harus dipahami. Hal utama yang harus dipahami bagi seorang akupunkturis, adalah :

  • Memahami benar titik yang ada di dalam tubuh, khususnya titik meridian.
  • Memahami teknik yang benar dalam melakukan penusukan jarum.
  • Jangan takut pada jarum yang digunakan, ukuran jarum pun sudah disesuaikan dengan masing-masing pasien, sehingga jarum yang digunakan antara pasien satu dengan pasien lainnya pasti berbeda.

Selain itu terdapat beberapa prinsip penting yang harus diketahui saat memutuskan menjalani terapi untuk melangsingkan tubuh, menurut Dr. Michael Triangto, SpKO, antara lain:

  1. Harus menyadari bahwa tidak ada perubahan yang terjadi secara intsan. Proses melangsingkan tubuh bukan membalikkan telapak tangan, hal ini harus dilalui prosesnya dan dilakukan secara bertahap. 
  2. Seseorang yang ingin melangsingkan tubuhnya harus memahami, bagian tubuh mana yang bisa dikecilkan, dan mana yang tidak.
  3. Hindarilah ketergantungan pada satu jenis metode pelangsingan yang menggunakan obat-obatan tertentu secara terus menerus. Hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan dampak negatif pada ginjal.
  4. Proses melangsingkan tubuh merupakan upaya untuk kembali menyeimbangkan, namun bukan untuk menyiksa tubuh. Selama ini banyak orang yang menyalahartikan bahwa untuk bisa mendapatkan tubuh langsing harus melakukan diet yang ekstra ketat dan ekstra keras. Bahkan untuk makan harus dilakukan dengan sesedikit mungkin dan berolahraga dengan keras. Hal ini tentu saja keliru. Yang harus dilakukan adalah dengan mengatur pola makan dan menyeimbangkannya. Dan konsep dasar sports therapy adalah dengan memiliki keyakinan bahwa olahraga bisa menyehatkan, dengan tidak melakukan sembarang olahraga.
  5. Motivasi. Poin terakhir ini berperan penting untuk memperoleh tubuh yang langsing dan ideal.

Itu dia sedikit informasi tips langsing dengan sehat. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin langsing dengan cepat dan juga sehat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Langsing dengan Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel