Tips Mewaspadai Gangguan Mata di Usia Tua

Menjaga kesehatan dan jangan sampai sakit masih menjadi topik menarik, apalagi yang sudah memasuki usia senja. Bisa diakui sejak masuk usia senja, berbagai fungsi organ mengalami penurunan, mulai dari sering sakit, badan yang mulai capek dan pegal-pegal dan masih banyak yang lainnya. Diantara berbagai fungsi penurunan organ tubuh yang menarik dibahas adalah tentang gangguan mata. Oleh karena itu, tidak salah kalau pada bagian ini dibahas tentang tips mewaspadai gangguan mata di usia tua. Seperti kita ketahui bahwa penyakit mata pada orang tua sering menjadi masalah kesehatan yang utama. Bahkan diberbagai tulisan yang membahas tentang kesehatan pada orang lansia (lanjut usia), penyakit mata sering dialami oleh satu diantara tiga orang lansia yang sudah berusia 65 tahun ke atas.

Tips Mewaspadai Gangguan Mata di Usia Tua
Foto: benjaminoptical.

Gangguan penglihatan pada orang lanjut usia yang sering terjadi adalah glaukoma dan katarak. Sebenarnya dengan bertambahnya usia memang membuat tubuh tidak bisa berfungsi seperti saat masih muda dulu. Tidak hanya penyakit sistemik dan kronis seperti penyakit jantung atau diabetes saja, namun yang perlu diperhatikan adalah penyakit mata juga bisa menjadi ancaman kesehatan yang serius pada orang lanjut usia.

Bagaimana Mengatasi Gangguan Penglihatan Pada Orang Lanjut Usia?

Bisa dipahami bahwa pada usia di atas 50 tahun, sangat lumrah bila seseorang mulai mengalami gangguan pada matanya. Menurut dr. Hernawita, SpM, pertambahan usia bisa menyebabkan kendurnya kelopak mata atas (dermato chalasis), herniasi lemak orbita yang disertai dengan kekenduran kelopak bawah mata (baggy eyelid), berputarnya pinggir kelopak mata ke arah bola (entropion), berputarnya pinggir kelopak mata menjauhi bola mata (ektropion), turunnya alis mata akibat usia tua (browptosis) dan juga turunnya kelopak mata atas akibat usia (ptosis involutional). Hal ini akan mengakibatkan penglihatan yang ikut terpengaruh dan juga bisa mengganggu penampilan. Menurut dr. Hernawita, tindakan bedah plastik bisa dilakukan untuk mengatasi segala keluhan tersebut di atas.

Baca juga: Tips Detoks Tubuh Sendiri.

Selain itu terdapat permasalahan seputar mata yang pernah disampaikan dr. Referano Agustiawan, SpM, yang mengingatkan bahwa terdapat risiko degenerasi makula (pusat retina) di usia tua.  Hal ini selain disebabkan faktor harapan hidup yang meningkat, juga disebabkan faktor lingkungan, seperti polusi udara dan merokok yang bisa memicu gangguan pada retina. Faktor lainnya bisa disebabkan karena adanya radiasi sinar biru pada peralatan elektronik, seperti televisi atau layar monitor komputer.

Untuk itu, menurut dr. Referano bisa dilakukan terapi, yaitu dengan menggunakan suntikan anti-VGEF yang bisa menggantikan terapi laser. Yang menjadi masalah adalah penderita yang terlambat datang ke dokter yaitu saat penglihatannya sudah mulai kabur.

Itu dia sedikit, informasi tentang tips mewaspadai gangguan mata di usia tua. Semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mewaspadai Gangguan Mata di Usia Tua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel