Kuliner Nusantara: Nikmatnya Lima Menu Kuliner Jawa Timur

Kuliner nusantara, nikmatnya lima menu kuliner Jawa Timur,  menjadi sebuah ide kuliner yang menarik yang ingin saya bahas. Berbeda dengan tulisan blog sebelumnya yang memberikan informasi tentang kuliner berdasarkan satu tema dan satu topik bahasan. Kali ini, saya memberikan informasi tentang beberapa menu yang bisa anda nikmati, saat anda berkunjung ke Jawa Timur. Sebagai propinsi yang berada di timur Pulau Jawa, Jawa Timur memang memiliki karakteristik kuliner yang unik, dengan rasanya yang tajam, pedas, dan kaya akan bumbu.

Menu kuliner Jawa Timur, sebagai bagian dari kuliner Indonesia, khususnya masakan Indonesia merupakan kekayaan kuliner yang memiliki ragam kuliner paling banyak di dunia, dengan cita rasa yang khas. Dengan ragam kuliner yang ada, menjadikan kuliner nusantasara di Indonesia memiliki keberagaman budaya, yang memberikan referensi kuliner Indonesia yang juga disukai masyarakat dari luar negeri.

Yang menjadi perbedaan kuliner Indonesa dengan kuliner dari negara lain, adalah kuliner Indonesia dengan berbagai masakannya kaya akan bumbu, hal ini juga didukung oleh Indonesia sebagai penghasil rempah-rempah terbaik dunia, sehingga masakan Indonesia menjadi kaya akan bumbu, misalnya cabai, lemiri, lengkuas, jahe, gula aren, temu lawak, dan berbagai jenis bumbu lainnya.

Kuliner Nusantara Indonesia – Ragam Sajian Kulier Lezat Indonesia

Dengan berbagai ragam kuliner yang memperkaya budaya Indonesia, menjadikan kuliner Indonesia menjadi salah satu tujuan wisata yang ingin dicoba, yang biasa disebut dengan wisata kuliner. Setiap daerah memiliki berbagai karakteristik yang membedakan dengan daerah lainnya, dan hal ini yang menjadikan ragam kuliner di setiap daerah di Idonesia berbeda. Selain ragam kulinernya yang berbeda, terkadang terdapat beberapa kuliner dengan bentuk yang sama, namun nama penyebutan yang berbeda. Hal ini semakin menambah kekayaan kuliner nusantara.

Baca juga: 5 Kuliner Bebek Goreng Enak di Kota Probolinggo.

Di Jawa Timur, terdiri dari berbagai kota dan kabupaten yang menjadi satu dalam wadah Propinsi Jawa Timur, banyak sekali jenis kuliner yang ada di Jawa Timur, seperti di Surabaya yang memiliki kuliner lontong balap dan rujak cingur, atau Madura dengan nasi buk-nya dan berbagai ragam kuliner di Jawa Timur yang menambah keberagaman kuliner di Jawa Timur.

Pesona Kuliner Nusantara di Jawa Timur

Berbeda dengan uraian di atas yang menberikan informasi tentang keberagaman kuliner nusantara. Kuliner Jawa Timur menjadi salah satu tempat tujuan wisata kuliner yang berbeda. Jawa Timur adalah surga wisata kuliner yang bisa anda nikmati. Kuliner di Jawa Timur memang memiliki rasa yang sangat kuat, dengan rasa pedasnya yang berbeda dibanding kuliner di daerah lain.

Setiap daerah memiliki ciri khas kuliner yang berbeda-beda, namun tetap memiliki rasa nikmat, yang bisa anda coba. Berikut 5 (lima) menu kuliner di Jawa Timur yang bisa anda coba:

1. Soto Ayam Lamongan. 
Soto Lamongan memang menjadi sebuah ciri khas soto yang ada di Jawa Timur, bahkan di Kota Surabaya, terdapat berbagai tempat makan atau gerai Soto Ayam Lamongan yang terkenal, sebut saja Soto Ayam Cak Har, Soto Ambengan, dan banyak lagi soto lainnya.

Soto Ayam Lamongan Barokah - Menanggal Surabaya;Kuliner Nusantara: Nikmatnya Lima Menu Kuliner Jawa Timur;
Soto Ayam Lamongan Barokah - Menanggal Surabaya
Kali ini menu soto Ayam Lamongan yang saya coba adalah Soto Ayam Barokah yang berada di Jalan Menanggal Utara, Menanggal, Surabaya. Soto ini sudah saya kenal sejak sekitar tahun 2008, dan sampai saat ini masih eksis. Ciri utama Soto Ayam Lamogan terletak pada koya, yang berasal dari kerupuk udang dan bawang.

2. Nasi Bungkus Daun. 
Khusus untuk nasi bungkus daun ini, sebenarnya hampir sama dengan nasi kucing di angkringan Jogja, namun yang membedakan di angkringan ini, bentuk nasi dan ukuran nasi mengalami perubahan disesuaikan dengan selera masyarakat Jawa Timur.

Nasi Angkringan Cak Kasan - Probolinggo, Jawa Timur;Kuliner Nusantara: Nikmatnya Lima Menu Kuliner Jawa Timur;
Nasi Angkringan Cak Kasan - Probolinggo, Jawa Timur
Saya mencoba bentuk nasi bungkus ini di Angkringan Cak Kasan, yang berlokasi di Ruko Panjaitan Palace, Jalan Mayjen Panjaitan No. 7, Brak, Kota Probolinggo. Saya mencoba nasi dengan lauk terong balado dengan harga Rp. 3.500 per bungkus, di angkringan ini terdapat berbagai jenis nasi yang dikemas dengan daun yang membedakannya dengan angkringan lainnya.

3. Tahu Kikil. Kalau anda sering mencoba tahu campur Lamongan, mungkin anda akan terasa kaget saat menikmati kuliner yang satu ini. Bentuk sajian kulinernya memang berbeda dengan tahu campur lamongan yang memiliki ciri, adanya perkedel singkong, mie kuning, selada air ditambah lagi dengan daging yang empuk dan kenyal.

Tahu Kikil Pak Kayun - Kota Probolinggo;Kuliner Nusantara: Nikmatnya Lima Menu Kuliner Jawa Timur;
Tahu Kikil Pak Kayun - Kota Probolinggo
Hal berbeda saat anda menikmati Tahu kikil ini yang murni menggunakan kikil, tahu goreng dan sayuran berupa sawi. Saya menikmati tahu kikil ini di “Tahu Kikil Pak Kayun", di Jalan Soekarno Hatta, Brak, Probolinggo.

4. Nasi Kuning. 
Nasi kuning menjadi salah satu nasi yang juga menjadi keragaman kuliner di Jawa Timur. Nasi kuning, saat ini banyak diperjual belikan di berbagai gerai kuliner dengan harga yang murah dan terjangkau.

Nasi Kuning;Kuliner Nusantara: Nikmatnya Lima Menu Kuliner Jawa Timur;
Nasi Kuning
Biasanya nasi Kuning memiliki rasa yang gurih, yang disebabkan adanya campuran bumbu dan santan yang terbuat dari perasan kelapa.

5. Ayam Geprek. Menu ini sebenarnya hampir sama dengan nasi ayam goreng atau pun menu bebek goreng yang kemudian di penyet dengan sambal. Namun ada yang mengatakan menu ayam geprek berasal dari Yogyakarta, dan menu ayamya berupa ayam goreng crispy yang digoreng dengan tepung, dan diberikan sambal.

Ayam Geprek Bensu - Jombang;Kuliner Nusantara: Nikmatnya Lima Menu Kuliner Jawa Timur;
Ayam Geprek Bensu - Jombang
Namun meskipun berasal dari Yogyakarta, menu ini sudah sangat populer di kota-kota di Jawa Timur. Bahkan saya mencoba menu ayam geprek ini di salah satu gerai Geprek Bensu di Jombang, yang memiliki rasa nikmat dan pedas.

Itu dia kuliner nusantara, nikmatnya lima menu kuliner Jawa Timur, yang bisa anda nikmati dan anda coba.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Kuliner Nusantara: Nikmatnya Lima Menu Kuliner Jawa Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel