7 Minuman Rempah Penghangat Tubuh

Indonesia adalah negara agraris yang memiliki banyak sajian kuliner yang menarik, tidak hanya kulinernya, Indonesia juga memiliki berbagai variasi minuman tradisional yang membuat kagum, selain kenikmatannya juga karena manfaatnya untuk kesehatan. Salah satunya adalah minuman berbahan rempah yang sekarang menjadi sangat diminati oleh masyarakat, tidak hanya bentuknya yang masih dalam bentuk bahan baku atau pun sudah diolah sebagai minuman siap saji. Berikut akan dibahas 7 minuman rempah penghangat tubuh yang sangat bermanfaat untuk kesehatan apalagi saat musim hujan seperti saat ini.

Musim hujan akhir-akhir ini menjadikan kita harus waspada agar tetap menjaga stamina, juga agar tetap menjaga kesehatan agar tidak mudah terserang penyakit. Apalagi dengan adanya wabah virus dunia, yaitu virus corona yang dikhawatirkan telah masuk ke Indonesia, menjadikan kita harus waspada  akan pengaruh virus ini. Tidak hanya peralatan kesehatan seperti masker yang menjadi buruan masyarakat, namun juga rempah-rempah untuk bahan minuman turut menjadi buruan masyarakat.

Rempah-rempah yang selalu menjadi bahan baku minuman tradisional, saat ini menjadi sebuah tren baru yang terus diburu masyarakat, apalagi sejak Prof. Chaerul Anwar Nidom, Guru Besar Biologi Molekuler Unair yang menemukan manfaat empon-empon atau rempah-rempah sebagai penangkal virus corona yang menjangkiti berbagai negara di dunia. Mengonsumsi rempah-rempah tradisional  disebut sebagai salah satu cara untuk menguatkan imunitas atau kekebalan tubuh untuk menangkal berbagai penyakit.

Berikut minuman tradisional berbahan rempah yang bisa anda konsumsi, antara lain:

1. Wedang Uwuh

Minuman ini adalah minuman khas Jogjakarta, yang dipercaya sebagai minuman raja-raja Mataram. Uwuh diterjemahkan sebagai “sampah”. Dibeberapa tempat, wedang uwuh dibuat dari daun-daunan kering yang ditemukan di hutan. Wedang uwuh di Jogjakarta sendiri adalah minuman yang dibuat dari daun cengkeh, kayu manis, daun pala, dan kayu secang, sehingga membuat rasa rempahnya menjadi semakin khas.

7 Minuman Rempah Penghangat Tubuh  ;Wedang Uwuh;
Wedang Uwuh
Baca Juga: Cold Brew, Pilihan Kopi Terbaik di Point Cafe.

Dalam penyajiannya, beberapa bahan rempah tersebut diguyur dengan air jahe hangat dan diberikan gula batu sebagai pemanis. Karena sebutannya yang disebut juga sebagai wedang sampah, maka tampilan minuman ini bercampur seperti sampah dengan berbagai macam dedaunan dalam satu gelas. Manfaat minuman ini selain bisa mengobati sakit tenggorokan dan flu, juga bisa untuk mengobati pegal-pegal.

2. Angsle

Angsle adalah sajian minuman tradisional. Dalam satu porsi angsle terdapat potongan roti, kacang hijau, rebus, mutiara merah, ketan putih kukus, dan juga belinjo. Setelah itu baru disiram kuah dari rebusan santan yang telah diberikan daun pandan dan juga vanili.

7 Minuman Rempah Penghangat Tubuh;Angsle;
Angsle (Sumber Gambar: travelingyuk.com)
Aroma segar dan harum yang muncul dari daun pandan menunjukkan angsle siap untuk dinikmati. Satu porsi angsle akan membuat anda kenyang, karena dalam satu porsi angsle sudah terdapat roti, santan dan juga ketan putih, ditambah dengan rasa nikmat yang akan anda rasakan setelah menikmati angsle ini.

3. Wedang Sekuteng

Wedang ini adalah salah satu minuman hangat yang terdiri atas kacang hijau, kolang kaling dan juga mutiara, baru kemudian disiram dengan kuah jahe hangat dan diberikan susu kental manis. Dalam penyajiannya biasanya disajikan dengan toping kacang sangrai dan juga potongan roti tawar. Sebagian kacangnya bisa ditaburkan ke dalam wedang dan sisanya bisa dijadikan camilan.

7 Minuman Rempah Penghangat Tubuh;Wedang Sekuteng;
Wedang Sekuteng (Sumber Gambar: kumparan.com)

4. Tauwa dan Kacang Kuah 

Dari sekian minuman hangat, tauwa bisa menjadi solusi minuman hangat bila anda bosan dengan minuman hangat seperti wedang jahe. Tauwa adalah tahu putih yang lembut  yang disajikan dengan air jahe yang manis. Anda akan merasakan kenikmatan hangatnya jahe tidak saja di mulut namun juga di perut anda.

7 Minuman Rempah Penghangat Tubuh; Tauwa dan Kacang Kuah;
Tauwa dan Kacang Kuah (Sumber Gambar: vemale.com)
Kalau anda ingin merasakan kenikmatan sajian rempah lainnya, anda bisa meminta tauwa dan kacang kuah campur. Kacang kuah ini terdiri atas kacang tanah yang direbus dalam kuah manis, yang kemudian ditambahkan dengan kacang hijau kental, yaitu kacang hijau yang kulitnya telah dibuang kemudian dimasak dengan tepung kanji, sehingga menghasilkan tekstur yang unik. Sajian ini bertambah nikmat dengan tambahan potongan cakue.

5. Petulo Ketan Serabi

Petulo adalah sajian kuliner hangat yang bisa menghangatkan perut anda. Petulo adalah sajian kue tradisional yang terbuat dari tepung beras. Namun biasanya dalam satu porsi petulo terdiri atas serabi, petulo dan juga tepung ketan, yang kemudian disiram dengan kuah santan yang hangat. Serabi memiliki rasa yang asin karena mengandung santan kelapa (untuk santan pada petulo ini ditambahkan gula merah dan gula putih agar terasa sedapnya).

7 Minuman Rempah Penghangat Tubuh;Petulo ketan serabi;
Petulo ketan serabi (Sumber gambar: atiqohhasan.com)
Untuk petulo sendiri memiliki sedikit rasa manis dan juga memiliki tekstur yang kenyal, kenikmatan petulo semakin bertambah dengan tambahan ketan yang memiliki cita rasa yang unik.

6. Teh Jahe Serai

Teh Jahe Serai adalah sajian minuman dengan bahan rempah yang dibuat dari teh yang direbus dengan jahe dan juga serai yang telah dimemarkan dengan waktu sekitar 15 menit sampai keluar aroma wangi.

7 Minuman Rempah Penghangat Tubuh;Teh Jahe Serai
Teh jahe serai (Sumber gambar: hock.id)

Baca Juga: Nikmatnya Robusta Black Coffee.

Dengan menikmati sajian minuman rempah teh jahe serai ini anda akan mendapatkan manfaat untuk kesehatan tubuh. Jahenya bermanfaat untuk menghangatkan badan, sedangkan serainya untuk kesehatan pancaindra. Tertarik untuk menikmati teh jahe serai ini?. Sajian minuman ini sangat mudah dibuat, cocok untuk suasana santai disaat hujan.

7. Ronde 

Sajian minuman ini sudah lama menjadi minuman favorit saat udara dingin, apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini. Ronde adalah sajian menu yang terbuat dari bulatan tepung ketan, yang ditambah dengan kacang, yang kemudian diguyur dengan wedang jahe hangat dan disajikan dengan kolang kaling mutiara ditambah dengan daging kelapa muda yang segar. Ronde bertambah nikmat, setelah ditaburi kacang pada bagian atasnya yang akan memberikan sensasi gurih saat dinikmati bersama bola-bola ronde.

7 Minuman Rempah Penghangat Tubuh;Ronde;
Ronde (Sumber gambar: bacaterus.com) 
Itu dia, 7 minuman rempah penghangat tubuh yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, apalagi saat musim hujan seperti saat ini. Terima kasih.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel