10 Top Kuliner Bojonegoro

10 Top Kuliner Bojonegoro - Siapa yang tidak tertarik dengan hobi kuliner? Semua orang pasti menyukai hobi yang satu ini. Provinsi Jawa Timur sebagai salah satu provinsi di Indonesia sangat kaya akan ragam kuliner, banyak sekali kuliner khas yang menjadi ciri dari suatu daerah, bahkan dengan berkembangnya kuliner sampai muncul sebuah istilah wisata kuliner yang bertujuan untuk menikmati berbagai kenikmatan kuliner di suatu daerah. Begitu pula dengan Bojonegoro, daerah ini juga memiliki banyak kuliner khas yang harus dicoba dengan berbagai pilihan rasa dan juga tempat kuliner yang unik, sangat sayang kalau anda melewatkan sajian kuliner di Bojonegoro.

Bojonegoro sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur memiliki ragam budaya yang unik dan juga masih memegang teguh budaya nenek moyang. Wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tuban di bagian utara, dengan Kabupaten Lamongan, Kabupaten Nganjuk, dan Kabupaten Madiun di bagian timur, disebelah selatan berbatasan langsung dengan Kabupaten Ngawi, dan di bagian barat berbatasan dengan Kabupaten Blora ini memiliki sajian kuliner khas yang harus dicoba apalagi dengan rasanya yang nikmat khas kuliner Bojonegoro.

Informasi 10 top kuliner Bojonegoro ini juga didasarkan atas informasi Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 kemarin, namun, meskipun sudah pernah disampaikan, informasi ini masih sangat relevan sebagai referensi kuliner saat anda ingin menikmati wisata kuliner di Bojonegoro.

10 Top Kuliner Bojonegoro

Berikut destinasi wisata kuliner Bojonogoro yang bisa anda coba, sebagai berikut:
  1. Rica-rica Pojok Alun-alun Bojonegoro.
  2. Sate Pak Tondo Jetak.
  3. Pondok Salak Bendo.
  4. Rumah Makan Piring Ndeso.
  5. Warung Gloso Waduk Pacal.
  6. Sego Gulung Teksas Wonocolo.
  7. Angkringan Sukijan.
  8. Ikan Bakar Klotok Padangan.
  9. Warung Itali Balen.
  10. Javanila.

1. Rica-rica Pojok Alun-alun Bojonegoro.

Kuliner Bojonegoro sangat bervariasi, bahkan terdapat sajian kuliner bebek yang sengaja disajikan tidak hanya dalam bentuk goreng atau bakar saja, namun yang menjadi favorit adalah bebek rica-rica. Rica atau biasa disebut dengan rica-rica adalah sajian khas Manado, yang berarti “pedas” atau “ cabai” atau cabai yang memiliki rasa yang pedas.

Rica-rica pojok Alun-alun Bojonegoro;10 Top Kuliner Bojonegoro;
Rica-rica pojok Alun-alun Bojonegoro (Sumber gambar: festivaljalanjalan.com)
Begitu pula di Bojonegoro, tempat kuliner yang menyajikan kuliner favorit ini adalah “Rica-rica pojok Alun-alun Bojonegoro”, sesuai dengan namanya maka kuliner ini berada di sekitar Alun-alun Bojonegoro, dan yang unik, rica-rica bebek sudah menjadi ikon wajib yang harus dicoba saat anda singgah ke Bojonegoro.

2. Sate Pak Tondo Jetak.

Kuliner sate menjadi salah satu pilihan untuk menikmati kuliner nikmat di Bojonegoro, dan satu diantaranya adalah “ Sate Pak Tondo Jetak” yang berlokasi di Jalan MT. Haryono No. 146A, Jetak, Bojonegoro. Yang menarik, Sate Pak Tondo ini sudah memiliki beberapa cabang di Bojonegoro sehingga anda tidak perlu binggung kalau ingin mencari sajian sate Pak Tondo di Bojonegoro.

Sate Pak Tondo Jetak;10 Top Kuliner Bojonegoro;
Sate Pak Tondo (Sumber: google.com/maps/Warung Sate Pak Tondo/)
Sate Pak Todo memiliki ciri khas tersendiri dengan potongan dagingnya yang besar dan kenikmatan bumbu kecap yang nikmat. Kedai sate Pak Tondo menyediakan beberapa jenis sate, seperti sate murni daging dan sate dengan lemak.

3. Pondok Salak Bendo.
Bagi yang belum pernah datang ke tempat kuliner ini, pasti akan mengira Pondok Salak Bendo, adalah tempat yang menjual aneka buah, dan salah satunya adalah salak. Ternyata banyak yang salah, Pondok Salak Bendo, adalah sebuah tempat kuliner yang berlokasi di Desa Bendo, Kecamatan Kapas, Bojonegoro. Lokasinya yang asri dengan suasana pedesaan dan diapit pohon salak yang banyak tumbuh di tempat tersebut menjadikan suasana asri dan nyaman.

Pondok Salak Bendo;10 Top Kuliner Bojonegoro;
Pondok Salak Bendo (Sumber gambar: kabarjawatimur.com)
Baca juga: 10 Top Kuliner Jombang.

Waroeng Pondok Salak” atau sering disebut dengan Pondok Salak Bendo memiliki sajian menu utama yang menjadi favorit yaitu sajian kuliner belut, seperti belut bakar, belut gepuk goreng, dan juga mangut belut. Semua menu belut di tempat ini sangat nikmat.

4. Rumah Makan Piring Ndeso.
Satu lagi tempat kuliner di Bojonegoro yang menyediakan sajian nikmat kuliner, yaitu Rumah Makan Piring Ndeso, yang berlokasi di Jalan Lettu Suwolo, Kelurahan Ngrowo, Bojonegoro atau di sebelah utara pintu masuk Stadion Letjen H. Sudirman. Dengan lokasinya yang berada di tengah kota, sengaja ingin memberikan kemudahan uantuk anda yang mencari kuliner nikmat di tengah kota, konsep yang digunakan adalah konsep alami dengan menu kuliner khas Bojonegeoro.

Rumah Makan Piring Ndeso;10 Top Kuliner Bojonegoro;
Rumah Makan Piring Ndeso (Sumber gambar: bojonegoro.com)
Banyak sekali kuliner ndeso khas Bojonegoro yang menjadi sajian menu utama di Piring Ndeso ini, mulai dari ayam bakar, gurami bakar, kakap bakar, namun yang menjadi favorit para pengunjung adalah ayam bakar ndeso dan seafood mix.

5. Warung Gloso Waduk Pacal.
Fenomenal… Menjadi satu kata yang harus disematkan pada tempat kuliner legendaris ini, yaitu “Warung Semok Iwak Gloso Mbak Sumi” yang berada di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Bojonegoro. Kalau anda pertama kali datang, pasti terkejut karena warungnya sangat sederhana, bangunan warungnya hanya terbuat dari rangka kayu dan anyaman bambu, yang berada di ujung selatan Bojonegoro atau didekat Jembatan Kedungjati.

Warung Semok Iwak Gloso Mbak Sumi;10 Top Kuliner Bojonegoro;
Warung Semok Iwak Gloso Mbak Sumi (Sumber gambar: beritabojonegoro.com)
Menu utama dari warung ini adalah ikan gloso yaitu sejenis ikan air tawar yang biasa didapatkan di Waduk Pacal, selain ikan gloso juga tersedia menu sajian ikan lainnya, seperti ikan wader, mujahir, nila dan udang, begitu pula dengan nasi, disediakan tiga macam nasi, yaitu nasi jagung, nasi putih dan juga tiwul, dan dengan konsep prasmanan atau ambil sendiri.

6. Sego Gulung Teksas Wonocolo.
Selain kuliner legendaris, Bojonegoro juga memiliki kuliner unik yang harus dicoba, yaitu “Sego Gulung Teksas Wonocolo”, sesuai namanya maka kuliner sego gulung ini bisa didapatkan di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Bojonegoro atau di sebuah lokasi obyek wisata Geopark Teksas Wonocolo.

Sego Gulung Teksas Wonocolo;10 Top Kuliner Bojonegoro;
Sego Gulung Teksas Wonocolo (Sumber gambar: beritabojonegoro.com)
Sego Gulung atau nasi gulung ini adalah hanyalah nasi yang sudah matang, kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dan digulung dan dikukus kembali sehingga nasi tersebut memiliki aroma daun pisang yang khas. Hal inilah yang membedakannya dengan kuliner arem-arem. Untuk lauk, terdapat berbagai jenis lauk yang dibungkus secara terpisah dengan nasi gulung, seperti sambal teri, rica-rica ayam atau rica-rica entok dan juga oseng-oseng daun papaya dan campuran ikan teri.

7. Angkringan Sukijan.
Angkringan, kalau di Yogyakarta atau di Jawa Tengah, angkringan adalah tempat nongkrong dan minum kopi, begitu pula di Bojonegoro, terdapat Angkringan Sukijan yang berlokasi di Jalan Gajah Mada atau tepatnya di balik Pos Jaga Krempyeng, Bojonegoro. Namun yang menjadi favorit di angkringan ini adalah “sego kucing” yaitu nasi bungkus dengan porsi sedikit atau lebih dikenal dengan nasi kucing.

Angkringan Sukijan;10 Top Kuliner Bojonegoro;
Angkringan Sukijan (Sumber gambar: kulinerasik.com)
Angkringan ini sudah dirintis Almarhum H. Sukijan sejak tahun 1995, dan sebagai menu utama adalah nasi kucing dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp. 2.000,-, dengan menu yang sangat sederhana yaitu nasi dengan taburan oseng tahu khas Angkringan Cak Su.

8. Ikan Bakar Klotok Padangan.
Satu lagi sajian kuliner yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu ikan bakar, yang bisa anda dapatkan di “Lesehan Ikan Bakar Klotok Padangan” yang berlokasi di Jalan Cepu-Surabaya, Desa Klotok, Kecamatan Padangan, Bojonegoro. Ada yang mengatakan tempat kuliner ini sebagai pioner rumah makan yang menggabungkan konsep lesehan dengan kolam pemancingan ikan.

Lesehan Ikan Bakar Klotok Padangan;10 Top Kuliner Bojonegoro;
Lesehan Ikan Bakar Klotok Padangan (Sumber gambar: travel.dream.co.id)
Baca juga: 10 Top Kuliner Lamongan.

Diantara berbagai menu yang disajikan, terdapat menu favorit, yaitu gurami bakar yang harus anda coba. Dengan suasana pedesaan ditambah dengan kolam ikan sebagai pemandangan disekeliling lesehan menjadikan suasana nyaman saat menikmati sajian kuliner di Warung Lesehan Ikan Bakar ini.

9. Warung Itali Balen.
Warung Itali Balen, sepertinya tidak boleh anda lewatkan, warung yang saat ini sangat populer di Bojonegoro ini memberikan berbagai sajian kuliner nikmat dan lezat. Warung Itali ini juga sering disebut dengan Warung Cak Moel Itali yang berlokasi di Jalan Raya Bojonegoro-Babat Km. 08, Desa Kabunan Lor, Kecamatan Balen, Bojonegoro.

Warung Cak Moel Itali;10 Top Kuliner Bojonegoro;
Warung Cak Moel Itali (Sumber gambar: wisatabojonegoro.com)
Menu yang ditawarakn beraneka ragam, mulai dari asem-asem, kikil, sop buntut, rawon, soto ayam, kare ayam, pecel dan sayur lodeh.

10. Javanilla.
Menikmati sajian kuliner di Bojonegoro memang mengasyikkan, diantara berbagai tempat kuliner yang harus dicoba adalah sajian kuliner di Javanilla Café & Resto, yang berlokasi di Jalan Untung Suropati No. 59, Desa Sumbang, Kecamatan Bojonegoro, Bojonegoro. Sebagai restoran yang dikonsep untuk keluarga maka banyak sekali menu favorit yang bisa dicoba, bahkan banyak sajian untuk anak yang akan membuat anak-anak betah menikmati sajian kulier di Javanilla ini.

iga bakar khas Javanilla;10 Top Kuliner Bojonegoro;
Iga bakar khas Javanilla (Sumber gambar: facebook.com/JavanillaResto/)
Menu favorit yang disajikanm antara lain sea food, steak, masakan ayam, nasi goreng dan berbagai sajian menu lainnya. Menu favorit yang selalu menjadi tujuan para pecinta kuliner adalah menu iga bakar khas Javanilla, dengan teksturnya yang empuk dipadukan dengan sambal kecap dan kuah segar menjadikan sajian nikmat di Javanilla Resto ini.

Menikmati sajian kuliner di suatu daerah memang sangat menyenangkan. Semoga informasi “10 Top Kuliner Bojonegoro” ini  bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin menikmati sajian lezat kuliner di Kabupaten Bojonegoro.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel