Tips Memilih Kamera Digital

Dunia digital sepertinya menjadi topik yang menarik, selain digitalnya sendiri, juga efek positif bagi siapa pun yang bisa memanfaatkan perangkat digital tersebut. Bahkan di masa pandemi seperti saat ini, dunia digital juga memberikan keuntungan positif bagi siapa pun yang bisa menggunakannya. Masuk dalam dunia digital, dibutuhkan pengetahuan dan juga perangkat yang mumpuni, bahkan untuk Anda yang sudah masuk dan terbiasa membuat konten gambar dan video, dibutuhkan alat berupa kamera digital yang membantu dalam mendukung aktivitas tersebut. Untuk itu kali ini akan diberikan sedikit pedoman tentang tips memilih kamera digital.

Tips Memilih Kamera Digital
Foto: photouno.

Kamera digital merupakan perangkat elektronik yang sengaja digunakan untuk memvisualisasikan keadaan dengan menggunakan sensor berbentuk format digital yang kemudian disimpan dalam bentuk format digital  dan disimpan dalam media digital. Sejak kamera pertama ditemukan yang hampir 200 tahun yang lalu, dunia fotografi memang menunjukkan pekembangan yang luar biasa. Begitu pula dengan saat ini yang sudah merambah pada dunia digital, dengan teknologi digital tersebut, untuk mendapatkan gambar, kemudahan, kenyamanan dan efisiensi bukan lagi yang sulit untuk didapatkan.

Cara Mudah Memilih Kamera Digital

Saat ini dengan berkembangnya teknologi dan kemudahan dalam mendapatkan kamera digital, kita akan kebingungan, hal ini tentunya berbeda saat kamera digital baru mucul, karena untuk merk dan jenisnya baru tersedia beberapa saja.

Baca juga: Tips Memilih Kamera Video.

Namun, kini dengan berkembangnya kebutuhan dan tren yang berlaku, kamera digital semakin banyak dengan menawrakan berbagai jenis dan keunggulan. Untuk itu, dibawah ini akan disampaikan tips dalam memilih kamera digital, antara lain:

  1. Kumpulkan informasi. Langkah ini menjadi langkah pertama yang harus dilakukan  sebelum membeli kamera digital. Hal ini bisa dilakukan dengan menanyakan pada orang yang ahli atau bisa pada orang yang pernah menggunakan kamera digital, hal ini akan sangat membantu Anda dalam menentukan kamera mana yang akan dibeli. Selain itu, bisa dilakukan dengan mengunjungi situs internet yang berisi informasi  seputar kamera digital, yang akan memberikan Anda informasi  dan masukan tentang merek kamera yang Anda inginkan.
  2. Taksirlah kebutuhan piksel. Pada umumnya semakin besar piksel kamera, semakin mahal harga kamera digital tersebut. Untuk itu sesuaikankan kamera digital yang akan Anda beli. Kalau Anda ingin mencetak pada kertas yang lebih besar, maka Anda harus memilih kamera dengan piksel yang besar.
  3. Zoom. Pilihlah kamera yang memiliki optical zoom yang besar (paling tidak di atas 2 kali). Fasilitas ini akan sangat membantu Anda saat akan mengambil obyek foto yang jauh. Pada beberapa kamera sudah dilengkapi dengan digital zoom. Namun hasil pembesaran dari digital zoom ini mengakibatkan gambar menjadi pecah.
  4. Kapasitas penyimpanan. Pada beberapa kamera memang memiliki kapasitas penyimpanan gambar internal di dalamnya, namun biasanya fasilitas ini tidak terlalu besar. Oleh karena itu, pastikan kamera digital yang Anda beli dilengkapi dengan port untuk kapaistas penyimpanan eksternal.
  5. Fitur tambahan. Saat ini sudah banyak kamera digital yang dilengkapi dengan fitur tambahan, oleh karena itu pertimbangkan dengan benar, fitur yang nantinya bisa mendukung aktivitas yang harus disesuaikan juga dengan kebutuhan Anda.
  6. Coba terlebih dahulu. Sebelum membeli, Anda harus mencoba kamera yang akan Anda beli tersebut, karena masing-masing kamera memiliki posisi dan tombol yang berbeda. Uji coba ini akan sangat membantu Anda dalam membandingkan kamera digital satu dengan lainnya.

Semoga informasi tentang  “tips memilih kamera digital”, yang bersumber dari Buku "Sayang Barang Hemat Uang - Kumpulan Tips-tips Jitu Klasika Kompas", yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas ini bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda dalam memilih kamera digital terbaik.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Kamera Digital"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel