KULINER PROBOLINGGO: “TAHU KIKIL PAK KAYUN”

Kuliner Probolinggo – Menikmati makanan enak dan nikmat merupakan sebuah aktivitas yang menyenangkan, apalagi bagi para pecinta kuliner. Kota Probolinggo, menjadi salah satu kota yang saat ini semakin berkembang, baik wisata alam dan wisata kulinernya. Dan kebetulan Probolinggo, memiliki tempat wisata yang menarik, yaitu deretan Wisata Pegunungan Bromo – Tengger –Semeru ditambah lagi dengan banyak tempat wisata yang mulai dikembangkan. Berbicara tentang kondisi wisata suatu daerah, hal ini tidak dapat dilepaskan dengan wisata pendukung lainnya, khususnya wisata kuliner yang semakin bertambah dan berkembang.

Salah satu tempat makan enak, yang saat ini menjadi legenda di Kota Probolinggo, salah satunya yaitu “Tahu Kikil Pak Kayun”. Sebenarnya sudah sangat lama tahu dan mengenal tahu kikil ini, meskipun saat pertama kali datang pada beberapa tahun lalu, belum tahu nama tempat makan ini. Awalnya karena sering lewat Kota Probolinggo saat menuju wilayah timur, baik ke Jember atau pun Lumajang. Akhirnya rasa penasaran menyebabkan mulai mencoba menu makanan ini.


Kuliner Terkenal di Probolinggo – “Tahu Kikil Pak Kayun”

“Tahu Kikil Pak Kayun” ini berlokasi di Jalan Soekarno Hatta No. 17, Tisnonegaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Lokasinyanya sangat mudah dijangkau, karena berada ditengah Kota Probolinggo, tepatnya di seberang Rumah Sakit Husada Probolinggo, atau berada di perempatan lampu lalu lintas Brak Probolinggo. Namun, masyarakat Probolinggo biasa menyebut tempat makan ini dengan nama khas, yatu “Kikil Brak”. Buka mulai pukul 11.00 sampai dengan pukul 22.00 WIB.

KULINER PROBOLINGGO: “TAHU KIKIL PAK KAYUN”
Tahu Kikil Pak Kayun
Siapa yang mengira kalau nama makanan ini dinamakan “Tahu Kikil”?. Karena biasanya yang saya nikmati saat di Surabaya, Lamongan atau pun wilayah Barat Jawa Timur, adalah tahu campur dari Lamongan. Tempat kuliner ini termasuk kuliner legendaris, karena memulai berdagang tahu kikil sejak dari gerobak sederhana, kemudian berpindah di emperan toko sampai kemudian menjadi besar seperti saat ini.

Kuliner Bakso di Probolinggo

Menikmati kuliner d tempat makan ini memang membuat hati penasaran, apalagi selain menu utama yaitu “tahu kikil” juga terdapat menu lain yang patut dicoba, yaitu “Bakso Pak Kayun”. Baksonya enak dan mantab. Depot atau tempat makan ini, yang berada di perempatan Brak Probolinggo ini memang menawarkan dua makanan enak yang sungguh menggugah selera para penikmat kuliner di Probolinggo dan bisa menjadi kuliner khas nusantara yang ada di Kota Probolinggo. Dua menu makanan ini sangat dicari dan selalu ingin dinikmati para pecinta kuliner yang datang ke tempat ini.

Kuliner Bakso di Probolinggo
Bakso Pak Kayun
Namun bagi pecinta tahu kikil, tidak perlu bersedih, karena tahu kikil Pak Kayun ini tidak hanya berupa kikil dan sayuran, namun juga ditambah bakso yang menambah nikmat tahu kikilnya. Dan yang pasti,”Bakso Pak Kayun” saat ini juga menjadi salah satu referensi kuliner bakso di Kota Probolinggo.

Kuliner Kikil di Probolinggo

Bagi anda pecinta kuliner kikil, saat ini anda berada pada posisi yang tepat saat membaca artikel ini dan kemudian beranjak dan berangan-angan untuk menikmati kuliner kikil ini. Perlu dketahui juga, bahwa tempat makan di Kota Probolinggo yang menjual kuliner kikilm bisa dikatakan sedikit. Dan yang saya tahu, baru di Pak Kayun ini yang menjual kuliner enak di Kota Probolinggo.

Kuliner Kikil di Probolinggo
Tampak depan tahu kikil Pak Kayun Probolinggo
Anda bingung dengan penamaan kikil?. Sebenarnya kikil adalah bagian dari kaki sapi yang memiliki banyak penggemar. Kikil sapi ini ditemukan pada bagian pembungkus kaki dan jari-jari kaki sapi, dengan teksturnya kenyal dan berwarna putih transparan. Biasanya banyak yang menyebut kikil dengan tulang muda, karena kikil memang mengandung tulang lunak walaupun sedikit.

Baca Juga:
Beruntunglah bagi kita, karena kita hanya tinggal menikmati kikil ini tanpa mengolah langsung bagian kikil sapi ini. Selain rasanya yang enak, mengkonsumsi kikil juga bermanfaat bagi tubuh kita. Hal ini dikarenakan letaknya yang dekat dengan tulang, menyebabkan kikil memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Selain itu kikil juga dapat berfungsi sebagai kolagen (namun, anda perlu waspada juga terhadap fungsi kalogen, karena kolagen di dalam kikil mengandung asam amino yang tinggi). Dalam jumlah yang cukup asam amino ini tidak akan membahayakkan tubuh.

Kuliner Kikil di Probolinggo
Tampak dalam
Dengan rasanya yang nikmat, apalagi dalam kandungan kikil. Ternyata kikil juga memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Agar anda bisa menikmati rasa kikilnya yang nikmat, anda harus  mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar sehingga aman bagi bagi tubuh anda.

Kuliner Unik di Probolinggo

Berbicara tentang kuliner unik, maka bisa dikatakan kuliner “Tahu Kikil Pak Kayun” ini termasuk unik. Karena sebagian besar masyarakat mengatakan bahwa tahu kikil ini adalah tahu campur. Namun bagi pecinta kuliner yang biasa menikmati tahu campur, misalnya Tahu Campur dari Lamongan, akan kaget, karena berbeda dengan tahu campur yang biasa dinikmati.

Kalau dilahat dari bumbu dan penyajian, “Tahu Kikil Pak Kayun” ini hampir sama dengan tahu campur Lamongan yang menggunakan kikil, petis dan sayuran sebagai bahan utamanya. Kalau “Tahu Campur dari Lamongan”, terdiri dari tahu yang digoreng, perkedel yang biasanya terbuat dari singkong, sayuran (biasanya yang dipakai berupa selada), kikil dan ditambah dengan kerupuk yang terbuat dari udang. Baru kemudian dicampur ke dalam piring yang ada bumbu petis, sambal dan bawang goreng.

Kuliner Unik di Probolinggo
Menikmati tahu kikil
Namun untuk “Tahu Kikil Pak Kayun” ini hanya menggunakan kikil, tahu goreng, sayur dan petis tidak menggunakan perkedel singkong (atau dalam bahasa Jawa disebut dengan “lentho”) ditambah dengan bakso daging sapi yang rasanya memang mantap.

Biasanya setelah menikmati tahu kikil, banyak yang mencoba memesan menu tambahan lagi yaitu bakso. Atau bisa juga karena tidak ingin menikmati kikil, namun hanya ingin menikmati bakso saja. Kalau bakso, dalam satu porsi hanya terdiri 2 bakso daging sapi ditambah dengan mie bihun dan sedikit sayur.

Penasaran???. Rasanya setelah membaca artikel ini, anda patut mencoba Kuliner Probolinggo “Tahu Kikil Pak Kayun” dan dijamin anda ingin menambah porsi lagi.

CULLINARY SUMMARY :
  • Budget Aman : Rp. 18.000 – Rp. 25.000 per orang.
  • Tempat Parkir : Tidak Tersedia (Hanya di sepanjang Jalan Soekarno Hatta)
  • Wifi : Tidak Ada
  • Cara pembayaran : Cash
  • Alamat: Jalan Soekarno Hatta No. 17, Tisnonegaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur.
  • Jam buka : Pukul 11.00 sampai dengan 22.00 
  • Contact Person: 0812-5276-7775
Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel