Umar bin Khattab dan Kisahnya

Umat Islam sedunia pasti mengenal sahabat nabi yang juga merupakan Khalifah yang sangat terkenal karena keadilan dan kebijaksanaanya dalam memimpin. Umar bin Khattab adalah seorang yang sangat rendah hati dan sederhana, namun tegas dalam masalah agama yang menjadi ciri khas yang melekat pada diri beliau. Karena keteladannya, dalam acara-acara khususnya seperti saat Puasa Ramadhan beberapa stasiun televisi di Indonesia sering menyiarkan kembali film Umar bin Khattab dan kisahnya yang selalu menarik untuk ditonton dan diteladani.

Umar bin Khattab dan Kisahnya;
Umar bin Khattab (Foto: Facebook.com)

Umar bin Khattab r.a adalah seorang sahabat Nabi yang sangat berbeda dengan segala yang diberikan kepadanya. Bahkan kisahnya selalu menjadi sumber inspirasi dan juga ilmu bagi siapa saja yang ingin menimba ilmu tentang ketauladanan Nabi beserta para sahabatnya. Khalifah kedua setelah Abu Bakar  ra. ini memiliki potret keteladanan yang luar biasa dalam memimpin dan juga kepribadiannya.

Biografi Umar Bin Khattab

Umar bin Khattab mendapatkan julukan sebagai Al Faruq, yang merupakan anak dari Nufail bin Adi bin Abdul Uzza bin Riyah bin Abdullah bin Qurth bin Razah bin Adiu bin Ka’ab bin Luai, Abu Hafsh al-Adawi. Sedangkan ibunya bernama Hantamah binti Hisyam bin al-Mughirah. Ibu Umar bin Khattab merupakan saudari tua dari Abu Jahal bin Hisyam.

Baca juga: Sukses Bisnis ala Saptuari Sugiharto.

Umar bin Khattab secara fisik dicirikan dengan berperawakan tinggi, selalu bekerja dengan kedua tangannya, kulit kuning dan matanya yang hitam. Giginya putih bersih dan mengkilat. Selalu mewarnai janggut dan merapikan rambut dengan inai atau daun pacar. (Thabaqat Ibnu Saad, 3:324).

Sifat Umar Bin Khattab

Sebagai seorang Amirul Mukminin tentu saja Umar bin Khattab memiliki sifat yang layak dicontoh dan harus menjadi inspirasi dalm bersikap sehari-hari, khsusunya bagi umat Muslim. Umar memiliki sifat yang sangat rendah hati, sederhana dan tegas dalam mengatasi masalah agama yang menjadi ciri khas Umar bin Kattab.

Selain itu, Umar juga memiliki kewibawaan yang luar biasa hal ini terlihat dari perilakunya yang jarang tertawa dan bercanda, bahkan dicincinnya terdapat tulisan, “Cukuplah kematian menjadi peringatan bagimu hai Umar”.

Khalifah kedua setelah Abu Bakar ra, ini memiliki potret teladan yang luar biasa dalam kepemimpinan dan kepribadiannya, selain itu Umar juga memiliki kemampuan dalam hal memperluas daerah kekuasaan umat Islam dan menjalankan pemerintahan yang teratur. Umar juga menyebarkan dakwah Islam sampai menapai kekuasaan Bizantium, Iran, Suriah hingga Mesir.

Semoga, sedikit tulisan tentang “Umar bin Khattab dan kisahnya” memberikan inspirasi bagi kita untuk meniru ketauladannya, dan menjadikan perilaku kita menjadi lebih baik.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Umar bin Khattab dan Kisahnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel