Tips Naik Pesawat Saat Pandemi

Selalu menjaga protokol kesehatan menjadi satu hal utama agar tidak tertular virus Covid-19 yang sampai saat ini masih merebak di seluruh wilayah ndoensia, tidak hanya Indonesia, namun seluruh dunia juga mengalami hal yang sama. Namun, bagaimana jadinya bila Anda yang sebenarnya ingin melaksanakan semua pekerjaan dari rumah, terpaksa harus berangkat ke kota atau wilayah lain, untuk menunaikan tugas mendadak atau terdapat pekerjaan yang harus dilaksanakan dengan segera, namun daerah atau wilayah tersebut harus ditempuh dengan transportasi udara. Tentunya, banyak hal yang harus dipersiapkan, tips naik pesawat saat pandemi ini, semoga bisa mengingatkan Anda, apa saja yang harus dipersiapkan agar aman dan terlindungi dari ancaman virus Covid-19 meski dalam perjalanan.

Semua orang pasti khawatir terkena dan tertular virus Covid-19 yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya. Bahkan banyak cara dan pencegahan yang disarankan oleh Pemerintah, untuk mencegah terkena virus yang satu ini, bahkan saat di rumah pun bisa mencegah penyebaran, yang salah satu caranya bisa dilakukan dengan membuka saluran ventilasi, seperti jendela, kaca nako agar terdapat pertukaran udara yang bagus. Namun, bagaimana kalau harus naik peswat, apalagi didalam pesawat semua tertutup dengan pendingin udara yang maksima, yang dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko penularan virus ini.

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Naik Pesawat Saat Pandemi

Mencegah lebih baik daripada harus tertular, kata-kata ini menjadi hal utama sebelum Anda naik peswat dalan kondisi pandemi seperti saat ini. Bahkan tidak hanya Anda, tentunya mereka yang harus bepergian dengan naik pesawat adalah orang-orang yang terpaksa memilih transportasi ini, karena tidak ada sarana lain kecuali dengan naik peswat, selain untuk mempercepat waktu tempuh juga jarak yang dituju juga sangat jauh.

Tips Naik Pesawat Saat Pandemi;Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Naik Pesawat Saat Pandemi;Tips Naik Pesawat Agar Tidak Terluar Virus Corona;
Tetap patuh pada protokol kesehatan, meskipun di ruang tunggu bandara (Sumber gambar: istockphoto.com)

Terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum naik pesawat, seperti dilansir dari Antara, Jumat (11-12-2020), antara lain:

  1. Persiapkan tiket dan barang bawaan Anda, jangan sampai ada yang tertinggal.
  2. Siapkan dokumen rapid tes dengan hasil nonreaktif yang masih berlaku. Rapid tes hanya berlaku selama 14 hari, sesuaikan dengan jadwal keberangkatan dan kepulangan Anda. (Check aturan naik peswat terbaru Februari 2021).
  3. Sampai di bandara, segeralah menuju tempat validasi rapid test, petugas akan mengechek rapid test tersebut dengan menujukkan hasil non reaktif dan diberikan validasi berupa cap.
  4. Simpan kembali dokumen rapid test tersebut, karena hasil tes ini akan diperiksa kembali sebelum naik pesawat.
  5. Untuk mempermudah proses keluar dari bandara saat tiba dari tujuan, unduh aplikasi kartu kewaspadaan  kesehatan atau e-HAC (Health Alert Card) yang bisa diunduh di App Store atau Google Store. Kemudain buat akun setelah mengisi dengan benar sesuai identitas, akan muncul barcode, yang akan dipindai petugas di bandara tujuan.

Baca juga : Bersepeda Saat Pandemi.

Mempersiapkan lebih dini menjadi hal utama agar perjalanan Anda bisa berjalan dengan lancar.

Tips Naik Pesawat Agar Tidak Terluar Virus Corona

Banyak sekali tips yang dibagikan agar Anda selalu menjaga diri dan mencegah agar tidak tertular virus yang belum ada obatnya ini. Terdapat beberapa tips yang bisa dibagikan pada kesempatan ini, antara lain:

  1. Pakailah masker dari bahan terbaik. Karena berada di dalam pesawat yang sangat tertutup, maka pilihlah masker terbaik seperti jenis masker bedah, N95, N99 menjadi salah satu cara efektif untuk memblokir virus daripada masker yang terbuat dari kain.
  2. Rencanakan apa yang harus dilakukan saat pergi, menuju dan dari bandara. Selalu mengikuti protokol kesehatan menjadi kunci utama agar terhindar dari penularan virus yang satu ini.
  3. Rajin dan sering mencuci tangan. Membangun kebiasaan yang baik harus dimulai dari sekarang, dan momen inilah menjadi awal untuk membangun kebiasaan yang baik, dan jangan  lupa untuk membawa hand sanitzer untuk bisa digunakan di peswat. 
  4. Makanlah terlebih dahulu sebelum melakukan penerbangan. Melepas masker di bandara atau di dalam pesawat menjadi sangat erisiko. Untuk mengantisipasi perut yang lapar, Anda bisa mengantisipasinya dengan makan dan minum terlebih dahulu, sehingga Anda tidak perlu makan selama perjalanan berlangsung.
  5. Pilihlah maskapai dan penerbangan dengan bijak. Cobalah cari maskapai penerbangan yang memblokir kursi tengah, dan cobalah mencari perusahaan penerbangan yang memberi banyak ruang antar penumpang.
  6. Membersihkan kursi. Sebelum anda duduk, bersihkan terlebih dahulu kursi, sandaran kepala, gaspr sabuk pengama, sandaran tangan, layar hiburan dan meja baki dengan tisu pembersih.
  7. Boarding terakhir. Pilihlah boarding paling akhir, dan hindari bergerombol.

Menjaga dan mencegah menjadi hal utama agar tidak tertular virus corona Covid-19 ini, begitu pula saat Anda harus melakukan perjalanan, tetap mematuhi protokol kesehatan menjadi hal penting yang harus dilakukan. Begitu pula dengan tips naik pesawat saat pandemi ini, sengaja disampaikan untuk mengingatkan agar Anda selalu menjaga dan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Selain berbagai hal di atas, terdapat aturan baru tentang aturan penerbangan dan persyaratan naik pesawat yang bisa dibaca dan dipelajari sebelum melakukan perjalan dengan naik peswat, yaitu SE Menhub Nomor 19 Tahun 2021 dan SE Menhub Nomor 21 Tahun 2021.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Naik Pesawat Saat Pandemi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel