Cara Mengechek Plagiat Konten Artikel

Cara Mengecheck Plagiat Konten Artikel - Menjadi seorang blogger tentunya sangat menyenangkan, selain bisa menyalurkan hobi menulis, menambah pengetahuan, dan yang menarik adalah bisa mendapatkan tambahan penghasilan. Bahkan tidak hanya itu, tidak sedikit yang akhirnya memilih blogger sebagai sebuah profesi, apalagi setelah penghasilan yang didapatkan semakin besar. Diantara unsur penting yang harus diperhatikan sebagi sorang blogger adalah bagaimana agar bisa menulis konten dengan baik dan berkualitas, dengan artikel yang berkualitas tentunya akan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama menikmati tulisan yang disajikan pada blog yang dibangun seorang blogger. Namun terkadang tatkala sudah macet untuk menulis, secara tidak sengaja terdapat tulisan yang hampir sama dengan artikel lain. Untuk itu, dibutuhkan sebuah alat atau tools untuk mengetahui konten yang ditulis termasuk plagiat pada artikel lainnya.

Tentunya membangun sebuah blog tidak mudah, dibutuhkan sebuah proses panjang, agar blog yang dibangunnya bisa dikenal atau terindex mesin pencari, selain itu, juga harus bisa menjaga originalitas sebuah artikel sebagai isi dari sebuah blog. Begitu pula dengan blog yang telah dimonetize dan blog yang dibangun tersebut mengikuti program periklanan Google, maka artikel yang dipost dalam sebuah blog harus original dan asli, begitu pula dengan Google yang tidak mentolerir adanya artikel yang diambil langsung atau artikel copy paste, artikel duplikat atau artikel AGC (Automatic Generated Content).

Cara Mengechek Plagiat Konten Artikel;
Foto: istockphoto.com

Membuat artikel original memang susah, diperlukan latihan secara terus menerus dan pada akhirya tulisan tersebut akan menemukan gayanya sendiri. Google sangat menyukai artikel yang asli atau orisinil. Cara yang paling mudah agar artikel bisa berada pada halaman pertama Google adalah dengan menulis sesuai gaya bahasa sendiri, atau dengan mencari sumber referensi artikel dengan mengambil point penting pada artikel dan ditulis ulang sesuai dengan gaya bahasa sendiri.

Tools untuk Cek Plagiat Artikel 

Sebagai seorang blogger tentunya banyak hal yang harus dilakukan, begitu pula setelah selesai menulis sebuah artikel, tidak jarang terdapat ide yang berasal dari referensi lain yang tentuya hal ini sudah menjadi hal biasa. Untuk itu setelah menulis artikel, dan sebelum artikel tersebut di publish, ada baiknya artikel tersebut diperiksa kembali, apakah artikel tersebut sudah original atau terdapat beberapa kata dan kalimat yang terkena plagiat.

Baca juga: Google Adsense dan Tips Mudah agar Diterima.

Terdapat banyak pilihan tools atau pun website yang menyediakan jasa untuk mengecheck artikel dari unsur plagiarism, antara lain:

  1. Small SEO Tools – Plagiarisme Checker.
  2. Copyscape.
  3. Quetext.
  4. Plagium
  5. Dustball.
  6. Duplichecker.
  7. Plagiarisma.
  8. Grammarly.
  9. PlagiarismChecker.com.
  10. Plagiarism Detector.

Beberapa tools atau website tersebut menjadi website yang paling sering digunakan oleh para blogger untuk mengetahui artikel yang ditulisnya terdapat bagian yang plagiat. Semua website tersebut bagus, dan hanya Anda sendirilah yang bisa menentukan cocok atau tidaknya tools tersebut digunakan.

Cek Plagiat Online dengan Small SEO Tools – Plagiarism Checker

Diantara berbagai pilihan website dan juga tools yang bisa menjadi pilihan untuk mengececk artikel, maka Small SEO Tools  menjadi website yang sangat popular dan paling sering digunakan oleh para blogger. Fitur dalamn website ini bisa dikatakan sangat lengkap, dengan scan plagiat artikel yang bisa dlakukan per paragraf dengan hasil yang detail.

Small SEO Tools menjadi website yang bisa didapatkan secara gratis dengan jumlah kata yang bisa dilakukan pengecekan maksimal 1000 kata. Untuk pengecekan lebih dari 1000 kata, Anda harus menggunakan versi berbayar. Selain bisa mengecek artikel plagiat, Small SEO Tools juga meyediakan fitur atautools yang lain, seperti Grammar Check, Spell Checker dan berbagai fitu lain yang menarik.

Adapun cara melacak artikel plagiat dengan menggunakan Small SEO Tools (www.instagram.com/abahraditya/), sebagai berikut:

1 Masuklah ke halaman website Small SEO Tools yaitu https://smllseotools.com.

Cek Plagiat Online dengan Small SEO Tools – Plagiarism Checker;
Foto: instagram.com/abahraditya/

2. Kemudian pilih menu Plagiarism Checker.

Cek Plagiat Online dengan Small SEO Tools – Plagiarism Checker;
Foto: instagram.com/abahraditya/

3. Copy-lah tulisan dari artikel yang ingin dicheck, kemudian paste di kotak yang sudah disediakan.

Cek Plagiat Online dengan Small SEO Tools – Plagiarism Checker;
Foto: instagram.com/abahraditya/

4. Langkah selanjutnya pilih “Check Plagiarism”, kemudian tunggu sebentar.

Cek Plagiat Online dengan Small SEO Tools – Plagiarism Checker;
Foto: instagram.com/abahraditya/

5. Apabila hasilnya 100% Unique, maka artikel yang Anda tulis bisa disebut sebagai tulisan asli yang tidak copy paste dari internet, namun bila terdapat tuliasan plagiarized, maka bisa dipastikan tulisan tersebut adalah hasil copy paste dari internet.

Cek Plagiat Online dengan Small SEO Tools – Plagiarism Checker;
Foto: instagram.com/abahraditya/

Meskipun menggunakan website Small SEO Tools bisa dikaakan cukup mudah, namun website check plagiat ini juga memiliki kelemahan, antara lian:

  1. Untuk bisa menggunakannya, maka Anda harus tetap online, karena tools ini adalah sebuah website dan bukan merupakan aplikasi.
  2. Untuk versi gratis, kata yang bisa dicek dalam artikel maksimal hanya 1000 kata dalam satu kali cek. Bila memiliki tulisan yang banyak, maka membutuhkan waktu yang lama.
  3. Tulisan yang menjadi pembanding hanya tulisan yang berasal dari blog atau website saja, Untuk mengetahui akan tulisan tersebut berasal dari copy paste dari majalah, koran atau buku, maka website ini masih belum bisa menemukan plagiatnya, kecuali buku tersebut sudah terdapat dalam bentuk digital .

Itu dia “Cara Mengecheck Plagiat, Konten Artikel”,  semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda yag sedang membangun blog atau sedang menulis karya tulis. Semoga sukses.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengechek Plagiat Konten Artikel "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel