Resensi Novel “Ruang”

Ada yang menarik dengan novel yang satu ini, sebagai penulis yang sudah lama malang melintang di dunia penulisan tentunya sudah banyak novel yang ditulisnya, tentunya dengan berbagai pengalaman dan juga alur yang menarik. Dan satu lagi novel baru yang baru saja terbit, karya  Ra Amalia, yaitu “Ruang” menjadi buku dan juga novel yang harus dimiliki. Berbeda dengan novel sebelumnya yang cenderung menjadi sebuah media untuk menghibur para pembacanya, di novel “Ruang” ini sarat akan berbagai makna yang tersirat dalam novel Ruang ini. Resensi novel”Ruang” akan memberikan sedikit gambaran, mengapa Anda harus memiliki novel terbaik dari Ra Amalia. 

“Ruang” adalah sebuah novel yang menceritakan tentang kompleksitas dan dinamika hidup yang ditulis dengan alur menarik dan dengan cerita yang tidak mudah ditebak, namun sama halnya dengan novel karya Ra Amalia, meskipun menceritakan tentang kisah yang rumit, namun tetap berakhir dengan hal yang membahagiakan (happy ending).

Identitas Buku:

  • Judul buku: Ruang 
  • Nama pengarang: Ra Amalia
  • Penerbit: CV. Madani Berkah Abadi.
  • Tahun terbit: 2020 (Cetakan I)
  • Ketebalan: vi + 534 halaman.
  • Nomor edisi buku: 978-623-6606-93-3

Resensi Buku “Ruang” Karya Ra Amalia

Ruang menjadi salah satu judul novel terbaru karya Ra Amalia yang telah beredar satu bulan ini. Sebagai novel terbaru dari Ra Amalia, sepertinya Ra Amalia sebagai penulis memberikan sensasi yang berbeda dibanding novel lainnya. Kalau pada novel lainnya, keluarga, pertemanan dan persahabatan menjadi latar cerita novelnya. Dalam “Ruang”, penulis mencoba memberikan penggambaran berbeda dengan memasukkan unsur kehidupan preman dalam latar penulisannya.

Bahkan gambaran novel yang disampaikan penulis:

Tinggi, kekar, bertato dan masuk dalam salah satu penghuni daftar hitam pamannya, menjadikan Bentala Agung sebagai sosok terlarang untuk Kaneishiha Khayra. Namun seperti biasa, lelucon kehidupan memang memiliki selera yang aneh. Hanya butuh malam berbadai, ruangan sunyi, kebutuhan untuk merasa terlindungi dan Khayra memberikan Bentala akses untuk membuatnya terlibat dalam … masalah besar.” 

Tentunya gambaran novel tersebut akan membuat penasaran para pecinta novel dan juga Anda yang nge-fan denga tulisan karya Ra Amalia.

Resensi Novel “Ruang”;Resensi Buku “Ruang” Karya Ra Amalia;
Novel “Ruang” karya Ra Amalia

Kisah perjalanan hidup Kaneishiha Kayra atau yang dipanggil dengan Khayra menjadi sebuah kisah berliku, apalagi sejak Khayra dititipkan ke Paman dan Bibinya, yaitu Rosidi dan Indah yang juga ayah dari Surayya, sepupu Khayra. Kisah Khayra yang dramatis, apalagi sejak seseorang misterius yang menolongnya dari serang Bronx, anak buah Raga.

Baca juga:  Resensi Novel “Pekat”.

Cinta pertama Bentala Agung atau Bentala pada Khayra sejak pandangan pertamanya menjadikan Bnetala bisa merubah segala perilaku buruk sehingga menjadi sosok lelaki idaman Khayra. Begitu pula dengan Raga, seorang sahabat Bentala yang pada akhirnya menjalin hubungan serius dengan Rayya saudara dari Khayra.

Penggambaran kisah berliku kehidupan cinta Khayra yang dihiasi dengan suasana keluarga Rosidi dan  Indah, Paman dan Bibi Khayra, apalagi sejak hadirnya orang ketiga dalam kehidupan keluarga pamannya menjadikan cerita dalam novel ini semakin berliku.

Di tengah cerita, terungkap siapa penyebab dan awal masalah ini bermula, dan pertanyaan mengapa Rayya dekat dengan Raga, yaitu saat Rosidim Ayah Rayya mencium Melati, wanita selingkuhan, dan menjadikan Rayya seperti tidak ada nyawa dan sering merenung di pantai, dan di saat itulah awal bertemunya Rayya dan Raga. 

Tidak seperti menghadapi wanita lain, yang cenderung seperti wanita mainan, Raga menjadikan Rayya seperti wanita idaman yang sangat dicintainya, hal ini berlaku pula dengan Bentala yang sangat mencintai dan mengidamkan sosok Khayra dalam hidupnya.

Jalan liku kisah cinta Khyara dan Bentala, Rayya dan Raga memiliki kesamaan, entah karena Rayya dan Khayra dalam satu keluarga atau hanya sekedar kebetulan saja, itulah kelihaian Ra Amalia memadukan kisah cinta dalam suasana yang menarik. Apalagi gambaran kehidupan preman seperti dalam beberapa kejadian menunjukkan seperti kehidupan preman tersebut benar-benar terjadi, ditambah perang geng antara Rajawali Hitam yang diketuai Bara, dan kelompaok Raga dan Bentala yang membuat kisah dalam novel ini semakin menarik.

Kelihaian Ra Amalia juga ditunjukkan dengan hadirnya Rira-Baahirah Qarira dan Raiq-Yardan Sakha Raiq pada bab-bab terakhir yang meyakinkan Khyara untuk selalu mencintai sosok Bentala, apalagi setelah penyerangan Bronx dan Tank di rumah Bentala yang membuat Khyara kehilangan anak yang dikandungnya. (Untuk tahu kisah Rira dan Raiq, Anda bisa membaca novel karya Ra Amalia dengan judul “Jarak”).

Baca juga: Resensi Novel “Jarak”.

Dan tentunya sama halnya dengan kisah novel karya Ra Amalia, Ruang memberikan kisah membahagiakan dengan menyatunya Khayra dan Bentala hingga hadir sosok anak yang lucu dalam kehidupan mereka yaitu “Birendra Daya Agung”. Begitu pula dengan Raga yang berhasil menikahi Rayya, apalagi Bu Indah, Ibu Rayya yang merestui hubungan Raga dan Rayya.

Kelebihan Novel “Ruang”

Sebagai sebuah novel karya Ra Amalia, Ruang memang memberikan sebuah kisah dengan perjalanan hidup yang berbeda, apalagi Ruang memberikan pengalaman tersirat bagi para pembacanya, yaitu:

Resensi Novel “Ruang”;Resensi Buku “Ruang” Karya Ra Amalia;Kelebihan Novel “Ruang” ;
Ruang 18 dalam novel "Ruang"

  • Jangan melihat seseorang dari covernya saja. Kisah hidup Bentala dan Raga menjadi sosok yang berbeda, setelah mengenal kekasih pujaanya, rela meninggalkan hal buruk seperti meninggalkan minuman keras, dan sangat mencinta keluarganya.
  • Jadilah lelaki sejati, yang tetap menomor satukan keluarga. Kisah Rosidi, Paman Khayra menjadi sebuah contoh, bahwa kepalsuan akan menghancurkan kehidupan keluarga.
  • Kejelekan walaupu kecil, sebiji sawi walaupun disembunyikan akan terungkap juga. Rosidi yang memilih Melati, apalagi dengan berbagai sms yang ditujukan padanya, membuat Indah, Ibu Rayya hancur dan memilih bercerai setelah bertahan bertahun-tahun lamanya.

Dan berbagai pelajaran yang bisa diambil dari novel “Ruang”.

Kekurangan Novel “Ruang”

Ruang menjadi salah satu novel yang berbeda, namun meskipun secara perjalanan cerita tidak ada kekurangan. Namun, sebagai pembaca setia karya dari Ra Amalia, akan bisa menebak bahwa semua cerita dengan segala latar dan kehidupan tokoh cerita dalam novel, akhir kisah novel ini bisa ditebak, yaitu dengan kisah akhir yang membahagiakan atau happy ending para tokoh utama

Itu dia sedikit resensi novel “Ruang”  memberikan informasi untuk anda, yang ingin mendapatkan novel menarik karya Ra Amalia.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Resensi Novel “Ruang”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel