Colonel Sanders dan Rahasia Kesuksesan KFC

Pernah mendengar tentang KFC? Tentunya sering sekali mendengar salah satu gerai outlet makanan cepat saji ini. Di Indonesia sendiri  gerai cepat saji KFC tersebar di berbagai kota besar, sehingga nama KFC sangat dikenal. Terlepas kondisi saat ini yang terkena efek dari pandemi Covid-19 dan beberapa diantaranya harus tutup, namun kisah Colonel Sanders dan rahasia kesuksesan KFC tetap memukau dan menjadi inspirasi para entrepreneur, termasuk entrepreneur muda Indonesia.

Lelaki dengan nama Harland Sanders yang lahir tanggal 9 September 1890 di Indiana, Amerika Serikat ini memang memiliki perjalana sukses yang berliku, bagaimana tidak, meski sukses di usia tua, hal ini mematahkan sebuah stigma bahwa siapa saja bisa sukses tidak peduli dengan umur dan gender. Bahkan semua profesi pernah dilakoni Colonel Sandes mulai dari kuli sampai tukang parkir.

Kisah Colonel Sanders

Siapa yang mengira orang kaya dunia pemilik franchise KFC pernah bekerja sebagai kuli bahkan seorang tukang parkir? Mengambil informasi dari biografi.com, Colonel Sanders  saat menjadi seorang kuli pernah mendapat upah sekitar 16 sen, bahkan pernah menjadi seorang tukar parkir. Pada tahun 1906, Sanders masuk tentara angkatan darat dan dikirim ke Cuba sampai Sanders pensiun. Di masa pensiun untuk menjalani hidup dengan uang pensiun tentunya tidak akan cukup, dan pada akhirnya Sanders masuk dan bekerja kembali sebagai tim pemadam kebakaran kereta api, tidak hanya itu Colonel Sanders juga tertarik belajar hukum sampai mendapatkan ijazah di bidang hukum.

Colonel Sanders dan Rahasia Kesuksesan KFC;Kisah Colonel Sanders;
Gerai KFC (Sumber gambar: pixabay.com)

Faktor penghasilan yang belum mencukupi menjadikan Sanders mulai berpikir untuk mencoba cara lain untuk mendapatkannya, meskipun pada saat itu Sanders sudah sering menangani kasus hukum di Little Arkansas. Dan pada tahun 1929, Colonel Sanders mulai meninggalkan profesi pengacars dan membuka usaha stand service mobil di Corbib, Kentucky.

Pada waktu berikutnya, Sanders bertemu dengan seseorang yang merupakan penjual asongan dan menjadi titik balik Colonel Sanders yang akan mengubah nasibnya sehingga menghasilkan ide untuk membuat sajian menu makanan cepat saji. Dengan keyakinan dan rasa optimis bisa memasak, akhirnya Colonel Sanders memulai membuat tempat kuliner dengan sebuah ruangan kecil, yang merupakan gudang dibelakang stand pelayanan mobil miliknya, yang diubahnya dengan sebuah rumah makan kecil yang menjual ayam goreng dan sayur segar.

Baca juga:

Pada akhirnya rumah makan milik Colonel Sanders menjadi terkenal, untuk itu akhirnya Colonel Sanders menutup usaha pom bensin dan sedikit mengubahnya menjadi sebuah “CafĂ© Sanders”. Pada tahun 1930 usaha rumah makan tersebut semakin berkembang, bahkan dirinya sempat mengikuti pelatihan tentang manajemen rumah makan dan hotel di Universitas Cornel selama delapan minggu.

Ayam Goreng dan Resep Rahasia KFC

Sebagai pecinta kuliner ayam oreng, tentunya Sanders mencari cara untuk bisa membuat ayam goreng lezat tanpa menggunakan minyak, dan usahanya berhasil dengan menemukan cara paraktis dan cepat untuk menggoreng ayam. Penemuan tersebut adalah penggunaan pressure cooker atau penggunaan panci bertekanan yang bisa menghasilkan ayam lezat hanya dalam waktu 10 detik dengan trik mudah yatu dikukus di atas uap. 

Trial and error menjadi keseharian Sanders, khususnya untuk mendapatkan resep lezat, dan pada akhirnya Sanders menemukan resep spesial ayam goreng yang sangat dikenal dengan “Sebelas bumbu rahasia KFC”.

Ayam Goreng dan Resep Rahasia KFC
Sebelas bumbu rahasia KFC (Sumber gambar: Instagram.com/fyifact/)

Ada hal menarik sehubungan dengan pangkat Colonel yang disandangnya, ternyata pangkat Colonel didapatkannya karena keberhasilannya di wilayah Kentucky pada tahun 1949.

Pelajaran dan Karakter yang Dapat diambil dari Colonel Sanders

Kesuksesan membutuhkan proses dan pengorbanan yang luar biasa, begitu juga dengan Sanders yang harus mengalami jatuh bangkrut, yang disebabkan tata letak Kentucky yang pada saat itu harus mengalami perubahan, hal ini mengakibatkan letak dan posisi rumah makan yang dimilikinya menjadi tidak strategis dan tidak menarik para pengunjung, dan akhirnya Sanders menjual rumah makan tersebut melalui cara lelang, dan jumlah uangyag diperolehnya masih belum cukup untuk menutup hutang-hutangnya.

Terdapat beberapa pelajaran yang didapat dari kisah Colonel Sanders untuk meraih sukses, yaitu:

  • Siap dan berani menerima segala penolakan. Artinya berani gagal untuk menggapai sukses. Ketidakcukupan uang ditambah hidup yang serba kekurangan menjadikan motivasi luar biasa Sanders untuk mencoba menjual resep ayam goreng ala KFC-nya di rumah makan di Outta, Amerika Serikat, namun usahanya banyak mengalami penolakan. Bahkan dalam rangka mempromosikan ide menjual ayam KFC tersebut, Sanders harus tidur di mobil. Dan hal tersebut dijalaninya selama dua tahun dan hanya diterima 5 rumah makan saja, dan lebih banyak ditolak dan ditertawakan.
  • Tidak kenal menyerah, tetap berusaha dan memiliki keyakinan mencapai keberhasilan. Dan pada akhirnya perjuangan Sanders tersebut terbayar dengan diterimanya resep ayam goreng, dan pada umur 75 tahun , franchise KFC-nya mencapai 200 tempat makan di Kanada dan USA.
  • Sukses diusia tua. Tetap berusaha dan yakin sukses adalah kunci keberhasilan Colonel Sanders, dan hal ini terbukti pada tahun 1963, franchise KFC mencapai 600 outlet. Dengan kondisi outlet yang banyak akhirnya Sanders menjual franchise KFC ke Jhon Brown Junior dan Jack Mass dengan harga satu juta dollar. Tidak hanya itu, Sanders masih mendapatkan gaji setiap bulan seumur hidup sebesar 40.000 dolar dan naik menjadi 75.000 dolar, dengan fungsi dan posisinya sebagai konsultan, dan jabatan sebagai direktur utama.

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, begitu pula untuk meraih sukses, sukses membutuhkan pengorbanan, kesabaran dan proses yang lama. Kisah Colonel Sanders dan rahasia kesuksesan KFC menunjukkan bahwa yakin akan sukses akan membawa kita pada perilaku untuk menuju sukses. Semoga informasi ini bisa menjadi informasi dan referensi untuk meraih sukses.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Colonel Sanders dan Rahasia Kesuksesan KFC"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel