Wedang Uwuh, Kesegaran Minuman Sampah yang Menyehatkan

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan suku, dengan banyaknya ragam budaya menjadikan Indonesia kaya akan sajian kuliner, termasuk didalamnya minuman tradisional. Satu lagi minuman tradisional yang saat ini lagi naik daun, apalagi di masa pandemi, yang membuat banyak orang mencari minuman herbal dan tradisional untuk menjaga imun tubuh. Diantara berbagai minuman tersebut, minuman khas Yogyakarta menjadi pilihan. Wedang uwuh, kesegaran minuman sampah yang menyehatkan menjadi topik menarik untuk dibahas kali ini.

Sebenarnya banyak sekali jenis minuman tradisional yang bisa menjadi pilihan, mulai dari wedang jahe, wedang secang, wedang ronde, dan yang terakhir adalah wedang uwuh. Namun, diantara berbagai minuman tersebut, wedang uwuh yang sering menjadi pilihan masyarakat untuk dijadikan sebagai minuman pilihan. Selain segar, kandungan minuman ini sangat lengkap.

Wedang Uwuh, Kesegaran Minuman Sampah yang Menyehatkan;
Wedang uwuh (Sumber gambar: sudutpandang.net)

Selain itu, wedang uwuh menjadi minuman tradisional yang kaya akan manfaat yang sudah terdaftar secara resmi pada tahun 2017 sebagai warisan budaya kuliner khas Imogiri, Yogyakarta. 

Wedang Uwuh adalah Minuman Sampah yang Menyehatkan

Siapa menyangka  minuman tradisional ini bisa menjadi sebuah pilihan di saat pandemi. Wedang uwuh merupakan minuman tradisional yang biasa digunakan dalam minuman tradisional. Bahkan minuman ini menjadi minuman yang biasa diminum raja-raja Jawa.

Baca juga:7 Minuman Rempah Penghangat Tubuh.

Wedang uwuh sendiri dalam Bahasa Jawa memili arti yang unik, wedang berarti minuman dan kata uwuh diartikan sebagai sampah. Oleh karena itu, minuman ini disebut sebagai wedang sampah atau minuman sampah yag menyehatkan. Dinamakan wedang sampah dikarenakan setelah diseduh akan terlihat tampak seperti tumpukan sampah dedaunan.

Wedang Uwuh Manfaat

Sebagai minuman tradisional, tentunya minuman ini tidak hanya sebagai minuman teman bersantai atau teman nongkrong, namun minuman ini juga memiliki manfaat untuk tubuh, seperti bisa mengobati masuk angina, perut kembung, batuk, pegal linu dan juga menyegarkan badan.

Minuman ini dulunya sering dikonsumsi oleh orang tua, namun saat ini sejak merebaknya wabah pandemi Covid-19, minuman ini menjadi minuman favorit yang juga mulai disukai anak muda, rasanya yang manis pedas dengan warna merah cerah dan aromanya yang harum membuat sajian minuman ini mulai disukai siapa saja.

Terdapat banyak manfaat yang dimiliki wedang uwuh bagi kesehatan (orami.co.id), antara lain:

  • Wedang uwuh juga berkhasiat sebagai anti oksidan. Hal ini dikarenakan dalam kandungan wedang uwuh terdapat cengkeh yang mengandung senyawa eugenol yang terbukti sebagai antioksidan alami. Berdasarkan penelitian yang dikutip dari ncbi.nlm.nih.gov, eugenol bisa menghentikan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas lima kali lebih reaktif daripada Vitamin E atau anti  oksidan lainnya.
  • Berkhasiat sebagai anti inflamasi. Siapa yang menyangka wedang uwuh juga sebagi anti inflamasi. Kayu manis yang ada dalam wedang uwuh memiliki sifat anti inflamasi yang kuat, hal ini juga sama dengan kapulaga yang ada dalam wedang uwuh, yang bisa melawan peradangan. Anti inflamasi dalam kapulaga mampu melindungi sel dari kerusakan dan menghentikan peradangan yang terjadi.
  • Bisa menstabilkan hemoglobin. Hemoglobin yang rendah bisa menyebabkn masalah kesehatan, seperti anemia, pusing, kulit menjadi pucat, lemah dan kelelahan. Gula batu yang ada pada wedang uwuh bisa membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan juga bisa meregenerasi sirkulasi darah dalam tubuh.
  • Sebagai anti mikroba. Kandungan sereh yang ada pada wedang uwuh bisa mengobati infeksi mulut dan gigi yang berlubang, karena memiliki sifat anti mikroba. Bahkan berdasarkan studi vitro yang diterbitkan National Institutes of Health, minyak esensi sereh memiliki kemampuan anti mikroba melawan bakteri Streptocoocus atau bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi.
  • Mampu meredakan batuk dan juga sakit tenggorokan. Campuran rempah dalam wedang uwuh akan membantu mengeluarkan lendir berlebih yang mengganggu pernapasan dan tenggorokan.

Tentunya masih banyak manfaat wedang uwuh untuk kesehatan, dan yang menarik saat ini sudah banyak yang menyediakan wedang uwuh dalam bentuk bubuk yang memudahkan Anda untuk menyeduhnya.

Wedang Uwuh Resep

Minuman tradisonal khas Yogyakarta sangat identik dengan kata-kata wedang, yang memiliki komposisi utama berbahan jahe. Untuk wedang uwuh, minuman ini memiliki bahan-bahan, antara lain:

  • Jahe.
  • Kayu secang.
  • Kayu manis.
  • Cengkeh.
  • Serai.
  • Pala.
  • Kapulaga.
  • Gula batu.

Untuk membuat satu porsi atau segelas wedang uwuh sangatlah mudah. Setelah bahan yang dibutuhkan di atas sudah tersedia, bahan tersebut dimasukkan ke dalam gelas kemudian diseduh dengan air mendidih, atau bisa juga direbus untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Baca juga: Makanan Untuk Meningkatkan Imun Tubuh.

Setelah direbus, hasil wedang uwuh akan berwarna coklat kemerahan yang didapatkan dari kayu secang yang terkena air panas.  Wedang uwuh akan beraroma harum karena kayu manis dengan sensasi rasa hangat, manis dan pedas.

Menarik bukan? Sajian wedang uwuh, kesegaran minuman sampah yang menyehatkan, yang akan membuat kita semua ketagihan karena sensasinya yang nikmat dan enak.



Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Wedang Uwuh, Kesegaran Minuman Sampah yang Menyehatkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel