10 Top Destinasi Wisata Lamongan

10 Top Destinasi Wisata Lamongan - Diantara daerah di pesisir pantai utara Jawa Timur yang memiliki banyak keindahan tempat wisata, maka Lamongan menjadi juaranya. Banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di Kabupataen Lamongan. Sebagai daerah yang memiliki sejuta pesona keindahan alam yang sangat mempesona, membuat para wisatawan dan juga para traveler penasaran untuk datang mengetahui berbagai keindahan wisata di Lamongan. Banyak sekali tujuan wisata yang bisa dikunjungi, seperti wisata sejarah, wisata budaya, wisata alam dan berbagai wisata pilihan lainnya.

Kabupaten Lamongan atau biasa disebut dengan Lamongan adalah daerah kabupaten yang berada dipesisir utara Provinsi Jawa Timur, secara geografis Lamongan berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, dengan Kabupaten Gresik di sebelah timor, di sebelah selatan dengan Kabupaten Jombang dan Kabupaten Mojokerto, dan berbatasan dengan Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro di sebelah barat.

Informasi tujuan wisata pilihan Lamongan ini juga didasarkan atas informasi dan pengumuman dari Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 kemarin, dan yang menarik, informasi ini masih sangat relevan sebagai referensi wisata untuk anda yang ingin menikmati traveling di Kabupaten Lamongan.

10 Top Destinasi Wisata Lamongan

Berikut 10 destinasi wisata di Kabupaten Lamongan, yang bisa dikunjungi, antara lain:
  1. Tlogo Sadang.
  2. Wisata Edukasi Gondang Outbond.
  3. Wisata Bahari Lamongan.
  4. Maharani Zoo & Goa.
  5. Istana Gunung Mas 27 Mantup.
  6. Pemandian Air Panas Brumbung.
  7. Waduk Gondang.
  8. Pantai Kutang.
  9. Pantai Klayar.
  10. Pantai Brondong.

1. Tlogo Sadang.

Kabupaten Lamongan memiliki berbagai wisata pilihan yang sangat menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Tlogo Sadang, yang berlokasi di Desa Bluri, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan. Tlogo Sadang sebelumnya adalah sebuah tempat penambangan batu kapur. Hasil penambangan batu kapur tersebut membuat sebuah lubang sehinga menjadi genangan air hingga terbentuklah telaga dan menjadikan pemandangan indah.

Tlogo Sadang;10 Top Destinasi Wisata Lamongan;
Tlogo Sadang (Sumber gambar: instagram.com/bendottetapsemangat/)
Tlogo Sadang ini berada di Bukit Kapur Tlogo Sadang yang saat ini mulai banyak dikunjungi para wisatawan, banyak hal yang bisa dilakukan disini, seperti berburu spot foto yang menarik.

2. Wisata Edukasi Gondang Outbond.

Anda pasti sering mendengar istilah WEGO diberbagai tempat atau saat akan melakukan acara refereshing di kantor. “WEGO”, siapa yang menyangka kalau WEGO adalah singkatan dari “Wisata Edukasi Gondang Outbond”, yang berlokasi di Desa Deketagung, Kecamatan Sugio, Lamongan.

Wisata Edukasi Gondang Outbond;10 Top Destinasi Wisata Lamongan;
Wisata Edukasi Gondang Outbond (Sumber gambar: gotravelly.com)
Meskipun terhitung baru, dan dibuka sejak 2016, pengunjung WEGO sangat banyak, dan tidak pernah sepi. Di tempat ini banyak fasilitas yang sudah disediakan bagi para pengunjung, seperti spot pesawat WEGO, kolam renang dengan gaya Eropa, fasilitas outbond, camping ground. Selain berbagai fasiltas untuk outbond juga terdapat spot menarik untuk berfoto seperti spot jembatan cinta, rumah pohon, pulau berbentuk love, dan berbagai wahana lainnya.

3. Wisata Bahari Lamongan.

Wisata Bahari Lamongan atau sering disebut dengan WBL, berada di Jalan Raya Paciran, Kecamatan Paciran, Lamongan adalah tempat wisata favorit, tidak hanya masyarakat Lamongan saja tapi seluruh masyarakat Jawa Timur. Tempat wisata ini seolah menjadi icon wisata di Lamongan. Sejak dibuka tahun 2004 tempat wisata ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Apalagi terdapat sedikitnya 61 wahana di Wisata Bahari Lamongan yang selalu memberi kepuasan kepada para pengunjung.

Wisata Bahari Lamongan;10 Top Destinasi Wisata Lamongan;
Wisata Bahari Lamongan (Sumber gambar: sanjayatour.com)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Tuban.

Selain banyak sekali wahana yang bisa dinikmati, tempat wisata ini sangat cocok untuk anda yang datang bersama teman untuk menikmatai wisata yang penuh dengan tantangan atau anda yang datang bersama keluarga yang ingin bersantai melihat putra putri atau cucu menikmati wahana permainan anak di Wisata Bahari Lamongan.

4. Maharani Zoo & Goa.
Selain WBL yang menjadi favorit, anda juga bisa menikmati Maharani Zoo & Goa, yang dekat dengan WIsata Bahari Lamongan, dan berada di Jalan Raya Paciran, Kecamatan Paciran, Lamongan. Pada awalnya tempat wisata ini adalah Goa Istana Maharani yang sangat popular tahun 1994 yang menyajikan keindahan stalaktit dan stalakmit, namun sejak berada dalam satu pengelolaan dengan Wisata Bahari Lamongan, namanya diganti menjadi Maharani Zoo & Goa.

Maharani Zoo & Goa;10 Top Destinasi Wisata Lamongan;
Maharani Zoo & Goa (Sumber gambar: wisatajatim.info) 
Berdiri di area dengan luas 3,5 hektar dan sudah ada sejak tahun 2008, tempat wisata ini menyajikan sebuah wahana konservasi , pendidikan dan budaya. Selain kebun binatang dengan berbagai satwa didalamnya, Maharani Zoo saat ini juga sudah dilengkapi dengan Museum Satwa.

5. Istana Gunung Mas 27 Mantup.
Satu lagi tempat wisata di Lamongan yang tidak boleh dilewatkan, yaitu “Istana Gunung 27 Mantup” yang berlokasi di Jalan Raya Mantup, Desa Tugu, Kecamatan Mantup, Lamongan. Dahulu  tempat ini adalah sebuah tambang batu kapur yang tandus dan gersang, berkat ide dan kreativitas Pemerintah Kabupaten Lamongan, bukit tandus ini diubah menjadi sebuah tempat wisata dengan konsep wisata eksotis dan kekinian.

Istana Gunung 27 Mantup;10 Top Destinasi Wisata Lamongan;
Istana Gunung 27 Mantup (Sumber gambar: topwisata.info) 
Nama Gunung Mas sendiri, dari berbagai cerita yang pernah beredar ,bahwa di atas bukit ini pernah ditemukan bongkahan emas, atau juga cerita lain yang mengatakan, batuan kapur bekas tambang tersebut ada yang berwarna kuning mirip seperti emas.

6. Pemandian Air Panas Brumbung.
Pemandian Air Panas Brumbung menjadi salah satu wisata alam yang tidak boleh dilwatkan, pemandian ini berada di Dusun Tepanas, Desa Kranji, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Terdapat kisah religi dibalik air panas Brumbung, yaitu kisah Sunan Drajat yang membantu warga agar masyarakat saat itu bisa mendapatkan air bersih. Air hangat Sendang Brumbung sampai saat ini masih dipercaya  memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit.

Pemandian Air Panas Brumbung;10 Top Destinasi Wisata Lamongan;
Pemandian Air Panas Brumbung (Sumber gambar: gapuranews.com)
Selain bisa menikmati air hangat di pemandian air panas, anda pun bisa hunting foto  menarik di Kawasan Pemandian Aior Panas Brumbung.

7. Waduk Gondang.
Lamongan memang memiliki berbagai pilihan tempat wisata menarik, dan satu tempat wisata yang harus anda kunjungi adalah “Waduk Gondang” yang berlokasi di Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan. Waduk ini mulai dibangun pada tahun 1976 – 1986 pada masa pemerintahan Presiden Suharto.

Waduk Gondang;10 Top Destinasi Wisata Lamongan;
Waduk Gondang (Sumber gambar: instagram.com/wadukgondang.kra/)
Nama Waduk Gondang ini berasal dari lokasi waduk yang berada di Desa Gondang Lor, Kecamatan Sugio, hal ini untuk mempermudah penyebutan dan mempermudah arah menuju Waduk Gondang.

8. Pantai Kutang.
Pantai Kutang, tempat wisata yang memiliki nama yang unik ini berada di Dukuh Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Lamongan. Nama unik ini diberikan pada pantai ini karena dulunya pantai ini sering dijadikan tempat berkumpulnya para pemuda dan pemudi, dan yang aneh saat meninggalkan tempat, mereka sering meninggalkan pakaian dalam, karena sering menemukan pakaian dalam tersangkut di mangrove atau tergeletak di sekitar pantai, maka pantai ini dinamakan Pantai Kutang.

Pantai Kutang;10 Top Destinasi Wisata Lamongan;
Pantai Kutang (Sumber gambar: instagram.com/jatim.repost/)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Gresik.

Daya tarik pantai ini selain terletak pada namanya yang unik, juga terdapat berbagai spot foto menarik, selain itu anda bisa bermain pasir dan menikmati bermain air laut karena ombaknya tidak besar.

9. Pantai Klayar.
Lamongan memang kaya akan wisata pantai, salah satunya adalah Pantai Klayar, yang terletak di Desa Klayarmas, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Pantai ini terhitung masih sangat alami, karena masih jarang pengunjung yang mengunjungi pantai ini.

Pantai Klayar;10 Top Destinasi Wisata Lamongan;
Pantai Klayar (Sumber gambar: tukangpantai.blogspot.com)
Selain keindahan dan panorama pantai yang indah, di Pantai Klayar juga terdapat hamparan pasir pantai berwarna kecoklatan dan dibeberapa bagian juga ditumbuhi dengan bunga berwarna warni menambah keindahan Pantai Klayar.

10. Pantai Brondong.
Pantai Brondong menjadi salah satu pantai di Lamongan yang selalu ramai. Sebagai salah satu tempat wisata di Lamongan, pantai ini berada di Desa Brondong, Kecamatan Brondong, Lamongan. Di pantai ini anda bisa menikmati keindahan pantai dan juga menikmati hembusan angin pantai yang sejuk.

Pantai Brondong;10 Top Destinasi Wisata Lamongan;
Pantai Brondong (Sumber gambar: ihategreenjello.com)
Selain bisa melihat keindahan pantai, anda juga bisa membeli hasil laut dari para nelayan berupa ikan segar, apalagi kualitas ikan yang ditangkap para nelayan Brondong termasuk memiliki kualitas baik.

Traveling memang sebuah hobi yang menarik, dan menikmati keindahan wisata di Kabupaten Lamongan menjadi suatu kesenangan tersendiri. Semoga informasi “10 Top Destinasi Wisata Lamongan” bermanfaat untuk anda dan menjadi referensi wisata untuk anda yang ingin berwisata ke Lamongan.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel