Sukses Bisnis Bob Sadino Membangun “Kem Chicks”

Siapa yang tidak mengenal Bob Sadino?. Bagi seorang entrepreneur, nama Bob Sadino adalah nama yang tidak asing bahkan begitu melegenda, apalagi dengan berbagai quote bisnis yang luar biasa yang bisa memberikan semangat kepada seseorang untuk maju dan tetap semangat membangun bisnis. Banyak kisah sukses yang menjadi contoh bagi anak muda untuk berani memulai bisnis, kisah jatuh bangun dalam membangun bisnis menjadi contoh bagi anak muda. Sukses bisnis Bob Sadino membangun Kem Chicks hingga menjadi besar seperti saat ini seolah menunjukkan bahwa kerja keras tidak akan menipu hasil.

Bambang Mustari Sadino atau yang lebih dikenal dengan nama Bob Sadino lahir di Tanjungkarang, Lampung pada tanggal 9 Maret 1933. Bob Sadino dilahirkan dari sebuah keluarga yang berkecukupan, sejak orang tuanya meninggal, Bob sebagai anak terakhir dari lima bersaudara diberikan seluruh warisan, dikarenakan saudara Bob sudah mapan secara ekonomi. Dengan warisan tersebut, akhirnya Bob menggunakan setengah dari warisan tersebut dan pergi tinggal di Belanda selama 9 tahun. Di Belanda Bob bekerja di Djakarta LyLod di Amsterdam, bahkan Bob menemukan pujaan hatinya, Soelami Soejoed. Akhirnya Bob pulang ke Indonesia pada tahun 1967, dan membeli sebidang tanah di Kemang dari hasil menjual mobilnya.

Bob Sadino;Sukses Bisnis Bob Sadino Membangun “Kem Chicks”
Bob Sadino (Sumber gambar: news.metrotvnews.com)

1. Memulai Bisnis dari Nol 

Setelah Bob Sadino tinggal di Indonesia, Bob akhirnya bekerja di Unilever, namun keinginan untuk berusaha dan membangun bisnis sendiri membuatnya keluar dari pekerjaan. Dan menggunakan mobil yang dimilkinya, Bob mulai memulai usaha dengan menyewakan mobil Mercedes yang dimilikinya. Dan usaha pertama itu pun tidak mulus, karena mobil tersebut mengalami kecelakaan dan rusak parah. Dan yang menyedihkan Bob tidak memiliki uang untuk membetulkan mobil tersebut.

Gagal tidak membuat dirinya patah semangat, untuk menafkahi keluarganya, akhirnya Bob memutuskan untuk menjadi seorang kuli bangunan. Yang menyedihkan, semua peninggalan warisan orang tuanya sudah habis. Tidak ada yang tidak mungkin, dan sepertinya Tuhan masih menyayangi Bob Sadino, dan benar, akhirnya salah satu sahabatnya memberi saran untuk beternak dan juga berbisnis telur ayam, dengan dasar dan pertimbangan telur ayam negeri masih sangat jarang.

Pintar menangkap peluang, menjadikan Bob akhirnya fokus pada bisnis telur ayam bersama istrinya. Dan untuk pemasaran telur ayam tersebut, Bob menawarkan telur tersebut dari pintu ke pintu kepada orang asing yang tinggal di Kemang. Peluang dan keberuntungan sepertinya memihak Bob Sadino, saat itu telur ayam negeri masih belum dikenal dan hanya dibeli orang asing di kawasan Kemang. Keahliannya dalam Bahasa Inggris menjadikan bisnis telur Bob Sadino semakin berkembang.

2. Sukses di Usia Muda Bob Sadino dengan Kem Chicks

Bisnis selalu berkembang, begitu pula dengan usaha yang dijalankan Bob Sadino, kesabaran, keulatan, tidak patah semangat, menjadikan Bob Sadino semakin tahu bagaimana mengembangkan bisnisnya. Dengan semakin berkembangnya bisnis yang dijalankannya, Bob meningkatkan bisnisnya dengan berjualan daging ayam.

Baca juga: Sukses Bisnis Bill Gates.

Dan pada akhirnya tahun 1970, Bob mendirikan supermarket yang dikenal dengan nama Kem Chic, yaitu sebuah supermarket yang menyediakan berbagai produk pangan dari luar negeri (import) untuk masyarakat Jakarta. Dan seiring dengan perkembangan bisnis pada tahun 1975, Bob Sadino mendirikan perusahaan makanan dengan nama Kem Food, yang fokus pada daging olahan. Selain itu, Bob Sadino juga mengenalkan sistem bertani dengan sistem hidroponik yang saat ini banyak dikembangkan di Indonesia, dengan nama Kem Fam.


3. Cara Sukses Bisnis Bob Sadino

Banyak hal yang bisa dicontoh dan juga inspirasi sukses, berbagai catatan dan quote bisnis banyak yang menjadi pedoman bagi siapa saja yang ingin sukses seperti Bob Sadino, antara lain:
  • Jangan berpinsip harus ada uang untuk memulai usaha, COBA DIBALIK, harus ada usaha untuk menghasilkan uang.
  • Kalau memang belum sanggup beli mobil, nggak usah leasing, udah motoran aja.
  • Kalau memang belum sanggup beli rumah, nggak usah maksa KPR, udah ngontrak aja.
  • Kalau memang belum sanggup beli kantor, nggak usah maksa ngutang, udah sewa aja.
  • Jangan pusing dengan penilaian orang, pusinglah dengan nasibmu di masa depan.
  • Kebanyakan masalah terjadi bukan karena kebutuhan yang tidak tercukupi, melainkan karena keinginan yang terlalu tinggi tapi tidak terbeli.
  • Gaya hidup mewah tidak menunjukkan bahwa hidup kita kaya, justru itu tidak menunjukkan bahwa kita banyak gaya.
  • Udah santai saja, jika saat ini apa yang menjadi keinginanmu belum tercapai, jangan dipaksakan.
  • Kamu bangun pagi, mandi, pamit kerja, pake seragam, kaki dibungkus sepatu, berangkat pagi pulang sore, bayaran gak seberpa. Kamu kerja apa dikerjain?.
  • Pemikiran yang sederhana justru melapangkan jalanmu menuju kesuksesan. Rumitnya pikiran lebih dekat pada ketidakmungkinan.
  • Saya tidak mau pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki, terkubur bersama tubuh saya ketika mati kelak.
  • Jangan mau kalah dengan yang berdasi, mereka hanya pegawai. Berdaganglah jika mau menjadi BOSS!.
Semoga informasi dan motivasi sukses bisnis Bob Sadino membangun Kem Chicks memberikan semangat untuk anda dalam memulai dan membangun bisns, dan tetap sabar menjalani proses yang harus dilakukan.


Sumber:
  • Instagram.com/5amsuccess_/
  • Instagram.com/viralan/
  • Instagram.com/techinasia_id/
  • Instagram.com/rintisanstartup/



Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel